Yang harus dilakukan Blogger Pemula untuk mempopulerkan blog - Banyak hal yang melatar belakangi seseorang membuat sebuah blog, ada yang hanya sekedar iseng atau hanya sekedar hobi menulis artikel, sampai dengan tujuan untuk menhasilkan rupiah melalui aktivitas bloggingya, namun terlepas dari tujuan tersebut sebenarnya yang dupayakan oleh para blogger adalah, bagaimana cara membuat agar blognya populer, mudah ditemukan dan dikenal orang,

Tentunya untuk membuat blog menjadi pipuler perlu waktu dan upaya serius tanpa pantang menyerah, untuk seorang blogger senior upaya untuk menuju tujuan  tersebut bukanlah hal yang sulit, karena dari pengalaman yang mereka peroleh kebanyakan dari mereka sudah punya trik khusus untuk menjadikan blog yang mereka miliki menjadi populer, tetapi beda halnya untuk blogger pemula, seseorang yang baru memulai ngeblog dan tidak tau arah apa yang harus dilakukan terhadap blognya, bahkan mereka tidak tau bagaimana cara agar blog yang mereka miliki bisa populer, mereka kebanyakan tidak tau darimana harus memulai.

Langkah-langkah Blogger pemula untuk mempopulerkan blog

pada artikel kali ini sedikit akan saya share mengenai usaha dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh blogger pemula atau seseorang yang benar-benar baru menekuni dunia blogging untuk mengupayakan agar blognya menjadi populer dan dikenali orang. langkah-langkah yang harus diikuti adalah sebagai berikut:

1. Membuat blog, tentu saja ini adalah langkah pertama, kita harus mempunyai blog terlebih dahulu, baru mulai ke tahap beikutnya, jika anda belum tau cara membuat blog anda bisa baca artikel mengenai cara bikin blog:bagi pemula.

2. Mensubmit url blog ke layanan search engine, ini untuk yang pertama kali ketika anda selesai membuat blog adalah, mensubmit url alamat blog yang anda miliki ke search enggine, tujuannya adalah agar mesin pencari sesegera mungkin mengenali blog yang anda miliki untuk pertama kali. caranya silahkan anda masuk ke alamat https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url, kemudian masukan alamat url anda pada kotak yang sudah disediakan, tulis kode captcha dan submit.

3. Mendaftarkan blog ke layanan google webmaster tool, gogle webmaster tool boleh dibilang tools wajib yang harus digunakan oleh pemilik blog atau situs, google webmaster tool dapat memonitor, aktivitas robot mesin pencari terhadap halaman blog yang kita miliki. segala aktivitas mesin pencari akan dapat kita lihat informasinya melalui tool yang satu ini. untuk daftar ke google webmaster tool sebenarnya sangat mudah sekali, syaratnya kita punya email google, kita tinggal login dengan  email kita tersebut dan menambahkan alamat blog kita /add site menggunakan fasilitas button yang sudah disediakan.

4. Mengisi Blog dengan artikel secara konsisten, blog tidak mungkin populer kalau saja artikelnya masih kosong, untuk menjadikan blog kita nanti mudah ditemukan mesin pencari adalah secara konsisten terus menerbitkan artikel yang berkualitaas, artinya artikel tersebut harus unik, hasil buatan sendiri dan bukan dari hasil kopi paste. artikel yang berkualitas akan banyak diminati orang. silahkan pelajari riset kata kunci dengan google trends untuk menemukan judul paling banyak diminati, juga pelajari riset dengan google keyword planner untuk melihat jumlah pencarian perbulan dan tingkat pesaingnya.

5. Mensubmit URL artikel yang sudah anda terbitkan, setiap kali anda menerbitkan artikel jangan lupa untuk mensubmit url artikel tersebut ke layanan submit google, atau melalu fetch as google yang terdapat dalam halaman google webmaster tool. tujuan submit ini adalah mengenalkan kepada mesin pencari google sesegera mungkin, bahwa blog saya sudah menerbitkan artikel, google dengan cepat akan mengindek url artikel blog anda, dan segera akan muncul pada pencarian google. ingat setiap kali anda menerbitkan artikel jangan lupa untuk melakukan tahap ini.

6. Mensubmit Petasitus blog, jika artikel yang sudah kita terbitkan sudah cukup banyak, langkah berikutnya adalah mensubmit peta situs atau sitemap blog yang kita miliki ke layanan webmastertool, webmaster tool sudah menyediakan fasilitas untuk mensubmit peta situs, tujuannya adalah agar google bot/ robot pencari google, dengan cepat dan mudah dapat mengenali secara langsung daftar isi secara keseluruhan mengenai artikel-artikel yang sidah kita miliki pada blog kesayangan kita, untuk mensubmit sitemap atau peta situs khusus untuk blogspot, peta situs biasanya beralamat di http://nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml, silahkan anda submit menggunakan sitemap.xml tersebut,  ingat setiap kita menerbitkan artikel baru, maka peta situs harus anda resubmit ulang. dengan demikian google secara konsisten lambat laun namun pasti akan segera mengindex artikel baru tersebut dengan mengacu ke halaman peta situs yang anda submit tersebut.

7. Memilih template blog seo firendly, template blog seo friendly adalah template blog yang sudah dimodivikasi dengan tujuan agar lebih disukai oleh mesin pencari google, jika anda ingin mengetahuinya lebih dalam silahkan anda bisa baca cara mengetahui blog seo firnedly menurut pakar SEO.

