Bagaimana membuat blog agar mudah dikenali dan ditemukan mesin pencari google sehingga banyak dikunjungi -  ketika kita berhasil membuat blog harapan kita pada umumnya adalah mengupayakan agar blog yang kita buat dikunjungi banyak orang, sebenarnya sebelum blog ramai pengunjung, tahap pertama yang harus dilakukan pemilik blog atau webmaster adalah membuat blog terindex google terlebih dahulu, tujuannya adalah agar blog muncul di google, karena ketika kita baru membuat blog, tidak serta merta blog baru yang selesai kita buat langsung dikenali google, perlu ada upaya serius agar blog yang kita buat cepat terdeteksi dan mudah muncul di pencarian google, setelah blog diindex dan terdeteksi google, baru kita bisa mengusahakan bagaimana caranya agar blog ramai pengunjung atau banyak visitor.

CARA AGAR BLOG MUDAH DITEMUKAN DAN DIKENALI GOOGLE
Blog mudah ditemukan dan visitor meningkat

Cara Agar Blog Ditemukan dan dikenali Mesin Pencari Google

Ada beberapa alternatif yang bisa kita pilih untuk membuat blog dikenali mesin pencari google, yang pertama  membiarkan blog tersebut sampai pada akhirnya dikenali, dan yang kedua adalah mengupayakan agar blog lebih cepat dikenali google.Lantas jika kita biarkan apakah blog akan dikenali google dengan sendirinya?

Sebenarnya ketika kita selesai membuat blog dan menerbitkan artikel secara konsisten, seiring dengan berjalannya waktu, pada akhirnya mesin pencari akan mengunjungi blog kita secara otomatis, dan  blog kita akan diindex dengan sendirinya, yang menyebabkan blog mudah ditemukan oleh mesin pencari google, namun cara ini akan membutuhkan waktu cukup lama. karena kita harus menunggu mesin pencari menemukan dan mengunjungi blog kita secara otomatis. jika kita memilih cara seperti ini tentu saja kurang efektif, karena harapan kita agar blog dikunjungi banyak orang, sepertinya tidak bisa terlaksana dengan cepat.

di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara membuat blog dikenali google dengan cepat dan membuat blog banyak visitor, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
 
1. Buatlah artikel yang berkualitas.
Untuk langkah awal setelah anda berhasil membuat blog adalah membuat artikel yang benar-benar berkualitas yaitu:

a. Bukan artikel hasil copi paste.
b. Artikel dengan judul yang banyak dicari dan diminati orang.
c. Menggunakan judul dan descripsi yang memiliki nilai jual dan membuat penasaran.
d. Melibatkan optimasi seo onpage didalamnya.

baca juga: tips menulis artikel berkualitas untuk mendapatkan ranking 1 google

2. Membuat Internal linking pada artikel
Jangan lupa ketika membuat artikel, untuk membuat internal linking ke setiap artikel anda lainnya yang relevan, internal linking bertujuan untuk meningkatkan page view dan juga untuk memperkuat optimasi seo onpage pada blog. sebaiknya juga jika ada artikel anda yang sudah lebih dulu populer dan memiliki relevansi dengan artikel baru anda, silahkan buat link di artikel populer anda tersebut yang mengarah ke artikel baru anda.
baca juga: cara membuat anchor text berkualitas seo untuk link


3. Perkenalkan blog ke berbagai search enggine.
Langkah berikutnya setelah blog kita cukup siap dengan isi postingan dan artikel yang berkualitas adalah, mendaftarkan blog ke search enggine google dan yahoo bing,  silahkan lakukan pendaftaran blog ke beberapa search enggine populer seperti google dan yahoo bing. dengan demikian blog anda akan mudah untuk dikenali oleh search enggine tersebut.

4. Submit artikel blog ke search enggine
Jangan lupa setiap kali menerbitkan artikel, untuk melakukan submit artikel ke mesin pencari google, agar artikel anda tersebut mudah untuk diindex oleh mesin pencari yang bersangkutan.

5. Perkenalkan blog ke blog lainnya
Untuk memperkenalkan blog ke blog lainnya yaitu dengan mengunjungi blog orang lain sebanyak-banyaknya dan berkomentar didalamnya, mulailah melakukan pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan artikel blog anda, kemudian kunjungilah blog yang ditemukan oleh mesin pencari, berkomentarlah yang sesuai dengan topik pada blog tersebut, mengikuti aturan yang berlaku dan jangan sekali-kali membuat komentar yang sifatnya spam, karena itu akan menurunkan reputasi anda dimata blogger lain juga dimata search enggine.

