Link adalah sebuah kata atau sederetan kata dalam sebuah halaman web yang terhubung dengan halaman lain baik itu menuju halaman web yang memiliki alamat yang sama atau menuju halaman web alamat lain.

Ketika sebuah link dari sebuah halaman blog lain menuju ke halaman blog yang kita miliki, link tersebut lebih dikenal dengan sebutan backlink, dengan kata lain backlink bisa diartikan link dari halaman situs lain yang menuju halaman situs kita, istilah backlink juga dikenal dengan sebutan inbound link atau link masuk.

secara umum penulisan code link adalah seperti berikut:
<a href='example.com'>contoh link</a>
atau
<a href='example.com' rel='nofollow'>contoh link</a>

Contoh code diatas adalah contoh penulisan kode html untuk link, kode tersebut akan menghasilkan tulisan contoh link  dengan garis bawah dan  bisa kita klik, jika tulisan tersebut kita klik maka akan diteruskan ke halaman example.com,

dua kode diatas adalah sama yaitu kode untuk membuat sebuah link, yang membedaan keduanya adalah dari nilai kedua link tersebut, terutama di mata google search engine, yang warna biru adalah sebuah link yang dofollow dan yang warna merah adalah link nofollow, kode html untuk link nofollow selalu disertai dengan atribut rel='nofollow'.

1. Perbedaan dofollow link dan nofollow link

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow terletak pada nilai yang diberikan terhadap dua link tersebut, ketika mesin pencari google membaca sebuah backlink, link tersebut akan di analisa apakah link nofollow atau dofollow, jika link tersebut adalah sebuah backlink dofollow maka google akan menghitungnya sebagai sebuah point untuk halaman yang dirujuknya, kemudian akan diakumulasi dengan backlink-backlink lain yang sudah diperoleh oleh halaman rujuknya tersebut, memperhitungkan berapa banyak backlink yang merujuk pada halaman tersebut dan datang dari situs seperti apa backlink tersebut berasal.

Sedangkan jika backlink tersebut adalah backlink yang nofollow, maka link tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah point,  link nofollow tidak berarti apa-apa di mata mesin pencari google, tapi  meskipun link nofollow tidak dapat mempengaruhi pagerank setiap halaman, link ini tetap masih memiliki pengaruh dalam membantu meningkatkan trafic sebuah halaman.

Saat ini google menciptakan sebuah konsep perhitungan link point halaman yang lebih kita kenal dengan istilah pagerank (rangking halaman), nilai rangking halaman menurut google dimulai dari 0 sampai 10 , semakin baik point yang didapat maka pagerank yang diperoleh akan semakin tinggi, semakin tinggi pagerank sebuah halaman, maka akan semakin berpeluang muncul di urutan pertama SERP (Search engine result page), semakin sering muncul diurutan pertama SERP maka halaman tersebut kemungkinan besar akan sering dikunjungi dan trafick halaman tersebut akan semakin meningkat.

Jadi kesimpulannya dofollow link adalah link yang mempunyai nilai di mata google, dapat meningkatkan pagerank sebuah halaman blog, sehingga dapat membantu memperoleh posisi terbaik di SERP.

Sedangkan link nofollow adalah link yang tidak berarti apa-apa di mata google, tetapi link jenis ini masih memiliki kontribusi untuk meningkatkan trafik halaman juga ikut berkontribusi meningkatkan naturalitas backlink yang dimiliki sebuah blog, bahkan panduan antara backlink dofollow dan nofollow yang dimiliki sebuah blog dapat memberikan peningkatan rangking di hasil pencarian.

Jika Anda adalah pemburu backlink, utamakan untuk memburu backlink dofollow yang berkualitas, namun anda jangan lupa juga untuk melibatkan backlink nofollow,  untuk menambah referensi Anda mengenai pengetahuan Anda terhadap backlink berkualitas  Anda dapat membaca artikel  Seperti apakah backlink yang berkualitas. dengan begitu target SEO yang Anda tempuh bisa optimal.


