Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner
Target Bloger adalah menjadikan blognya populer dan banyak pengunjung, seiring dengan banyaknya pengunjung, maka rating blog akan memiliki peluang besar tampil pada 10 besar mensin pencari google, agar blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para pengguna internet sebagaian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencarian yang relevan dengan apa yang mereka cari. ada beberapa tip yang harus dipersiapkan dengan baik oleh para bloger untuk memancing para pencari agar menemukan dan mengunjungi blog kita, salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci.
Apa itu riset kata kunci?
Riset kata kunci adalah mencari dan menganalisa padanan kata yang tepat dan relevan yang sering digunakan pengguna internet ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari, padanan kata yang sudah kita dapatkan jika perlu kemudian dianalisa, dimodifikasi atau di revisi untuk digunakan sebagai judul artikel blog atau judul halaman web yang akan kita terbitkan.
Cara Melakukan Riset Kata Kunci
Studi kasus berikut barangkali bisa memberikan gambaran cara melakukan riset kata kunci, sebagai contoh, Saya adalah seorang penjual jaket kulit yang akan memulai menjual dan memasarkannya secara Online, sebelum produk kita dipasarkan secara online, setidaknya saya akan memikirkan judul yang tepat untuk barang dagangan yang akan saya jual tersebut, saya akan mencari dan memikirkan judul dan akan mendapatkan alternatif lebih dari satu judul untuk menjual jaket kulit tersebut, misal saya berhasil memikirkan dan mendapatkan beberapa alternatif judul seperti dibawah ini:
1. Jual Jaket Kulit
2. Jual jaket kulit murah berkualitas
3. Jaket kulit cantik masa kini
4. Jaket Kulit Pria dan Wanita
Dengan ke 4 judul diatas tidak ada yang salah dan sah-sah saja ketika saya mengambil salah satu judul diatas untuk di jadikan judul produk yang akan saya jual, missal saya mengambil judul no 1. Jual Jaket Kulit. Memang judul yang diambil tersebut sangat relevan dan bagus, tetapi ada yang harus dipikirkan lebih lanjut bahwa jeket kulit tersebut akan dipasarkan secara online, dan saya yakin tidak sedikit orang yang berbisnis serupa dengan bisnis saya ini yang memasarkan dan menjualnya secara online, untuk urusan mesin pencari sekelas google, kata kunci yang digunakan tersebut bisa jadi memiliki banyak pesaing dari blog/situs lebih tua yang lebih dulu populer, atau situs yang sudah memiliki reputasi yang baik di mesin pencari untuk kata kunci tersebut, dan ini akan sulit menjadikan halaman blog atau situs baru kita dengan kata kunci tersebut ditemukan atau berada pada urutan 10 besar mesin pencari.
Berdasarkan kasus diatas harus ada langkah berikutnya untuk menguji qualitas dari judul /kata kunci yang sudah kita dapatkan tersebut agar tidak kalah bersaing, yaitu dengan cara mengetahui tingkat persaingan dan penggunaan untuk kata kunci tersebut, kita bisa memanfaatkan salah satu tool dari google yaitu google keyword planner. Belakangan Tool yang sering digunakan untuk riset kata kunci adalah Google Adwords External Keyword Tool, namun saat ini tool tersebut sepertinya sudah dihentikan penggunaannya sejak agustus 2013 lalu dan kemungkinan besar tidak bisa digunakan kembali, sebagai gantinya google menyediakan tool baru yang relative sama, lebih spesik dan dengan tampilan yang berbeda dengan pendahulunya. Tool tersebut adalah Google Keyword Planner, tidak seperti pendahulunya untuk dapat menggunakan tool baru tersebut kita diharuskan membuat akun google adwords terlebih dahulu, baru kita dapat menggunakan tool tersebut.
