Tips  Menulis dan membuat Artikel Berkualitas standar SEO - Salah satu aktivistas yang menjadi rutinitas blogger adalah membuat artikel, sebelum artikel dibuat pada umumnya para blogger akan mencari dan mendapatkan kata kunci terlebih dahulu untuk judul artikel mereka, tentunya untuk judul artikel yang berkualitas standar seo dan mudah untuk ditemukan mesin pencari kita harus membidik kata kunci yang memang benar-benar banyak diminati atau banyak dicari, dan sebisa mungkin menemukan kata kunci yang memiliki tingkat kompetitor yang rendah

Untuk mendapatkan kata kunci tersebut kita bisa melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, namun sayang kata kunci yang memiliki tingkat pencarian tinggi atau populer dan banyak diminati biasanya akan memiliki jumlah pesaing yang cukup banyak juga, sehingga ketika kita menggambil keputusan untuk menggunakan kata kunci tersebut untuk judul artikel yang akan kita buat, mau tidak mau harus mampu bersaing dengan artikel blogger lainnya yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci relevan tersebut pada blog mereka.

Tips cara membuat artikel postingan agar mudah ditemukan mesin pencari

lantas bagaimana caranya meskipun tingkat pesaing tinggi, tetapi artikel kita memiliki kesempatan untu mudah ditemukan oleh mesin pencari bahkan bisa menduduki ranking 1 google?.  pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat artikel postingan berkualitas SEO dan mudah ditemukan oleh mesin pencari google, berikut garis besar yang akan dijelaskan mengenai cara membuat artikel agar mudah ditemukan mesin pencari google:

1. Membuat artikel setidaknya 1.500 kata atau lebih

2. Membuat internal link pada artikel yang lebih populer

3. Melibatkan LSI Keywod dalam artikel

4. Memberikan bold dan italic pada kata kunci dalam artikel 

5. Membuat artikel Berkualitas

6. Menggunakan kata kunci long tail keyword dan menempatkan kata kunci yang kita bidik pada suku kata pertama.

7. Memperhatikan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage


Tips Membuat Artikel Postingan agar mudah ditemukan mesin pencari

Ketika sudah mendapatkan kata kunci untuk judul postingan, maka langkah berikutnya yang harus kita perhatikan adalah menganalisa tingkat pesaing kata kunci , tujuannya adalah untuk mengetahui rata-rata jumlah pesaing dan seberapa sulit tingkat persaingannya, riset tersebut berguna agar kita bisa mengantisifasi segala bentuk kemungkinan, sehingga artikel yang akan kita buat kita siapkan sedemikian rupa sehingga mampu bersaing dan mudah untuk ditemukan mesin pencari pada urutan 10 besar.

Tips berikut bisa kita gunakan dalam membuat artikel agar artikel atau postingan yang kita buat bisa bersaing dan mudah untuk ditemukan mesin pencari:

1. Buat artikel setidaknya 1.500 kata atau lebih

 Ada yang bertanya, berapa sih seharusnya jumlah kata dalam sebuah artikel itu?.
Sebenarnya untuk membuat artikel, hanya 1 baris pun tidak masalah, bahkan ada yang menganjurkan minimal 200  kata, menurut saya itu memang tidak salah dan berapa pun jumlah katanya itu sepertinya sah-sah saja, namun yang perlu diperhatikan untuk membuat artikel yang lebih baik dan agar mudah ditemukan mesin pencari, disarankan membuat artikel  yang terdiri  dari 1.500 kata atau lebih, semakin banyak itu semakin baik.

Bukan tanpa bukti untuk masalah panjang dan tidaknya isi artikel, ini pernah di buktikan, beberapa yang pernah melakukan penelitian untuk masalah ini adalah serpIQ dan MOZ, mereka membuktikan bahwa artikel yang panjang yang terdiri dari 1.000 sampai dengan 1.500 kata atau lebih memiliki peluang yang lebih baik ditemukan mesin pencari.

Berikut analisa grafik hasil riset mereka

# Temuan Moz, Memperoleh kesimpulan bahwa jumlah kata dalam artikel mampu mempengaruhi peringkat halaman dihasil pencarian terlepas dari faktor seo lainnya.

,Analisa jumlah kata dalam artikel versus ranking halaman

Kita bisa lihat pada grafik diatas, ternyata semakin banyak jumlah kata yang dimiliki oleh sebuah artikel, maka rankingnya akan semakin kecil, dan semakin sedikit jumlah kata, maka rangkingnya akan semakin besar.


