Link adalah sebuah kata atau sederetan kata dalam sebuah halaman web yang terhubung dengan halaman lain baik itu menuju halaman web yang memiliki alamat yang sama atau menuju halaman web alamat lain.

Ketika sebuah link dari sebuah halaman blog lain menuju ke halaman blog yang kita miliki, link tersebut lebih dikenal dengan sebutan backlink, dengan kata lain backlink bisa diartikan link dari halaman situs lain yang menuju halaman situs kita, istilah backlink juga dikenal dengan sebutan inbound link atau link masuk.

secara umum penulisan code link adalah seperti berikut:
<a href='example.com'>contoh link</a>
atau
<a href='example.com' rel='nofollow'>contoh link</a>

Contoh code diatas adalah contoh penulisan kode html untuk link, kode tersebut akan menghasilkan tulisan contoh link  dengan garis bawah dan  bisa kita klik, jika tulisan tersebut kita klik maka akan diteruskan ke halaman example.com,

dua kode diatas adalah sama yaitu kode untuk membuat sebuah link, yang membedaan keduanya adalah dari nilai kedua link tersebut, terutama di mata google search engine, yang warna biru adalah sebuah link yang dofollow dan yang warna merah adalah link nofollow, kode html untuk link nofollow selalu disertai dengan atribut rel='nofollow'.

1. Perbedaan dofollow link dan nofollow link

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow terletak pada nilai yang diberikan terhadap dua link tersebut, ketika mesin pencari google membaca sebuah backlink, link tersebut akan di analisa apakah link nofollow atau dofollow, jika link tersebut adalah sebuah backlink dofollow maka google akan menghitungnya sebagai sebuah point untuk halaman yang dirujuknya, kemudian akan diakumulasi dengan backlink-backlink lain yang sudah diperoleh oleh halaman rujuknya tersebut, memperhitungkan berapa banyak backlink yang merujuk pada halaman tersebut dan datang dari situs seperti apa backlink tersebut berasal.

Sedangkan jika backlink tersebut adalah backlink yang nofollow, maka link tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah point,  link nofollow tidak berarti apa-apa di mata mesin pencari google, tapi  meskipun link nofollow tidak dapat mempengaruhi pagerank setiap halaman, link ini tetap masih memiliki pengaruh dalam membantu meningkatkan trafic sebuah halaman.

Saat ini google menciptakan sebuah konsep perhitungan link point halaman yang lebih kita kenal dengan istilah pagerank (rangking halaman), nilai rangking halaman menurut google dimulai dari 0 sampai 10 , semakin baik point yang didapat maka pagerank yang diperoleh akan semakin tinggi, semakin tinggi pagerank sebuah halaman, maka akan semakin berpeluang muncul di urutan pertama SERP (Search engine result page), semakin sering muncul diurutan pertama SERP maka halaman tersebut kemungkinan besar akan sering dikunjungi dan trafick halaman tersebut akan semakin meningkat.

Jadi kesimpulannya dofollow link adalah link yang mempunyai nilai di mata google, dapat meningkatkan pagerank sebuah halaman blog, sehingga dapat membantu memperoleh posisi terbaik di SERP.

Sedangkan link nofollow adalah link yang tidak berarti apa-apa di mata google, tetapi link jenis ini masih memiliki kontribusi untuk meningkatkan trafik halaman juga ikut berkontribusi meningkatkan naturalitas backlink yang dimiliki sebuah blog, bahkan panduan antara backlink dofollow dan nofollow yang dimiliki sebuah blog dapat memberikan peningkatan rangking di hasil pencarian.

Jika Anda adalah pemburu backlink, utamakan untuk memburu backlink dofollow yang berkualitas, namun anda jangan lupa juga untuk melibatkan backlink nofollow,  untuk menambah referensi Anda mengenai pengetahuan Anda terhadap backlink berkualitas  Anda dapat membaca artikel  Seperti apakah backlink yang berkualitas. dengan begitu target SEO yang Anda tempuh bisa optimal.


