Satu pertanyaan yang sering sekali saya perhatikan dikalangan blogger pemula adalah kenapa blog saya tidak muncul di google, padahal artikelnya sudah banyak, bahkan usia blognya sudah cukup lama, tapi blognya masih sepi-sepi saja.

Membuat blog agar ramai pengunjung tentu tidaklah terlalu sulit untuk blogger yang sudah berpengalaman, karena mereka sudah tau triknya setelah cukup lama malang melintang di dunia blogger, namun tidak untuk blogger pemula yang baru beberapa bulan terjun ke dunia blogging, bahkan mungkin saja blogger yang sudah lama tapi tidak pernah mau belajar pun akan bernasib sama.

Kunci agar blog bisa dapat pengunjung salah satunya adalah blog harus mampu ditemukan di hasil pencarian google, agar blog lebih mudah muncul maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger, selain template blog yang digunakan ramah mesin pencari (seo friendly), pemilihan judul artikel dan isi artikel juga harus menjadi perhatikan pertama.


Pengunjung bisa datang ke halaman blog yang kita miliki, itu berangkat dari judul yang mereka ketikan di mesin pencari, tentu saja jika judul artikel blog dan isi artikel blog anda relevan, maka peluang judul blog anda ditemukan di mesin pencari akan semakin baik, dan itu artinya blog anda akan banyak mendatangkan pengunjung sehingga lambat laun blog anda bisa menjadi populer.

Ini Penyebab kenapa blog anda sulit ditemukan di hasil pencairan google.

Jika blog anda saat ini belum bisa mendapatkan banyak pengunjung, padahal artikel sudah cukup banyak, maka kemungkinan bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Pemilihan judul blog yang salah.

Sebuah blog bisa ditemukan di hasil pencarian google di urutan terbaik, itu karena blog sudah diindek dan dikenali oleh mesin pencari, judul serta isi artikel relevan dengan kata pencarian yang diketikan oleh pencari serta blog anda  mampu bersaing dengan blog lainnya.

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh blogger pemula adalah pemilihan judul, mereka membuat judul menggunakan short tail keyword (judul yang terdiri dari 1 sampai 3 kata) dan parahnya judul artikel yang mereka buat bukan hasil riset, sehingga judulnya tidak pernah muncul karena memang tidak banyak orang yang nyari mengenai judul tersebut.

Untuk blog baru seharusnya ketika ingin membuat artikel kita harus memilih judul artikel menggunakan long tail keyword dan jangan lupa untuk selalu melakukan riset kata kunci serta dapat memilih judul-judul yang memiliki persaingan rendah.

Silahkan baca: Cara mendapatkan 1.000 pengunjung perhari khusus pemula.

2. Artikel yang terlalu singkat

Kesalahan kedua yang banyak sekali dilakukan oleh blogger pemula yang mengakibatkan bloggernya sulit ditemukan mesin pencari adalah isi artikel yang dibuat sangat singat.

Seo terus berkembang, dan salah satu faktor seo kali ini sangat memperhatikan jumlah kata dalam artikel, semakin banyak jumlah kata akan semakin memiliki peluang ditemukan di hasil pencarian.

Banyak blogger pemula  melakukan kesalahan ketika membuat artikel, jumlah kata pada setiap artikel yang mereka buat terlalu sedikit ya mungkin kurang dari 300 kata, sehingga blognya sulit bersaing sehingga sulit ditemukan dihasil pencarian google.

Untuk blog baru guna meningkatkan reputasi blog di mesin pencari, selain memperhatikan judul artikel yang baik, juga jangan lupa untuk selalu buat artikel lebih dari 1.000 - 2.000 kata, pokoknya lebih banyak itu lebih baik.

3. Kurang memperhatikan Faktor SEO

Ada yang bilang saya tidak pernah mikirin seo blog saya tetap banyak pengunjungnya, mungkin itu bisa jadi karena kebetulan atau dia sudah paham seo sebelumnya sehingga ketika bikin artikel faktor-faktor seo tanpa disadari dilibatkan kedalam artikel yang dibuat.

Untuk anda yang menargetkan pengunjung dari mesin pencari, peranan SEO menurut saya sangat penting, sehingga harus selalu diupayakan untuk dipelajari dan selalu dilibatkan didalam artikel, dengan mempelajari seo anda akan tau bagaimana seharusnya artikel dibuat, sehingga artikel akan banyak memiliki peluang ditemukan di hasil pencarian.

Seo yang harus dipelajari terutama untuk blogger pemula adalah optimasi seo onpage, dengan memahami seo onpage anda akan tahu bagaimana seharusnya artikel dibuat. Selain itu optimasi seo offpage juga tidak kalah penting.

Kedua perihal seo tersebut harus selalu dipelajari dipahami dengan baik, sehingga pada akhirnya setiap artikel yang anda buat, merupakan artikel yang seo friendly, ramah mesin pencari serta akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.

4. Judul artikel memiliki persaingan yang tinggi

Sangat sulit sekali blog baru bersaing dengan blog lama, karena blog baru reputasinya belum dikenal baik oleh mesin pencari, sehingga walaupun judul artikel blog anda sangat relevan dengan kata kunci yang diketikan pengguna, mesin pencari akan memprioritaskan artikel dari blog-blog yang sudah sangat dikenal dan sudah memiliki reputasi baik di mesin pencari.

Untuk blog baru, jangan sekali-kali berani mengambil judul artikel yang memiliki persaingan tinggi  walaupun judul tersebut memiliki tingkat pencarian bulanan sangat tinggi, karena blog anda tidak akan mampu bersaing sampai kapanpun, kecuali usia blog anda sudah sangat berumur.

Blog baru sebaiknya menargetkan judul yang memiliki persaingan rendah walaupun jumlah tingkat pencarian bulannya sangat tinggi.

Untuk membuat judul dengan persaingan rendah caranya cukup ketikan saja di hasil pencarian menggunakan kata kunci yang anda target untuk dibuatkan artikelnya, jika jumlah pencarian di atas 1.000.000 (satu juta), maka tinggalkan dan cari yang lebih sedikit minimal yang jumlah pencariannya di bawah 500.000.

Semakin kecil jumlah pencarian maka akan semakin mudah artikel blog anda dengan judul serupa bersaing di hasil pencarian google, jangan khawatir walaupun jumlah pencari tiap bulannya sedikit, namun dengan mengunakan  judul long tail keyword serta didukung oleh seo, maka artikel anda bisa menjaring banyak pengunjung.

5. Template blog anda kurang SEO Friendly

Yang kelima kenapa blog anda sulit dicari di mesin pencari google selain ke 4 hal di atas kemungkinan Tempate blog yang anda gunakan kurang seo friendly atau kurang ramah mesin pencari.

Silahkan baca: Ciri template blog seo friendly menurut pakar seo

Penting sekali untuk menggunakan tempate seo friendly, selain tampilan yang bagus, template anda harus lebih ramah mesin pencari sehingga blog akan lebih mudah ditemukan di halaman mesin pencari.


Seo merupakan faktor penting yang harus dilibatkan di dalam blog agar blog lebih mudah ditemukan di mesin pencari, menggabungkan judul yang baik dengan isi artikel yang seo friendly akan membuat artikel lebih mudah ditemukan di hasil pencairan google dan blog pun pada akhirnya akan ramai pengunjung.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!