Linkjuice maupun backlink adalah dua istilah yang tidak asing dikalangan praktisi seo, meskipun memiliki perbedaan keduanya adalah dua hal yang saling berkaitan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Linkjuice bisa di ibaratkan sebagai sebuah kekuatan untuk point yang diperoleh halaman blog atau situs yang bersumber dari link yang masuk, baik itu dari luar maupun dari dalam blog itu sendiri. Seperti halnya pemungutan suara, banyaknya suara yang diperoleh adalah kekuatan untuk bisa memenangkan pemilu, sama halnya dengan linkjuice semakin banyak sumber linkjuice yang tertuju kesuatu halaman akan semakin meningkatkan pagerank halaman tersebut.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan link baik itu dengan cara langsung maupun tidak langsung, cara langsung maksudnya melalui strategi membangun backlink, seperti mengomentari blog, social bookmarking, dummy blog, social media marketing dan cara lainnya dimana Anda berusaha menempatkan link menuju halaman situs Anda baik melalui situs luar atau situs Anda sendiri, Sedangkan cara tidak langsung adalah, Usaha yang Anda lakukan yang berfokus kepada penyajian  kualitas isi artikel, tanpa Anda sadari pengunjung yang membaca artikel yang Anda sajikan, dijadikan referensi oleh mereka dan mereka menempatkan link ke halaman situs Anda sebagai sumbernya, link semacam ini bisa disebut backlink natural. kumpulan link yang masuk menuju halaman blog Anda itu disebut linkjuice, dan diantara link link tersebut memberikan point yang berbeda, tergantung dari pagerank berapa link tersebut datang.


Konsep Linkjuice yang bersumber dari link dofollow?

Kita asumsikan memiliki dua situs,  situs A dan situs B, misal situs A punya 1 dofollow backlink dan site B tidak punya backlink satupun, situs A akan memiliki prioritas yang lebih tinggi untuk ditampilakn dihalaman SERP dibanding dengan situs B, karena situs A menerima linkjuice dari link yang berasal dari situs luar yang mengarah kepadanya.
Apa yang terjadi jika situs B memiliki satu dofollow backlink juga dari luar, mana yang memiliki prioritas, ini tergantung dari sumber linknya, bisa jadi 2 link saja yang mengarah kepada situs B lebih baik dari 4 link yang mengarah ke situs A. jika link-link yang mengarah ke situs A punya link-link yang mengarah keluar situs lainnya selain A.
Untuk memahami kasus diatas kita gunakan hitung-hitungan kasar menggunakan studi kasus seperti dibawah ini:

Linkjuice dari backlink dua arah
Linkjuice dari halaman situs yang memiliki backlink dua arah
Dari gambar diatas, situs O, P, Q dan R memiliki masing-masing 1 link yang mengarah ke Situs A, situs O,P, Q dan R juga selain link ke situs A dia juga punya punya masing-masing 3 Link yang mengarah ke situs lainnya, jadi situs O, P, Q dan R masing-masing punya 4 link yang mengarah ke luar, nilai point yang diberikan situs tersebut ke situs A hanya 25% saja  (100% / 4) ,
dari kasus diatas situs A akan menerima point nilai total sebesar 100% (masing-masing 25% dari O,P,Q dan R).


Linjuice dari backlink satu arah

Linkjuice yang diperoleh dari backlink satu arah

bandingkan dengan situs B, jika situs B memiliki link masuk dari 2 situs, sebut saja situs H dan I, link dari situs tersebut mengarah hanya pada situs B saja misal masing-masing 1 link, dari kasus diatas, situs B akan memiliki point linkjuice sebesar 200%, didapat dari situs H sebesar 100%, dan dari situs I sebesar 100%. 

Kesimpulan kasus ini adalah untuk menempati posisi yang baik di SERP, halaman situs yang memiliki sumber backlink yang berlimpah belum tentu bisa menagalahkan halaman situs dengan sumber backlink yang sedikit, tergantung link seperti apa dan dari mana sumber link tersebut berasal.