2. Cara Mengetahui Link dofollow dan Nofollow

Sebenarnya ada banyak cara bagaimana mengetahui sebuah link apakah nofollow atau dofollow, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Dengan Inspek Element (Tidak direkomendasikan dan kurang efektif)

Untuk mengetahui jenis link dofollow atau nofollow dengan inspeksi elemen langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pilih sebuah link, kemudian selesksi link tersebut, kemudian klik kanan, dari menu yang muncul Anda tinggal pilih dan klik menu bertulisan 'lihat kode sumber text yang dipilih', lihat gambar dibawha ini

cara melihat link dofollow dan nofollow
 
Dengan memilih menu tersebut anda akan melihat code html untuk link tersebut, seperti di bawah ini:
<a target="_blank" href="/2016/04/cara-mendapatkan-25-dollar-dari-payoneer.html">Cara mendapatkan 25 Dollar dari Payoneer</a>
Lihat dan amati jika ada atribut rel='nofollow' atau rel='external nofollow' berarti link tersebut adalah sebuah link yang nofollow, dan sebaliknya jika tidak ada atribut rel atau ada atribut rel='dofollow' maka dapat dipastikan link tersebut adalah link dofollow.

Untuk link di atas ternyata adalah link dofollow karena tidak memiliki atribut rel='nofollow'.

Langkah diatas tentu saja bukan langkah yang efektif, karena mengharuskan kita untuk melakukan hal yang sama untuk melihat informasi link-link yang lainnya.

b. Dengan Mozila Plugin NoDoFollow (Sangat direkomendasikan)


Salah satu langkah yang efektif untuk melakukan hal yang sama adalah menggunakan plugin browser, yaitu dengan menginstal plugin NODOFollow, sayangnya untuk saat ini, plugin ini baru support untuk browser mozila firefox, silahkan istal plugin nodofollow tersebut di browser mozila anda, Anda pasti tau caranya.

Setelah plugin tersebut berhasil Anda instalkan di browser mozila anda, silahkan restart browser anda.

Untuk melihat link-link dalam sebuah halaman mana yang dofollow dan mana yang nofollow, berikut caranya:

Caranya: Anda tinggal klik kanan pada halaman situs/blog yang ingin diperiksa linknya, kemudian pada popup menu yang muncul pilih menu yang bertuliskan NoDoFollow. seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

memeriksa link dofollow nofollow dengan plugin nodofollow


Setiap link yang dofollow akan diblock dengan warna biru muda sedangkan untuk link yang nofollow akan diblock dengan dengan warna merah muda. seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Ciri link dofollow dan nofollow


Menurut saya menggunakan plugin nodofollow jauh lebih efektif daripada inspek elemen, sayangnya plugin ini hanay tersedia untuk browser mozila saja, dengan cara ini anda lebih mudah dapat mengamati secara langsung link dofollow dan nofollow yang terdapat dalam sebuah halaman situs hanya dengan satu klik saja.

c. Menggunakan SEO Quake (Recomended juga)

Cara yang ke 3 untuk mengamati sebuah link dofollow atau nofollow yang terdapat dalam sebuah halaman adalah dengan menggunakan plugin SEOQuake. plugin ini support untuk beberapa browser terutama mozila dan juga googlechrome.

Plugin ini sebenarnya adalah tool seo yang dapat memberikan informasi yang cukup lengkap, salah satunya adalah mengindetifikasi jenis link-link yang dimiliki oleh sebuah halaman website apakah nofollow atau dofollow.

Untuk menggunakan Tool ini anda cukup menginstal plguin seoquake pada browser yang anda gunakan, setelah tool ini diinstal dan aktif, anda dengan mudah akan langsung bisa mengamati jenis sebuah link dalam sebuah halaman blog atau situs.

Buka halaman situs yang anda inginkan, kemudian link-link yang berjenis nofollow akan di garis biru seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Melihat link dofollow atau nofollow dengan seoquake

Cara ini cukup efektif juga menurut saya, anda tinggal menginstal plguin seoquake pada browser anda, maka setiap kali anda mengunjungi sebuah halaman blog atau situs anda dapat melihat secara langsung jenis-jenis link yang terdapat pada halaman blog tersebut.

