Tips  Menulis dan membuat Artikel Berkualitas standar SEO - Salah satu aktivistas yang menjadi rutinitas blogger adalah membuat artikel, sebelum artikel dibuat pada umumnya para blogger akan mencari dan mendapatkan kata kunci terlebih dahulu untuk judul artikel mereka, tentunya untuk judul artikel yang berkualitas standar seo dan mudah untuk ditemukan mesin pencari kita harus membidik kata kunci yang memang benar-benar banyak diminati atau banyak dicari, dan sebisa mungkin menemukan kata kunci yang memiliki tingkat kompetitor yang rendah

Untuk mendapatkan kata kunci tersebut kita bisa melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, namun sayang kata kunci yang memiliki tingkat pencarian tinggi atau populer dan banyak diminati biasanya akan memiliki jumlah pesaing yang cukup banyak juga, sehingga ketika kita menggambil keputusan untuk menggunakan kata kunci tersebut untuk judul artikel yang akan kita buat, mau tidak mau harus mampu bersaing dengan artikel blogger lainnya yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci relevan tersebut pada blog mereka.

Tips cara membuat artikel postingan agar mudah ditemukan mesin pencari

lantas bagaimana caranya meskipun tingkat pesaing tinggi, tetapi artikel kita memiliki kesempatan untu mudah ditemukan oleh mesin pencari bahkan bisa menduduki ranking 1 google?.  pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat artikel postingan berkualitas SEO dan mudah ditemukan oleh mesin pencari google, berikut garis besar yang akan dijelaskan mengenai cara membuat artikel agar mudah ditemukan mesin pencari google:

1. Membuat artikel setidaknya 1.500 kata atau lebih

2. Membuat internal link pada artikel yang lebih populer

3. Melibatkan LSI Keywod dalam artikel

4. Memberikan bold dan italic pada kata kunci dalam artikel 

5. Membuat artikel Berkualitas

6. Menggunakan kata kunci long tail keyword dan menempatkan kata kunci yang kita bidik pada suku kata pertama.

7. Memperhatikan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage


Tips Membuat Artikel Postingan agar mudah ditemukan mesin pencari

Ketika sudah mendapatkan kata kunci untuk judul postingan, maka langkah berikutnya yang harus kita perhatikan adalah menganalisa tingkat pesaing kata kunci , tujuannya adalah untuk mengetahui rata-rata jumlah pesaing dan seberapa sulit tingkat persaingannya, riset tersebut berguna agar kita bisa mengantisifasi segala bentuk kemungkinan, sehingga artikel yang akan kita buat kita siapkan sedemikian rupa sehingga mampu bersaing dan mudah untuk ditemukan mesin pencari pada urutan 10 besar.

Tips berikut bisa kita gunakan dalam membuat artikel agar artikel atau postingan yang kita buat bisa bersaing dan mudah untuk ditemukan mesin pencari:

1. Buat artikel setidaknya 1.500 kata atau lebih

 Ada yang bertanya, berapa sih seharusnya jumlah kata dalam sebuah artikel itu?.
Sebenarnya untuk membuat artikel, hanya 1 baris pun tidak masalah, bahkan ada yang menganjurkan minimal 200  kata, menurut saya itu memang tidak salah dan berapa pun jumlah katanya itu sepertinya sah-sah saja, namun yang perlu diperhatikan untuk membuat artikel yang lebih baik dan agar mudah ditemukan mesin pencari, disarankan membuat artikel  yang terdiri  dari 1.500 kata atau lebih, semakin banyak itu semakin baik.

Bukan tanpa bukti untuk masalah panjang dan tidaknya isi artikel, ini pernah di buktikan, beberapa yang pernah melakukan penelitian untuk masalah ini adalah serpIQ dan MOZ, mereka membuktikan bahwa artikel yang panjang yang terdiri dari 1.000 sampai dengan 1.500 kata atau lebih memiliki peluang yang lebih baik ditemukan mesin pencari.

Berikut analisa grafik hasil riset mereka

# Temuan Moz, Memperoleh kesimpulan bahwa jumlah kata dalam artikel mampu mempengaruhi peringkat halaman dihasil pencarian terlepas dari faktor seo lainnya.

,Analisa jumlah kata dalam artikel versus ranking halaman

Kita bisa lihat pada grafik diatas, ternyata semakin banyak jumlah kata yang dimiliki oleh sebuah artikel, maka rankingnya akan semakin kecil, dan semakin sedikit jumlah kata, maka rangkingnya akan semakin besar.


