Situs youtube saat ini bukan hanya sekedar situs untuk menonton dan berbagi video saja, namun youtube saat ini sudah menjadi salah satu situs untuk mendulang uang dollar dari internat, dengan hanya bermodalkan video yang anda upload anda bisa menghasilkan uang melalui kerja sama dengan media periklanan google adsense for youtube milik Google. jika video yang anda upload memiliki banyak view dan chanel youtube anda memiliki banyak pelanggan atau subcribber, maka dapat dipastikan anda akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih baik dari youtube.

Untuk mendapatkan banyak view youtube atau tayangan pada video anda, video anda setidaknya harus mudah ditemukan di hasil pencarian youtube, setidaknya video harus mampu muncul di halaman pertama pencarian youtube, tapi masalahnya akan ada banyak sekali kompetitor untuk judul video yang anda upload, bahkan kabarnya akan ada jutaan video yang diupload setiap harinya, itu artinya kompetitor akan semakin sulit.

Tapi meskipun persaingan semakin sulit untuk memenangkan persaingan tentu bukanlah tidak mungkin, salah satu caranya adalah melibatkan optimasi seo pada video youtube anda, jika video teroptasi dengan baik, maka bukan tidak mungkin video anda akan selalu nangkring di posisi pertama pencarian youtube atau paling tidak muncul di halaman 1 mesin pencari youtube, sehingga video anda memiliki potensi untuk mendapatkan view yang berlimpah apalagi kata kunci video yang anda incar adalah kata kunci populer tentu akan sangat luar biasa.

seo video youtube

Untuk melakukan optimasi seo pada video youtube anda tentu bukan hanya sekedar tindakan tanpa aturan, setidaknya ada acuan pendekatan yang harus anda jadikan rujukan, untuk para youtuber profesional ini bukanlah hal yang sulit, karena bisa jadi pengalaman mampu memberikan informasi yang cukup bagaimana teknik optimasi seo video youtube yang paling tepat, namun untuk youtuber pemula, kemungkinan besar tidak tau cara bagaimana melakukan optimasi pada video youtube miliknya.


Salah satu acuan terbaik untuk melakukan optimasi SEO pada video youtube adalah dengan mengetahui pendekatan faktor penentu peringkat rangking youtube. Khusus Untuk anda di artikel kali ini saya akan sajikan faktor penentu rangking pada video youtube, uraian SEO pada video youtube yang akan saya sajikan di artikel kali ini berdasarkan  hasil analisa terhadap 1.3 juta video yang dilakukan oleh beberapa praktisi seo dunia, yang sebelumnya sudah disajikan di salah satu artikel backlinko.

11 Faktor Penentu SEO Youtube

Berikut adalah 11 faktor penentu seo youtube agar mendapatkan ranking video terbaik di hasil pencarian video youtube:

#1. Komentar Video Sangat Kuat Menentukan rangking video youtube Anda

Untuk anda youtuber, sangat disarankan untuk menampilkan komentar pada setiap video youtube anda, dan moderasi komentar agar dapat selalu memonitor komentar spam, karena ternyata komentar pada video youtube sangat berhubungan kuat dalam menentukan faktor ranking video youtube anda di hasil pencarian youtube.

Tentu saja komentar yang dijadikan acuan adalah komentar yang relevan dengan isi video, komentar natural dan berkualitas dan bukan komentar spam, jika video anda banyak mendapatkan komentar dari pemirsa video anda, maka ingat untuk publish komentar yang dianggap relevan dan berkualitas, karena semakin banyak kometar maka ini adalah salah satu peluang video anda akan lebih mudah ditemukan di posisi terbaik halaman pencarian youtube, jadi buatlah video yang dapat memancing komentar relevan dan berkualitas dari pemirsa youtube anda.

#2 - Durasi Video yang lama Mendominasi video dengan durasi singkat 

Yang ke 2, faktor yang bisa anda jadikan acuan untuk optimasi seo pada video youtube anda adalah durasi video, jika anda membuat sendiri video youtube maka perhatikan durasi video, karena ternyata durasi video sangat berkaitan dalam menentukan peringkat video di hasil pencarian youtube, dan berdasarkan penelitian untuk kata kunci populer, video yang memiliki durasi lebih lama ternyata dapat mendominasi video-ddengan durasi singkat.

Lantas berapakah durasi video yang paling ideal agar mampu bersaing?
Fakta dari hasil penelitian beberapa praktisi seo, diketahui bahwa rata-rata video yang paling potensial untuk menduduki halaman pertama pencarian youtube adalah video dengan durasi minimal 14 menit 50 detik, yang menjadi alasannya adalah video dengan durasi panjang lebih berpotensi untuk ditonton lebih lama, dan ini diperkuat oleh pernyataan google, bahwa "watch time" atau lama menonton merupakan salah satu ranking signal untuk video youtube anda, semakin penonton berlama-lama itu menandakan video anda menarik dan lamanya menonton tentu akan sangat dipengaruhi oleh durasi video.