6. Perkenalkan blog ke jejaring social
Untuk memperkenalkan blog ke jejaring media social adalah dengan membuat fans page, kemudian mengundang teman sebanyak-banyaknya untuk menyukai halaman tersebut, namun anda harus mengisi fanspage dengan artikel yang sesuai dengan yang anda terbitkan pada blog anda, tapi jangan khawatir anda bisa menggunakan pihak ke 3 yang menghubungkan artikel postingan blog dengan media social seperti facebook atau twitter, salah satunya adalah rss grafity. agar blog banyak yang follow, anda bisa mengundang teman anda untuk follow halaman tersebut.

7. Perkenalkan blog ke Forum-forum online.
Untuk memperkenalkan blog keforum online, yaitu dengan mencari forum online yang cukup populer, kemudian melakukan registrasi dan membuat artike yang relevan sekaligus meletakan backlink pada artikel tersebut.

8. Memperkenalkan blog ke social bookmarking
Sering-seringlah untuk submit artikel ke social bookmarking. setiap anda selesai membuat artikel coba submit artikel tersebut ke setiap social bookmarking.


Langkah diatas sebenarnya hanya beberapa dari banyak tips agar blog mudah ditemukan mesin pencari, setelah blog dikenali mesin pencari google, blog akan mudah untuk ditemukan dengan kata kunci yang relevan dengan artikel blog kita, semakin banyak ditemukan maka blog akan banyak yang lihat dan blog banyak dikunjungi orang, semakin banyak visitor maka blog berpeluang memiliki pagerank yang lebih baik, untuk melihat page rank anda bisa daftar ke alexa dan tempel kode alexa pada blog anda, itu akan membuat alexa rank blog semakin ramping.

Biasanya seiring dengan visitor yang semakin membludak biasanya akan berpengaruh pada blog banyak komentar, dan lambat laun kita bisa mengajukan publisher iklan agar blog yang kita miliki bisa dipasang iklan sehingga blog bisa menghasilkan uang

102 komentar:

  1. admin saya mau belajar seo sama anda, sekiranya anda bisa gak membantu saya supaya saya menjadi seorang newbie yang handal, ... mohon balasannya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh gan saya sendiri juga sama-sama masih newbie, :D belum terlalu banyak pengalaman, bisa jadi agan lebih mahir dari saya :D

      Delete
    2. yah agan mah merendah gitu, saya lihat hampir seo kata kunci di website anda semuanya berada di posisi 1 seo

      Delete
    3. Kalo agan tertarik belajar seo, tahap awal cobalah pahami dan analisa 200+ google ranking faktor, berawalah dari sana,

      Nanti kalo agan sudah negerti akan bisa lanjutkan trik membuat artikel yang full seo, biasanya seiring waktu semakin kita ngerti karakteristik mesin pencari akan semakin negerti bagaimana menyiapkan artikel yang baik

      Delete
    4. Terimakasih pak karena dengan artikel bapak saya bisa memahami hal tersebut. kalo aada waktu mampir di blog aku pak di www.sellersepatumurah.com

      Delete
    5. Blog saya kenapa...paling 20 pengunjung setiap harinya?

      Delete
  2. jadi makin semangat nih ngeblog nya sob... thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dong sob, meskinpun sibuk dengan dunia nyata...

      Delete
  3. Replies
    1. lam kenal gan, thanks sudah mampir

      Delete
    2. gan,.. nich saya pengguna blog baru... gimana caranya biar blog saya bisa sering dibaca, n sering muncul di halaman google

      Delete
  4. terima kasih ilmunya kang. salam kenal...

    ReplyDelete
  5. maksih gan, semoga artikal mas bro menjadi saran yang beguna bagi saya.. salam kenal.. mampir ya gan
    duwiidayono.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. terimakasih saran yg ada pd artikel anda. smoga bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan

    ReplyDelete
  7. makasih mas atas infonya, saya bloger pemula.,
    baru dua hari.. hehe

    ReplyDelete
  8. Makasih gaan mampir2 ke blog saya hehe
    cerpenmadun.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. harus sering2 baca yg kaya gini nih....nice post gan

    ReplyDelete
  10. Mampir ke blog saya ya..
    mudliee.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. wih, ternyata gini, oke oke, mampir ya gan, kunbal blog gue, ya walaupun isinya emang aneh, biasa2 aja, tapi tanpa copas :v
    carenswijaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Masterbalbo.blogspot.com
    Mampir ya gan saya masi pemula,saran dan masukan sangat saya harapkan

    ReplyDelete
  13. terimakasih gan...artikelnya sangat bermanfaat...saya masih newbi gan..mohon kunjungi blog saya ya...saya sangat butuh kritik n sarannya gan...trimakasih..semogabermanfaat9.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. thanks gan, kunjungi dewifarismawati.blogspot.com, dan jangan lupa follow ya

    ReplyDelete
  15. Thank's gan info nya...jadi semangat ni ngeblog nya...