# Dan Juga hasil penelitian serpIQ blog, untuk skala besar, terlepas dari pengaruh seo offpage, judul artikel yang menduduki posisi 10 besar hasil pencarian adalah artikel yang memiliki 2.000 kata atau lebih, berikut grafik hasil penelitian mereka:

Serp IQ Riset, pagerank versus jumlah suku kata dalam artikel postingan


Bisa kita lihat pada grafik diatas, bahwa yang menduduki posisi 10 besar adalah yang memiliki jumlah kata yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih

keuntungan lain membuat artikel dengan jumlah kata yang banyak adalah, google akan menganggap bahwa artikel tersebut kaya akan informasi dan bukan hanya itu, beberapa universitas luar yang meneliti bahwa orang lebih suka melakukan share artikel yang memiliki tingkat informasi yang tinggi yang disajikan dalam artikel yang panjang, jika dibandingkan artikel sederhana yang miskin akan informasi.

2. Membuat internal link pada artikel yang lebih populer

Ini adalah salah satu trik yang saya sering pakai dan hampir selalu saya pakai, yaitu membuat link pada artikel yang lebih dulu populer yang menuju URL artikel baru yang ingin kita populerkan, internal link adalah link yang kita buat pada atau menuju alamat url artikel kita yang lainnya dalam satu blog atau situs yang sama, internal linking merupakan salah satu faktor yang  berpengaruh dalam Optimasi SEO Onpage.

Untuk membuat internal link yang menuju ke artikel baru, langkah pertama  kita harus menemukan artikel milik kita yang sudah mendapatkan reputasi baik dimata mesin pencari, artinya artikel tersebut mudah ditemukan oleh mesin pencari, banyak dikunjungi dan menduduki posisi 1 sampai 3 besar pada SERP, atau paling tidak berada pada urutan 10 besar mesin pencari google, setelah berhasil ditemukan kita edit dan buat link dalam artikel tersebut yang menuju artikel baru kita.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita gunakan untuk menemukan artikel terbaik yang kita miliki untuk dipasang link internal ke artikel baru:

Cara #1 - Melihat widget popular post.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi artikel yang paling banyak ditemukan/populer, yaitu dengan melihat widget popular post pada halaman blog yang kita miliki.

Jika anda kebetulan sudah memasang widget popular post pada blog anda, silahkan anda lihat judul post-post pada popular post tersebut, jika  blog atau situs yang anda miliki memiliki niche campuran, maka carilah popular post yang kira-kira memiliki niche yang relevan dengan artikel baru anda, silahkan anda edit beberapa artikel populer anda tersebut dan tambahkan didalamnya satu link yang menuju ke artikel baru anda. cara ini cukup efektif untuk memancing trafik ke artikel baru yang kita terbitkan.

Cara #2 - Gunakan Tool Open site Explorer untuk menemukan artikel yang memiliki Page Authority tinggi

Untuk mendapatkan artikel dengan page authority tinggi, bisa kita gunakan Open Site Explorer , dan ketikan alamat url blog yang kita miliki misal: http://strukturkode.blogspot.com/ dan tekan tombol "Search"

Kemudian pada menu disebelah kiri cari  dan tekan tombol "Top Page" seperti gambar dibawah ini

tips membuat artikel agar mudah untuk ditemukan mesin pencari

data top page akan ditampilkan disebelah kanan, bisa kita lihat informasi dalam bentuk sebuah table seperti gambar berikut, coba kita amati pada kolom PA,

Cara membuat artikel postingan yang berkualitas

Carilah beberapa artikel yang memiliki PA yang tinggi dan gunakan artikel tersebut untuk meletakan link yang menuju artikel baru yang kita miliki.
 

3. Libatkan LSI keyword dalam artikel yang kita buat

Lsi keyword adalah kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama, untuk menemukan kata kunci LSI sebenarnya tidak terlalu sulit, anda bisa baca artikel saya tentang cara menemukan kata kunci LSI, jika kita sudah mendapatkan kata kunci LSI, kita catat kata kunci LSI tersebut kemudian kita masukan kata kunci LSI tersbut dalam artikel yang akan kita buat, semakin banyak itu semakin baik

Semakin banyak jumlah kata dalam sebuah artikel berarti kata kunci LSI yang bisa kita libatkan akan semakin banyak, namun yang terpenting adalah atur bagaimana caranya agar isi artikel yang kita buat mudah utuk dipahami oleh orang yang membacanya, silahkan rankai isi artikel dengan melibatkan kata kunci LSI sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami.


4. Memberikan Bold dan Italic pada kata kunci LSI

Bold dan italic pada kata tertentu akan dianggap oleh mesin pencari bahwa kata tersebut adalah penting, untuk mendapatkan peluang terbaik agar artikel positngan yang kita buat mudah untuk ditemuakan google salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menebalkan tiap kata kunci LSI yang kita pasang.

