Di artikel sebelumnya saya pernah menjelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi hp android yang tidak bisa mengirim sms, masih seputar android di artikel kali ini saya akan coba bahas tentang cara mudah mengatifkan fitur Ok Google di hp android.

Belakangan ini barangkali kita pernah menyaksikan sebuah iklan ditelevisi yang dikeluarkan oleh perusahaan google, iklan tersebut memperkenalkan fitur Ok google diperangkat android yang sudah bisa kita gunakan saat ini, di iklan tersebut kita menyaksikan bagaimana pengguna perangkat mobile berbasis android (HP/ponsel, tablet dll)  melakukan interaksi dengan perangkat android miliknya dengan hanya mengucapkan perintah yang di awali dengan kata "Ok Google".

Dan setelah diamati ternyata fitur tersebut adalah teknologi terbaru yang diperkenalkan oleh perusahaan google untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan perangkat android miliknya, teknologi ok Google ini menurut saya sangat luar biasa canggih, karena hanya dengan mengucapkan perintah yang di awali ok google maka perangkat android mampu memproses intruksi tersebut secara tepat.

Cara mengaktifkan Fitur Ok Google di perangkat android

Hebatnya lagi fitur Ok Google ini sudah support bahasa indonesia. Bahkan di Ponsel atau hp dengan sistem Operasi iOS seperti iPhone, aplikasi terbaru Google sudah suport Ok Google dan siap untuk digunakan anda bisa mendownloadnya di App Store IPhone anda.


Lantas apa Fungsi Fitur Ok Google Itu ?

Fitur Ok Google ini sebenarnya untuk membantu pengguna internet melalui perangkat mobile untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari google secara lebih mudah, jadi si pengguna ketika ingin mecari informasi tertentu menggunakan mesin pencari google, mereka tidak lagi harus direpotkan mengetikan kata kunci tersebut, cukup mengucapkan perintah yang di awali dengan kata "Ok Google" maka perintah tersebut akan diproses oleh perangkat android yang digunakan.

Seperti misalnya ingin mencari hotel terdekat dengan lokasi anda saat ini, maka anda cukup mengucapkan kata "Ok Google " Hotel terdekat dan murah", maka fitur ok google dengan bantuan mesin pencari google akan menampilkan informasi yang paling relevan terkait hotel terdekat dan murah yang dekat dengan lokasi anda berada, apapun yang ingin anda cari cukup dengan mengucapkan kata "Ok Google" diikuti dengan kata kunci yang ingin anda cari, maka informasi yang dimaksud secara cepat dan akurat akan ditampilkan untuk anda. sangat mudah sekali.

Hebatnya lagi fitur ok google ini bukan hanya untuk melakukan pencarian google saja, namun bisa juga digunakan untuk membuka aplikasi tertentu yang sudah terpasang di perangkat android anda, pengguna cukup mengucapkan "Ok Google" Buka nama_aplikasi, maka dengan cepat aplikasi yang dimaksud terbuka secara otomatis. Selain itu fitur ok google juga dapat digunakan untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari google, caranya pun sederhana, cukup dengan mengucapkan  "Ok Google" diikuti dengan kata kunci yang ingin dicari, maka informasi yang diinginkanpun ditampilkan dengan cepat.


Bagaimana cara menggunakan Ok Google di perangkat Android?

Mungkin anda sudah lama memiliki perangkat android namun anda belum pernah menggunakan fitur OK google di perangkat android anda, disini saya akan jelaskan bagaimana cara menggunakan fitur ok google di perangkat android anda, untuk membuka aplikasi atau melekaukan pencarian google lebih cepat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan bahwa sistem android pada perangkat android anda adalah sistem android versi 4.4 kit kat ke atas. karena menurut google untuk menjalankan fitur ok google spesifikasi perangkat android anda haruslah 4.4 ke atas.

2. Pastikan bahwa anda sudah memasang Google App versi 3.5 ke atas atau yang paling baru, silahkan download disini

3. Pastikan bahwa bahasa yang anda pilih untuk perangkat android anda adalah bahasa indonesia. untuk mengaktifkan bahasa indonesia di perangkat andaroid anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu setelan /settings, > pilih menu bahasa & masukan
  • Pada halaman bahasa & setelan, klik menu bahasa atau language, lalu pilih bahasa indonesia


4. Aktifkan Google App di perangkat android anda

Aplikasi google app versi android

Akan tampil semacam fasilitas kotak penelusuran google, dengan tulisan Ucapkan "Ok Google" seperti gambar di bawah ini:

Cara menggunakan fitur ok google di hp android

5. Untuk menggunakan Fitur "Ok Google" anda cukup mengucapkan kata "Ok Google" lalu ikuti dengan kata yang ingin diproses. beberapa contoh:

  • "Ok Google" Hotel terdekat, maka akan mesin pencari akan menampilkan informasi hotel terdekat dengan lokasi anda saat itu.

  • "Ok Google"....... Buka facebook, maka google akan membuka aplikasi facebook dengan catatan aplikasi facebook sudah terpasang di ponsel android anda.

Jadi selain dapat melakukan pencarian, fitur ok google juga ternyata bisa digunakan untuk mengaktifkan atau membuka aplikasi apapun yang sudah terpasang di perangkat android anda, perintahnya tinggal ucapkan saja kata  "ok google" buka nama_aplikasi, maka google akan membuka atau mengaktifkan aplikasi yang anda sebut, gimana..... canggih bukan.



Kenapa fitur Ok Google tidak Bisa digunakan (nonaktif) di perangkat HP android saya?

Anda bisa jadi tidak bisa menggunakan fitur ok google di perangkat android anda, jika spesifikasi android anda memadai (android versi 4.4 kit kat, dan anda sudah memasang Aplikasi google versi 3.5 ke atas atau yang terbaru, maka seharusnya secara otomatis anda bisa menggunakan fitur ok google di perangkat android anda.

Jika Fitur Ok Google di perangkat android anda tidak berjalan, maka kemungkinan besar fitur tersebut non-aktif, oleh karena itu anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi google di perangkat android anda, kemudian setelah terbuka, pilih menu garis 3 yang letaknya di pojok kiri atas.


2.  Pilih Menu setelan bergambar roda gigi

3. Di tampilan berikutnya, pilih menu Suara atau Voice

4. Kemudian di tampilan berikutnya pilih menu Deteksi "Ok Google",  kemudian pastikan dicentang atau di aktifkan pilihan  "Ucapkan 'Ok Google' untuk memulai penelusuran suara dari Google app.






Sampai tahap di atas seharusnya aplikasi google di perangkat anda sudah bisa digunakan untuk fitur Ok Google.

Bagaimana mudah bukan, silahkan anda coba, setelah mengetahui ini, untuk mengaktifkan aplikasi atau mencari sesuatu di google, saya sering mengunakan fitur Ok google, karena mudah dan praktis, tidak perlu mengetikan kata kunci, atau mencari aplikasi yang ingin dibuka, cukup aktifkan Aplikasi google lalu katakan " Ok Google" tunggu sebentar sampai siap, lalu ucapkan perintah yang diinginkan, sangat mudah dan praktis..

Demikian tentang Cara Mudah Menggunakan Fitur "Ok Google" Di HP Android !, selamat mencoba. dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!