Harapan semua orang artikel blog atau halaman situs cepat terindex  dan populer dimata mesin pencari google. banyak cara yang bisa dilakukan, pengunjung bisa datang dari mana saja, boleh jadi pengunjung menemukan halaman blog Anda dari mesin pencari seperti google,bing atau yang lainnya, atau mungkin juga pengunjung mengunjungi blog atau situs Anda karena informasi yang diperoleh secara langsung dari media sosial atau bersumber dari mulut-kemulut, banyak jalan bagaimana pengunjung bisa menemukan halaman blog Anda, perlu Anda kethui hampir 98% pengunjung menemukan blog Anda dari bantuan mensin pencari, oleh karena itu kita sebagai blogger harus terus berusaha agar blog yang kita miliki makin populer dimata mesin pencari, semakin populer blog yang kita miliki, maka Trafik pengunjung akan semakin meningkat,yang pada akhirnya berimbas pada Pagerank yang semakin tinggi.

Berikut cara yang bisa ditempuh agar artikel baru yang kita buat cepat terindex oleh google dan cepat populer:

Lakukan Optimasi SEO Onpage

Semua orang tau bahwa optimasi seo onpage mempunyai peranan penting dalam mempopulerkan sebuah blog, silahkan lakukan optimasi seo onpage untuk blog anda.

Buat Judul Artikel yang tertarget

Pengunjung akan menemukan halaman blog Anda salah satunya bersumber dari mesin pencari, mereka menemukan blog Anda dari pencarian, keyword yang mereka gunakan untuk pencarian akan disesuaikan dengan judul artikel, oleh karena itu, yang harus kita perhatikan adalah menentukan judul sebuah artikel yang tertarget, maksudnya adalah kita harus pandai membuat judul yang memiliki peluang besar dicari orang.   
Baca juga : 5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari

Sajikan isi artikel yang berkualitas

Populernya sebuah blog atau situs tidak lepas dari isi artikel yang berkualitas, dan relevan dengan judul artikel, selahkan sajikan artikel yang segar, unik dan bukan hasil copy paste, Bukan hanya mesin pencari yang menyukai artikel artikel seperti itu, pengunjung juga akan menyukainya, sehingga pengunjung akan memiliki peluang untuk berkunjung kembali.
Sebagai panduan silahkan baca: Tips menulis artikel berkualitas seo untuk mendapatkan ranking 1 google


Submit alamat sitemap blog Anda

Sitemap adalah peta situs yang berisi link-link halaman situs Anda, dengan melakukan submit sitemap, google akan cepat mengenali link-link yang harus diindex dari halaman blog Anda, format standar dari sitemap adalah xml, ada aturan khusus untuk membuatnya, untuk blog yang dibuat menggunakan blogspot, jangan khawatir karena sitemap akan di buatkan secara otomatis, setiap kali Anda membuat dan menerbitkan artikel baru, pada waktu itu juga sitemap diupdate secara otomatis, silahkan gunakan webmaster tools milik google untuk mensubmit sitemap Anda, untuk blogspot lokasi sitemap ditempatkan pada root halaman situs.

 Misal nama situs Anda adalah example.blogspot.com, maka sitemap yang nanti dapat Anda submit  adalah example.blogspot.com/sitemap.xml. Lalu dimana kita bisa melakukan submit ? silahkan submit alamat tersebut menggunakan fasilitas yang sudah disajikan oleh google webmaster tools,  yang harus diingat adalah setiap kali Anda menerbitkan artikel baru, maka Anda  harus melakukan submit kembali sitemap tersebut, tujuannya adalah agar link halaman yang berisi update artikel baru cepat dikenal untuk direindex kembali.
Silahkan baca: Cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

Submit link artilek terbaru Anda pada google add url

Tujuan Sumbit menggunakan google.add url adalah memberi tahu google bot agar mengindex link artikel baru yang sudah kita terbitkan, untuk cara ini saya belum bisa membedakan apakan masih sama dengan cara no 2 diatas, maksud saya apakah ketika cara 2 diatas sudah dilakukan apakah google add url harus dilakukan juga atau sama saja, tapi pengalaman saya ketika dua-duanya dilakukan tidak ada efek buruk, silahkan boleh dicoba.
Baca juga:
Cara agar judul postingan muncul di pencarian google.
Cara agar blog mudah dikenali dan ditemukan google

Manfaatkan halaman situs Anda yang  paling banyak dikunjungi.