    ReplyDelete
  16. mampir ke lapak ane ya gan kali aja minat hehe

    ghendiscollection.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. boleh sy belajar,sy pendatang baru

    ReplyDelete
  18. makasih gan atas masukannya...
    ea gan kalo cara membuat tampilan blog lebih bagus gimana?
    Tolong di pandu ea gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan setidaknya harus mengerti HTML dan CSS silahkan agan pelajari kalo mau

      Delete
  19. Gue sendiri baru bikin blog ibananagadget.blogspot.com pengennya sih ngerubah jadi ibananagadget.com gimana yah gan caranya?

    ReplyDelete
  20. Makasuh banget gan... Ane baru belajar ngeblog nih... Lagi cari-2 juga cata buat bikin blog yg bagus... Ilmu dari agan sangat membantu banget nih...

    Kunjungi juga blog saya gan :
    Bahagiakukeluargaku.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Tanks Gan,,! blog punya saya masih baru mohon kripik pedas nya dong,,
    http://www.n9unduh.16mb.com/

    ReplyDelete
  22. sya bomark dulu yah pak admin.
    biar ga lupa , butuh pula lagi...
    keep going lah....!!!

    ReplyDelete
  23. lumayan gan artikelnya buat materi belajar

    ReplyDelete
  24. Sangat membantu sekali artikelnya.. Biar blog saya mudah di kenali.. Dan pastinya usaha konveksi saya menambah costomer.. wolu-design.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. nice info masbro, jadi setelah memposting artikel harus submit dulu ya ke webmaster submit tool.. ooh keknya itu dah masalah blog ane belom terindex google.

    ReplyDelete
  26. mksh infonya gan... sangat bermanfaat
    visit blog ku gan
    ozotx.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. Terimakasih informasinya sangat membantu Saya

    ReplyDelete
  28. Makasih saya juga sedikit terbantu, mudah2an blog saya bisa d terima d masyarakat :D silahkan berkunjung d blog saya, maklum pemula,
    http://s1selamanya.blogspot.com/2015/03/cara-membuat-kabel-link-efek-gitar-di.html?m=1

    ReplyDelete
  29. thanks yaa ,,,aq pemula jd harap maklum

    ReplyDelete
  30. terima kasih kang atas infonya jadi tau deh sekarang , sama saya juga pemula , belum tau apa apa soal blogger tapi saya ingin tau . silakan berkunjung ke #blog me http://education.indonesiaz.com/

    ReplyDelete
  31. Mudah di mengerti. Bagus gan infonya makasih

    ReplyDelete
  32. terimakasih gan, informasinya sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula bagaimana menaikan trafik blog, setelah saya rutin memebaca artikel anda maka saya sedikit demi sedikit bisa saya pahami,, thanks gan salam kenal

    http://carasehatyuk.blogspot.com/

    ReplyDelete
  33. terimakasih gan , semoga bisa bermanfaat untuk semua termasuk saya yang juga,

    ReplyDelete
  34. thanks artikel nya gan,saya bisa sedikit mengerti tapi saya masih perlu belajar banyak,,maklum karna saya baru,,,

    ReplyDelete
  35. keren terima kasih atas bantuan anda

    ReplyDelete
  36. terimakasih ilmunya tolong bantu sesama newbie yaaa

    ReplyDelete
  37. Artikelnya ringan, memudahkan pembaca mencerna informasi tanpa pusing2 berpikir terlalu mendalam. Memang mestinya beginilah pembawaan blogger sebenarnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  38. Sangat bermanfaat.. saya baru bikin blog, jadi belum banyak tahu. terima kasih

    ReplyDelete
  39. Terima kasih atas infonya, semoga bermanfaat, sebagai bloger saya termasuk pemula sehingga masih banyak yang harus kami pelajari

    ReplyDelete
  40. Terima kasih banyak atas ilmunya bang... semoga berbarokah dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  41. Berarti harus sabar ya gan ,biar kita masuk page one...
    Harus semangat ni ane ngeblog