Seperti terlihat pada gambar diatas, untuk link nofollow akan di beri garis sedangkan dofollow akan terlihat seperti link pada umumnya.

Demikian, mudah-mudahan artikel diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai  APA PERBEDAAN BACKLINK DOFOLLOW DAN NOFOLLOW.

70 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete
  2. Produk yang Kami Tawarkan Semuanya Asli Original,
    Ada Garansi Resmi Distributor dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. Buruan belanja dan dapatkan harga promo 2014 untuk semua produk kami.Dijual> BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-5729-9674 ATAU KLIK WEBSITE RESMI KAMI http://primadonashop7elektronik.blogspot.com/
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.3.500.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9790 Onyx 3 Rp.1.100.000
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Core duos Rp.900.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 .Rp.2.100.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.3.800.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.2.500.000

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas perkongsian ini.. perkongsian ini memang menambahkan pengetahuan..

    Vitamin Shaklee Bagus Untuk Kesihatan - CalrasePatrick

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih, mudah-mudahan awak doakan perkongsiaoan ini sungguh bermanfaat khususnya bagi awak dan umumnya bagi yang baca dan singgah pada blog awak ni...betul-betul-betul...

      Delete
  4. Replies
    1. Sama-sama sob, thanks atas kunjungannya, salam kenal :)

      Delete
  5. makasih infonya kakak. seperti disebutkan diatas "nofollow masih memiliki kontribusi untuk meningkatkan trafik halaman." meningkatkan trafick melalui orang yg klik link itu maksudya?
    terus pengaruh peningkatan SEOnya tidak adakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. juga meningkatkan eksistensi agan di Blogosphere gan, membuat backlink cepat terindex berarti akan meningkatkan trafik

      Delete
  6. ini saya ikutan buat link nofollow yah ,, kali aja temen2 bloger mau kasi komentar blog saya, balasnya disini aja, biar rame

    ReplyDelete
  7. terima kasih bos atas infonya

    semoga jaya terus bos :)

    ReplyDelete
  8. jadi tau nih beda antara backlink dofollow dan nofollow, makasih atas ilmu yang diberikan gan. kunjungi juga kami di www.universeknalpot.com

    ReplyDelete
  9. Informasi yang sangat bermanfaat, jadi lebih terang benderang sekarang. Terima kasih gan..

    ReplyDelete
  10. Trimakasih sudah menulis artikel yg sangat berguna, saya newbe di dunia bloger jadi mengerti mas didin, menurut saya ini sangat perlu diketahui sama seorang newbe bloger seperti saya agar tidak salah memahami kedua kalimat tersebut. Mantap..update terus ya, lain kali saya mampil lagi ke blog mas didin. kala ada waktu mampir bentar yah ke sini www.balitrekkingandtour.com trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, thnaks atas sudah mampir

      Delete
    2. ochh begitu yshh gsn, terimakasih yahhhhhh. jika ada waktu mampir juga yahh ke rumah ane gan.

      Delete
  11. Terimakasih ilmunya..

    http://baju4muslimah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. okoke, sekarang kalo misalnya mengetahui bahwa blog itu do follow atau no follow gimana kaka ? kalo cuma inspect element keliatan a href aja itu berarti dofollow atau gimana ? thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan tidak baca artikelnya ya, pake mozila plugin gan, namanya Nodofollow, silahkan instalkan, kemudian restart, masuk kehalaman blog target, kemudian klik kanan dan pilih menu Nodofollow
      yang nofollow akan di block dengan warna merah muda
      sedangkan yang dofollow akan berwarna biru

      Delete
    2. kalo inspect element yang nofollow pasti ada atribut rel='nofollow' jika tidak berarti dofollow

      Delete
  13. terima kasih gan infonya jadi tau arti nofollow dan dofollow

    ReplyDelete
  14. sangat sangat bermanfaat . boleh ngelink ya gan bisniskaraoke.com

