5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari - Keyword atau kata kunci adalah salah satu yang memiliki peran penting dalam mendongkrak trafik sebuah blog atau situs, ketika kita memutuskan untuk membuat sebuah artikel atau postingan, tahap pertama adalah memikirkan kata kunci, yaitu dengan memikirkan kata kunci yang punya kualitas, kata kunci yang berkualitas bisa kita lihat dari banyaknya peminat terhadap kata kunci tersebut, artinya kata kunci yang harus kita jadikan judul artikel adalah kata kunci yang memiliki nilai pencarian tinggi di mata mesin pencari, karena ketika kita menggunakan kata kunci tersebut, peluang pengunjung akan semakin baik, semakin banyak kata kunci tersebut dijadikan pencarian maka pelung pengunjung yang mengunjungi blog kita untuk artikel dengan kata kunci tersebut akan semakin banyak, ini akan memberikan keuntungan untuk blog yang kita miliki menjadi blog yang populer dimata mesin pencari.

Cara menemukan Kata kunci yang paling banyak dicari orang

Lantas tugas kita adalah bagaimana caranya kita mengetahui bahwa kata kunci yang yang akan kita pakai untuk judul artikel adalah kata kunci paling banyak dicari orang, sebenarnya untuk masalah itu kita tidak bisa menebaknya secara langsung, ada beberapa alat bantu yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci populer tersebut, dan itu tergantung juga dari topik kata kunci yang digunakan, karena kata kunci populer untuk setiap topik pasti berbeda.

beberapa alternatif cara berikut bisa kita gunakan untuk mendapatkan kata kunci yang populer untuk kita gunakan sebagai judul artikel:


1. Google Search auto suggestion,

Google auto suggestioan adalah, saran otomatis yang diberikan google untuk kata kunci yang kita cari pada kotak pencarian google, saran tersebut muncul ketika kita melakukan pengetikan pada kotak pencarian google, kita bisa menggunakan google auto sugestion untuk mendapatkan referensi kata kunci yang sering digunakan orang untuk dipakai sebagai kriteria pencarian mereka, ketika kita mengetikan kata pada kotak pencarian google, maka secara otomatis kotak pencarian google akan memberikan referensi atau saran mengenai kata kunci yang sesuai dengan kata yang kita masukan, silahkan anda masuk ke google.co.id, kemudian pada kotak pencarian yang disediakan, silahkan anda ketik kata dasar apapun, google akan memberikan saran beberapa kata kunci yang sesuai dengan kata yang anda masukan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari
Seperti terlihat pada gambar di atas, dengan mengetikan beberapa kata saja, google secara otomatis akan menampilkan saran untuk kata kunci yang kita masukan, kata kunci yang muncul seperti terlihat pada gambar diatas adalah kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna internet untuk kriteria pencarian mereka,  kita bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk dijadikan judul artikel.

2. Google trends

Google trends, salah satu produk google untuk melihat topik yang terhangat, kita bisa memanfaatkan google trends untuk mendapatkan kata kunci terpopuler yang paling banyak dicari, topik terpopuler yang disajikan oleh google trends tentu saja diurutkan berdasarkan pencarian terbanyak mesin pencari google untuk topik tersebut, jika kita pintar untuk menggunakan kata kunci bersumber dari referensi google trends, maka kemungkinan kata kunci tersebut akan memiliki peluang besar artikel dengan kata kunci tersebut dicari orang, untuk lebih detail bagaimana cara mencari kata kunci populer menggunakan google trends anda bisa baca artikel lainnya tentang riset kata kunci dengan google trends.

3. Wordstream suggestion tool

Wordstream sebenarnya digunakan sebagai alat untuk memfasilitasi pembisnis untuk mendapatkan kata kunci iklan yang akan mereka pasang agar iklan mereka lebih mudah untuk ditemukan serta membantu mereka dalam meningkatkan relevansi kata kunci iklan terhadap  mesin pencari semisal google, bing dan yahoo, namun fasilitas yang tersedia di Wordstream bukan hanya itu, kita bisa memanfaatkan fasilitas gratis lainnya, salah satunya adalah fasilitas untuk mendapatkan saran kata kunci yang paling banyak dicari, untuk menggunakan layanan gratis wordstream untuk keperluan mendapatkan kata kunci untuk judul artikel silahkan anda masuk ke alamat www.wordstream.com/keywords kurang lebih akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


untuk mendapatkan saran ide kata kunci yang paling banyak dicari, caranya sangat mudah anda tinggal memasukan topik kata kunci anda pada kotak isian yang disediakan, kemudian tekan tombol "Get keyword ideas", seperti terlihat pada gambar diatas, jika kata kunci yang anda masukan memiliki relevansi dengan kata kunci yang sering digunakan orang untuk kriteria pencarian mereka, maka akan ditampilkan daftar ide kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang anda masukan, sebagai contoh saya menggunakan kata kunci "cara membuat" untuk mendapatkan kata kunci populer yang berkaitan dengan kata kunci tersebut, daftar kata kunci ditampilkan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara mendapatkan kata kunci populer dengan wordstream

Hasil pencarian wordstream akan ditampilkan dan diurutkan berdasarkan kata kunci yang terpopuler, jika grafik relative frequensi tinggi berarti kata kunci tersebut adalah kata kunci yang paling banyak digunakan orang untuk kriteria pencarian, untun judul artikel yang akan kita buat kita bisa menggunakan salah satu ide kata kunci yang kita peroleh menggunakan wordstream, yaitu dengan memilih salah satu kata kunci yang memiliki relative frequnsi yang tinggi.

4. Google adword keyword tool

Tidak diragukan lagi tool buatan google yang satu ini menjadi salah satu alternative yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan ide kata kunci, sebenarnya tool yang satu ini pada awalnya digunakan untuk keperluan mendapatkan kata kunci iklan untuk pengiklan google, namun pada perkembangannya sekarang, tool ini juga dilengkapi dengan alat untuk mendapatkan ide kata kunci, sehingga tool ini banyak digunakan sebagai alat untuk mendapatkan ide kata kunci oleh para blogger, untuk menggunakan google adword keyword tool sebenarnya sangat mudah sekali, syaratnya kita harus memiliki email google, jika anda sudah punya silahkan anda masuk ke alamat adwords.google.com kemudian login dengan menggunakan salah sati email google anda, untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai penggunakan tools yang satu ini anda bisa membaca artikel saya tentang, riset kata kunci menggunakan google keyword planner.

5. Popular Post

Memanfaatkan informasi popular post blog atau situs lain, ini salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan referensi kata kunci yang paling banyak dicari, cara seperti ini pernah saya gunakan, dengan cara mengunjungi beberapa blog yang memiliki topik kata kunci relevan, melihat popular post pada blog mereka dan kita gunakan kata kunci populer mereka untuk judul artikel yang akan kita buat, kita bisa memodifikasinya dengan menambahkan beberapa frase pada kata kunci tersebut sehingga sedikit berbeda namun tetap dengan mempertahankan tingkat relevansi yang sama.


Kesimpulan:
Cara diatas adalah beberapa alternatif dari banyak alternatif yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci yang paling banyak diminati orang untuk dijadikan judul artikel yang akan kita buat, namun, ketika kita sudah mendapatkan kata kunci tersebut, itu bukan berarti kata kunci tersebut bisa muncul pada 10 pencarian google, sebenarnya setelah kita mendapatkan kata kunci untuk judul artikel, ada tahap lanjutan bagaimana cara agar kata kunci yang akan kita gunakan tersebut bisa muncul di 10 besar hasil pencarian google. kita harus melakukan riset lanjutan terhadap kata kunci yang sudah kita dapatkan apakah memiliki potensi muncul di 10 besar hasil pencarian atau tidak, serta mencari informasi tingkat kompetitor untuk kata kunci tersebut, untuk mengetahui caranya anda bisa membaca artikel saya lainnya tentang  cara agar artikel muncul di urutan 10 besar.


Demikian informasi sederhana yang bisa saya share mengenai 5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari, semoga bermanfaat.

Cara Memasang Kode AdSense Di atas samping postingan - Peletakan iklan AdSense sangat berpengaruh sekali untuk meningkatkan klik terhadap iklan AdSense tersebut, semakin strategis lokasi  iklan adsense yang kita gunakan, maka akan memberikan peluang lebih baik iklan tersebut  mendapatkan klik dari pengunjung,  sebenarnya kode iklan adsense bisa kita letakan dimana saja dalam halaman blog yang kita miliki yang terpenting adalah tidak melanggar aturan peletakan iklan adsense, namun  lokasi terbaik adalah lokasi yang lebih banyak mendapatkan perhatian pengunjung, salah satu lokasi tersebut adalah disamping paragrap pertama tepat dibawah judul dan berbaur dengan text, baik itu di samping kiri paragrap pertama maupun samping kanan paragrap pertama, dua-duanya memiliki peluang yang sama baiknya untuk meletakan iklan AdSense, sebab area tersebut adalah area pertama mata pengunjung tertuju  ketika mereka mulai membaca isi artikel yang kita terbitkan.

Cara Meletakan Iklan Adsense di Samping paragraf pertama

Untuk meletakan adsense didalam postingan tepatnya di samping paragraf pertama postingan, sepertinya tidak bisa dengan menggunakan widget, karena widget tidak bisa mengatur tata letak didalam postingan, untuk area postingan widget baru bisa kita gunakan jika peletakan iklan adsense diatas postingan atau di paling bawah postingan, sedangkan di area dalam postingan tetap saja kita harus menggunakan template blog, artinya kode iklan adsense harus kita sisipkan kedalam kode template blog sesuai dengan lokasi dimana kita akan meletakan kode AdSense tersebut.

Namun ketika kita meletakan kode adsense dengan menyipkan kode tersebut kedalam kode template blog secara langsung, biasanya akan terjadi ERROR, tenyata kode AdSense tidak bisa diterima oleh template blog, itu dikarenakan dalam kode adsense terdapat kode-kode yang tidak diizinkan oleh aturan kode untuk template blog, solusinya adalah kita harus terlebih dulu memparse kode iklan adsense tersebut agar bisa diterima oleh template blog, apakah boleh kode iklan adsense kita parse ?, jangan khawatir karena sebenarnya dimata browser ketika menterjemahkan kode yang sudah kita parse itu sama saja seperti kode tersebut tidak diparse, jika anda ragu silahkan anda baca artikel yang pernah saya buat sebelumnya tentang Bolehkan iklan adsense kita parse ?, pada kesimpulannya itu sah-sah saja selama kita tidak merubah struktur kode tersebut secara langsung, adapun langkah-langkah untuk memasang kode iklan adsense disamping paragraf pertama postingan adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman akun iklan adsense anda, kemudian ambil kode iklan adsense anda, anda pasti tau caranya.