Jadi untuk anda youtuber, salah satu yang harus diperhatikan ketika membuat video youtube anda agar mampu tampil di posisi terbaik hasil pencarian youtube adalah, usahakan bahwa video yang anda buat original, menarik dan memiliki durasi yang cukup panjang, sangat dianjurkan minimal memiliki durasi 14 menit, 50 detik, semakin panjang durasinya itu akan semakin baik, dan yang harus selalu diingat adalah kualitas konten, karena meskipun durasinya lama jika konten yang disajikan sampah tentu tidak akan memiliki pengaruh apa-apa untuk peringkat video anda.

#3 -  Video Share Sangat menentukan rangking video anda

Yang berikutnya adalah video share ke media sosial, diketahui ternyata video share sangat berkaitan dalam nentukan posisi rangking video di hasil pencarian, walaupun kelihatannya algoritma youtube bekerja secara independen,  youtube sendiri memberikan fasilitas untuk share video ke beberapa media sosial,  seperti facebook, twitter, google + dan media sosial lainnya.

Dan berdasarkan analisa faktanya ternyata video yang mendapatkan banyak share akan mampu mengalahkan video yang sedikit share, semakin banyak video di-share ke media sosial maka rangking video pun akan semakin baik, khusus untuk yang melakukan share melalui fasilitas share yang terdapat pada video di situs youtube.

Oleh karena itu untuk anda youtuber yang gemar memproduksi video dan juga mengupload video perhatikan kualitas video, karena untuk mandapatkan share dari pemirsa anda secara natural melalui fasilitas share yang terdapat di video anda, bukanlah perkara mudah, mereka akan melakukan share dengan sukarela tanpa anda suruh jika video anda dianggap berkualitas dan pantas untuk dishare.

#4 - Jumlah View  Video berhubungan dengan rangking video anda

Faktor berikutnya yang bisa anda jadikan acuan agar video anda mendapatkan ranking terbaik di hasil pencarian youtube adalah jumlah view atau jumlah pemirsa yang menonton video anda.

Memang ketika dikaitkan dengan audience Jumlah view pada video sebenarnya tidak dapat menjadi indikator bahwa video yang disajikan berkualitas, sehingga algoritma youtube pun lebih menekankan faktor audience retention dan engagement yang bisa anda lihat di statistic akun youtube anda.

Akan tetapi pada kenyataanya untuk kata kunci populer jumlah view sangat berkorelasi dan berdampak pada rangking video anda, artinya semakin banyak view pada sebuah video maka maka rangking video pun akan semakin cendrung membaik.

#5- Jumlah subcriber Chanel Tidak terlalu berpengaruh

Jumlah subcriber diketahui sangat berhubungan dengan rangking video youtube tapi tidak terlalu memiliki dampak besar, artinya ini adalah kabar baik untuk para youtuber pemula yang baru memiliki channel yang belum berumur dan belum memiliki subcriber atau banyak pelanggan, karena faktanya ternyata diketahui bahwa meskipun chanel tidak memiliki jumlah subcriber yang banyak untuk beberapa kasus bisa mengalahkan video dari chanel yang memiliki banyak pelanggan.

Video dari chanel yang memiliki banyak pelanggan memang memiliki potensi yang sangat baik untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian youtube, namun ada faktor lainnya yang bisa mengalahkan video dari chanel tersebut, yaitu kualitas video, kualitas video ternyata lebih diprioritaskan dari jumlah subcriber, sehingga video dari chanel yang memiliki jumlah subcriber sedikit akan mampu mengalahkan video yang memiliki subcriber banyak, jika videonya lebih berkualtias.


#6 - Jumlah Like Video Sangat berpengaruh terhadap rangking video anda

Selain view video anda juga dilengkapi fasilitas untuk berinteraksi dengan pemirsa video youtube anda yaitu tombol like dan dislike, tombol ini bisa digunakan untuk memberikan penilaian terhadap video anda. teorinya memang jika video mendapatkan banyak suka itu artinya video bisa saja dianggap menarik dan berkualitas di mata pemirsa youtube.

Setiap like dan dislike dari pemirsa youtube anda akan terus dihitung jumlahnya, dan jika dikaitkan dengan rangking video di hasil pencarian youtube, diketahui bahwa dengan kata kunci populer, ternyata jumlah like memang benar bukan hanya teori saja, berdasarkan fakta semakin banyak video mendapatkan like dari pemirsa youtube maka video pun akan lebih mudah bersaing mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian.