Satu hal yang harus selalu diingat adalah jangan lupa halaman blog anda yang sudah berumur,
dengan menggunakan fasilitas info statistik yang berada pada halaman Admin blog Anda, Anda dapat memperoleh informasi mengenai halaman yang paling banyak dikunjungi, silahkan manfaatkan halaman tersebut untuk mempromosikan artikel yang baru Anda terbitkan,dengan cara menaruh link dofollow ke artikel baru yang Anda buat, silahkan siasati agar isi dari artikel yang lama relevan dengan link artikel baru yang Anda letakan.

Gunakan Teknik Pinging

Jika Anda melakukan perubahan terhadap halaman situs Anda, dalam hal ini Anda melakukan perubahan untuk meletakan link yang menuju ke artikel baru Anda, silahkan lakukan ping, setiap kali ada perubahan pada artikel lama jangan lupa untuk melakukan teknik pinging, teknik ini bertujuan memberitahukan kepada google ada update/terhadap halaman blog, dengan pinging memungkinkan google merayapi kembali halaman lama kita tentunya yang sudah kita letakan link ke artikel baru kita.

Bagaimana melakukan ping ?. Untuk melakukan pinging Anda bisa menggunakan tools gratis yang bisa Anda cari, misal pingmyurl atau pingfarm,caranya tidak terlalu sulit Anda tinggal memasukan link-link yang ingin Anda ping kemudian submit.

Untuk cara diatas sebaiknya anda tidak elakukan ping terlalu sering, karena berpotensi memberikan sinyal pada google web spam, cukup minimal 1 bulan sekali, lebih jarang itu lebih baik.

Jangan Lupakan Peranan Media Sosial

Meskipun media sosial hanya menyajikan link nofollow ke artikel Anda, jangan lupa media sosial tempat berbagi yang efektif yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan artikel baru yang Anda buat, silahkan manfaatkan facebook fanspage, twitter atau google+ untuk mulai mempromosikan artikel yang baru Anda buat.

63 komentar:

  1. makasih tutorialnya gan semoga dengan mengikuti cara di atas blog saya akan cepat terindex

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi butuh waktu yang lama biar artikel terindex di google ya, sampai 1 mingguan

      Delete
    2. cara pngtesan ke sitemap.xml gmana gan dan ping ke google susah

      Delete
  2. saya paling suka blogwalking. harapan saya bisa dapat taman blogger yang tegur sapa

    ReplyDelete
  3. sya suka dengan artikel anda ini benar2 sempurna terimakasih untuk yang bermanffaat ini thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga agan bisa berkunjung kembali, salam kenal gan

      Delete
  4. Terima kasih Sob,,, ijin nyimak dan sedot ilmunya Sob...

    ReplyDelete
  5. Saya setelah membaca artikel yang bapak tulis. Sangat berterima kasih sekali karena banyak hal yang sebelumnya saya tidak tahu menjadi tahu...

    ReplyDelete
  6. makasih gan infonya, semoga artikel saya cepat terindex oleh google

    ReplyDelete
  7. mksh infonya gan,, masih perlu banyak belajar ni,,..

    ReplyDelete
  8. Terimakasih ilmunya gan, semua artikel di blog agan isinya daging semua ....

    ReplyDelete
  9. thanks gan... tutorrialnya.... manttaaaappp :-)

    ReplyDelete
  10. mantap gan infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  11. maksih gan infonya
    http://adibenha.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. saya lebih suka blogwalking untuk meningkatkan Trafik blog kita.
    jangan lupa yah kunjungi blog saya.

    http://reynaghgaul.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. sebenarnya saya sedikit mengerti mas membaca artikel mas. karena tidak ada tutorial gambarnya. maaf saya pemula mas. tapi saya terima kasih karena artikel mas sangat membantu saya yang pemula ini.

    mampir mampir mas ke blog pertama saya. kalo bingung nonton film. biar ada refrensi film film bagus.

    www.banditfilm.blogspot.com

    sukses selalu mas

    ReplyDelete
  14. tanya donk min, kalo sitemap blogspot itu sitemap.xml atau atom yg disubmit? Bingung min.