Konsep link Juice yang berasal dari link-link nofollow?

Untuk link nofollow yang mengarah kehalaman situs kita itu tidak akan menambah point linkjuice halaman kita, meskipun sumbernya dari situs yang berpagerank tinggi. untuk saat ini kita harus hati-hati dalam berinteraksi dengan link nofollow ini, terutama ketika kita membangun internallinking (link yang mengarah kehalaman yang lain dalam situs yang sama), karena untuk saat ini meskipun link nofollow yang mengarah keluar tidak dapat berdampak menambah point halaman yang ditujunya,link nofollow yang mengarah keluar berarti kebocoran point linkjuice, meskipun link tersebut tidak akan meambah point halaman yang ditujunya.

Misal dalam satu halaman terdapat 3 link keluar, 2 link adalah link dofollow dan menuju halaman kita lainnya dalam satu situs yang sama, sedangkan 1 link lainnya adalah link nofollow dan menuju kehalaman luar situs kita, menurut perhitungan kasar link juice, maka point yang akan diperoleh untuk 2 link dofollow untuk halaman situs kita masing-masing hanya 33% (100% /3 ) itu karena 33% lainnya akan terbuang untuk menggantingan link nofollow yang mengarah keluar, itu artinya point link yang diperoleh dari sebuah halaman dimana kita menempatkan backlink di dalamnya adalah hasil bagi oleh sejumlah link yang ada pada halaman tersebut, meskipun link tersebut adalah link nofollow.

Perbedaan linkjuice dengan backlink?

Barangkali banyak yang masih bingung membedakan linkjuice dan backlink, dari apa yang saya pahami, backlink adalah link yang diletakan pada halaman situs lain yang merujuk kehalaman yang kita miliki sedangkan linkjuice adalah, istilah dari kumpulan backlink-backlink yang punya andil dalam memberikan point pagerank halaman, link tersebut bisa berasal dalam halaman lain dalam satu situs atau halaman diluar situs, untuk kasus linkjuice backlink tersebut harus datang dari backlink dofollow, apa itu backlink dofollow, silahkan baca Apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow.



Kesimpulan yang dapat kita ambil usahakan link yang membentuk linkjuice kehalaman kita adalah link yang:
berasal dari artikel yang relevan dengan artikel pada halaman kita.
link dofollow yang bersumber dari situs yang memiliki pagerank yang tinggi.
link dofollow dari halaman yang memiliki konten yang berkualitas.
link dofollow dari Halaman yang muncul pada halaman pertama SERP.

hati-hatilah dalam memburu backlink dengan berkomentar pada blogdofollow yang autoaprove, blog seperti itu memiliki kemungkinan besar terindikasi sebagai blog tidak sehat (spam) yang dibenci google yang bisa berdampak kepada blog kita melalui link yang kita letakan, alih-alih kita mendapatkan backlink berkualitas, tetapi malah mendapatkan penalty dari google.


36 komentar:

  1. Wah, mesti berhati-hati lagi nih dalam berburu backlink

    ReplyDelete
  2. kalau kita berburu dan memperbanyak backlink dari blog dofollow dan autoapprove namun mempunyai PR tinggi bagaimana gan.. apakah itu juga berbahaya ???
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya mas harus hati-hati dalam meletakan backlink pada komentar blog yang auto approve, biasanya blog auto approve di banjiri dengan komentar-komentar basa basi yang tidak relevan yang memungkinkan satu komentar dengan komentar lainnya identik, dan bisa jadi ada serbuan dari para komentator yang meletakan link ke situs porno atau situs judi..link yang sudah jelas dibenci oleh google. bukan mendapatkan link yang berkualitas yang ada malah mendapatkan reputasi buruk dari mesin telusur....so hati-hati dalam memburu link auto approve