Jadi untuk anda youtuber, anda harus mampu menyajikan video yang mendapatkan banyak like dari pemirsa youtube anda, baik dengan cara anda bujuk maupun dengan cara natural semakin banyak like pada video anda maka itu artinya potensi video anda mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian youtube akan semakin baik.

#7 - Jumlah Subcription Driven

Saya kesulitan memahami terjemahan subription driven dalam bahasa indonesia, maklum tidak mahir english xixixixi... , ilustrasinya Jika video yang anda sajikan menarik dan berkualitas dimata pemirsa, maka bisa jadi pemirsa yang menonton video anda akan memiliki potensi untuk menjadi pelanggan atau mensubcribe video anda, dan ternyata jika sebagian besar setiap pemirsa yang menonton video anda melakukan subcribe itu artinya subcription driven video anda baik.

Vide yang memilili jumlah subcripton driven baik akan mampu meningkatkan reputasi video sehingga video anda akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian di halaman utama. dan faktanya ternyata memang demikian video yang memiliki jumlah subcribtion driven yang baik bisa mengalahkan chanel video yang jumlah subcription drivennya sedikit.

Untuk mendapatkan subcripition driven yang baik, anda harus menyajikan video yang berkualitas dan menarik dan anda bisa mengajak untuk mensubcribe video anda, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan subcribe dari setiap pemirsa video anda.

#8 -  Tag Video tidak terlalu berpengaruh terhadap rangking video youtube

Tag yang kita masukan pada video youtube akan menjadi meta keyword untuk halaman video youtube tersebut, dan kabar baiknya youtube masih memberlakukan tag  meta data termasuk tag keyword untuk halaman vidieo, tidak seperti artikel dimana meta keyword sudah tidak berlaku.

Kebanyakan youtuber tau bahwa salah satu untuk meningkatkan relevansi video youtube terhadap berbagai kemungkinan kata kunci relevan adalah dengan cara memasukan beberapa tag di video youtube yang di upload. tapi ternyata tag yang dimasukan tidak terlalu berpengaruh terhadap peringkat video youtube anda. artinya masih ada pengaruh tapi sangat kecil.

Menurut saya untuk meningkatkan relevansi video terhadap kata kunci pencarian, tag adalah salah satu yang harus juga ikut diperhatikan karena masih memiliki pengaruh untuk video agar mendapatkan posisi terbaik. namun jangan terlalu fokus, yang harus anda fokuskan adalah faktor-faktor yang memang sangat berpengaruh terhadap peringkat video anda.

#9 - Keyword pada Title Video Sedikit berhubungan dengan rangking video youtube

Title video biasanya menjadi target optimasi seo untuk video youtube, tapi berdasarkan analisa yang dilakukan beberapa praktisi seo terhadap 3.1 juta video, title hanya memiliki dampak kecil, title hanya meningkatkan relevansi video terhadap kata kunci, namun bukan faktor utama yang dapat menentukan rangkin video anda di hasil pencarian youtube.

Walaupun begitu, tetap menurut saya title harus mendapatkan perhatian, buat se relevan mungkin dengan isi video yang anda buat, karena itu bisa meningkatkan reputasi video di mata pengunjung, setidaknya title dan juga konten video yang baik bisa meningkatkan Klik,  like dan jumlah subcribe untuk video anda yang memang sangat berpengaruh terhadap rangkin video anda.

#10 - Kata kunci pada deskripsi video tidak memiliki hubungan terhadap rangking video di hasil pencarian

Kita ketahui untuk optimasi video banyak yang menyarankan untuk meletakan kata kunci di title, tag dan juga dekripsi video khusus untuk kata kunci di deskripsi video ternyata tidak memiliki efek apapun terhadap peringkat video di hasil pencarian, kata kunci deksripsi hanya untuk meningkatkan relevansi video di hasil pencarian.

Jadi kabarnya untuk memahami  konten dan menilai kualitas video anda youtube saat ini tidak hanya mengandalkan faktor kata kunci yang anda letakan di title, tag maupun deskripsi video anda, ada banyak faktor lainnya, kata kunci pada judul video, tag dan juga deksripsi hanya untuk meningkatkan relevansi terhadap kata kunci pencarian.

#11- HD Video sangat mendominasi Rangking Pencarian

Ada banyak jenis kualitas jenis file video dan juga ukuran video yang bisa anda upload seperti yang sudah  saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang Format dan ukuran video terbaik untuk di-upload ke chanel youtube anda, namun jika anda sangat memikirkan ingin mendapatkan posisi terbaik untuk video anda maka format video yang harus anda upload adalah format HD video.

Berdasarkan analisa ternyata diketahui, untuk kata kunci populer video dengan kualitas HD lebih dominan dalam mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!