2. Sebelum kita sisipkan kode Adsense tersebut pada template blog secara langsung, agar tidak terjadi error kita harus memparsenya terlebih dahulu, silahkan anda masuk ke situs  ini
HTML Escape
kemudian kita paste kode iklan Adsense kita disana, kemudian tekan tombol parse, situs tersebut secara otomatis akan memparse kode-kode html dengan kode-kode yang nanti bisa diterima oleh template blog. untuk sementara kita biarkan dulu hasil parse terparkir disana.

3. Sekarang masuk ke akun blog anda, pilih menu template >Edit HTML, halaman editor template akan terbuka  dan kita siap untuk memodifikasinya untuk menyisipkan kode iklan adsense yang berhasil kita parse.

4. Pada kode template blog anda silahkan anda cari kode  
<data:post.body/>,
 kemudian tepat diatas kode tersebut, sisipkan kode dibawah ini:

a. Unntuk kode adsense yang kita pasang disamping kiri postingan:

<div style="float:left; margin-right:15px;margin-bottom:15px">
....
...KODE ADSENSE HASIL PARSE...
...
</div>

b. Untuk kode iklan Adsense jika kita pasang di disisi kanan postingan:

<div style="float:right; margin-left:15px;margin-bottom:15px">
....
...KODE ADSENSE HASIL PARSE...
...
</div>
c. Untuk Iklan adsense agar posisinya di tengah:
<div style="margin-left:15px;margin-bottom:15px">
.<center>
...KODE ADSENSE HASIL PARSE...
.</center>
</div>

Ambil kode Adsense yang sudah anda parse sebelumnya pada blogcrowds.com, kemudian silahkan anda ganti kode diatas yang ditulis dengan warna biru dengan kode adsense hasil parse tersebut, jangan lupa silahkan anda simpan template blog anda, jika anda berhasil meletakan kode iklan pada area tersebut, maka iklan adsense akan muncul seperti ilustrasi gambar dibawah ini:


gambar yang kiri, adalah gambar peletakan iklana adsense yang kita letakan di atas samping kiri postingan, sedangkan gambar yang sebelah kanan merupakan ilustrasi peletakan iklan adsense di atas samping kanan postingan, kedua lokasi tersebut adalah lokasi yang paling strategis untuk meletakan kode AdSense anda, iklan adsense akan langsung mendapat perhatian pengunjung, ketika pengunjung mulai membaca artikel yang anda buat, sehingga berpeluang besar iklan Adsense pada lokasi tersebut untuk mendapatkan banyak klik dari pengunjung.

Baca juga:
Cara memasang kode unit iklan adsense di tengah artikel postingan dengan rapi 
Cara memasang 2 iklan adsense di tengah artikel postingan

Demikian artikel sederhana yang bisa saya share untuk anda mengenai Cara Memasang Kode AdSense Di atas samping postingan, semoga bermanfaat.


Cara meningkatkan Visitor Blog organik: google - Visitor adalah salah satu yang harus mendapatkan perhatian khusus, setiap blogger dengan tujuan monetize blog ataupun tujuan lainnya, pasti salah satu keinginan terbesarnya adalah mendapatkan visitor yang berlimpah, banyak cara yang bisa kita upayakan untuk mendapatkan visitor, namun yang paling berkualitas dimata google tentunya adalah visitor yang bersumber dari hasil pencarian mesin pencari google, berdasarkan beberapa referensi, visitor atau pengunjung yang bersumber dari mesin pencari, dalam hal ini adalah mesin pencari google, bisa mempengaruhi besar kecilnya pendapatan klik google adsense, perhitungan CPC (Cost Per Click) google adsense akan berbeda nilainya antara visitor yang datang dari pencarian google dengan visitor referral, yang datang bukan dari pencarian google.

Apa itu Visitor organik ?

Visitor organik adalah pengunjung atau visitor yang datang dari mesin pencari, mereka datang mengunjungi blog kita karena menemukan blog kita dari hasil pencarian google yang mereka lakukan, sebenarnya visitor bisa datang dari mana saja, kadang visitor datang dari refensi backlink yang kita tanam di beberapa blog atau situs, kadang pengunjung mengunjungi halaman blog kita karena dapat informasi secara langsung dari mulut-kemulut, kadang visitor datang dari link yang kita sebar dibeberapa social bookmarking, dan masih banyak lagi cara bagaimana pengunjung mengunjungi blog kita, namun yang harus kita perhatikan dan upayakan adalah cara bagaimana se maksimal mungkin pengunjung bisa datang berasal dari hasil pencarian google, ingat sebagian besar pengguna internet mengunjungi blog yang kita buat pintu masuknya adalah mesin pencari.

Semakin banyak visitor yang mengunjungi blog kita bersumber dari mesin pencari, maka CTR (Click Trough Rate) blog akan semakin baik dimata google, kita bisa melihat informasi persentase CTR pada google webmaster tool bisa kita lihat melalui menu Search Trafic >Search Query, semakin tinggi persentase nilai CTR berarti semakin baik untuk kata kunci yang bersangkutan,

Banyak faktor yang harus kita upayakan bagaimana cara agar si pengunjung datang dari hasil pencarian google atau pengunjung organik. bisa jadi aritkel yang anda buat memenangkan kompetisi dan selalu muncul pada urutan 3 besar hasil pencarian google, meskipun di urutan 1 sekalipun belum tentu pengunjung mengunjungi blog anda tersebut, setidaknya kita harus memperhatikan beberapa aspek lainnya agar artikel yang kita buat bisa lebih menarik dan lebih memiliki peluang besar untuk dikunjungi.

Tips cara meningkatkan Visitor Blog organik: google

1. Memasang Kode  Google Rich snippet star rating,  

Plugin ini berguna untuk menampilkan bintang review dihasil pencarian google, jika artikel yang kita buat muncul di hasil pencarian google, akan dilengkapi dengan gambar bintang kuning, jika anda berhasil memasang kode google rich snippet star rating maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Cara meningkatkan visitor organik google
tampilan kode google rich snippet disinyalir dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi artikel yang kita buat.

2. Menghilangkan informasi tanggal penerbitan artikel pada hasil pencarian google

Tanggal memang sangat berguna untuk pengunjung yang mencari artikel yang mereka butuhkan, pengunjung secara langsung akan bisa mengetahui kapan artikel tersebut dibuat, namun biasanya beberapa pengunjung akan lebih menyukai artikel terbaru daripada artikel yang mereka anggap sudah lama, akan sedikit merugikan kita sebenarnya jika artikel lama kita muncul relevan dengan apa yang mereka cari sedangkan informasi tanggal pembuatan artikel yang nampak oleh mereka boleh dibilang sudah terlalu lama, efek sampingnya adalah pengunjung akan lebih memilih artikel lainnya yang lebih fresh dan akan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi artikel kita karena informasi tanggal yang tertera pada hasil pencarian google untuk artikel kita, meskipun hasil pencarian kita berada pada 3 besar pencarian google, jika informasi mengenai tanggal tersebut nampak pada hasil pencarian, maka peluang pengunjung untuk mengklik link ke artikel yang kita buat akan semakin kecil.

Kita bisa lihat seperti contoh gambar diatas, yang diberi kotak merah masih memperlihatkan tanggal, sedangkan yang diberi kota biru tanpa ada informasi tanggal, meskipun kedua-duanya punya peluang untuk dikunjungi, untuk jangka panjang sebaiknya kita menyembunyikan informasi tanggal, agar ketika google menampilkan artikel yang kita buat terlihat seperti yang terlihat pada kotak biru diatas, akan mengurangi pertimbangan user untuk tidak mengunjungi artikel yang kita buat.

Saya juga melihat banyak sahabat blogger yang menyembunyikan identitas tanggal penerbitan artikel, sepertinya mereka melakukan itu bukan tanpa alasan, salah satunya adalah agar artikel mereka tidak dianggap sebagai artikel kadaluarsa. sehingga memiliki peluang untuk dikunjungi.

Pelajari juga: Cara menghilangkan tanggal postingan di SERP

3. Membuat Judul Yang menarik dan memiliki daya promosi

Sepertinya peluang terbaik agar artikel kita yang ditemukan pada pencarian google mendapatkan perhatian pengunjung adalah dengan cara membuat judul artikel semenarik mungkin, untuk judul artikel dengan niche yang sama, kadang judul artikel sana dan juga bisa saja judul berbeda, namun judul yang baik adalah judul yang dapat menarik perhatian pengunjung, tetapi tentu saja kita tetap harus memperhatikan faktor SEO didalamnya, beberapa peneliti untuk masalah ini menyatakan bahwa judul artikel dengan kata-kata promosi akan dapat meningkatkan perhatian pengunjung terhadap blog tersebut, seperti kata "Terbaik", "Lengkap", "Terbaru", "Mudah", "Cepat" atau dengan tambahan informasi kuantitas, judul seperti itu cendrung akan mendapatkan perhatian pengunjung, seperti judul-judul dibawah ini:
"101 cara meningkatkan penghasilan internet" atau
"Optimasi Seo Onpage pada blog: lengkap" atau
"Cara Dafar facebook terbaru dengan cepat dan mudah"
"Dan lain-lain"

Judul-judul seperti contoh diatas, memberikan peluang lebih besar untuk dikunjungai daripada judul yang tidak memperhatikan faktor promosi.

4.  Membuat descripsi semenarik mungkin

Deskripsi yang baik adalah deskripsi yang dapat mewakili isi artikel secara keseluruhan dan harus mengandung kata kunci, kita harus memperhatikan pembuatan descripsi, karena peluang kedua setelah pengunjung membaca  judul , biasanya pengunjung akan membaca descripsi yang ditampilkan dibawah judul pada hasil pencarian google, jika deskripsi yang nampak sesuai dengan yang mereka minati, maka peluang untuk dikunjungi akan semakin baik, namun tentu saja deskripsi artikel yang harus kita buat tetap harus memperhatikan optimasi SEO didalamnya, silahkakan kita buat descripsi sebisa mungkin dapat membuat pengunjung penasaran dan membulatkan tekadnya untuk mengunjungi artikel yang kita buat.


Demikian yang bisa saya share tentang - Cara meningkatkan Visitor Blog organik: google, semoga bermanfaat.