Studi kasus berikut barangkali bisa memberikan gambaran cara melakukan riset kata kunci, sebagai contoh, Saya adalah seorang penjual jaket kulit yang akan memulai menjual dan memasarkannya secara Online, sebelum produk kita dipasarkan secara online, setidaknya saya akan memikirkan judul yang tepat untuk barang dagangan yang akan saya jual tersebut, saya akan mencari dan memikirkan judul dan akan mendapatkan alternatif lebih dari satu judul untuk menjual jaket kulit tersebut, misal saya berhasil memikirkan dan mendapatkan beberapa alternatif judul seperti dibawah ini:
1. Jual Jaket Kulit
2. Jual jaket kulit murah berkualitas
3. Jaket kulit cantik masa kini
4. Jaket Kulit Pria dan Wanita
Dengan ke 4 judul diatas tidak ada yang salah dan sah-sah saja ketika saya mengambil salah satu judul diatas untuk di jadikan judul produk yang akan saya jual, missal saya mengambil judul no 1. Jual Jaket Kulit. Memang judul yang diambil tersebut sangat relevan dan bagus, tetapi ada yang harus dipikirkan lebih lanjut bahwa jeket kulit tersebut akan dipasarkan secara online, dan saya yakin tidak sedikit orang yang berbisnis serupa dengan bisnis saya ini yang memasarkan dan menjualnya secara online, untuk urusan mesin pencari sekelas google, kata kunci yang digunakan tersebut bisa jadi memiliki banyak pesaing dari blog/situs lebih tua yang lebih dulu populer, atau situs yang sudah memiliki reputasi yang baik di mesin pencari untuk kata kunci tersebut, dan ini akan sulit menjadikan halaman blog atau situs baru kita dengan kata kunci tersebut ditemukan atau berada pada urutan 10 besar mesin pencari.
Berdasarkan kasus diatas harus ada langkah berikutnya untuk menguji qualitas dari judul /kata kunci yang sudah kita dapatkan tersebut agar tidak kalah bersaing, yaitu dengan cara mengetahui tingkat persaingan dan penggunaan untuk kata kunci tersebut, kita bisa memanfaatkan salah satu tool dari google yaitu google keyword planner. Belakangan Tool yang sering digunakan untuk riset kata kunci adalah Google Adwords External Keyword Tool, namun saat ini tool tersebut sepertinya sudah dihentikan penggunaannya sejak agustus 2013 lalu dan kemungkinan besar tidak bisa digunakan kembali, sebagai gantinya google menyediakan tool baru yang relative sama, lebih spesik dan dengan tampilan yang berbeda dengan pendahulunya. Tool tersebut adalah Google Keyword Planner, tidak seperti pendahulunya untuk dapat menggunakan tool baru tersebut kita diharuskan membuat akun google adwords terlebih dahulu, baru kita dapat menggunakan tool tersebut.
Saya Asumsikan bahwa Anda telah memiliki akun google adword, dan siap untuk menggunakan fasilitas Google keyword planner, kalo belum punya, silahkan baca bagaimana cara membuat akun google adword
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke akun google adword Anda atau klik disni, setelah masuk, pilih menu Alat dan Analisis > Perencana Kata Kunci akan keluar tampilan seperti ini:
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke akun google adword Anda atau klik disni, setelah masuk, pilih menu Alat dan Analisis > Perencana Kata Kunci akan keluar tampilan seperti ini:
Ada 4 pilihan, silahkan pilih Pilihan pertama Telusuri ide kata kunci group iklan baru, maka akan muncul tampilah seperti ini:
Masukan kata kunci yang akan digunakan, misal Jual Jaket Kulit, kemudian tekkan tombol "dapatkan ide" seperti gambar diatas, untuk yang lainya biarkan sebagaimana mestinya, setelah Anda menekan tombol akan muncul tampilan seperti ini:
Kemudian kita pilih tab ide kata kunci, untuk melihat dan menganalisa kata kunci yang kita masukan, dapat dilihat pada gambar di atas, ada 6 nomber yang sudah ditandai dari no 1 sampai dengan no 6,
1. Pada no 1 ini, Anda bisa menentukan penargetan untuk kata kunci tersebut, pada gambar diatas penargetan ditentukan untuk semua lokasi/negara, Anda juga bisa mengatur sesuai dengan yang diinginkan.