      Delete
  3. Produk yang Kami Tawarkan Semuanya Asli Original,
    Ada Garansi Resmi Distributor dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. Buruan belanja dan dapatkan harga promo 2014 untuk semua produk kami.Dijual> BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-5729-9674 ATAU KLIK WEBSITE RESMI KAMI http://primadonashop7elektronik.blogspot.com/
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.3.500.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9790 Onyx 3 Rp.1.100.000
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Core duos Rp.900.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 .Rp.2.100.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.3.800.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.2.500.000

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali. Backlink memang diperlukan supaya website atau blog cepat dikenal di internet, selain pakai cara gratis bisa juga membeli Jasa Backlink Murah tapi harus pintar memilih penjual yang Jual Backlink Murah dan backlinknya juga harus berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali itu mas, tapi saya pribadi sampai saat ini sebenarnya lebih memilih berburu backlink sendiri meskipun kadang membosankan apalagi ditambah internet yang lelet, ya untuk bahan analisa saja membandingkan berbagai cara, intinya sih berexperimen bagaimana cara membuat backlink yang sangat cepat di claim atau diindex google.

      Delete
  5. tnxs sob informasinya bermanfaat, lagi belajar tentang backlink. jadi tau linkjuice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, semoga bisa nemanbah referensi pengetahuan tentang online. n terima kasih atas kunjungannya. :)

      Delete
  6. Thanks atas info.ya sob sangat bagus sekali untuk pemula seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi bermanfaat, thanks atas kunjungannya

      Delete
  7. Mantapppp artikelnya...
    http://kelurahan-seigohong.blogspot.com/2014/12/profil-kelurahan-sei-gohong.html

    ReplyDelete
  8. Mantap artikelnya.

    http://kelurahan-seigohong.blogspot.com/2014/12/profil-kelurahan-sei-gohong.html

    ReplyDelete
  9. makasih Gan....artikelnya sangat bermanfaat bagi kami yang pemula
    http://ayomengajialquran.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, kembali kasih semoga bermanfaat : thanks ya atas kunjungannya

      Delete
  10. Kalau backlink itu berasal dari blog AGC dimana bukan kita yang menaruhnya, bagaimana dampaknya dengan blog kita...soalnya banyak sekali blog saya yang mendapat backlink dari blog AGC baik yang full atau semi..mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek google terhadap blog saya belum ngalami gan cuma ya AGC dianggap span, khawatir backlink didalamnya dianggap spam juga, Paling backlinknya tidak permanen gan, soalnya blog agc lagi gencar-gencarnya di hajar bahkan gcroome sendiri saat ini menyediakan plugin khususnya.

      Delete
    2. Syukurlah kalau benar tidak permanen..tapi pernah ada satu backlink dari sebuah blog AGC yang langsung dianggap SPAM oleh google..dan gara2 ini saya langsung mendapat kartu kuning atau surat cinta dari google...bingung untuk meminta penghapusan..karena emang kebanyakan blog agc itu tak ada contact..akhirnya pake disavow links tool.

      Selain itu saya juga mendapat puluhan ribu backlink dari hxxp://dailyreportagedotcom, dimana bukan saya yang menaruhnya dan memang sampai sekarang belum mendapat peringatan apapun dari google.. .mungkin masnya lebih paham, apa dan bagaimana kualitas website itu..soalnya kalau jelek akan saya disavow saja..selain itu, puluhan ribu backlink tersebut tidak ada pengaruh apa2 untuk blog saya, terutama visitor...mohon pencerahan lagi gan..dan mohon pula untuk menganalisa situs itu...terimakasih

      Delete
    3. Oh ya nambah lagi gan...konon, banyak yang berpendapat ketika sebuah blog mendapat backlink dari blog lain, terus blog yang membacklink blog kita dibanned oleh google, itu akan berimbas pula terhadap blog kita...bener gak sih pendapat itu..thank..