Cara Membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel - Kata kunci adalah tolak ukur sebuah artikel ditemukan oleh mesin pencari, dalam merumuskan kata kunci sebaiknya kita tidak asal nebak, setidaknya kita harus melakukan riset kata kunci, biasanya riset bertujuan untuk mengetahui  seberapa  sering kata kunci itu digunakan sebagai kriteria pencarian oleh pengguna internet, untuk riset kata kunci kita bisa melakukan riset kata kunci menggunakan google trends terlebih dulu, kemudian di lanjut dengan riset kata kunci menggunakan google keyword panel, sehingga kata kunci utama hasil riset yang akan dijadikan judul artikel benar-benar sebuah kata kunci yang berkualitas tidak terlalu banyak pesaing dan diminati banyak orang, semakin banyak orang yang berminat dengan kata kunci tersebut maka peluang trafik pengunjung ke halaman blog kita dengan kata kunci tersebut akan semakin baik, semakin sedikit kompetitor atau pesaing yang sudah menggunakan kata kunci yang kita bidik, semakin baik untuk trafik blog yang kita miliki. silahkan anda juga bisa baca Cara mudah meningkatkan trafik blog lengkap.
Cara Membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel

Keputusan kita untuk mengambil kata kunci tersebut untuk dijadikan artikel harus kita pertimbangkan, jika blog yang kita miliki sudah cukup umur, memiliki PR yang tinggi, kemudian domain authority DA dan Page Authoritynya (PA) sudah OK ditambah dengan backlink segudang , kita berani bersaing dengan kompetitor lainnya, kata kunci dengan tingkat kopetitor tinggi pun bisa kita ambil, namun seandainya blog kita adalah blog pemula yang masih seumur jagung, dengan jumlah artikel yang masih sedikit dan pagerank masih kecil, sebaiknya kita ambil kata kunci yang memiliki jumlah kompetitor menengah kebawah itu akan lebih baik. dan lebih baik lagi mengambil jumlah kompetitor low atau kecil, ingat lebih baik mendapatkan satu pengunjung dari pada tidak ada sama sekali.

Menganalisa Metode pencarian google

Bisakah kita membidik 5 kata kunci yang berbeda dikemas dalam satu artikel ?, jawabannya adalah bisa, jangankan lima 10 + pun bisa, tergantung jumlah suku kata dalam artikel yang kita buat, semakin banyak jumlah kata dalam artikel maka kesempatan kita untuk meletakan kata kunci akan semakin banyak, anda juga bisa baca cara meletakan kata kunci (keyword) dalam artikel, tujuan yang hendak dicapai adalah agar artikel kita dengan beberapa kata kunci pencarian bisa muncul pada halaman search enggine, tentu saja kata kunci tersebut adalah kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama.

Sering kita temukan pada halaman hasil pencarian google, tidak semua hasil pencarian yang muncul memiliki title yang identik dengan kata kunci yang digunakan dalam pencarian, bisa saja judul hanya mencantumkan sebagian kata kunci dan deskripsi atau isi artikel mencantumkan kata kunci lainnya, sehingga gabungan antara sebagian kata kunci yang ada dijudul dengan kata kunci yang ada di dalam deskripsi atau isi artikel membentuk kata kunci lengkap yang sesuai dengan kata yang dijadikan kriteria pencarian, kemudian google menampilkannya, kata kunci yang berada dalam isi artikel yang melengkapi judul, itu bisa kita sebut kata kunci LSI.

Algoritma mesin pencari saat ini sudah menerapkan konsep LSI Keyword, ketika artikel anda ditemukan pada halaman pencarian, google sebenarnya membidik kata kunci utama yang ditempatkan sebagai judul artikel, memeriksa relevansi antara judul dan konten, jika judul yang ditemukan tidak terlalu sesuai dengan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian, google akan mencari kata kunci LSI dalam isi artikel untuk menemukan kata atau kelompok kata yang erat kaitannya dengan kriteria pencarian yang digunakan.


LSI Keyword merupakan salah satu faktor dari 200+ faktor peringkat halaman dimata mesin pencari yang harus kita perhatikan, 1 kata kunci utama dan 4 kata kunci LSI yang kita gabungkan dalam artikel yang kita buat secara tidak langsung artikel kita dapat membidik 5 kata kunci sekaligus yang memiliki relevansi dengan kriteria pencarian yang beragam tetapi masih satu topik.

Cara Membuat artikel dengan membidik 5+kata kunci

Sebelum membuat artikel, biasanya yang pertama kali kita fikirkan adalah judul, untuk judul kita bisa cari inspirasi dengan membaca artikel-sahabat blogger, sering berkunjung ke forum tanya jawab atau kadang judul muncul dari insfirasi sendiri.lantas jika judul sudah ditentukan seperti apakah isi artikel yang harus kita buat agar bisa membidik lebih dari 5+ kata kunci ?, jawabannya adalah anda harus tau cara menemukan LSI keyword dari kata kunci yang anda jadikan judul tersebut, LSI keyword sebenarnya bisa kita dapatkan dengan mudah, kita bisa mendapatkan informasi LSI keyword dari mesin pencari google, google search sugestion, atau dari google adword keyword planner ketika kita melakukan riset kata kunci, untuk menemukan LSI Keyword , silahkan anda bisa baca artikel saya lainnya mengenai Cara Menemukan LSI Keyword?.

Jika kita sudah menemukan LSI keyword yang sesuai, selanjutnya kita bisa meletakan LSI keyword -LSI Keyword tersebut dalam artikel yang yang kita buat, yang harus diperhatikan adalah artikel yang kita buat diupayakan relevan dengan kunci utama, dan LSI keyword yang kita letakan se pintar mungkin relevan dengan isi artikel secara keseluruhan, dan jangan lupa kita harus sebisa mungkin mengulang setiap kata kunci LSI yang kita sertakan setidaknya muncul sebanyak 3 kali pengulangan dalam artikel secara keseluruhan, Mesin pencari google misalnya, itu akan mengangap kata kunci yang kita letakan akan dianggap penting jika kita mengulangnya setidaknya 3 kali dalam artikel, baik itu kita letakan di judul, url halaman, deskripsi ataupun isi artikel.

Untuk Lokasi penempatan kita bisa memilih beberapa peletakan LSI keyword, bisa kita sebar di deskripsi ataupun isi artikel, silahkan anda juga bisa baca tentang cara meletakan kata kunci (keyword) dalam artikel. Semakin banyak suku kata yang menyusun artikel yang bisa kita buat berarti semakin banyak pula kata kunci LSI yang bisa kita sertakan dalam artikel tersebut, artikel bisa dikatakan berkualitas dan memenuhi salah satu syarat dari 200+ google faktor, jika  didalam artikel yang kita buat ada minimal satu kata kunci LSI yang kita sertakan.

Jadi sekarang ketika anda membuat artikel jangan lupa untuk meletakan kata kunci LSI pada artikel yang anda buat tersebut, minimal 1 kata kunci LSI kita sertakan.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda mengenai Cara Membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel. semoga bermanfaat.

Cara Membuat struktur program HTML: khusus Pemula - HTML (hyper text markup langeuage) adalah bahasa standar dengan pengkodean khusus yang digunakan untuk menyusun halaman situs atau halaman aplikasi web, HTML akan diterjemahkan oleh browser menjadi sebuah tampilan dengan format-format tertentu bisa menjadi text, link, gambar dan lain sebagainya sesuai dengan perintah html yang digunakan. lantas apa itu browser?, browser adalah software yang memiliki kemampuan menterjemahkan kode-kode html untuk  ditampilkan menjadi  tampilan halaman situs.
ketika kita membuat kode html, maka file html harus disimpan dengan akhiran .htm atau .html, keduanya sama saja baik .htm ataupun .html keduanya dapat dikenali oleh browser dan kode-kode didalamnya akan diterjemahkan menjadi sebuah tampilan halaman situs.

Memahami Struktur HTML

Jika anda ingin mampu untuk membuat sebuah website, pertama kali yang harus anda pelajari dan harus anda fahami benar-benar adalah struktur perintah HTML silahkan anda bisa baca tentang bahasa pemrograman yang harus dikuasai untuk membuat aplikasi web. mengapa harus HTML?, itu karena html adalah  pondasi dasar pada sebuah situs, bahasa pemrograman utama yang menyusun tampilan situs adalah HTML .  Untuk mempelajari HTML tidaklah terlalu sulit yang penting kita mengetahui bagaimana struktur dasarnya, jika kita sudah mengetahui struktur dasarnya tugas kita selanjutnya adalah menguasai dan memahami kode-kode HTML lainnya yang jumlahnya cukup banyak, wah gimana menghapalnya?, untuk masalah kode itu tidak perlu kita sengaja hapalin, lantas bagaimana kita bisa hapal, semakin sering kita gunakan maka kita akan semakin hapal, lambat-laun perintah-perintah HTML tanpa kita sadari jika sering digunakan dan dipraktekan kode-kode tersebut akan tertanam di ingatan jangka panjang kita.

Struktur Dasar HTML

Struktur dasar html terdiri dari dua blok, yang pertama adalah blok header, dan yang kedua adalah blok body, blok header digunakan untuk meletakan title, mendeskripsikan CSS untuk dekorasi tampilan, mendeskripsikan JavaScript untuk membuat halaman situs interaktif, meletakan meta, title dan lainnya. sedangkan blok body adalah area untuk meletakan kode-kode yang nanti akan menjadi tampilan halaman situs atau web, apapun yang kita letakan di blok body itu akan muncul pada tampilan di browser (mozila, google croome, internet explorer dll), berikut struktur dasar HTML yang harus anda ketahui:

<html>

      <head>
            <title>contoh html</title>
                   ...
                   ...
                   perintah-perintah head lainnya...
                   ...
                   ...
      </head>

       <body>

              <p>ini adalah kontent html</p>
               .....
               ....
               perintah-perintah body lainnya, 
               yang diletakan diarea body ini akan ditampilkan oleh browser...
               ...
               ...
      </body>

</html>

struktur dasar html selalu dimulai dengan tag <html> dan diakhiri dengan tag penutup </html>, untuk blok head selalu dimulai dengan  perintah <head> dan diakhiri dengan perintah </head>, sedangkan untuk blok body selalu diwali dengan perintah <body> dan diakhiri dengan perintah </body>, adapun untuk karakter perintah-perintah kode HTML, kita bisa menggunakan huruf besar saja, huruf kecil saja atau kombinasinya, semuanya tidak dibedakan, masih bisa dibaca dan sama saja. ingat ketika kita membuat script HTML file harus kita simpan dengan akhiran .html atau .htm.

