Cara Memasang kode unit iklan adsense pada blog di bawah akhir postingan - Tata letak untuk memasang iklan google adsense harus mendapat perhatian khusus, tata letak merupakan salah satu yang punya peranan dalam menentukan jumlah dolar yang bisa kita peroleh dari iklan yang satu ini, dengan tata letak yang tepat tentu saja tingkat klik iklan adsense akan semakin tinggi, semakin banyak iklan adsense yang kita pasang mendapatkan klik pengunjung, maka jumlah dolar yang kita peroleh akan semakin besar, salah satu lokasi terbaik untuk meletakan iklan adsense dalam halaman blog dan sudah terbukti banyak menuai hasil adalah, di bagian bawah tepat setelah akhir postingan, lokasi ini dianggap sebagai lokasi strategis yang banyak mendapat perhatian pengunjung ketika mereka selesai membaca artikel yang kita terbitkan, peluang klik iklan adsense pada lokasi ini disinyalir cukup baik, sehingga lokasi ini sering dijadikan target para publisher untuk meletakan salah satu iklan adsense milik mereka.

Bagaimana cara meletakan Iklan Adsense di area bawah pada akhir postingan?

  Untuk memasang adsense diarea postingan baik itu di atas disamping postingan maupun dibawah postingan, sepertinya tidak bisa menggunakan widget, karena untuk beberapa template, pada umumnya tidak disediakan fasilitas widget yang dapat dipasang di area postingan, widget di area ini biasanya hanya bisa kita letakan diatas sebelum postingan atau di bawah setelah postingan tidak bisa berbaur dengan isi postingan, dan pada umumnya jika kita meletakan widget dibawah setelah postingan biasanya widget akan muncul setelah kotak komentar, bisa saja kita memasang iklan adsense dengan menggunakan widget pada lokasi-lokasi tersebut, namun iklan akan muncul diatas postingan atau dibawah postingan dan tidak bisa berbaur dengan isi postingan, untuk di bawah postingan kemungkinan besar iklan akan muncul setelah kotak komentar, dan kemungkinan besar juga iklan yang kita letakan tidak tersentuh dan terlihat sedikitpun oleh pengunjung karena lokasinya terlalu dibawah.

Alternatif terbaik ketika kita memutuskan untuk memasangiklan adsense di area postingan baik itu diatas postingan berbaur dengan isi artikel atau dibawah postingan setelah artikel berakhir, adalah dengan meletakan kode iklan adsense pada kode template blog yang kita miliki, langkah ini adalah salah satu langkah dinamis untuk meletakan iklan adsense dimanapun salah satunya di area bawah setelah postingan berakhir. Namun jika kita meletakan kode unit iklan adsense pada kode template blog secara langsung, biasanya akan terjadi ERROR ketika kita mencoba menyimpan template yang sudah kita pasang kode iklan adsense didalamnya, itu dikarenakan didalam kode unit iklan adsense ternyata terdapat karakter-karakter khusus yang tidak diizinkan dan ditolak oleh template blog, tetapi jangan khawatir, kita masih bisa mengakalinya dengan cara memparse kode unit iklan adsense terlebih dahulu sebelum kita pasang pada template blog, setelah kita parse, kode unit iklan adsense akan bisa kita tempelkan pada template blog, untuk informasi lebih lanjut anda bisa baca artikel saya tentang bolehkahkode unit iklan adsense kita parse ?

Langkah-langkah memsang kode iklan adsense di bawah akhir postingan

Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk memansang kode unit iklan AdSense pada template blog tepat dibawah setelah akhir postingan:
  1. Pertama masuk ke akun blogger anda, pilih menu “Penghasilan” sub menu “Adsense” silahkan anda masuk ke halaman akun adsense ada
  2. Pilih salah satu unit iklan adsense dan kopi kode unit iklan adsense yang anda miliki tersebut, anda pasti tau caranya
  3. Sekarang masuk ke halaman HTML Escape, paste kode unit iklan adsense yang sudah anda copy pada kotak isian yang disediakan disana, kemudian tekan tombol “Parse” tunggu sampai kode hasil parse ditampilkan, biarkan sejenak kita parkir kode hasil parse disana.
  4. Sekarang kembali ke halaman akun blogger anda,
  5. Pilih menu template kemudian klik “Edit HTML”, untuk membuka halaman editor template blog anda
  6. Jika halaman editor template blog sudah terbuka, Silahkan tekan “CTRL+F” untuk mengaktifkan fasilitas pencarian
  7. Cari kode  <data:post.body/>
  8. Kembali kehalaman blogcrowd.com, kopi kode unit iklan adsense hasil parse dari situs tersebut
  9. Kembali ke editor template blog,
  10. Gunakan beberapa alternative kode berikut dan letakan tepat dibwah kode <b:blog.code>, silahkan anda pilih salah satu

