Bahasa Pemrograman yang harus dikuasai Untuk membuat aplikasi web - untuk pemula yang masih awam yang berkeinginan ingin membuat sebuah halaman web, tentunya akan kebingungan ketika mereka memutuskan untuk mempelajari hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk membangun aplikasi web.

Pertanyaan yang paling umum adalah, harus mulai dari mana? apa yang harus saya persiapkan? dan apa yang harus saya pelajari?, artikel berikut mudah-mudahan bisa menjawab rasa penasaran anda tersebut.

Artikel ini khusus dibuat untuk pemula yang baru mulai mau belajar cara membuat website, sebenarnya hal utama yang harus anda pelajari untuk membuat aplikasi web adalah bahasa pemrograman web itu sendiri, yang harus diperhatikan adalah, bahasa pemrograman web yang menyusun struktur kode halaman situs, ternyata itu lebih dari satu bahasa pemrograman, jika anda ingin menjadi seorang ahli, mau tidak mau bahasa pemrograman tersebut wajib anda kuasai meskipun libih dari satu bahasa pemrograman.

Tetapi tenang saja karena bahasa pemrograman penyusun web adalah bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dikuasai dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, yang penting, jika anda benar-benar serius ingin mempelajarinya, silahkan anda persiapkan diri anda, dan saya sarankan jangan mudah putus asa, jangan terburu-buru dan ingat anda harus tetap konsisten untuk terus mempelajari bahasa pemrograman web, saya yakin anda akan cepat menguasainya.

Bahasa Pemrograman yang harus dikuasai Untuk membuat aplikasi Web untuk Pemula

Berikut saya jabarkan bahasa pemrograman apa saja yang harus anda kuasai agar mempu membuat halaman web sendiri, yaitu:

1. HTML, Ada yang berpendapat bahwa ini bukan bahasa pemrograman namun lebih menganggap sebagai bahasa markup, apapun itu jika berhubungan dengan halaman situs, html merupakah salah satu script  pokok yang wajib di kuasai untuk mengembangkan aplikasi web, struktur dasar html biasanya terdiri dari kumpulan tag, tag adalah perintah html yang dapat di terjemahkan oleh browser, penulisan nama tag biasanya diapit oleh tanda siku, tag pada umumnya terdiri dari tag pembuka dan penutup, contoh <nama_tag> .......isi........</nama_tag>, yang warna biru adalah tag pembuka dan yang warna merah adalah tag penutup, untuk isi pada umumnya diletakan diatara tag pembuka dan tag penutup.

2. CSS (Cascade Style Sheet), ada banyak pendapat mengenai css, ada yang mengkategorikan ini kedalam bahasa pemrograman, ada juga yang mengkategorikan ini kedalam bahasa markup dan ada juga yang menganggap bukan dua-duanya, yang jelas cascade style sheet adalah script code webyang berfungsi  untuk mendekorasi dan mengatur tata letak tag-tag html, seperti mewarnai tulisan, mewarnai background, mengatur tata letak dan lain sebagainya yang berkaitan dengan mendekorasi dan mengatur tata letak tag html.

3. Bahasa Pemrograman Java Script, adalah script code web yang digunakan untuk membuat halaman web lebih interaktif, seperti membuat menu ketika diklik menu tersebut scroll kebawah, sebuah tombol ketika mouse diarahkan berubah warna, reaksi-reaksi lainnya ketika pengguna berinteraksi dengan halaman web, intinya java script digunakan untuk membuat halaman situs menjadi lebih interaktif.

4. Bahasa Pemrograman Server Web, adalah Script yang di eksekusi di sisi server yang berguna untuk membantu mempermudah dan mempercepat manipulasi script HTML, jika dalam script web terdapat bahasa server, bahasa server tersebut akan diterjemahkan oleh webserver menjadi kode HTML.

Contoh bahasa server yang bisa anda kuasai adalah bahasa pemrograman PHP, ASP, JSP, tapi yang paling populer adalah bahasa pemrograman PHP (facebook juga dibuat dengan PHP). saya lebih menyarankan untuk menguasai PHP jika anda punya minat ingin membuat halaman website sendiri.

Beberapa kelebihan PHP:
a. PHP bersifat multiflatform, kita bisa menjalankan PHP di sistem operasi apapun, window/linux/ macOS dan sistem operasi lainnya.

b. PHP bersifat open source dan gratis, dengan menggunakan php kita tidak perlu membayar license, karena php opensource.

Untuk membangun aplikasi web, ke empat bahasa pemrograman diatas wajib anda kuasai, Khusus untuk bahasa pemrograman CSS, Java Script dan Bahasa pemrograman Server Web, nanti akan dibungkus oleh bahasa pemrograman HTML. ke tiga bahasa pemrograman tersebut akan disisipkan kedalam script HTML untuk menyusun sebuah halaman web.


Saran membuat apliasi Web Bagi Pemula

Ada yang mengatakan jangan pusing-pusing memahami bahasa pemrograman tersebut, biar cepat dan lebih mudah, kita gunakan saja  software untuk mengenerate halaman situs yang kita inginkan, kita tinggal drag dan temple selesai, halaman situs secara otomatis akan di generate dan  siap digunakan, misal salah satu software untuk mengatasi masalah tersebut adalah DreamWeaver,

Memang tidak salah menggunakan software tersebut, tetapi software tersebut lebih di khususkan untuk yang sudah benar-benar mahir, dengan tujuan untuk mempercepat membuat halaman situs. sedangkan untuk pemula itu adalah langkah yang buruk, sebaiknya untuk pemula jangan memulai dengan hal-hal gampang dan instan, pemula sebaiknya mempelajari struktur dasar lebih dalam, dengan memahaminya penggunaan tool semisal DreamWeaver itu perkara mudah, yang penting kita benar-benar memahami bahasa pemrograman web secara mendalam. saya yakin anda akan menjadi programmer web yang handal.


Demikian artikel sederhana tentang Bahasa Pemrograman yang harus dikuasai Untuk membuat aplikasi web, semoga bermanfaat untuk anda.