Cara memasang kode unit Iklan Adsense pada blog - Untuk meletakan unit iklan adsense sebenarnya bisa dimana saja, yang penting tidak melanggar aturan TOS tentang cara pemasangan iklan adsense yang diizinkan, cara memasang unit iklan adsense ada dua pilihan yang bisa kita gunakan, yang pertama bisa menggunakan widget dan yang kedua dengan cara menempelkan secara langsung pada template blog. ketika kita memilih memasang unit iklan adsense melalui bantuan widget, unit iklan hanya bisa diletakan di area-area tertentu saja sesuai dengan template yang digunakan, sedangkan jika kita memilih memasang unit iklan adsense dengan cara meletakan kode unit iklan pada kode template blog, itu akan lebih leluasa, kita bisa meletakan dimanapun sesuai dengan keinginan.

Cara Meletakan iklan adsense melalui widget

Jika kita memilih cara ini, bearti kita hanya bisa meletakan iklan adsense di area tertentu saja sesuai dengan template yang kita gunakan, dan sesuai dengan lokasi dimana kita bisa menambahkan widget. untuk memasang iklan adsense menggunakan widget caranya adalah:

1. Copy kode iklan adsense, silahkan masuk ke akun blog anda, pilih menu penghasilan > adsense kemudian di area sebelah kanan pilih dan klik "Tampilan Dashbor".

2. Pada halaman dashbor adsense, pilih menu iklan saya, anda akan melihat daftar unit iklan adsense, pilih salah satu baris unit iklan dan klik pada tulisan "dapatkan kode" silahkan anda kopi kode yang ditampilkan.

3. Sekarang Masuk ke halaman akun blog anda, pilih menu "Tata Letak" silahkan cari dan klik tulisan "Add Widget" atau "Tambahkan Widget" sesuai dengan lokasi dimana anda akan menambahkan widget,
pada pilihan widget yang muncul, pilih "HTML / Javascript" widget, pada kotak isian widget yang muncul silahkan paste kode unit adsense yang anda kopi sebelumnya dan jangan lupa simpan.

Sampai tahap ini kode iklan google adsense sudah selesai dipasang menggunakan widget.
 

Cara Memasang Iklan adsense secara langsung pada kode template.

Cara memasang iklan adsense secara langsung dengan menempelkan pada kode template blog memang sedikit berbeda dengan  cara  menggunakan widget, biasanya ketika kita meletakan kode iklan adsense secara langsung pada template blog, kita akan menemukan error ketika template yang sudah kita tambahkan kode unit iklan adsense kita simpan. error tersebut terjadi karena kode unit iklan mengandung karakter karakter yang tidak diizinkan oleh template blog, sehingga template blog ketika menemukan karakter tersebut akan langsung menolaknya.

 Sebenarnya masalah error tersebut bisa kita atasi dengan cara memparse kode unit iklan adsense terlebih dahulu baru setelah kita parse kita letakan pada kode template blog, memparse maksudnya merubah karakter karakter yang terdapat pada kode unit iklan adsense agar dapat diterima oleh template blog, apakah boleh dirubah, diparse disini sebenarnya masih diperbolehkan, karena parse bukan merubah struktur unit kode iklan adsense, ketika kode iklan adsense dibaca oleh brower kode tersebut strukturnya masih sama dengan kode tanpa diparse, jadi untuk kasus ini masih diperbolehkan dan tidak melanggar kebijakan privasi iklan adsense.

Berikut langkah-langkah cara memasang kode iklan adsense pada template blog:

1. Masuk ke halaman akun adsense anda, lakukan seperti langkah-langkah yang sudah diuraikan diatas.

2. Sebelum di sisipkan pada template blog kita coba parse terlebih dahulu kode unit iklan yang sudah kita kopi tersebut, untuk melakukannya silahkan masuk ke situs freeformater.com HTML Escape, kemudian paste kode unit iklan adsense anda disana, biarkan kode hasil parse kita parkir disana.

3. Sekarang masuk ke halaman akun blog anda, pilih menu template, kemudian Edit HTML, copy code iklan adsense yang kita sudah parse di situs HTML Escape, silahkan anda paste pada template blog anda, sesuai dengan dimana anda akan meletakan iklan adsense tersebut, anda pasti tau caranya.

Pelajari Juga:
Cara memasang kode adsense di atas samping postingan
Cara memasang iklan adsense ditengah artikel postingan
Cara memasang adsense dibawah akhir postingan

Demikian artikel tentang Cara memasang kode unit Iklan Adsense pada blog, saya share untuk anda mudah-mudahan bermanfaat.