a.       Tepat dibawah akhir postingan, silahkan pilih dan letakan kode ini
<div>

Kode unit iklan adsense hasil parse

<div>
b.      Tepat di akhir postingan di bawah sisi kiri postingan berbaur dengan text pilih dan letakan kode ini:
<div style=’float:left’>

Kode unit iklan adsense hasil parse

</div>
c.       Tepat di akhir postingan di bawah sisi kanan postingan berbaur dengan text pilih dan letakan kode ini:
<div style=’float:right’>

Kode unit iklan adsense hasil parse

</div>

             Jangan lupa untuk menyimpan template anda, jika anda berhasil unit iklan akan terlihat seperti salah satu gambar dibawah ini tergantung cara pemasangan iklan adsense yang anda pilih:

Cara memasang dan meletakan kode unit iklan adsense di bawah akhir postingan

Cara diatas adalah salah satu alternatif yang bisa kita gunakan untuk meletakan kode unit iklan adsense pada blog yang kita miliki, tentu saja banyak lokasi lainnya yang sama baiknya, yang jelas yang harus kita perhatikan ketika memasang kode unit iklan adsense adalah memilih tata letak yang banyak mendapatkan perhatian pengunjung, karena lokasi tersebutlah adalah lokasi yang paling baik untuk meletakan kode unit iklan adsense.

Baca juga: Cara meletakan iklan adsense ditengah artikel postingan dengan rapi

Demikian yang bisa saya share mengenai cara memasang kode unit iklan adsense dibwah akhir postingan untuk blog, semoga bermanfaat.

44 komentar:

  1. terima kasih infonya gan, salam kenal

    ReplyDelete
  2. maaf gan koq saat di preview jadi bad Request error 400 ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. review template atau blog agan, ingat untuk memparse terlebih dahulu kode adsense agan, kecuali agan meletakannya di widget

      Delete
  3. Saran gan hehe.. kalau posting yang membutuhkan kopas :) alangkah baiknya sediakan kolom untuk mengkopas.. jadi yang mau menerapkan tidak kebingungan mengetik manual ,,, maaf sebelumnya tapi sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan masukannya, hampir ane lupa

      Delete
  4. thanks gan infonya, tips dari ente uda ane terapkan, dan hasilnya sukses gan

    ReplyDelete
  5. gan berhasil tapi pas di lihat iklan nya jadi ada double alias nambah yang lama masi ada yang baru diakhir pos ada juga jadi , mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lama agan tempel dimana iklannya, jika yang lama agan tempel di widget, silahkan hapus widgetnya, jika yang lama agan tempel di template silahkan hapus juga script adsense yang lama yang ada di templatenya.

      Delete
  6. Kang, saya sudah terapkan seperti yang diatas, tapi kok gak muncul ya kang? setelah kita terapkan gitu, tandanya sukses atau tidak langsung ada iklannya atau ada kotak kosong dulu kang? Iklan ini nantinya akan muncul dibawah setiap postingan ya kang? Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk beberapa saat biasanya cuma kotak kosong, masa penyesuaian iklan, nanti seiring waktu akan muncul dengan sendirinya, Yap benar sekali iklan akan otomatis muncul di setiap halaman potingan.