Editor HTML

Untuk membuat html banyak tool editor gratis yang yang bisa kita gunakan, untuk hanya sekedar latihan kita bisa menggunakan notpad atau notpad++, tetapi untuk tujuan profesional, sebaiknya kita menggunakan tool yang khusus, misal saya sendiri menggunakan NetBean sebagai editor untuk membuat web, atau tool lainnya yang memang handal, tool sekelas NetBean, sudah dilengkapi dengan code highlighter, membedakan warna text atau kode-kode html yang digunakan, juga sudah dilengkapi dengan autocompleter, kode saran ketika kita mengetikan perintah, autocompleter berguna sekali membantu kita mengingat kode yang lupa. 

Oh Ya bagaimana dengan editor yang drag n drop, yang memudahkan kita untuk membuat halaman web, seperi misal DreamWeaver, bolehkah digunakan?,  menurut hemat saya tergantung, jika kita sudah profesional sudah memahami secara mendalam struktur web, tool semacam dream weaver untuk urusan agar halaman lebih cepat dibuat itu tidak jadi masalah, tetapi khusus untuk PEMULA, tool semacam dream weaver harus dihindari, kenapa?, tools itu membuat anda tidak mau berfikir keras, padahal pemula sebaiknya memahami lebih dalam struktur dasar html atau bahasa pemrograman lainnya, agar faham yang paling dianjurkan adalah anda mengetikan program secara langsung tanpa bantuan tool instan yang membantu membuatkannya untuk anda, itu akan lebih baik, dan akan membuat anda menjadi programmer yang handal nantinya. jika anda sudah benar-benar paham mengenai pengkodean halaman situs terutama HTML, tidak jadi masalah kita menggunakan tool semacam dream weaver.


Contoh sederhana program HTML

untuk contoh program berikut anda bisa mengetiknya atau coba kopi paste perintah program html dibawah ini kedalam notepat:

<html>
<head>
<title>contoh html</title>
</head>
<body>
<i>ini contoh tulisan miring</i><br/>
<b>ini contoh tulisan ditebalkan</b><br/>
<u>ini contoh tulisan digarisbawahi</u><br/>
<i><b><u>ini contoh tulisan miring ditebalkan dan digarisbawahi</u></b></i>
</body>
</html>

silahkan anda kopi program diatas ke dalam notpad, kemudian simpan, sebelum disimpan pada kotak dialog simpan silahkan atur save as type:  pilih All Files (*.*), kemudian filename atau nama file anda bisa masukan apa saja, jangan lupa untuk memberi akhiran .html atau .htm, misal contoh.html kemudian sialahkan anda simpan.

Untuk melihat outputnya atau hasilnya, silahkan anda menuju lokasi penyipanan file anda tersebut, file berakhiran .htm atau .html, kemudain double klik file tersebut, biasanya file berektensi .htm atau .html itu akan terintegrasi dengan aplikasi browser default, jadi anda tinggal klik file html anda tersebut, nanti akan ditampilkan hasilnya pada browser default anda. misal mozila atau google croome atau bisa juga internet explorer, silahkan anda amati, bahwa kode yang diletakan diantara tag <body> dan</body> itu akan ditampilkan, jika anda sudah menguasai perintah-perintah lainnya, anda akan bisa menampilkanapapun sesuai dengan keinginan.


Demikian informasi yang bisa saya share mengenai Cara Membuat struktur program HTML: khusus Pemula, semoga bermanfaat.

Cara Mudah Meningkatkan Trafik blog:lengkap - Trafik blog jangan hanya kita upayakan datang dari search enggine, tetapi trafik blog juga harus kita upayakan dari berbagai sumber, jika kita mengupayakan trafik blog datang dari search enggine saja, berarti kita harus benar-benar menguasai SEO, baik itu seo onpage maupun seo offpage, tetapi kita harus ingat, trafik sebenarnya bukan hanya bisa datang dari search enggine semisal google yahoo bing dan lainnya, trafik juga bisa datang dari berebagai sumber, pengunjung bisa menemukan blog kita mungkin dari link yang kita sebar dibeberapa situs atau blog, atau mungkin mereka tau halaman kita melalui informasi dari mulut kemulut, banyak cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan trafik blog kita.

pada artikel kali ini saya ingin membagikan informasi berharga untuk meningkatkan trafik blog atau situs anda: berikut saya uraikan satu-persatu:

Menyediakan konten yang berkualitas

Ini yang saya sarankan dan yang paling pertama saya urutkan dari beberapa cara meningkatkan trafik blog, trafik bisa saja datang dari mana saja, tetapi kita harus punya konten atau ada yang harus ditawarkan kepada mereka, jangan seperti meneawarkan produk tapi dagangan anda kosong atau tidak ada kualitasnya, itu sama saja tidak terlalu menguntungkan buat blog kita, ingat semakin pengunjung berlama-lama maka akan semakin baik di mata mesin pencari (perhatikan bounce out rate semakin berlama-lama pengunjung di halaman blog kita berarti bounce out semakin kecil dan itu baik dimata mesin pencari, kualitas blog yang kita miliki akan semakin mendapat kepercayaan, tetapi jika pengunjung menemukan blog kita kemudian dalam beberapa detik saja mereka keluar dari blog kita tentu saja bounce outrate akan semakin tinggi dan kondisi seperti ini tidak baik dimata mesin pencari, bounce out dapat diukur dari lama tidaknya pengunjung berada pada halalaman blog kita, semakin lama bounce out akan semakin kecil, semakin cepat mereka keluar, bounce out akan semakin besar). jadi kuncinya sebelum anda berupaya untuk meningkatkan trafik blog dengan cara anda yang pertama harus diperhatikan adalah keterseidaan konten yang unik dan berkualitas pada blog anda. silahkan buat konten yang berkualitas juga jangan lupa libatkan seo didalamnya. baik itu seo onpage maupun offpage, silahkan anda pelajari Seo onpage yang disarankan.

Memperbanyak konten

Perbanyaklah konten pada blog anda, konten yang berkualitas tentunya, membuat pengunjung blog betah adalah sebuah hal yang memberikan efek positif untuk blog kita, bisa saja pengunjung masuk ke blog kita pada awalnya hanya mencari satu artikel saja, tetapi setelah melihat ketersediaan konten menarik yang ada didalamnya, memungkinkan pengunjung betah berlama-lama untuk membaca artikel kita lainnya, semakin banyak artikel kita di buka itu akan semakin baik buat page authority halaman tersebut, terlebih-lebih buat blog kita. jadi slalu konsisten untuk menerbitkan artikel, semakin banyak artikel yang kita terbitkan itu akan berdamfak positif, blog akan lebih memiliki kata kunci yang lengkap, sehingga ini bisa memancing search enggine untuk memperhatikan blog yang kita miliki.

Berinteraksi dengan Situs tanya jawab

engapa situs tanya jawab ?
Karena situs tanya jawab berisi orang-orang yang saling berinteraksi dengan interest/ketertarikan yang sama. Dimana ada masalah, disana ada solusi. Disinilah trik promosi kita, Kita dapat memberikan solusi yang mengarah ke artikel blog kita yang membahas penyelesaian masalah yang ditanyakan, anda bisa jawab tetapi coba bikin jawaban yang pada akhirnya bisa membuat pembaca mengunjungi blog kita situs tanya jawab yang bisa kita gunakan https://id.answers.yahoo.com (tanya jawab yahoo indonesia) ini salah satu situs tanya jawab terbesar, silahkan anda berinteraksi disana, cari topik yang sesuai dengan blog anda, kemudian pilihlah pertanyaan-pertanyaan yang bisa mengarahkan jawaban ke blog kita. yahoo answer cukup efektif untuk menjaring pengunjung ke blog kita.


Bergabung dengan forum online

Forum online punya pengaruh yang sangat bersar sekali untuk meningkatkan trafik, cara yang bisa kita lakukan biasanya meletakan link pada komentar yang relevan, atau meletakan backlink pada artikel yang kita buat di forum online. Untuk saat ini beberapa forum-online ada yang sudah menyediakan fasilitas signatur, fasilitas yang bisa kita gunakan untuk meletakan link kehalaman blog yang kita miliki, setiap kali kita berkomentar atau membuat postingan, link signatur yang kita buat akan disertakan secara otomatis dibawahkomentar atau dibawah artikel postingan yang kita terbitkan pada forum online tersebut, sehingga dengan adanya signatur kita tidak perlu menuliskan link secara manual.

Misal
bersosial.com
kaskus.co.id

Gunakan video Sharing

Cara yang cukup efektif untuk menjaring pengunjung, berkutnya adalah dengan ikut aktif berinteraksi dengan layanan vidio sharing gratis, untuk saat ini salah satu video sharing gratis yang bisa kita gunakan misalnya youtube.com, layanan video sharing terbesar dan terpopuler di dunia maya saat ini, cara yang bisa kita tempuh untuk meningkatkan pengunjung ke blog kita melalui video sharing adalah, publis video dan promosi mengenai suatu topik yang sama dengan artikel yang kita buat.


Berkomentar melului blog walking

Blog walking, barangkali istilah yang tidak asing lagi dikalangan para blogger, blog walking biasanya kita gunakan sebagai salah satu cara memburu backlink, tetapi jangan salah, meskipun niat kita adalah meletakan link, kadangkala link yang kita letakan bisa menjadi pintu masuk para pengunjung untuk mengunjungi blog kita, untuk urusan trafik, kita bisa gunakan cara blog walking, tanpa harus memikirkan dofollow atau nofollow, yang jelas untuk urusan trafik kedua link tersebut dua-duanya bisa kita andalkan.


Promosi melalui media social

Media social bisa menjadi ladang yang sangat efektif untuk meningkatkan trafik ke blog kita, penomena media social pada saat ini sedang menjadi trends, kesempatan tersebut tentu saja jangan disia-siakan, kita bisa membuat fans page atau halaman dimedia social, kemudian kita gunakan untuk memposting dan mempromosikan artikel yang kita buat pada blog yang kita miliki. atau bisa saja secara langsung membuat status yang relevan dengan artikel blog yang kita jadikan referensinya, memang banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menjaring pengunjung ke blog yang kita miliki melalui media social ini.