2. Pada no 2 Anda bisa masukan alternatif kata kunci yang lain untuk dicari
3. Pada No 3 dapat dilihat tingkat penelusuran bulanan, untuk riset kata kunci silahkan cari kata kunci yang memiliki penelusuran bulanannya cukup tinggi
4. Pada No 4, dapat dilihat nilai persaingan dari alternatif kata kunci yang muncul yang bisa kita analisa, silahkan cari untuk kata kunci yang nilai persaingannya rendah atau sedang, harus diingat untuk kaskus ini jangan mencari nilai persaingan yang tinggi, karena akan memperkecil peluang berada pada urutan 10 besar mesin pencari.
5, Pada No 5, dengan mengarahkan mouse diatas icon tersebut kita akan melihat grafik tingkat pencarian tiap bulan.
6. Pada no 6, diberi tanda biru, bahwa kata kunci tersebut mempunyai kualitas yang cukup bagus untuk digunakan, yaitu untuk kata kunci Jaket Kulit Pria, karena memiliki tingkat pencarian yang tinggi dan tingkat pesaing yang rendah, Anda bisa mengunakan kata kunci ini untuk dikembangkan.
Asumsikan bahwa saya akan menggunakan kata kunci dasar Jaket Kulit Pria, kemudian silahkan buat artikel atau halaman web dengan mengembangkan kata kunci dasar tersebut menjadi 5 sampai dengan 7 kata, misal dari kata kunci diatas kita bisa membuat judul artikel dengan variasi seperti ini:
jaket kulit pria murah berkualitas atau Jaket kulit Pria Paling banyak dicari atau Jaket Kulit Pria beraneka ragam model, intinya setiap kali kita mendapatkan kata kunci dengan tingkat persaingan menengah ke bawah dan tingkat pencarian tinggi, cobalah untuk memodifikasi kata kunci tersebut menjadi 5 sampai dengan 7 kata untuk digunakan sebagai judul artikel,
Anda bisa melakukan hal yang sama untuk judul artikel yang lain, lakukan dari awal langkah-langkah diatas dan terus berulang.
Demikian arikel sederhana mengenai Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner saya share untuk anda, Moga bermanfaat.
Jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya tentang Riset kata kunci dengan google trends.
trims info nya broo
ReplyDeleteOk sama sama bro... thanks dah berkunjung
Deleteterima kasih mas atas tipsnya, lkalau boleh saya bertanya, menurut mas keyword apakah yang paling banyak dicari orang jika niche blog kita tentang bisnis online, mohon sarannya
ReplyDeleteMenurut saya, mas tinggal kembangkan kata dasar yang akan dijadikan judul artikel mas diatas "bisnis online" misal kombinasi yang bisa digunakan sebagai contoh : "tip sukses bisnis online" atau "bisnis online dengan modal nol" dan barangkali mas bisa mencari padanan kata yang lainnya yang kemungkinan berpeluang dicari orang, jika mas sudah mendapatkan padanan kata yang bagus, jangan lupa untuk melakukan analisa kata kunci yang mas pakai, ikuti langkah diatas, ingat cari yang nilai pencariannya tinggi dan pesaingnya menengah ke bawah, mudah mudahan berhasil
Deletetest
Deletemau dicoba... bagus ini artikelnya... trims mas...
ReplyDeleteOk salam kenal, semoga bermanfaat
Deletebayar ya mas, bikin akun adwordsnya, soalnya ada rupiah gitu
ReplyDeleteGa bayar, gratis, itu untuk pasang iklan di google baru bayar, untuk hanya sekedar riset kata kunci tinggal login saja.
Deletesangat berguna untuk saya,sangat saya cari
ReplyDeleteSilahkan dicoba mas, mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.
DeleteArtikel berkelas sangat bermanfaat mas..