# Dan Juga hasil penelitian serpIQ blog, untuk skala besar, terlepas dari pengaruh seo offpage, judul artikel yang menduduki posisi 10 besar hasil pencarian adalah artikel yang memiliki 2.000 kata atau lebih, berikut grafik hasil penelitian mereka:

Serp IQ Riset, pagerank versus jumlah suku kata dalam artikel postingan


Bisa kita lihat pada grafik diatas, bahwa yang menduduki posisi 10 besar adalah yang memiliki jumlah kata yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih

keuntungan lain membuat artikel dengan jumlah kata yang banyak adalah, google akan menganggap bahwa artikel tersebut kaya akan informasi dan bukan hanya itu, beberapa universitas luar yang meneliti bahwa orang lebih suka melakukan share artikel yang memiliki tingkat informasi yang tinggi yang disajikan dalam artikel yang panjang, jika dibandingkan artikel sederhana yang miskin akan informasi.

2. Membuat internal link pada artikel yang lebih populer

Ini adalah salah satu trik yang saya sering pakai dan hampir selalu saya pakai, yaitu membuat link pada artikel yang lebih dulu populer yang menuju URL artikel baru yang ingin kita populerkan, internal link adalah link yang kita buat pada atau menuju alamat url artikel kita yang lainnya dalam satu blog atau situs yang sama, internal linking merupakan salah satu faktor yang  berpengaruh dalam Optimasi SEO Onpage.

Untuk membuat internal link yang menuju ke artikel baru, langkah pertama  kita harus menemukan artikel milik kita yang sudah mendapatkan reputasi baik dimata mesin pencari, artinya artikel tersebut mudah ditemukan oleh mesin pencari, banyak dikunjungi dan menduduki posisi 1 sampai 3 besar pada SERP, atau paling tidak berada pada urutan 10 besar mesin pencari google, setelah berhasil ditemukan kita edit dan buat link dalam artikel tersebut yang menuju artikel baru kita.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita gunakan untuk menemukan artikel terbaik yang kita miliki untuk dipasang link internal ke artikel baru:

Cara #1 - Melihat widget popular post.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi artikel yang paling banyak ditemukan/populer, yaitu dengan melihat widget popular post pada halaman blog yang kita miliki.

Jika anda kebetulan sudah memasang widget popular post pada blog anda, silahkan anda lihat judul post-post pada popular post tersebut, jika  blog atau situs yang anda miliki memiliki niche campuran, maka carilah popular post yang kira-kira memiliki niche yang relevan dengan artikel baru anda, silahkan anda edit beberapa artikel populer anda tersebut dan tambahkan didalamnya satu link yang menuju ke artikel baru anda. cara ini cukup efektif untuk memancing trafik ke artikel baru yang kita terbitkan.

Cara #2 - Gunakan Tool Open site Explorer untuk menemukan artikel yang memiliki Page Authority tinggi

Untuk mendapatkan artikel dengan page authority tinggi, bisa kita gunakan Open Site Explorer , dan ketikan alamat url blog yang kita miliki misal: http://strukturkode.blogspot.com/ dan tekan tombol "Search"

Kemudian pada menu disebelah kiri cari  dan tekan tombol "Top Page" seperti gambar dibawah ini

tips membuat artikel agar mudah untuk ditemukan mesin pencari

data top page akan ditampilkan disebelah kanan, bisa kita lihat informasi dalam bentuk sebuah table seperti gambar berikut, coba kita amati pada kolom PA,

Cara membuat artikel postingan yang berkualitas

Carilah beberapa artikel yang memiliki PA yang tinggi dan gunakan artikel tersebut untuk meletakan link yang menuju artikel baru yang kita miliki.
 

3. Libatkan LSI keyword dalam artikel yang kita buat

Lsi keyword adalah kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama, untuk menemukan kata kunci LSI sebenarnya tidak terlalu sulit, anda bisa baca artikel saya tentang cara menemukan kata kunci LSI, jika kita sudah mendapatkan kata kunci LSI, kita catat kata kunci LSI tersebut kemudian kita masukan kata kunci LSI tersbut dalam artikel yang akan kita buat, semakin banyak itu semakin baik

Semakin banyak jumlah kata dalam sebuah artikel berarti kata kunci LSI yang bisa kita libatkan akan semakin banyak, namun yang terpenting adalah atur bagaimana caranya agar isi artikel yang kita buat mudah utuk dipahami oleh orang yang membacanya, silahkan rankai isi artikel dengan melibatkan kata kunci LSI sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami.


4. Memberikan Bold dan Italic pada kata kunci LSI

Bold dan italic pada kata tertentu akan dianggap oleh mesin pencari bahwa kata tersebut adalah penting, untuk mendapatkan peluang terbaik agar artikel positngan yang kita buat mudah untuk ditemuakan google salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menebalkan tiap kata kunci LSI yang kita pasang.