    Ada juga yg kasih tau model gini

    http://caraaseo.blogspot.com/sitemap.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

    Yang benar mana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih memilih nama_blog_kamu/sitemap.xml saja tanpa embel-embel apapun

      Delete
    2. Perbedaanya apa min sama yang ada embel-embelnya dan yang sitemap.xml

      Delete
    3. wah boz, gw msh belajaran alias pemula jd msh bingung... hehe

      Delete
  15. Nice artikel...sangat oke....trims banget gan

    ReplyDelete
  16. thanks gan
    karimunjawaopentrip.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. terima kasih pencerahannya gan. btw, ada cara ga agar sitemap yang kita submit di google web master tools cepat diindex? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resubmit saja setiap x mempublikasikan artikle, sering-sering membuat artikel, ini yang sering saya lakukan:
      1. google submit url
      2. resubmit sitemap

      Delete
  18. Pelajaran yang sangat membantu sekali, soalnya setiap artikel yang saya buat susah terindeks di google..
    terima kasih banyak...
    Ditunggu kunjungan baliknya... (izin blogwalking)

    http://miniblogger28.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. terima kasih banyak infonya mas, kebetulan saya juga melakukan hal yang sama, tapi ada yang aneh mas, di blog artikelnya ada 38, tapi di webmaster tertuli submitted 26 dan indexed 26, saya resubmit lagi tetep sama, kira2 kenapa mas? apa yang mesti saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sebagian draft gan, coba lihat dan bandingkan dengan jumlah pada menu post terbit

      Delete
    2. semua sudah terbit mas, saya coba pasang berbagai bentuk sitemap rss (ada juga yang komentar disini), sekarang sudah terindex semua

      Delete
  20. semuanya udah dilakukan gan tapikok artikel saya blm terindeks ya, mohon bantuaanya

    ReplyDelete
  21. Terima kasih ilmunya gan. salam kenal juga. kebetulan baru bikin blog juga

    ReplyDelete
  22. saya sudah terapkan cara seperti di atas tetapi pengunjung blog kok malah menurun ya gimana solusinya?

    ReplyDelete
  23. Terima Kasih Ilmunya gan, saya masih pemula di blogging ini,,

    ReplyDelete
  24. paragraf pertama, boro"gan bikin judul artikel yg suka dicari orang, lha wong judul artikel q ajah tak ketik di googol gag pernah kluar >.< sedih bangt deh, sya akn coba mengamalkan apa yg agan bahas diatas, thxs udah share
    http://dbo-desainbrosuronline.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi artikel agan belum terindex google, sebaiknya agan submit blog agan di webmaster tool dan submit juga setiap artikel agan di google submit url, baru lakukan tahap diatas

      Delete
  25. Mksh tipsnya,sangat bermanfaat buat blogger pemula spertiku

    ReplyDelete
  26. Asik ya,, ditunggu artikel selanjutnya. :-D

    ReplyDelete
  27. admin mau tanya dong, kenapa pinging dilakukan sebulan sekali? ada yg bilang setiap selesai membuat artikel langsung melakukan ping.
    kunjung balik ya batu-akik86.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. khawatir bisa dianggap spam gan bila terlalu sering dan terlalu rapat melakukan ping

      Delete
  28. Artike nih bermanafaat terimakasih

    ReplyDelete
  29. makasih min, manfaat sekali

    ReplyDelete
  30. untuk yang no 4 submit, saya baru costum domain sudah lakukan submit lagi tapi sudah 4 hari blm terindex, mungkin bung ada solusi buat blogger pemula seperti saya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman, salah satu yang bisa agan coba perbanyak posting artikel gan, semakin sering akan semakin cepat terindex

      Delete
    2. ada yg ke tinggalan mas, saya sitmap ke webmaster tools, yang terkirim dengan sitemap.xml dan atom.xml hanya terkirim tidak terindex, kenapa begitu ya,?