ReplyDeleteJalan jalan dong ke tanjun lesung http://bunartunggal.blogspot.com
makasih ya
hmmmmm, bearti punya ane masi terlalu panjang n ga efektif ni, perlu dicoba tipsnya, makasi gan,
ReplyDeletesalam silahturahmi, terimakasih banyak !!!
http://kazumaclothingdtg.blogspot.com/
sama-sama gan, salam kenal semoga bermanfaat
Deletekasih tau caranya yang mudah dong gan .
ReplyDeletehalo mastah! salam kenal ya.
ReplyDeletemasalah pencarian kata kunci bagi seorang blogger yang memang berniat memonetisasi blognya untuk mendatangkan dolar adalah keharusan. tapi mungkin itu adalah hanya langkah awal sebelum menulis konten. Masalah bagi pemula, seperti saya khususnya, saya sudah mencoba menerapkan metode di atas pada salah satu blog saya http://dramaelementary.blogspot.com, namun nampaknya belum optimal. Karena mungkin optimasiseo on page maupun off pagenya yng kurang. Maksudnya, kurang mengerti...Atau mungkin ada hal lain yang membuat kata kunci kita tidak tidak berpengaruh di mesin pencari?
seo onpage biasanya suka tersentuh secara tidak sengaja walaupun kita tidak ngerti, optimasi seo offpage ditingkatkan gan, terutama backlink
Deletemantep mas, cocok banget untuk cari kata kunci usaha saya di furniture jepara,
ReplyDeletebanyak aneka barang super keren di website saya hehe mampir ya??
http://furniturekualitasjepara.com/
mantep mas untuk usaha saya di bisnis online furntiure jepara.
ReplyDeleteJalan-jalan ya mas hehehe buanyak aneka furniture keren, tak kasih discon gede buat yg punya akun ini,, ;)
http://furniturekualitasjepara.com/
Bener nih, nanti kalo sudah punya rumah baru saya pesan :D
DeleteTerima kasih banyak gan,, saya biasanya juga pakai cara ini untuk riset kata kunci
ReplyDeleteTerimakasih tips nya bagus skl.
ReplyDeleteKlo waktunya longgar kunjungi mas web saya.www.gypsummandiri.com
wah jos gan
ReplyDeleteMatursuwun ilmunya ya Mas. Ijin save dan bookmark lamannya untuk belajar nanti jika lupa
ReplyDeleteSilahkan gan, semoga besar manfaatnya,
Deleteterima kasih. sangat bermanfaat bg sy yg pemula ini.
ReplyDeletesangat membantu, semoga ilmunya bermanfat, dan adsense nya banyak $ :v
ReplyDeleteAmin, semoga saja meskipun masih dibilang belum ada apa-apanya :D
Deletekeren gan mampir ke kaclop.blogspot.com gan koreksi kesalahan ane gan terimakasih
ReplyDeletemantap gan makasih http://tersediamusik.blogspot.com/
ReplyDeletejujur ni tips bgs bgt,tp jujur ane blm bgt paham mas,bisa tlg d bnt g mas,kl prl kita bisa bekerja sama,silahkan mampir, www.winnerbengkellas.com
ReplyDeleteMantab mas, sangat membantu sekali. Terima kasih
ReplyDeletethanks info nya sob,. cuma kdang yang saya bingung, kalo di buat longtail keyword atau di tambah kata lagi kan angka pencarian bualannya berubah??
ReplyDeleteTidak masalah gan, yang agan perlukan ketika menggunakan tool GKP diatas yang agan harus cari itu bukan long tile, tapi short tail, nah ketika agan sudah dapat short tile keyword (kata kunci utama) dari GKP untuk judul artikel agan sebaiknya kembangkan kata kunci tersebut menjadi long tail, ingat kata kunci utama harus masuk dan susunannya sama. itu alternatif agar dengan kata kunci beragam yang relevan artikel mas bisa terbidik di pencarian
Deletemakasih mas
ReplyDeleteterimakasih bnayak mas..
ReplyDeletekirain adwordnya bayar gitu..
makanya gk berani di utak atik lebih jauh...
makasih mas kali lagi
makasih ya mas atas berbagi ilmunya.jadi nambah ngerti.