      Delete
  7. manfaat sekali tips nyagna , visit dan beri nilai blog saya mannersecret.blogspot.com thanks

    ReplyDelete
  8. Sya pakai kode div Style tetapi tidak muncul , setelah ganti tanda ' menjadi " barulah iklan muncul,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih koreksinya gan, untuk beberapa kasus memang ditemukan seperti itu, bisa kita menggunakan tanda kutip tunggal dan juga tanda kutif ganda, saya kadang dua-duanya dipake

      Delete
  9. Nice info gan, tapi saya mau nanya juga nih., saya uda bikin seperti yang agan bilang, iklannya muncul sih kalo dibuka link blog ku http://yantizho.blogspot.com tapi ketika postingannya dibuka satu2, iklannya malah ga muncul, itu kenapa yah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati dengan konten gan, bisa jadi jika iklan tidak muncul di sebagian halaman disebabkan oleh adanya kata-kata yang tidak diizinkan oleh kebijakan adsense (kata-kata berbau p*rn*,h*ck dan semacamnya), jika dibiarkan bisa di banned blognya,

      Delete
  10. tak kirain penempatan iklan itu nggak pengaruh, hhe. baca postingan ini jadi tau deh. makasih mas atas informasinya

    ReplyDelete
  11. Terikah. Kang postingnya. Cakrp banget

    ReplyDelete
  12. terima kasih banyak infonya mas, lumayan buat praktik adsense nih :)

    ReplyDelete
  13. Itu iklanya bisa ditengah gan?
    www.venom-ku.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan cuma kurang efektif jika dalam postingan kita melibatkan gambar, saya belum share tentang cara iklan adsense ditempatkan ditengah...

      Delete
  14. Terimakasih info nya ijin terapkan di blog saya...

    kunjungi blog sederhana saya http://www.potretpelalawan.com

    ReplyDelete
  15. sangat membantu, teriakasih mas...

    ReplyDelete
  16. Terima kasih ilmu nya bos,sangat bermanfaat.
    Salam sukses.

    ReplyDelete
  17. mau nanya ...saya baru saja membuat blogger ..dan mencari letak adsence..mang itu disebelah mana ?apakah layanan adsence harus download dulu?soalya di blogger saya yag ada hanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adsense tidak otomatis ada di blog gan, agan harus mengajukan pendaftaran dulu, syaratnya agan harus punya blog, jika diterima pendaftaranya kita akan dikasih halaman akun adsense, ada rekening pendapatan virtua, mengolah unit iklan, grafik pendapatan dll, kita kemudian bisa tempel unit iklan adsense pada blog.

      Agan bisa baca cara daftar google adsense melalui blog:
      http://strukturkode.blogspot.com/2014/09/cara-daftar-adsense-melalui-blog.html

      Delete
  18. gan, dimana tmpt menu "penghasilan"?

    ReplyDelete
  19. sayangya belum ada menu "Earnings" soalnya masih baru juga :D

    ReplyDelete
  20. makasih, makasih, terimaksih banyak ya......! banyak orang yang mempostingkan masalah seperti ini, tapi menurut saya postingan anda lebih baik.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih infonya. saya mau hapus iklan adsen. Karena saya belum mampu memfilter iklan yg masuk secara sempurna, jadi masih ada iklan yg dinilai syirik, riba masih ada yg tayang. Semoga suatu saat ada perbaikan di sistem google adsense, diharapkan pemilik website bisa 100% memfilter iklan yg akan tayang.

    ReplyDelete
  22. Mohon sarannya gan!! untuk peletakan kode "" itu ditemplate blog saya ada dua....
    Alternatif yang baik agar iklan bisa work 100% muncul harus diletakan pada kode 1 atau 2??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang struktur template blog agak sedikit berbeda, coba cari kode tersebut yang letaknya paling atas, jika masih tidak muncul coba juga di yang lainnya.

      Delete
  23. Mas didin boleh minta petunjuk pemasangan di header juga ngga mas.. Trus bolehkan memasang iklan adsense tetapi menggunakan statis page mas di samping...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Static page tidak masalah mbak, bisa dimana saja selama tidak melanggar, di header nanti akan saya coba share mbak.

      Delete
  24. gan kode iklannya ditaruh diatas , atau dibawah kode , mohon jawabannya yah gan , thx sebelumnya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh iklannya dibawah kode yah gan ? (hanya memastikan takut salah, masih newbie bgt), terima kasih sebelumnya gan !

      Delete
  25. Replies
    1. Sepertinya artikel tidak tampak karena agan pasang adblock plush di browsernya.

      Saya heran sama di komputer saya juga seperti itu jika adblock di aktifkan

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!