    ReplyDelete
  15. sangat berguna buat yg blum tau gan... barter backlink PR 9 link gan...silahkan email saya di website admin@planetirl.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya tidak punya situs pr 9 gan, jadi mau barter juga repot, kecuali agan mau barter dengan pr0 :D

      Delete
    2. kan sudah sy bilang mau PR brpa aja gak mslh gan... klo planetirl.com memang pr9 gan... silahkan email aja gan

      Delete
  16. terimakasih informasinya. barter backlink pr 9 gan planetirl.com

    ReplyDelete
  17. Thanks..
    Jadi paham sekarang. Waktunya berburu blog dofollow

    ReplyDelete
  18. wah artikelnya bagus bagus tuh sob.. sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  19. terimakasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  20. makasih gan jadi tahu perbedaan dofollow nofollow , kalo merampingkan alexa kaya blog agan gmn ?

    mampir ke web saya ya gan www.gentacakra.com/linegetrichhack/

    ReplyDelete
  21. ane baru ngeh sekarang apa perbedaan nya dan plus dengan caranya lagi, thanks om..
    ane titip aja ya om lapak ane mumpung sedang berkomentar..

    http://www.loadinsider.com/

    ReplyDelete
  22. oh, gitu toh perbedaanya ._. baru tau saya, maklum newbie hehe...

    ReplyDelete
  23. mendarat disini pas barusan nyari di google soal backlink dofollow. Thanks gand ane nanti install plugin aja di browser ane deh


    www.ilmupiano.com btw mampir ya gan kalau mau belajar piano

    ReplyDelete
  24. artikel keren, tapi kalo untuk admin sendiri kira2 bagus dofollow atau nofollow untuk blog pribadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduanya memiliki pengaruh mas dimata google, dua-duanya harus dikombinasakan agar link dianggap natural

      Delete
  25. Thanx u so much gan, udah kasih informasi perbedaan antara dofollow n nofollownya

    ReplyDelete
  26. keren ini artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang msih newbie di dunia perbloggingan :D

    ReplyDelete
  27. terimah kasih atas infonya , sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  28. misalnya kita ngasih link dofollow di blog nofollow itu apa ya mas pengaruhnya?
    misalkan kita nggak tau itu blog do / nofollow. itu pengaruhnya di link yang kita taruh dikomentar itu apa ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. link yang diletakan dikomentar berpotensi spam, apalagi isi komentar tidak relevan dan link yang dituju tidak relevan, terlalu banyak akan mengurangi reputasi blog dimata google dan bisa dicap blog spam

      Delete
  29. maksud saya misalkan blog yang akan kita titipi link itu blog nofollow, tapi kita tempelin backlink dofollow. itu ndak papa kan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo blognya nofollow, meskipun link yang kita letakan dofollow pasti secara otomatis akan menjadi nofollow.
      jika memang bisa meletakan dofollow mungkin hubungannya dengan antar sipemilik blog, jika tidak diizinkan sebaiknya jangan dilakukan, dimata mesin pencari dofolow punya potensi terdeteksi spam apalagi memang digunakan untuk nyepam serta komentar tidak relevan.

      Delete
  30. Saya punya pertanyaan:
    Apa keuntungan bagi pemilik blog do-follow?
    Mengapa kebanyakan blog adalah no-follow?
    adakah alasan khusus?

    Regards,
    SobatKebun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika link dofollow yang dirujuk untuk referensi rujukan penguat artikel yang disajikan itu bagus untuk artikel blog, bahkan blog-blog saya lihat blog-blog pakar seo dan internet marketer dunia banyak yang menggunakan cara ini mencantumkan beberapa link dofollow ke artikel situs otoritas baik untuk memperkuat pernyataan di artikel yang dibahas.

      Kebanyakan blog nofollow, karena banyak sekali dimanfaatkan sebagai ajang spam, berpotensi memancing spammer jika blog diabrkan dofollow

      Delete
  31. ane maw nanya nih bang apa kelebihan dan kekurangan dari nofollow dan dofollow?

    trus gmana kualitas backlink yang ktia taruh di blog dofollow dan nofollow?

    tolong pencerahannya gan...
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dofollow dulu itu bisa mempengaruhi pagerank (saat ini sepertinya sudah tidak berlaku karena google pagerank sudah tidak di update lagi oleh google), nofollow tidak mempengaruhi pagerank.