ReplyDeleteThnkas mas :D
ReplyDeleteNgejelasinnya mudah di pahami :D
mas... kalo pake fanpage facebook bukan blog bisa ga ya gunakan keyword tool untuk meningkatkan penjualan.
ReplyDeletesaya belum coba, jika kemungkinan judul yang kita buat di facebook bisa muncul di hasil pencarian google berarti itu bagus untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu,
Deleteyang saya tau jualan di facebook yang paling potensian adalah menentukan target pelanggan mecari pelanggan yang memang benar-benar memiliki minat terhadap produk yang kita jual (bisa mencari melalui group-group tertentu dll) dan gunakan soft selling.
pada dasarnya, FB bukan dibuat untuk melakukan aktvitas penjualan. FB dibuat untuk aktivitas jualan. yang bisa anda lakukan adalah:
Delete1. bikin fan page produk anda
2. upload materi-materi yang disenangi oleh fan anda (gambar lucu, video lucu, cerita lucu dsb)
3. berinteraksilah dengan komen-komen mereka
4. arahkan postingan anda ke halaman website anda, sales page anda, landing page anda.
tidak disarankan untuk melakukan aktivitas penjualan langsung, sebab akan dianggap sebagai spam.
5. gunakan FP anda sebagai tempat sharing dari website anda. jika banyak yang like, diharapkan akan berdampak pula pada peringkat website anda dengan cara mereka klik link website anda yang ada di FP anda.
Wah wah wah....
ReplyDeleteBaru kali ini saya mendapatkan penjelasan yang begitu gamblang, mudah dipahami.
Tapi kalau saya butuh info yang lain gimana ya cara komunikasinya?
bener gan, saya juga suka di blog ini. heheheh..
Deletemas admin boleh dund di buatkan ruang diskusi hehe. :D
Kalau sudah menemukan keywordnya, kemudian untuk tips menuliskannya di deskripsi gmna ya gan? Ada jurus ampuhnya gak gan?
ReplyDeletecaranya gini gan:
Delete1. tulis di google keyword tadi. akan muncul sekitar 10 web.
2. baca satu-satu, setidaknya 5 artikel/web pertama.
3. tulis dalam satu note, excel atau terserah, kelebihan dan kekurangan masing-masing konten
4. tulis ulang berdasarkan data yang agan sudah simpan tadi. kelebihan digabung, kekurangan ditambahin.
Sebelumnya ada sedikit kesulitan dalam melakukan riset kata kunci, setelah menyimak artikel diatas mendapat titik terang. Semoga berhasil utk diterapkan diblog baru saya. Terimakasih dan salam sukses selalu by Pemasaran Jaringan
ReplyDeletesetahu saya untuk poin nomor 6. tingkat persaingan rendah itu mengacu pada iklan. sebab GKP memang dibuat untuk beriklan alias adword. bukan menentukan kualitas persaingan untuk pembuatan artikel atau konten.
ReplyDeleteuntuk melihat seberapa tingkat persaingan di web, bisa gunakan longtail pro atau SEMRush. keduanya berbayar, tapi SEMRUsh ada versi gratisannya kok. sekitar 10 atau berapa keyword gitu perharinya. selain itu bisa juga gunakan ekstensi mozzbar di chrome. dari mozzbar bisa diketahui seberapa tingkat persaingan antar web. namun saran saya sih gunakan long tail pro.
di long tail pro, selain bisa mengetahui tingkat kesulitan (dari skala 0-100) bisa juga mengetahui 10 link website di laman 1 google. tidak persis sama dengan yang di google, namun lebih dari 70% sama. jika mau berkompetisi dengan membuat konten, maka pilihlah yang tingat persaingan di bawah 25.
selamat mencoba.
Betul sekali mas, mantap infonya
Deleteko susah ya cara pakenya ga muncul-muncul tuh
ReplyDeleteCari dengan bibit kata kunci short tail keyword, 1 kata atau 2 kata yang dimasukan, misalkan
Delete-cara membuat
-internet
-kata kunci
-riset
dll.
Jika kata yang dimasukan lebih dari 2 kata maka biasanya tidak akan muncul.