    ReplyDelete
  42. saya kan baru pemula jadi harus banyak belajar, anda bisa gak menjelaskan bagaimana cara mendaftarkan blog ke search enggine??
    mohon bantuannya yahh . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mendaftarkan blog ke mesin pencari bisa dibaca disini:
      http://strukturkode.blogspot.com/2015/01/cara-mendaftarkan-blog-ke-bing-dan-google-webmaster-tool.html

      Delete
  43. wah , terimakasih infonya gan , mudah mudahan gampang untuk di aplikasikan ya

    ReplyDelete
  44. makasih gan,
    cuma mau tanya, kalau mau buat blog .com gratis gmn y gan? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Top Level domain setidaknya harus memiliki hosting pribadi jadi akan ada biaya yang harus dikeluarkan, agan bisa buat blogspot terlebih dahulu, jika dikemudian hari ingin menjadi com sendiri, tinggal dirubah, panjang lebar jika harus dijelaskan di kotak komentar, agan bisa cara cara merubah blogspot ke custom domain. banyak referensi di mbah google.

      Delete
  45. terimakasih gan info y sangat membantu,, tapi kalo mau buat toko online caranya gimana gan? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa coba flatform wordpress.org atau flatform blogspot, coba saja cari template yang khusus disediakan untuk toko online, banyak tersedia dari yang berbayar sampe gratisan.

      agar kelihatan lebih profesional, dikeudian hari situs toko online agan bisa dirubah menjadi top level domain. .com,.org, dll apalagi .co.id lebih disarankan, agar lebih dipercaya konsumen.

      Delete
  46. newbie nih, buat bantu2 usaha ayah hrs bljr seo hahaha

    ReplyDelete
  47. ok,,,,i say thanks for you,,,your information from your blog so to helper my self,,,,,ok,,,,,,!!!!!!!!
    apologize in advance should translate your blog so that I understand ok,,, accepted the love for everything!!!!!

    ReplyDelete
  48. mau nanya, link dari facebook apakah baik untuk google?

    ReplyDelete
  49. keren banget,makasih ya artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  50. Terimakasih gan sudah membagi ilmunya, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  51. wah artikelnya bagus banget sob, sangat bermanfaat sekali bagi yang belum tahu , dan ini sangat penting untuk diketahui bagi semua pengguna blog. salam http://daftaranimeterpopuler.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  52. makasih ya gan infonya ,sgt bermanfaaat

    ReplyDelete
  53. thanks info nya, aku bookmark dulu nanti dipraktekkan

    ReplyDelete
  54. setelah baca jadi ngerti apa yang harus dilakuin sekarang. bermanfaat banget. thnks

    ReplyDelete
  55. terimakasih , sangat membantu bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
  56. mau tnya gan ngeping ternasuk juga tidak agar mesin pencari seperti google bisa cepat mengindeks blog saya, dan brapa kali sih nge ping yang disaran kan, apa cukup sekali setiap artikel baru atau bebas, tolong di kasih saran tentang blog saya yang masih baru, soalnya dah coba praktekin trus cek ke pencarian google dlm 20 halaman masih gk ada blog saya, terima kasih salam kenal http://beritain19.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas jangan terlalu berlebihan gan, ngeping saya gunakan ketika blog masih sangat baru dan pengunjung masih sangat sedikit, ketika pengunjung sudah membludak sebaiknya tidak usah digunakan lagi.

      dulu saya seminggu sekali melakukan ping dengan sekali ping menyertakan beberapa url artikel

      Delete
  57. Untuk mengetes blog udah terindex pa ngk bisa dengan cara di search di google dengan Key "site: domainanda.com", dengan cara itu juga kita mengetahui artikel atau kategori mana yg muncul atau yg ngk muncul di hasil seacrh tadi. Cepat tidak nya sebuah blog berada di page 1 google tergantung dari banyak faktor...diantaranya : tingkat persaingan keywordnya, kualitas kontent nya, backlinks dan banyak lg lainnya termasuk yg dijelaskan dalam artikel diatas. Jika ada yg mau belajar SEO hingga jadi Ahli bisa di sini -http:www.kampusbisnisonlineterbaik.com- disana Anda bisa belajar dengan panduan ahlinya secara online.

    ReplyDelete
  58. Sangat membantu sekali artikel anda. Saya kerap kali menjajal untuk search blog saya, apakah mudah ditemukan atau tidak. Selain hobi menulis, saya juga senang membantu para penulis yang ingin menerbitkan karyanya. Karena itulah, saya ingin blog saya mudah ditemukan oleh para penulis :) Sukses selalu ya!