Promosi melalui social bookmarking

Social borkmaring memberikan peluang kepada kita untuk berbagi alamat situs yang kita miliki, yang memungkinkan siapapun bisa melihat alamat situs atau blog yang sudah disimpan pada social bokmark tersebut berdasarkan kategori yang kita inginkan, jika kita banyakberinteraksi dengan situs social bokmarking, bukan hanya trafik pengunjung yang kita dapat tetapi juga sekaligus dapat menambah backlink yang menuju ke halaman blog yang kita miliki
Social bokmark yang bisa kita gunakan misalnya:
Lintas.me, infogue.com, melintas.net dan masih banyak lagi yang lainnya.


Perbanyak Backlink Dofollow

Ini adalah yang paling berperan agar artikel anda mudah ditemukan oleh mesin pencari, salah satu teknik membangun backlink yang umum digunakan adalah dengan berkomentar pada blog dofollow, baik itu dalam negeri maupun luar negeri, jika yang anda lakukan seperti itu, setidaknya anda harus berhati-hati, disarankan jangan terlalu membabibuta membangun backlink dofollow seperti itu, cukup satu minggu sekali 10 buah backlink sedikit-demi sedikit, agar anda tidak dianggap sebagai spammer.

Blog Walking

Blog walking adalah salah satu aktivitas mengunjungi blog orang lain guna mempererat tali silaturahmi dan juga meningkatkan eksistensi anda di alam blogsphere, untuk meningkatkan trafik perbanyaklah mengunjungi blog orang lain yang relevan dengan artikel-artikel pada blog anda, baca dan berkomentarlah dengan komentar yang relevan dan jangan menjadi spammer, sesekali anda bisa menggunakan Name/URL, open ID atau menggunakan userId blog anda, jangan pikirkan apakah dofollow atau nofolow, karena aktivitas blog walking terbukti dapat meningkatkan visitor, dan menyeimbangkan backlink dofollow yang anda bangun sebelumnya, juga dapat mempercepat diindexnya backlink.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan trafik blog yang bisa kita gunakan, yang jelas yang harus kita perhatikan adalah konten blog adalah raja.

demikian informasi yang bisa saya share mengenai  Cara Mudah Meningkatkan Trafik blog:lengkap, semoga bermanfaat.

Bagaimana cara agar artikel yang kita buat muncul di urutan 10 besar google, sepertinya posisi 10 besar adalah posisi yang paling banyak mendapatkan perhatian dan paling banyak diincar oleh para blogger, ketika artikel yang kita miliki muncul di posisi 10 besar SERP (Search Enggine Result Page), berarti artikel yang kita miliki berpeluang untuk mendapatkan pengunjung, lantas bagaimana caranya agar artikel yang kita buat muncul di posisi 10 besar?.
Sebenarnya untuk menduduki posisi 10 besar bisa mudah dan bisa juga sulit, tergantung dari judul artikel yang kita bidik, jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat persaingan yang cukup sulit berarti sulit untuk kita dengan topik judul artikel yang relevan bisa menduduki posisi 10 besar, tetapi jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat kompetitor atau pesaing yang cukup ringan, itu kesempatan bagi kita karena posisi 10 besar akan mudah untuk kita peroleh, bahkan dalam hitungan haripun blog yang kita miliki bisa bertengger diposisi 10 besar hasil pencarian google.

Cara agar artikel muncul di urutan 10 besar google


pada artikel kali ini akan di uraikan mengenai Cara Agar artikel masuk peringkat 10 yang meliputi:

#1. Menemukan Jumlah pencarian kata kunci dan jumlah pesaing
#2. Mendapatkan informasi mengenai tingkat sulit mudahnya pesaing
#3. Tips agar mudah mengalahkan pesaing.

Cara menemukan Jumlah Pencarian  dan Jumlah Pesaing dari kata kunci

Lantas bagaimanakah kita bisa mengetahui bahwa kata kunci yang kita bidik untuk judul artikel yang akan kita buat memiliki tingkat pesaing sulit atau tingkat pesaing mudah?, sebelum kearah sana sebenarnya ada beberapa yang harus kita lakukan ketika kita sudah menentukan kata kunci untuk judul artikel, yang pertama adalah melihat jumlah pencarian perbulan apakah tinggi atau rendah, kemudian yang kedua adalah melihat jumlah kompetitor atau pesaing, apakah tinggi (hight), menengah (medium) atau low (rendah), informasi tersebut bisa kita lihat dengan menggunakan google adword keyword tools, namun untuk competition (informasi competition pada tool tersebut sebenarnya berguna untuk tujuan publiser iklan adsense), cara lengkapnya bisa anda baca pada artikel saya tentang riset kata kunci dengan google keyword planner. disana dijelaskan bahwa ketika kita memutuskan untuk mencari kata kunci, sebaiknya kita memilih longtail keyword dengan jumlah persaingan menengah ke bawah (medium atau low) tetapi memiliki jumlah pencarian yang tinggi, tujuannya adalah agar artikel yang kita buat dengan kata kunci tersebut memiliki peluang untuk tampil lebih baik pada hasil pencarian search enggine.


Cara Melihat Sulit Mudahnya Level Kompetitor

Setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, sebenarnya ada satu tahap lagi yang harus kita tempuh, jika kita hanya mengandalkan riset kata kunci dengan google keyword planner saja, itu sebetulnya masih mentah dan belum cukup, karena riset kata kunci dengan google keyword planner hanya untuk mendapatkan informasi jumlah pencarian perbulan, sedangkan jumlah pesaing ('competititon') yang diperlihatkan oleh alat tersebut,  tidak ada kaitannya dengan kompetisi atau kompetitor SEO, arti competititon pada alat tersebut adalah untuk mengukur jumlah kompetitor pengiklan dengan kata kunci yang bersangkutan , jika jumlah persaingannya tinggi (hight) itu menandakan bahwa kata kunci tersebut sudah banyak sekali  digunakan sebagai iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya menengah (medium) itu menandakan kata kunci tersebut cukup banyak yang menggunakan untuk iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya rendah (low) berarti kata kunci tersebut tidak terlalu banyak yang menggunakan.

Informasi dalam google keyword planner pada intinya belum bisa kita jadikan acuan kata kunci yang kita bidik bisa kita jadikan judul artikel, karena google keyword planner tidak dapat memprediksi apakah tingkat persaingannya sulit atau mudah, dan meskipun informasi jumlah persaingan (competititon) yang ditujukan oleh google keyword planner itu hight atau tinggi, sebenarnya kita bisa ambil asalkan tingkat persaingannya mudah, (ingat !, harus kita bedakan antara jumlah Pesaing  dan tingkat Pesaing), begitu juga untuk informasi google keyword planner dengan jumlah persaingan rendah, sebenarnya tidak bisa kita ambil jika level persaingannya sulit. harus diingat informasi competititon yang terdapat dalam keyword planner bukan tolak ukur untuk kompetitor seo, informasi tersebut lebih ditujukan untuk pengiklan, jadi kita bisa mengambil kandidat kata konci dengan informasi low, medium maupun hight  itu tidak masalah.

Langkah-langkah melihat level kompetitor

Untuk mendapatkan inforasi mengenai sulit mudahnya tingkat persaingan suatu kata kunci, kita bisa bisa mengguanakan MozBar untuk mengetahuinya. MozBar adalah tool berupa plugin browser yang tersedia untuk browser mozila dan browser google croome. kita bisa instal sesuai dengan browser yang sering kita gunakan. Ingat langkah ini adalah langkah lanjutan setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, tujuannya adalah untuk menganalisa sulit mudahnya tingkat persaingan kata kunci yang akan kita gunakan, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Instal MozBar, Jika MozBar belum anda instal berarti harus anda intstal terlebih dahulu.  silahkan masuk ke alamat http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian pilih sesuai dengan jenis browser yang anda gunakan dan instal, ingat setelah melakukan instal anda diharuskan merestat browser yang anda gunakan agar tool MozBar siap untuk dipakai. dengan terinstalnya mozbar pada browser anda berarti kita bisa mengamati informasi setiap situs yang terdapat atau muncul dalam daftar hasil pencarian mesin pencari.

2. Buka google lokal google.co.id, kemudian lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang akan anda jadikan judul artikel, anda disini cukup mengamati urutan 1 sampai dengan 10 hasil pencarian saja.

3. Dari sepuluh hasil pencarian yang kita amati, silahkan anda lihat Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) dari tiap hasil pencarian satu-persatu, informasi tersebut akan dapat kita lihat dengan jelas karena kita sudah memasang MozBar pada browser yang kita gunakan. jika terdapat daftar yang memiliki PA 0 s/d 5 berarti kita harus bersyukur, dengan begitu kita akan mudah bersaing dengan menggunakan kata kunci tersebut. kemudian perhatikan juga nilai (DA) nya, jika nilai DA nya berada dibawah blog yang kita miliki (blogspot nilai DA=93, wordpress nilai DA=100), ini kesempatan untuk kita bisa menduduki urutan 10 besar. PA dan DA selalu beriringan, PA besar DA besar akan sangat sulit kita kalahkan, PA besar DA kecil, cukup sulit kita kalahkan, PA kecil DA besar, mudah kita kalahkan jika DA blog kita >= dengan DA blog pesaing. untuk informasi tambahan anda bisa baca artikel tentang Cara Mengatahui PA dan DA.

4. Dari daftar 10 besar hasil pencarian, amati juga satu persatu, apakah ada yang menggunakan kata kunci tersebut untuk nama domain, kalo ada berarti website tersebut salah satu yang akan sulit kita saingi.

5.  Jika dari 10 hasil pencarian google yang kita amati untuk masing-masing ternyata memiliki DA-dan PA tinggi-tinggi, sebaiknya kita urungkan untuk menggunakan kata kunci tersebut, karena kecil peluangnya artikel yang kita buat tersebut, ditemukan dan dikunjungi.

6. Lihat Juga jumlah hasil pencarian google, jika total hasil pencarian berada diantara 500ribu s/d 800 ribu, berarti itu kesempatan baik, untuk menggunakan kata kunci yang anda bidik agar bisa bersaing.

Tips tambahan untuk mengalahkan Posisi pesaing

Jika pada riset yang anda lakukan kebetulan anda beruntung melihat peluang bahwa hasil 1 s.d 10 besar pencarian google banyak yang memiliki DA dan PA rendah, berarti anda siap untuk menggunakan judul artikel dengan kata kunci yang anda bidik, ada tips tambahan agar secara cepat dan pasti anda bisa mengalahkan posisi blog atau situs pesaing.

1. Sajikan artikel anda setidaknya terdiri dari 1500 + suku kata keatas, beberapa industry yang meneliti tentang SEO (SerpIQ salah satunya), membuktikan bahwa artikel yang mengandung lebih dari 1500 kata atau lebih, memiliki peluang untuk menduduki peringkat lebih baik pada mesin pencari google, semakin banyak itu akan semakin bagus dan artikel yang anda buat akan mudah untuk menduduki posisi terbaik google.