2. Cara Mengetahui Link dofollow dan Nofollow

Sebenarnya ada banyak cara bagaimana mengetahui sebuah link apakah nofollow atau dofollow, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Dengan Inspek Element (Tidak direkomendasikan dan kurang efektif)

Untuk mengetahui jenis link dofollow atau nofollow dengan inspeksi elemen langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pilih sebuah link, kemudian selesksi link tersebut, kemudian klik kanan, dari menu yang muncul Anda tinggal pilih dan klik menu bertulisan 'lihat kode sumber text yang dipilih', lihat gambar dibawha ini

cara melihat link dofollow dan nofollow
 
Dengan memilih menu tersebut anda akan melihat code html untuk link tersebut, seperti di bawah ini:
<a target="_blank" href="/2016/04/cara-mendapatkan-25-dollar-dari-payoneer.html">Cara mendapatkan 25 Dollar dari Payoneer</a>
Lihat dan amati jika ada atribut rel='nofollow' atau rel='external nofollow' berarti link tersebut adalah sebuah link yang nofollow, dan sebaliknya jika tidak ada atribut rel atau ada atribut rel='dofollow' maka dapat dipastikan link tersebut adalah link dofollow.

Untuk link di atas ternyata adalah link dofollow karena tidak memiliki atribut rel='nofollow'.

Langkah diatas tentu saja bukan langkah yang efektif, karena mengharuskan kita untuk melakukan hal yang sama untuk melihat informasi link-link yang lainnya.

b. Dengan Mozila Plugin NoDoFollow (Sangat direkomendasikan)


Salah satu langkah yang efektif untuk melakukan hal yang sama adalah menggunakan plugin browser, yaitu dengan menginstal plugin NODOFollow, sayangnya untuk saat ini, plugin ini baru support untuk browser mozila firefox, silahkan istal plugin nodofollow tersebut di browser mozila anda, Anda pasti tau caranya.

Setelah plugin tersebut berhasil Anda instalkan di browser mozila anda, silahkan restart browser anda.

Untuk melihat link-link dalam sebuah halaman mana yang dofollow dan mana yang nofollow, berikut caranya:

Caranya: Anda tinggal klik kanan pada halaman situs/blog yang ingin diperiksa linknya, kemudian pada popup menu yang muncul pilih menu yang bertuliskan NoDoFollow. seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

memeriksa link dofollow nofollow dengan plugin nodofollow


Setiap link yang dofollow akan diblock dengan warna biru muda sedangkan untuk link yang nofollow akan diblock dengan dengan warna merah muda. seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Ciri link dofollow dan nofollow


Menurut saya menggunakan plugin nodofollow jauh lebih efektif daripada inspek elemen, sayangnya plugin ini hanay tersedia untuk browser mozila saja, dengan cara ini anda lebih mudah dapat mengamati secara langsung link dofollow dan nofollow yang terdapat dalam sebuah halaman situs hanya dengan satu klik saja.

c. Menggunakan SEO Quake (Recomended juga)

Cara yang ke 3 untuk mengamati sebuah link dofollow atau nofollow yang terdapat dalam sebuah halaman adalah dengan menggunakan plugin SEOQuake. plugin ini support untuk beberapa browser terutama mozila dan juga googlechrome.

Plugin ini sebenarnya adalah tool seo yang dapat memberikan informasi yang cukup lengkap, salah satunya adalah mengindetifikasi jenis link-link yang dimiliki oleh sebuah halaman website apakah nofollow atau dofollow.

Untuk menggunakan Tool ini anda cukup menginstal plguin seoquake pada browser yang anda gunakan, setelah tool ini diinstal dan aktif, anda dengan mudah akan langsung bisa mengamati jenis sebuah link dalam sebuah halaman blog atau situs.

Buka halaman situs yang anda inginkan, kemudian link-link yang berjenis nofollow akan di garis biru seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Melihat link dofollow atau nofollow dengan seoquake

Cara ini cukup efektif juga menurut saya, anda tinggal menginstal plguin seoquake pada browser anda, maka setiap kali anda mengunjungi sebuah halaman blog atau situs anda dapat melihat secara langsung jenis-jenis link yang terdapat pada halaman blog tersebut.

Seperti terlihat pada gambar diatas, untuk link nofollow akan di beri garis sedangkan dofollow akan terlihat seperti link pada umumnya.

Demikian, mudah-mudahan artikel diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai  APA PERBEDAAN BACKLINK DOFOLLOW DAN NOFOLLOW.