8. Mempromosikan blog, tujuannya agar artikel yang kita terbitkan cepat populer, untuk mempromosikan blog kita bisa gunakan layanan media sosial seperti facebook, tritter atau google +, kita juga bisa mempopulerkan blog yang kita miliki dengan bergabung ke suatu forum tertentu dengan mengenalkan alamat blog yang kita miliki, forum-forum saat ini pada umumnya sudah dilengkapi dengan signatur, dimana kita bisa meletakan link kehalaman blog kita.

9. Berburu backlink, backlink adalah  link URL halaman blog kita   yang kita letakan pada halaman blog orang lain, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memburu backlink, yang paling umum adalah dengan blogwalking, yaitu mengunjungi blog orang lain kemudian berkomentar sekaligus dengan meletakan link yang mengarah pada blog kita, backlink berkualitas akan memberi energi ke halaman blog kita, atau lebih dikenal dengan linkjuice, dalam memburu backlink kita harus memperhatikan juga status link-nya, apakah link dofollow atau nofollow. kemudian kita mengupayakan cara agar baclink yang kita letakan dikenali dan diclaim oleh google, backlink akan bernilai jika backlink tersebut dofollow dan sudah diakui google.


Jika anda blogger pemula anda bisa mengikuti tahanapan diatas, untuk membuat blog yang anda miliki dikenali oleh mesin pencari dan bisa menjadi populer.

Demikian yang bisa saya share mengenai cara Yang harus dilakukan Blogger Pemula untuk mempopulerkan blog, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

22 komentar:

  1. Replies
    1. Silahkan gan selamat ber eksperimen, mudah-mudahan apa yang saya share memang benar-benar bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. Wah..sebagai pemula..cukup banyak juga yg harus dilakukan stepny..hehe...tapi baiklah...semangat!!! Saya akan coba...

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mas bagi-bagi ilmunya. Artikelnya sangat bermanfaat, khususnya buat saya yang pemula. Jika berkenan monggo disambangi blog saya mas, masih baru. Hhe...
    saliemvespa.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. ok , makash infonya sangat membantu

    ini blog saya

    http://telkimcil2.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. wah banyak juga caranya yaa.. sep2 saya akan coba nanti
    kunjungi blog saya jika berkenan mas gerombolan-tips.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. mas mas...pengen belajar seo sama adsense dari pemula sampai akhir minta dong artikelnya com dari pemula..lumayankan hasil bisanambah buat susu bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering singgah aja mbak di blog saya ni, ini adalah pengalaman saya tentang seo dan adsense, semoga bisa diambil manfaatnya

      Delete
  7. gan kunjungi ya
    jalan-android.blogspot.com

    makasihh

    ReplyDelete
  8. gan bantu renovasi blog dong http://fashionimportindo.blogspot.com trima kasih

    ReplyDelete
  9. Berapa kalisaya sudah berkinjung ke blog ini,sangat membantu bagi yang baru belajar menulis di blog.terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  10. Artikelnya informatif sekali Pak. Kebetulan saya sedang mulai belajar nulis di blog. Silahkan kunjungi blog saya dan mohon kritik dan sarannya. Terima kasih.

    http://karnavaldesain.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. makasih infonya bang, saya juga pemula di blog, tulisan ga seberapa bagus sih, viewer masih sedikit pula. Nice Posting. Kalau berkenan blogwalking ke blog ku di yoshimosi,blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Wah Mas kebetulan saya adalah Blogger pemula , artikelnya sangat bermanfaat dan Saya sangat terbantu . Kunjungi Juga ya mas TaufanTops,blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Info yg bermanfaat, mudah2an ini bisa membantu saya untuk memulai bikin blog. Kalo boleh saya bertanya apakah blog pemula nantinya bisa dikembangkan menjadi sebuah blog yg bisa dijadikan lahan bisnis atau dengan kata lain bisa menghasilkan dollar ? maaf jika pertanyaan saya agak ngawur... Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa sekali mas, banyak ladang bisnis dengan memaintenance pengunjung secara efektif, mas Fino Yama bisa menjadi publisher google adsense, atau publisher iklan lainnya, mas bisa buka lapak iklan dan masih banyak lagi teknik monetisasi blog agar blog bisa menghasilkan uang.

      itulash salah satu alasan sampe saat ini banyak sekali orang yang serios bela-belain menghabiskan waktu hanya untuk ngeblog karena jika saja tau manfaatnya penghasilan blog bisa melebihi penghasilan didunia kerja formal bahkan penghasilan dari blog bisa ber kali-kali lipat dari penghasilan yang kita peroleh didunia kerja

      Delete
  14. Betul mas yang diuraikan diatas, sejauh itu konsisten dalam mengelola blog dan mengoptimalkan kata kunci agar terjaga pengunjungnya.

    Semoga kita bisa sukses dari blog.

    ReplyDelete
  15. Manfaat banget bang didin, walaupun belum terlalu mengerti, tapi sangat membantu.
    Kalau bisa mampir ke variasitek.blogspot.com juga ya bang

    Terimakasih

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah...artikel yang banget bang....akan coba saya terapkan pada blog sebisa saya hehe...makasih banget bang....

    ReplyDelete
  17. untuk pemula seperti saya artikelnya sangat bermanfaat mas, trimakasih banget. ini blog saya tipsmamaku.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!