2. Usahakan kata kunci yang kita bidik berada pada suku kata pertama, misal jika anda membidik kata kunci utama "optimasi seo onpage" maka judul yang harus anda pasang yang paling baik adalah "Optimasi Seo onpage pada blog lengkap" dari pada memasang judul "Cara cepat dan mudah optimasi seo onpage" berdasarkan 200+ faktor pencarian google, google akan memprioritaskan kata kunci yang diletakan pada suku kata pertama dari pada diletakan pada suku kata tengah atau terakhir.

3. Pupuklah dengan backlink, setidaknya artikel yang anda terbitkan tersebut harus anda pupuk minimal dengan 5 buah backlink atau lebih dari situs berbeda, semakin banyak itu akan semakin bagus untuk link juice yang memberikan energi untuk artikel anda.

4. Jangan menyajikan konten kopi paste, buatlah konten yang relevan dengan judul yang anda bidik.

5. Lakukan optimasi seo onpage secara baik silahkan anda baca Optimasi Seo onpage pada blog lengkap. untuk melakukannya.


Demikian informasi mengenai Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google, saya share untuk anda. somoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel terkait lainnya mengenai cara membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel

 CARA membuat Email baru :Yahoo Gmail - sebenarnya tidak ada yang sulit dalam membuat email yang sulit itu barangkali idealisme kita dalam menentukan mana yang paling bagus, mana yang paling sempurna, semua email itu bagus, karena setiap layanan email dikelola dengan serius oleh yang punyanya, kalo kita dituntut untuk memilih email, tergantung untuk apa email tersebut digunakan, dan yang harus jadi catatan kita adalah buatlah email yang menjamin keamanan dan layanan email dapat dipercaya dan layanannya gratis serta bukan hanya itu, email yang kita punya dijamin seumur hidup.

banyak layanan email yang dapat kita pilih, yang paling populer saat ini adalah layanan email yahoo dan layanan email google, mana yang harus kita pilih?, sekali lagi mana yang harus kita pilih tergantug untuk apa email tersebut digunakan, jika kita membuat email untuk daftar facebook, email yang bisa kita buat bisa dimana saja, karena facebook tidak membatasi apapun emailnya bisa diterima, tetapi jika kita membuat email untuk daftar google plush atau daftar layanan google lainnya, berarti kita harus memilih membuat email google, karena layanan google semuanya hanya menerima email google saja, layanan google itu kan banyak apakah harus kita membuat email sebanyak layanan google, nah untuk masalah itu saat ini tidak perlu difikirkan karena google sekarang menyajikan pelayanan yang sangat dimudahkan, kita cukup membuat satu saja email google, maka email tersebut bisa kita gunakan untuk layanan google manapun, misal google plush,google doc, youtube, blogspot, pokoknya semua layanan google bisa kita akses dengan menggunakan hanya dengan satu email google yang kita miliki.
cara membuat email yahoo, gmail,facebook terbaru

Pada artikel kali ini saya akan share tentang bagaimana cara membuat email, baik itu email google maupun email yahoo, sebaiknya jika anda peselancar internet kedua email tersebut harus anda miliki karena untuk beberapa kasaus terdapat aplikasi-aplikasi hanya menerima email-email tertentu, dan tidak bisa menerima email lainnya, jadi sekali lagi kita harus buat email kalau bisa untuk setiap layanan email, pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat email google atau yahoo kemudian bagaimana email tersebut kita gunakan untuk membuat facebook.

Cara Membuat Email Yahoo

Email yahoo email berakhiran @ymail.com atau @yahoo.com atau @yahoo.co.id, akhiran alamat email tersebut semuanya sama bahwa email tersebut adalah email yahoo, yang membedakan adalah yahoo yang mana ketika kita buat email, jika kita ingin buat email berakhiran @yahoo.com, berarti kita harus membuatnya di yahoo.com begitu juga untuk yahoo.co.id berarti kita harus membuat email di yahoo.co.id.

untuk membuat email yahoo sebenarnya sangat mudah sekeali, ketika mendaftar email, hampir semuanya menawarkan kita untuk memasukan bio data yang kita miliki ditambah dengan password untuk kunci masuk ketika kita masuk ke halaman utama email yang sudah kita buat, password biasanya terdiri dari gabungan huruf besar dan kecil ditambah dengan kombinasi angka.

Cara Membuat Email yahoo

Pada artikel kali ini saya tidak akan membahasnya disini bagaimana cara membuat email yahoo, karena akan terlalu panjang . jadi untuk panduan membuat email yahoo saya sediakan pada artikel terpisah, silahkan masuk ke artikel saya tentang CARA MEMBUAT EMAIL YAHOO TERBARU LENGKAP, saya sediakan dengan lengkap dan dilengkapi dengan gambar.

Cara Membuat Email Google atau Gmail

Google memberikan seribu layanan berguna diinternet, salah satunya adalah email google atau lebih dikenal dengan sebutan gmail, untuk layanan gmail biasanya email yang kita miliki akan berakhiran @gmail.com atau @gmail.co.id. lain halnya dengan email yahoo, email gmail selain bisa kita gunakan secara umum, email gmail ini bisa kita gunakan secara khusus, artinya bisa kita gunakan untuk mengakses layanan google lainnya tanpa harus membuat email lagi dan lagi,
 google sudah menyediakan kemudahan untuk setiap layanan, cukup kita hanya membuat satu email google saja maka layanan google lainnya dapat kita akses hanya menggunakan satu email tersebut, jadi disarankan ketika kita sering menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh google berarti kita wajib memiliki setidaknya satu alamat email google.

Cara Membuat Email Google

Sama halnya dengan layanan email lainnya, ketika kita mendaftar google, pada umumnya sangat mudah kita tinggal ikuti langkah pendaftarannya dan biasanya data yang diminta menyangkut biodata kemudian ditambah dengan password, yang nanti digunakan untuk masuk kehalaman email google yang sudah kita buat.

Untuk Membuat email google sayak tidak akan membahasnya secara langsung disini, jika anda tertarik anda bisa masuk ke halaman artikel lainnya tentang CARA MEMBUAT EMAIL GOOGLE TERBARU LENKAP silahkan anda klik untuk melihat panduan lengkapnya.

Cara Daftar Membuat Akun Facebook

Seyogyanya, untuk daftar facebook itu sangat mudah, syarat utamanya adalah kita harus memiliki email, facebook tidak membatasi layanan email yang harus kita gunakan baik yahoo, google maupun layanan email lainnya bisa kita gunakan untuk digunakan daftar facebook, daftar facebook sebenarnya sangat mudah sekali, pada umumnya ketika kita daftar kita diwajibkan mengisi biodata kita termasuk sekolah, dan alamat sekarang, juga jangan lupa anda harus menyediakan foto, ukuran apa saya untuk nanti digunakan sebagai tampilan foto anda, tapi kalo tidak dipasangpun tidak apa-apa.


untuk daftar facebook saya juga sudah menyediakan artikel khusu yang dapat anda baca sebagai panduan, untuk panduan membuat facebook, silahkan anda bisa masuk dan baca artikel saya mengenai CARA MEMBUAT AKUN FACEBOOK silahkan anda masuk.


Demikian yang bisa saya share tentang CARA membuat Email YAHOO, GMAIL, FACEBOOK:Terbaru semoga bermanfaat.


CARA memilih longtail keywords yang tepat - longtail keyword adalah kata kunci yang sering digunakan sebagai kriteria pencarian pada mesin pencari, artikel dengan longtail keyword memiliki peluang besar muncul pada urutan 10 besar hasil pencarian search enggine, ketika kata kunci yang digunakan pencarian tepat sesuai dengan judul artikel kita yang menggunakan lonagtail keyword, maka kemungkinan besar artikel yang kita miliki muncul pada urutan 10 besar mesin pencari, bahkan memiliki peluang untuk menduduki urutan pertama mesin pencari, namun dalam memilih long tail keyword ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya yaitu mengenai tingkat kompetitor atau pesaing yang menggunakan long tail keyword tersebut, tapi dengan analisa yang tepat, besar kemungkinan artikel  kita muncul lebih baik pada halaman SERP (search enggine result page).

Memilih longtail keywords yang tepat


Pada artikel kali ini saya akan bergai informasi mengenai bagaimana cara memilih longtail keyword yang tepat untuk dijadikan judul artikel, tapi sebelum kita lanjutkan, saya sedikit mau bertanya, apakah anda sudah paham mengenai apa itu long tail keyword?, jika anda belum paham apa itu long tail keyword, sebaiknya anda baca terlebih dulu artikel saya tentang cara memahami apa itu longtail keyword?, jika anda sudah paham, baiklah mari kita lanjutkan.

Pembahasan meliputi:
#1. Bagaimana cara mencari longtail keyword dari kata kunci utama yang kita bidik
#2. Menganalisa kompetitor yang sudah menggunakan longtail keyword yang kita bidik.
#3. Membuat judul artikel dari longkeyword.

Cara Mendapatkan Longtail Keywrods

Keyword research atau riset kata kunci adalah hal yang wajib dilakukan sebelum kita memutuskan untuk kata kunci tersebut kita jadikan judul artikel, tujuan kita menggunakan tool research adalah untuk menemukan long tail keyword dan tingkat kompetitornya, untuk mengetahui caranya sebagai contoh kita akan gunakan contoh kasus sebagai berikut:
Misal kita akan membidik kata kunci utama "Buat Email",  sebelum digunakan untuk judul artikel langkah pertama adalah kita harus jadikan kata kunci utama tersebut menjadi kata kunci longtail keyword, caranya bagaimana?, tentu saja bukan asal tebak,  untuk menjadikan kata kunci long tail keyword kita harus mencari kata kunci longtail keyword dari kata kunci "Buat Email", kita bisa menggunakan salah satu tool gratis dari google yaitu google adword keyword tool, dengan langkah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman https://adwords.google.com dan silahkan anda login dengan menggunakan email gmail yang anda miliki.

b. Pada halaman utama google adwords keyword tool, silahkan anda pilih dan klik menu tools dan pilih submenu Keyword Planner, seperti diperlihatkan pada gambar dibawah ini:

c. Pada halaman berikutnya yang muncul kemudian pilih dan klik Menu "Search for new keyword and ad group ideas", maka akan tapil tampilan seperti gambar dibawah ini:

Silahkan atur seperti gambar diatas, dan masukan kata kunci utama yaitu "Buat Email" seperti terlihat pada gambar diatas kemudian tekan tombol "Get Ideas".

d. Anda akan dibawa ke daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci "Buat Email" yang kita masukan, silahkan anda pilih Tab "Keyword ideas", kata akan melihat daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci "Buat Email", seperti terlihat pada gambara dibawai ini, beberapa kata kunci yang muncul ada yang 1 kata, 2 kata dan 3 kata atau lebih, dari daftar yang muncul kita bisa pilih beberapa kandidat kata kunci yang nanti kita jadikan judul artikel, dan sebaiknya kita memilih kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, jangan lupa kata kunci yang anda pilih sebaiknya kata kunci yang memiliki pencarian perbulan besar tetapi jumlah kompetitornya menengah kebawah atau medium/low.