Dari segi SEO, penggunaan atribut tebal dan miring jelas membantu. beberapa ahli SEO meneliti, bahwa penulisan tebal mempunyai skor 3 dan penulisan miring memiliki skor 2. Ini membantu Google menemukan apa yang penting dari postingan yang kita buat. selain untuk kata kunci LSI tebal dan miring bisa kita gunakan untuk kata kunci utama yang kita bidik yang kita libatkan dalam isi artikel, misal jika kita mengambil judul "Optimasi seo Onpage" bisa saja kita menebalkan dan memiringkan kata kunci seo onpage yang terdapat dalam tulisan.

selain itu Penggunaan bold dan italic juga akan menghidupkan artikel. bukan hanya dimata mesin pencari seperti halnya Google, bahkan Anda sendiri akan merasakan nuansa yang berbeda ketika menemukan kata yang dicetak tebal atau miring pada suatu postingan. Tanpa sadar Anda berpikir, “Oh, ini penting”. Hal yang sama terjadi pada pengunjung juga yang kebetulan membaca isi artikel yang kita terbitkan.

5. Update artikel berkala dan buatlah artikel berkualitas

Update artikel secara berkala secara tidak langsung memberikan signal kepada mesin pencari bahwa blog yang kita miliki mendapatakan perhatian khsusus dari si pemiliknya, mesin pencari akan lebih menyukai blog yang memiliki waktu penerbitan artikel secara teratur daripada blog atau situs yang kurang memperhatikan waktu penerbitan artikel.

Pertanyaannya apakah memang benar frequensi update postingan berpengaruh pada rangking halaman?

Saya pernah menyimak sebuah video dari Mat Cutt mengenai seberapa pentingkah pengaruh update postingan terhadap blog atau situs, pada vidio tersebut dapat disimpulkan, bahwa yang menjadi penilaian utama google adalah kulitas sebuah konten, tidak masalah apabila kita hanya melakukan Update artikel (posting) dengan jarak beberapa hari bahkan dalam hitungan minggu, artinya mesin pencari terutama google lebih memprioritaskan website atau blog yang menyajikan artikel berkualitas jika dibandingkan dengan frequensi update artikel.

Namun saya pribadi berpendapat update artikel tetap memiliki pengaruh terhadap blog yang kita miliki, karena semakin banyak judul postingan kita terbitkan berarti koleksi kata kunci yang terdapat dalam blog semakin lengkap dan itu dapat memberikan efek positif blog yang kita miliki mudah untuk ditemukan dengan beragam kata kunci.

6. Gunakan kata kunci long tail keyword untuk judul artikel dan letakan kata kunci utama pada awal suku kata judul

Long tail keyword adalah kata kunci panjang yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, untuk judul artikel sebaiknya kita menggunakan long tail keyword, bisa saja kata kunci yang kita bidik terdiri dari 2 suku kata saja, namun untuk judul artikel kata kunci utama tersebut kita jadikan kata kunci panjang atau long tail keyword, caranya adalah dengan menambahkan kata tambahan pada kata kunci utama yang kita bidik.

Misal kata kunci utama yang kita bidik adalah "optimasi seo onpage", untuk membuat judul artikel long tail kita harus ubah kata kunci utama tersebut dengan menambahkan beberapa suku kata di depan atau di belakangnya agar menjadi long tail keyword.

Bisa saja saya menambahkan "optimasi seo onpage pada blog mudah" atau "langkah mudah melakukan optimasi seo onpage", jika kita harus memilih dari dua alternatif judul tersebut yang paling baik adalah judul "optimasi seo onpage pada blog mudah" karena judul ini mengandung kata kunci yang kita bidik yang kita letakan pada awal suku kata judul.

dengan long tail keyword halaman artikel akan lebih mudah ditemukan dengan kata kunci yang beragam, judul memiliki sekor 1, mesin pencari akan memprioritaskan kata kunci yang terdapat dalam judul kemudian mencari kata kunci lainnya pada isi artikel.

7. Perhatikan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage

Faktor yang tidak kalah penting adalah melibatkan optimasi seo onpage dan offpage pada artikel yang kita terbitkan, optimasi seo onpage akan memberikan dampak positif dari dalam blog sedangkan optimasi seo offpage akan memberikan energi pada halaman blog yang kita miliki sehingga artikel yang kita terbitkan memiliki peluang lebih baik dimata mesin pencari.

Demikian yang bisa saya share mengenai Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO: untuk menduduki ranking 1 google, semoga bermanfaat.