      Delete
    4. Siap-siap aja gan mendapatkan surat cinta, syukur-syukur hanya backlinknya yang hilang.

      Delete
    5. wahhh... mang kalo backlink bisa hilang ya gan?

      Delete
    6. @tito: bisa gan, saya sendiri kehilangan backlink 1000 lebih, karena situs dimana saya meletakan backlink di perbaharui, dan komentarnya ditiadakan, berefek pada backlink hilang 1000 an lebih,

      tips: untuk meminimalisir hilangnya backlink, lebih baik kita memburu backlink dengan reffering domain yang banyak.

      Delete
  11. kalau kita buat blog dummy untuk mendapatkan link juice itu gimana mas?

    ReplyDelete
  12. terima kasih mas informasinya. semoga jadi amal jariyah buat masnya. amin

    ReplyDelete
  13. hampir sma cara kerjanya sama link juice atu beda gan

    ReplyDelete
  14. Kalau blog comment auto approve akan di benci google? Tapi kalau blog tersebut mempunyai DA 60+ tidak apa-apa kan? Saya analisis backlink dari struktur banyak kok yang nyepam di artikel DA 60+ PA 20-an PR3.

    Kesimpulanya begini :
    Kalau saya komentar di blog yang ber DA 55++ Terus berkomentar artikel dofollow tapi disana banyak link keluar apakah aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya menganggap masih aman gan selama agan tidak terlalu over ketika membangun backlink dengan teknik tersebut, Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering, cukup 1 bulan sekali 10 referral domain, dan saat ini saya sudah jarang membangun backlink dengan teknik tersebut. hanya untuk eksperimen saja.

      tetap saja backlink yang palingberkualitas adalah backlink yang datang dari dalam konten yang relevan.

      Delete
    2. semakin banyak link keluar dalam suatu halaman dimana kita meletakan backlik, maka pengaruh point backlink yang diperoleh blog kita akan semakin kecil

      Delete
  15. Sejak Google mengupdate algoritma robotnya maka mulai sekarang dalam memburu backlink juga harus selektif, jangan mane hajar aja. :-D

    ReplyDelete
  16. Masih banyak orang yang asal tanem backlink loh, padahal kalau ngga tahu ilmunya itu bisa rawan :D

    satujam.com

    ReplyDelete
  17. wah.. jadi begitu ya gan. kalo komen di blog orang yang autoapprove trus naruh link aktif bisa dianggap spam sma om google?
    makasih gan atas pencerahannya. sekarang sy cukup paham tentang backling dan linkjuice..

    sukses gan.. salam kenal dari sy blogger newbe dari lombok. :D

    ReplyDelete
  18. Sekarang saya paham, terima kasih om atas pencerahannya hehe :D

    ReplyDelete
  19. wah putuh pemahaman yang lebih dalam lagi ya kalau begitu dalam hal mencari backlink berkualitas
    tapi mas ssaya mau tanya nih..
    kalau kita sering2 berkomentar di blog orang lain dengan menyertakan link aktf contoh www[dot]example[dot]com
    apakah tidak berdampak nantinya link kita dianggap spam oleh google?

    mohon pencerahannya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spam itu: jika komentar sangat tidak berhubungan dan tidak bermakna sedikitpun, tidak memberikan informasi yang bermanfaat, link yang disertaka tidak relevan dengan yang dibahas, mengulang-ngulang pesan yang sama secara berlebihan dll.

      jika dilakukan secara normal, wajar tidak berlebihkan dan pesan komentar memberikan manfaat serta link yang dimasukan adalah link relevan dan juga sebagai rujukan atau referensi tambahan tidak akan dianggap spam jika pemilik blog mengijinkan.

      namun terkadang memasukan link aktif dalam komentar tidak diizinkan karena selalu dijadikan ladang spam oleh sebagian blogger.

      Delete
  20. mantap....artkelnya membuat saya cukup tzu bagaimana cara membuat link yang baik..thx gan salam kenal

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!