Lihat gambar diatas,  sebenarnya kita bisa memilih kandidat kata kunci manapun sesuai dengan selera anda, yang penting kata kunci yang kita ambil adalah kata kunci long tail keyword, yaitu kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, dengan nilai pencarian tinggi tapi nilai kopetitornya rendah, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh kita ambil kata kunci yang saya kasih kotak sebagai berikut:

1. Kata kunci pertama yaitu: "Cara Membuat email" dengan jumlah pencarian 74.000 dan nilai kompetitornya Medium/menengah.

2. Kata kunci kedua yang kita ambil yaitu: "Mendaftar Email Baru", dengan jumlah pencarian perbulan 27.100 dan niali kompetitornya Low/rendah.

kita bisa mengembangkan kta kunci tersebut menjadi long tail keyword yang baru misal dari kata kunci Cara membuat email kita kembangkan dan kita ubah menjadi "Cara buat Email Yahoo baru lengkap" atau apapun tergantung dari kata kunci longtail keyword yang ingin anda bidik.

 Cara Menganalisa Nilai kompetitor Blog/Situs

Setelah kita memutuskan mengambil kandidat kata kunci diatas, langkah selanjutnya adalah kita harus melakukan riset lanjutan untuk melihat  daftar blog atau situs saingan yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci tersebut. apakah bisa kita saingi atau tidak.
  Untuk memperoleh informasi mengenai situs-situs kompetitor yang lebih dulu sudah menggunakan kata kunci long tail keyword yang kita bidik, kita akan gunakan plugin MozBar, tool ini tersedia untuk google croome juga untuk mozila firefox. untuk memasangnya pada browser anda silahkan anda masuk ke situs http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian silahkan anda download sesuai dengan browser yang anda gunakan kemudian silahkan anda instal. sebelum digunakan jangan lupa restart browser anda.

Mozbar Sebenarnya berfungsi untuk melihat nilai Page authority PA dan Domain Authority, situs-situs secara langsung yang muncul pada daftar hasil pencarian google, ketika pada browser kita sudah terinstal MozBar, daftar hasil pencarian search enggine akan dilengkapi dengan informasi DA dan PA serta informasi terkait lainnya.

 Untuk melakukan analisa tingkat kompetitor daftar blog yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci yang kita bidik, adalah sebagai berikut:

a. Silahkan cari menggunakan google kata kunci longtail keyword yang kita bidik, misal kita akan cek blog pesaing yang sudah menggunakan kata kunci "Cara Membuat Email Yahoo baru lengkap" silahkan lakukan pencarian dengan kata kunci tersebut, kita akan mendapatkan informasi berikut:

 Dapat kita lihat setelah menginstal MozBar pada browser hasil pencarian google dilengkapi dengan Analisa PA dan DA,  PA mengindikasikan Kepercarayaan google terhadap suatu halaman artikel, Semakin banyak yang mengunjungi nilai PA biasanya akan semakin meningkat, semakin tinggi PA berarti akan semakin sulit untuk kita lewati posisi SERP nya. sedangkan DA adalah nilai kepercayaan mesin pencari terhadap domain situs atau blog yang kita gunakan, semakin besar nilai DA akan semakin sulit untuk kita lewati, PA dan DA biasanya selalu beriringan menentukan posisi teratas pada hasil pencarian, jika halaman yang kita miliki untuk kata kunci tertentu memiliki PA dan DA yang sangat tinggi, berarti dapat dipastikan halaman tersebut walaupun dengan short tile keyword sekalipun akan menduduki urutan pertama mesin pencari dengan kata kunci pencarian yang relevan.

yang bisa kita jadikan acuan untuk longtail keyword yang akan kita bidik, data yang dijadikan acuan adalah data hasil pencarian (SERP) yang muncul pada urutan 1 sampai 10 saja, kita lihat PA dan DA nya, jika dalam daftar terdapat hasil yang memiliki PA dibawah 1-10 kemudian DA nya juga kecil berarti kita bisa menggunakan longtail keyword yang kita bidik tersebut, tetapi jika dari hasil 10 pencarian hampir semuanya memiliki DA dan PA yang tinggi, berarti kita harus meracik kembali longtail keyword lainnya untuk  judul artikel kita, begitu seterusnya, silahkan gunakan cara yang sama untuk longtail keyword lainnya yang anda bidik. 

Jika anda sudah menemukan longtailkeyword kemudian nilai kompetitor masih dibawah rata-rata, berarti longtail keywords yang anda bidik tersbut bisa anda jadikan judul artikel. semoga berhasil.

Demikian informasi yang saya bisa share tentang  CARA memilih longtail keywords yang tepat, semoga bermanfaat.

 Memahami Apa itu longtail keywords ? - long tail keyword adalah kata kunci turunan yang dikembangkan dari kata kunci utama yang kita bidik, jika kata kunci utama yang anda bidik terdiri dari 2 suku kata maka long tail keyword untuk kata kunci tersebut bisa menjadi 3 atau lebih suku kata, kemudian jika anda membidik kata kunci utama terdiri dari 3 suku kata maka long tail keyword dari kata kunci tersebut bisa lebih dari 3 suku kata.
Kesimpulannya long tail keyword adalah kata kunci hasil modifikasi dari kata kunci utama dengan menambahkan beberapa frasa suku kata tetapi masih terkait topik atau niche yang sama dengan kata kunci utama yang kita bidik. pada umumnya long tail keyword itu terdiri dari 3 suku kata atau lebih tergantung dari kata kunci utamanya.

Untuk lebih memahami mengenai longtail keyword saya akan ambil contoh sebagai berikut, misal kita akan membuat artikel dengan kata kunci utama yang kita bidik adalah "Optimasi Seo Onpage", long tail keyword dari kata kunci tersebut bisa saja menjadi: "Cara Optimasi Seo onpage yang tepat" atau "Optimasi Seo onpage pada blog lengkap" atau kita bisa juga kembangkan menjadi "Apa manfaat optimasi seo onpage" dan masih banyak lagi.

Mengapa harus longtail keyword?

Sepertinya anda sudah mengerti bukan, saya harap anda mengerti dan paham mengenai longtail keyword tersebut, sekarang kita lanjutkan, Mengapa harus long tail keyword?, sudah saja kita pilih kata kunci yang simple dan tidak usah kita modifikasi menjadi long tail keyword? bisa jadi itu menjadi pertanyaan untuk sebagian orang termasuk saya ketika baru mempelajari hal-hal seperti ini, ada sebab pasti ada alasan, kenapa lebih memilih long tail keyword dari pada short tail keyword? alasannya adalah sebagai berikut:

1. Alasan pertama: kenapa harus menggunakan long tail keyword, itu karena short tail keyword atau kata kunci dengan satu atau dua suku kata pada umumnya di mata search enggine kata kunci tersebut sudah dikuasai oleh situs-situs yang sudah berumur, terkenal dan sudah mempunyai reputasi yang tinggi dimata mesin pencari, jika kita memaksa untuk menggunakan short tail keyword, berarti kita harus bersaing dengan situs lainnya yang lebih baik yang membidik kata kunci tersebut, dan kita akan kalah bersaing, apalagi blog atau situs yang kita miliki masih seumur jagung, bisa saja artikel dengan kata kunci short tail keyword yang kita gunakan muncul di hasil pencarian google, tapi sangat kecil kemungkinannya artikel kita berada pada posisi 10 pertama, dan efeknya, trafik organik yang bersumber dari pencarian google akan sulit dapatkan.

2. Alasan ke dua, kenapa harus menggunakan longtail keyword, Tidak semua orang yang melakukan pencarian dengan mesin pencari menggunakan short tail keyword, beberapa diantaranya dan lebih banyak menggunakan long tail keyword, ketika kata kunci longtail keyword yang digunakan para pencari tepat sesuai dengan judul artikel yang kita bidik, maka besar kemungkinan artikel yang kita miliki muncul di 10 besar mesin pencarian.
Seperti halnya blog saya ini, kebanyakan judul artikel yang saya gunakan menggunakan long tail keyword, meskipun trafic belum terlalu significan untuk sekarang ini kebanyakan pengunjung datang dari beberapa kata kunci long tail keyword yang saya bidik, meskipun tidak banyak yang penting ada, lebih baik satu pengunjung yang datang dari pada tidak sama sekali.

Demikian, mudah-mudahan uraian artikel saya ini tentang cara Memahami Apa itu longtail keywords ?, bermanfaat untuk anda dan  memang benar-benar mudah untuk di fahami.

Oh ya, jangan lupa anda baca juga artikel terkait lainnya yang saya pilihkan untuk anda mengenai bagaimana cara memilih longtail keyword yang tepat.

Cara memasang kode unit Iklan Adsense pada blog - Untuk meletakan unit iklan adsense sebenarnya bisa dimana saja, yang penting tidak melanggar aturan TOS tentang cara pemasangan iklan adsense yang diizinkan, cara memasang unit iklan adsense ada dua pilihan yang bisa kita gunakan, yang pertama bisa menggunakan widget dan yang kedua dengan cara menempelkan secara langsung pada template blog. ketika kita memilih memasang unit iklan adsense melalui bantuan widget, unit iklan hanya bisa diletakan di area-area tertentu saja sesuai dengan template yang digunakan, sedangkan jika kita memilih memasang unit iklan adsense dengan cara meletakan kode unit iklan pada kode template blog, itu akan lebih leluasa, kita bisa meletakan dimanapun sesuai dengan keinginan.

