Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana membangun sebuah aplikasi web, sebaiknya harus dipikirkan terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan, perlu diketahui bahwa dalam aplikasi web ada 2 bagian pokok yaitu Server dan Client, oleh karena itu maka dalam menyusun program untuk mengembangkan aplikasi web akan ada dua bagian pula, yaitu script program yang dijalankan atau di eksekusi di sisi client dan script program  yang dijalankan atau di eksekusi disisi Server.


A. Script program yang dijalankan dimesin Client adalah sebagai berikut:

1. Bahasa Pemrograman HTML (Hypertext markup language) adalah bahasa standar yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi web, sebuah aplikasi web tidak akan luput dari struktur HTML didalmnya, oleh karena itu  maka HTML adalah salah satu bahasa pemrograman aplikasi web yang wajib untuk di kuasai.

2. Java Script, Java script adalah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk mengolah halaman web untuk menangani Aksi-aksi dari user, dan animasi yang dijalankan disisi mesin client, untuk lebih mudah nanti akan digunakan Framework JQuery untuk menangani script web yang berkaitan dengan kasus javascript ini. JQuery adalah Framework Java script dengan Selogan Write Less Do More yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script javascrip sehingga lebih mudah untuk digunakan. ini juga merupakan salah satu bahasa pemrograman aplikasi web yang juga harus dikuasai.

3. CSS (Cascading Style Sheet) yaitu bahasa pemrograman aplikasi web yang berfungsi untuk mengatur tata letak dari halaman web, pewarnaan dan memperindah halaman web, CSS juga wajib untuk dikuasai untuk mengembangkan Aplikasi Web.

B. Script Program yang dijalankan Dimesin Server
1. PHP (Hypertext PreProcessor) adalah bahasa pemrograman untuk membangun Aplikasi Web yang dijalankan disisi Server, php berfungsi untuk membangun sebuah halaman web agar lebih dinamis. dalam hal ini untuk mempermudah dan mempersingakat Script PHP, maka nanti akan digunakan Framework Code Ignitor ontuk mengembangkannya, sehingga pengembangan sebuah aplikasi web akan lebih cepat, aman dan lebih singkat.

C. Basis data Sever
1. MySql Server, adalah salah satu basis data server yang sangat umum disandingkan dengan PHP, basis data berfungsi untuk menyimpan data atau informasi dari halaman web agar dapat digunakan atau di akses di kemudian hari,

dalam aplikasi web memang ada 2 peran bahasa pemrograman, yaitu script yang dijalankan disisi client, dan script yang dijalankan disisi server, tujuannya adalah agar beban client dan beban server terbagi menjadi 2 bagian sehingga proses menjadi lebih ringan karena tidak dibebankan di satu sisi saja

Basaha pemrograman diatas adalah wajib dikuasai untuk mengembangkan aplikasi web, yang nanti akan di bahas satu persatu pada postingan berikutnya.

Apa Anda Tau ?

Hampir 99,99 % orang didunia yang baru mengenal aplikasi web akan berusaha untuk memahami Apa itu SEO, jika ini masih terdengar baru di telinga Anda, silahkan klik disini untuk mempelajarinya!