      Delete
  31. betul banget kak, kebetulan saya sekarang sedang mencoba membangun blog baru lagi. semoga cepat terindeks di om google.
    http://rawat-rambut.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. Mantap banget blogspotnya, yang ingin saya tanyakan, kenapa blogger sekarang sulit dibuka, tapi kalau ketemu blog ini kok langsung kebuka ?
    apakah ada trik tertentu biar blogspot cepat terbuka

    ReplyDelete
  33. sangat membantu artikelnya, memang perlu kesabaran dalam hal SEO bang, makasih banyak

    ReplyDelete
  34. Bagus gan smoga aja link baru saya "http://pc-in-smart.blogspot.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-windows-10-final.html" ini bisa muncul lagi di page pertama google soalnya kemarin udah tak ganti permalinknya karna saya gak sadar kalo permalink pertamanya itu gak nyambung sama isi artikelnya hehehe....

    ReplyDelete
  35. Blog ini lagi...
    ngefans gue sama blog ini..
    makasih artikelnya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak, sering-seringlah berkunjung :D

      Delete
  36. Makasih infonya kak,,,mohon bimbinganya juga yah kak, soalnya saya masih newbie, baru bikin blog http://resepmasakbaru.blogspot.co.id/. sukaea selalu buat strukturkode nya kak didin..

    ReplyDelete
  37. mas, maksudnya submit ulang peta situs itu, mengirim peta situs lagi di google webmaster ta ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih saja resubmit mas, tidak juga tidak apa-apa mas, karena pada akhirnya akan mengupdate sendiri.

      Delete
  38. Klo masalah setiap posting di update saya rasa gak perlu. krn pasti otomatis d update jg oleh google

    ReplyDelete
  39. Om Didin, saya sudah daftar ke Bing webmaster dan juga yandex. Kalau di yandex kan memang butuh waktu lama biar bisa terindex mesinnya, minimal 2 minggu, nah kalo di Bing yang saya bingung. Mereka gak nulisin berapa lama masa n=pengindexan, dari 20 artikel yang saya punya, dan saya sudah index, submit sitemap, ping, masa cuma 5 yang nonggol di pencarian mereka. hikz ada solusi gak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di lihat di bingnya apakah sudah terindex semua, kemungkinan besar jika belum terindex berarti memerlukan waktu.

      Delete
  40. mas apakah template juga mempengaruhi cepat atau lambatnya peng-index-an?soalnya artikel di blog saya itu rata-rata minimal butuh 4-5 hari agar terindex oleh google. Cara di atas udah saya terapin semua hanya saja ping yang saya gunakan alamat situsnya tidak sama dengan ping yang ada di artikel ini.
    saya akan mencoba untuk menggunakan situs ping yang di kasih mas didin ini siapa tahu aja dalam 24 jam artikel bisa terindex oleh google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena templatenya, gunakan template seo friendly yang ringan dan clean strukturkodenya tidak dipasangi kode aneh-aneh.

      Delete
  41. secara alami.. berapa usia blog sampai benar benar terindex semua postingannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 bulan itu waktu paling optimal usia blog, tapi blog harus terus dipelihara, dengan menerbitkan artikel secara rutin.

      Delete
  42. Salam kenal gan, saya sudah banyak posting artikel tapi yang terindeks tidak semua. itu gmn ya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika agan sering mnerbitkan artikel, namun yang terindex sedikit salah satu penyebabnya bisa karena struktur template yang kurang baik.

      Perhatikan struktur templat, pastikan sudah tidak ada error.

      Karena saya pun menghalami hal yang sama, setelah struktur template diperbaiki indexpun membaik dan akhirnya index sama dengan postingan.

      Informasi tambahan bisa dibaca gan:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2017/06/mengatasi-index-blog-turun.html

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!