      Baik dofollow maupun nofollow memiliki pengaruh yang sama untuk meningkatkan rangking di hasil pencarian.

      Gabungan dofollow dan nofollow akan meningkatkan natularitas backlink yang dibangun,

      Delete
  32. kalau untuk mengejar alexa rank sebaiknya pilih yang dofollow atau yang nofollow?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alexa sangat dipengaruhi oleh pengunjung blog, jika pengunjung blog banyak maka alexa akan semakin ramping.

      Delete
  33. Nilai alexa untuk saat ini apakah masih relevan digunakan parameter seo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alexa menurut saya hanya tolak ukur dari trafik sebuah blog tidak ada kaitan dengan seo, jika banyak alexa akan ramping jika jarang alexa akan gendut

      Delete
  34. baru paham ane gan.. makasih udah share

    ReplyDelete
  35. Terima kasih mas artikelnya bermanfaat sekali buat saya yang baru membuat web. :)

    Siap-siap ngulik lagi tentang nofollow dofollow dan dipraktekin. :D

    ReplyDelete
  36. Belum dikasi tahu yang jelas mas bedanya dofollow sama nofollow apa? Cara buat backlink dofollow dan nofollow gimana?
    Trus contohnya kayak gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...benar-benar tidak tersentuh pembahasannya..thank atas masukannya gan.

      untuk membuat link dofollow/nofollow di artikel blog agan bisa baca:

      http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/04/cara-membuat-link-pada-artikel-blog.html

      Delete
  37. Hal ini sangat membantu atas pengetahuan seputar link dofollow dan nofollow. Salam Edukasi

    ReplyDelete
  38. mas admin mau tanya
    jadi sebaiknya buat backlink itu dgn cara dofolow ? atau gimana

    ReplyDelete
  39. Walaupun nofollow tidak berpengaruh pada pagerank, tapi nofollow punya pengaruh yang signifikan pda traffic di sebuah blog (tergantung dimana link itu ditaruh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul sekali mas arif, ketika membangun backlink juga kita harus fokus ke ke2nya sebagian nofollow dan juga dofollow untuk meningkatkan natularilas

      Delete
  40. Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat juragan. Mohon maaf mau nanya ciri-ciri mendasar backlink nofollow itu yang bagaimana ya juragan. kadang-kadang saya cek di web teman-teman ada keterangan nofollow, kemudian saya buka web bersangkutan, ciri pastinya saya belum bisa mengetahui..mohon infonya gan. terima kasih banyak.

    www.tenun-batik.com silahkan mampir kalau ada waktu juragan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa baca kembali di bagian terakhir, sudah saya update dengan menambahkan cara mengetahui link dofollow-nofollow disertai gambar.

      Delete
  41. terimaksih ya sob, jadi lebih berhati-hati dalam mencari baclink,,, salan kenal sobat

    ReplyDelete
  42. Saat cari informasi tentang blogging pasti bukanya strukturkode..hehe
    Thanks min

    ReplyDelete
  43. thanks banget mas info nya jadi saya sekarang sudah tahu perbedaan backlink do follow sama nofoolow , dan sekarang udah tahu cara ngebacklink thanks bangt mas

    ReplyDelete
  44. Cara menuliskan anchor text di link dofollow bagaimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat link dofollow atau nofollow secara manual (diketik) bisa dibaca disini:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/04/mengenal-hyperlink-untuk-blogger-pemula.html

      Delete
  45. mas kalau mencantumkan link di artikel satu, yang bila link tersebut diklik menuju artikel lain di blog kita itu, bagusnya menggunakan nofollow atau dofollow?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dofollow mas selama artikel yang dituju relevan.

      Nofollow jika halaman yang dituju kita anggap tidak perlu mendapat perhatian dari mesin pencari google, seperti halaman login dan semacamnya.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!