    ReplyDelete
  59. Gimana gan cara agara dapat cepat terindex google, website saya sudah berapa kali main SEO masih kurang mantap dan tidak terdetex google, tolong sarannya gan. Terimakasih dan salam kenal sahabat http://goo.gl/EkMduH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba agan cek di webmaster tool, dan coba juga lakukan pencarian di google dengan format site: namadomain.blogspot.com, jika muncul di hasil pencarian berarti blog agan sudah terindex.

      oh ya blog terindek belum tentu berada di urutan halaman pertama google banyak faktor yang mempengaruhinya.

      Delete
  60. maaf. mau bertanya mas. Mungkin ini diluar topik. Mau konsultasi. Ini artikel saya seringkali dicopas oleh orang lain secara utuh, tanpa melakukan edit ulang terhadap tulisan saya tersebut. setelah saya teliti, ternyata hal itu terjadi secara otomatis. Saya mencoba membuat artikel baru dan saya cek di situs tersebut, ternyta artikel baru saya tadi langsung muncul di situs tersebut. Mohon masukannya mas. Salam

    forumblogindo@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu disadap mas, biasanya melalui jalur feed, feed blog yang dibiarkan terbuka. untuk mengatasinya mas harus membatasi akses feed blog, caranya mas bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/03/memperpendek-rss-feed-blog.html

      Delete
  61. oh ya gan mau tanya semisal membuat artikel lalu kapan ya kira" waktu yang di butuhkan untuk google mengindexnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam satu hari juga seharusnya sudah diindex, banyak posting dan banyak visitor yang membaca blog agan akan lebih mempercepat index

      Delete
  62. mas kenapa website saya arishahrukh.blogspot.com pengunjungnya sangat sedikit, padahal artikel di dalamnya sudah hampir 40. mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor mas bisa jadi karena pemilihan kata kunci untuk judul yang kurang populer atau kurang peminat, tolak ukur seo yang kurang dilibatkan, usia blog masih sangat muda atau artikel masih sedikit, menurut saya 40 artikel masih kurang mas,

      Delete
  63. Blog nya mas didin ini emang jossss :-)
    Setiap saya browsing mengenai topok blog ramai pengunjung dan google index blog nya mas didin slalu di page #1 google, terima kasih atas tutorialnya mas.
    Oo iya, mau tanya ini mas, kalau submit blog ke blog-blog directory apa masih berlaku ya mas untuk algoritma google yang baru ini mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu sering mempraktekan submit blog di blogdirectory ketika blog masih baru dan ketika ingin backlink agar cepat di claim google.
      Menurut saya sudah tidak perlu lagi di submit jika blog sudah memiliki banyak pengunjung, kecuali blognya masih baru atau pengunjung masih dikit.

      Delete
  64. busyeeeeeet,membantu banget gan???
    Jadi dapet ilmunya deh,makasih udah ngpost ilmu yg bijak ini???
    jadi semakin semangat ngeblog???

    buat agan2 / sist2 follow me,ane pasti foll back???
    makasih???

    ReplyDelete
  65. saya juga baru belajar ngeblog...baru 6 hari tulisan aku dengan kata kunci yang aku bidik masuk urutan ke 3 di hal. pertama...tapi yang kedetek adalah google plus nya...bukan ke artikel langsung di blog...kenapa bisa gitu yah ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena agan sedang login di account google, blog atau email.

      jika ingin mencek artikel di pencarian google seharusnya logout dulu atau gunakan incognito window di browsernya jadi tidak perlu logout dulu.

      Delete
  66. gan,, saya mau nanya kalo web ada didemosikan di webmaster sama org jahil, itu bisa muncul lagi ato engga yah?
    soalnya sudah lebih dari 1 bulan web saya dengan berbagai keyword g muncul sama sekali, coba cek gan ini web saya http://www.razkaholiday.com/

    ReplyDelete
  67. mantep nih blog nya, buat nambah pengetahuan bagi newbie di dunia blog :)

    ReplyDelete
  68. blog klau di hbungkan ke akun google+ ga memperlambat terdeteksi mesin pencari kan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah gan, yang saya juga, tapi saya pribadi mengatur g+ agar tidak otomatis pos setiap menerbitkan artikel

      Delete
  69. makasih boss, sangat membantu saya sebagai pendatang baru di dunia bloger.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!