Cara Meletakan iklan adsense melalui widget

Jika kita memilih cara ini, bearti kita hanya bisa meletakan iklan adsense di area tertentu saja sesuai dengan template yang kita gunakan, dan sesuai dengan lokasi dimana kita bisa menambahkan widget. untuk memasang iklan adsense menggunakan widget caranya adalah:

1. Copy kode iklan adsense, silahkan masuk ke akun blog anda, pilih menu penghasilan > adsense kemudian di area sebelah kanan pilih dan klik "Tampilan Dashbor".

2. Pada halaman dashbor adsense, pilih menu iklan saya, anda akan melihat daftar unit iklan adsense, pilih salah satu baris unit iklan dan klik pada tulisan "dapatkan kode" silahkan anda kopi kode yang ditampilkan.

3. Sekarang Masuk ke halaman akun blog anda, pilih menu "Tata Letak" silahkan cari dan klik tulisan "Add Widget" atau "Tambahkan Widget" sesuai dengan lokasi dimana anda akan menambahkan widget,
pada pilihan widget yang muncul, pilih "HTML / Javascript" widget, pada kotak isian widget yang muncul silahkan paste kode unit adsense yang anda kopi sebelumnya dan jangan lupa simpan.

Sampai tahap ini kode iklan google adsense sudah selesai dipasang menggunakan widget.
 

Cara Memasang Iklan adsense secara langsung pada kode template.

Cara memasang iklan adsense secara langsung dengan menempelkan pada kode template blog memang sedikit berbeda dengan  cara  menggunakan widget, biasanya ketika kita meletakan kode iklan adsense secara langsung pada template blog, kita akan menemukan error ketika template yang sudah kita tambahkan kode unit iklan adsense kita simpan. error tersebut terjadi karena kode unit iklan mengandung karakter karakter yang tidak diizinkan oleh template blog, sehingga template blog ketika menemukan karakter tersebut akan langsung menolaknya.

 Sebenarnya masalah error tersebut bisa kita atasi dengan cara memparse kode unit iklan adsense terlebih dahulu baru setelah kita parse kita letakan pada kode template blog, memparse maksudnya merubah karakter karakter yang terdapat pada kode unit iklan adsense agar dapat diterima oleh template blog, apakah boleh dirubah, diparse disini sebenarnya masih diperbolehkan, karena parse bukan merubah struktur unit kode iklan adsense, ketika kode iklan adsense dibaca oleh brower kode tersebut strukturnya masih sama dengan kode tanpa diparse, jadi untuk kasus ini masih diperbolehkan dan tidak melanggar kebijakan privasi iklan adsense.

Berikut langkah-langkah cara memasang kode iklan adsense pada template blog:

1. Masuk ke halaman akun adsense anda, lakukan seperti langkah-langkah yang sudah diuraikan diatas.

2. Sebelum di sisipkan pada template blog kita coba parse terlebih dahulu kode unit iklan yang sudah kita kopi tersebut, untuk melakukannya silahkan masuk ke situs freeformater.com HTML Escape, kemudian paste kode unit iklan adsense anda disana, biarkan kode hasil parse kita parkir disana.

3. Sekarang masuk ke halaman akun blog anda, pilih menu template, kemudian Edit HTML, copy code iklan adsense yang kita sudah parse di situs HTML Escape, silahkan anda paste pada template blog anda, sesuai dengan dimana anda akan meletakan iklan adsense tersebut, anda pasti tau caranya.

Pelajari Juga:
Cara memasang kode adsense di atas samping postingan
Cara memasang iklan adsense ditengah artikel postingan
Cara memasang adsense dibawah akhir postingan

Demikian artikel tentang Cara memasang kode unit Iklan Adsense pada blog, saya share untuk anda mudah-mudahan bermanfaat.



Lokasi Terbaik untuk meletakan Iklan Adsense - Google adsense adalah salah satu iklan PPC terbaik untuk meraup keuntungan secara online melalui blog, cara kerja iklan adsense boleh dibilang sangat sederhana sekali, cara kerjanya yaitu dengan meletakan iklan adsense pada halaman situs atau blog yang kita miliki dan kita bisa meletakannya dimanapun pada halaman, kita dapat keuntungan ketika ada pengunjung mengklik iklan AdSense yang kita pasang, keuntungan yang diperoleh pun bermacam-macam disesuaikan dengan jenis iklan dan nilai PPC untuk masing-masing iklan,

Untuk mendapatkan keuntugan maksimal dari iklan adsense salah satu caranya adalah meletakan iklan google adsense pada lokasi terbaik pada blog kita. lantas dimanakan lokasi terbaik untuk memasang google adsense pada blog kita, ya itu tergantung dari jenis templatnya. Dapat kita lihat bahwa tata letak paling umum dari kebanyakan template blog terdiri dari header, sidebar, konten dan footer, header area paling atas halaman blog, sidebar adalah area samping halaman suatu blog, bisa disamping kiri atau disamping kanan tergantung dari template yang digunakan, sedangkan konten adalah area untuk menampilkan isi postingan, kemudaian footer adalah area yang terletak paling  bawah pada halaman blog.

Lokasi terbaik untuk meletakan iklan google adsense

Dimanakah lokasi terbaik untuk meletakan iklan adsense?

Untuk masalah ini memang tidak ada cara pasti dan tergantung juga pada template nya, yang penting, ketika kita meletakan kode iklan google adsense, carilah tata letak yang banyak menjadi perhatian pengunjung, disanalah lokasi terbaik untuk meletakan iklan google adsense anda. Berikut akan saya uraikan lokasi terbaik untuk meletakan iklan adsense pada blog:

a. Header, atau bagian atas halaman, ini bisa menjadi lokasi terbaik, syaratnya jika kita jadikan header tersebut statis /fixed, artinya header tidak akan ikut bergerak meskipun halaman blog discroll ke atas dan kebawah, jika template yang anda punya seperti itu, anda bisa meletakan kode iklan google adsense pada lokasi header tersebut, karena lokasi header static/fixed akan terus nampak didepan mata para pengunjung. semakin dekat dimata para pengunjung, maka peluang klik pada iklan tersebut akan semakin baik.

b. Sidebar atau bagian samping halaman, untuk setiap blog pasti memiliki lokasi sidebar yang beda-beda, ada yang meletakan sidebar di kiri ada juga yang meletakan sidebar dikanan, tergantung template dan  tata letak halaman blog tersebut. kenapa sidebar bisa mejadi lokasit erbaik untuk iklan adsense anda, karena pada umumnya pengunjung mencari artikel berikutnya melalui  sidebar ini, jadi sangat tepat jika kita menempatkan kode iklan adsense pada sidebar blog. letakan iklan google adsense di sidebar paling atas. anda bisa memilih ukuran iklan google adsense 300x600 atau 120x600 untuk diletakan di sidebar atas.

c. Diatas Postingan Setelah Judul, Pengunjunga membaca postingan dimulai dari sini, lokasi ini adalah lokasi yang paling diperhatikan pengunjung pertama kali mereka mulai membaca postingan dan lokasi ini adalah lokasi terbaik untuk meletakan iklan Adsense, anda bisa meletakan iklan google adsense persis diatas positngan setelah judul atau meletakan iklan google adsense di atas posingan berbaur dengan text, jika sidebar anda disebelah kanan, maka anda bisa meletakan iklan google adsense di atas sebelah kiri positngan dibawah judul berbaur dengan text, seperti cara saya meletakan iklan adsense diatas, tetapi jika sidebar anda berada di sebelah kiri, anda bisa meletakan iklan google adsense anda di atas sebelah kanan berbaur dengan text. anda bisa meletakan iklan google adsense anda untuk lokasi ini dengan ukuruan 260px x300px atau 300 x 250;

d. Dibawah judul postingan, ini adalah lokasi terbaik, bawah judul positngan akan menjadi lokasi yang menjadi perhatian pengunjung ketika pengunjung selesai membaca isi artikel secara keseluruhan. anda bisa meletakan iklan google andsense anda di lokasi ini dengan ukuruan 260px x300px atau 300 x 250, atau iklan horizontal yang disesuaikan dengan lebar area positngan.

Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah, kita bisa meletakan iklan google adsense pada halaman blog yang kita miliki, dengan memperhatikan letak yang sering menjadi perhatian pengunjung dengan jumlah iklan adsense yang di izinkan,  secara konvensional lokasi yang paling menjual untuk meletakan iklan google adsense adalah:

Pilihan tata letak pertama:
Tata letak ini adalah yang sering saya gunakan sendiri,
1. Satu iklan adsense kita pasang di sidebar paling atas dengan ukuran iklan 300 x 600 satu buah atau sejenisnya
2. Satu lagi kita pasang di dalam isi artikel dibawah judul di samping kiri atau kanan postingan berbaru dengan text, iklan yang bisa kita pasang ukuran 260 x 300 px.
3.  Satu lagi kita pasang dibawah positngan tepat di akhir isi artikel, iklan adsense yang bisa kita pasang bisa jenis horizontal disesuaikan dengan lebar area, atau kita bisa pasang yang ukuran 300 x 250px.


atau Pilihan tata letak Kedua:
1. Satu iklan adsense kita pasang di sidebar paling atas dengan ukuran iklan 300 x 600 satu buah atau sejenisnya
2. Satu lagi kita pasang di dalam isi artikel dibawah judul di samping kiri atau kanan postingan berbaru dengan text, iklan yang bisa kita pasang ukuran 260 x 300 px.
3.  Satu lagi kita pasang diarea sidebar paling bawah

Formasi tata letak iklan google adsense
Pilihan tata letak ketiga:
Ini khusus untuk header halaman situs yang statis, artinya area header yang tidak bergerak ketika kita melakukan scroll halaman.
1. Satu iklan adsense kita pasang di header paling atas dengan ukuran iklan horizontal disesuaikan dengan lebar area header.
2. Satu lagi kita pasang di dalam isi artikel dibawah judul di samping kiri atau kanan postingan berbaru dengan text, iklan yang bisa kita pasang ukuran 260 x 300 px.
3.  Satu iklan adsense kita pasang di sidebar paling atas dengan ukuran iklan 300 x 600 atau kuruan 300 x 250 px satu buah.

Lokasi terbaik untuk meletakan iklan google adsense

Anda bisa memilih salah satu kombinasi tata letak peletakan iklan google adsense diatas, untuk mendapatkan tata letak yang paling menjual anda bisa mencoba saling bergantian tata letak peletakan iklan dengan pormasi diatas, anda kemudian bisa menganalisa dari tata letak yang anda pakai mana yang paling memberi keuntungan untuk anda dari adsense.

Terimakasih semoga artikel sederhana yang saya share tentang   Lokasi Terbaik untuk meletakan Iklan Adsense ini, bermanfaat untuk anda.