Dari segi SEO, penggunaan atribut tebal dan miring jelas membantu. beberapa ahli SEO meneliti, bahwa penulisan tebal mempunyai skor 3 dan penulisan miring memiliki skor 2. Ini membantu Google menemukan apa yang penting dari postingan yang kita buat. selain untuk kata kunci LSI tebal dan miring bisa kita gunakan untuk kata kunci utama yang kita bidik yang kita libatkan dalam isi artikel, misal jika kita mengambil judul "Optimasi seo Onpage" bisa saja kita menebalkan dan memiringkan kata kunci seo onpage yang terdapat dalam tulisan.

selain itu Penggunaan bold dan italic juga akan menghidupkan artikel. bukan hanya dimata mesin pencari seperti halnya Google, bahkan Anda sendiri akan merasakan nuansa yang berbeda ketika menemukan kata yang dicetak tebal atau miring pada suatu postingan. Tanpa sadar Anda berpikir, “Oh, ini penting”. Hal yang sama terjadi pada pengunjung juga yang kebetulan membaca isi artikel yang kita terbitkan.

5. Update artikel berkala dan buatlah artikel berkualitas

Update artikel secara berkala secara tidak langsung memberikan signal kepada mesin pencari bahwa blog yang kita miliki mendapatakan perhatian khsusus dari si pemiliknya, mesin pencari akan lebih menyukai blog yang memiliki waktu penerbitan artikel secara teratur daripada blog atau situs yang kurang memperhatikan waktu penerbitan artikel.

Pertanyaannya apakah memang benar frequensi update postingan berpengaruh pada rangking halaman?

Saya pernah menyimak sebuah video dari Mat Cutt mengenai seberapa pentingkah pengaruh update postingan terhadap blog atau situs, pada vidio tersebut dapat disimpulkan, bahwa yang menjadi penilaian utama google adalah kulitas sebuah konten, tidak masalah apabila kita hanya melakukan Update artikel (posting) dengan jarak beberapa hari bahkan dalam hitungan minggu, artinya mesin pencari terutama google lebih memprioritaskan website atau blog yang menyajikan artikel berkualitas jika dibandingkan dengan frequensi update artikel.

Namun saya pribadi berpendapat update artikel tetap memiliki pengaruh terhadap blog yang kita miliki, karena semakin banyak judul postingan kita terbitkan berarti koleksi kata kunci yang terdapat dalam blog semakin lengkap dan itu dapat memberikan efek positif blog yang kita miliki mudah untuk ditemukan dengan beragam kata kunci.

6. Gunakan kata kunci long tail keyword untuk judul artikel dan letakan kata kunci utama pada awal suku kata judul

Long tail keyword adalah kata kunci panjang yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, untuk judul artikel sebaiknya kita menggunakan long tail keyword, bisa saja kata kunci yang kita bidik terdiri dari 2 suku kata saja, namun untuk judul artikel kata kunci utama tersebut kita jadikan kata kunci panjang atau long tail keyword, caranya adalah dengan menambahkan kata tambahan pada kata kunci utama yang kita bidik.

Misal kata kunci utama yang kita bidik adalah "optimasi seo onpage", untuk membuat judul artikel long tail kita harus ubah kata kunci utama tersebut dengan menambahkan beberapa suku kata di depan atau di belakangnya agar menjadi long tail keyword.

Bisa saja saya menambahkan "optimasi seo onpage pada blog mudah" atau "langkah mudah melakukan optimasi seo onpage", jika kita harus memilih dari dua alternatif judul tersebut yang paling baik adalah judul "optimasi seo onpage pada blog mudah" karena judul ini mengandung kata kunci yang kita bidik yang kita letakan pada awal suku kata judul.

dengan long tail keyword halaman artikel akan lebih mudah ditemukan dengan kata kunci yang beragam, judul memiliki sekor 1, mesin pencari akan memprioritaskan kata kunci yang terdapat dalam judul kemudian mencari kata kunci lainnya pada isi artikel.

7. Perhatikan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage

Faktor yang tidak kalah penting adalah melibatkan optimasi seo onpage dan offpage pada artikel yang kita terbitkan, optimasi seo onpage akan memberikan dampak positif dari dalam blog sedangkan optimasi seo offpage akan memberikan energi pada halaman blog yang kita miliki sehingga artikel yang kita terbitkan memiliki peluang lebih baik dimata mesin pencari.

Demikian yang bisa saya share mengenai Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO: untuk menduduki ranking 1 google, semoga bermanfaat.


87 komentar:

  1. kalau menambahkan gambar dari website lain apakah perlu menambahkan properties ? agar tidak melanggar hak cipta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo agan peduli dengan hak cipta sebaiknya cantumkan darimana gambar agan berasal, itu juga kalo gambarnya memang benar-benar dilindungi hak cipta, oh ya properti biasanya digunakan untuk menyeting title gambar dan alt gambar.

      Delete
    2. tentang gambar hak cipta saya sisipkan di title itu gppa gan ? soalnya kalau di caption. kurang enak dipandang hehe

      Delete
  2. Artiklenya sangat lengkap,,,,, izin bookmark gan blognya
    terimakasih informasinya sangat lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan gan..thanks sudah berkunjung ya

      Delete
  3. Wah lengkap banget ini gan...
    saya mau jalanin tutorial di atas di blog saya ini gan http://albert-sharez.blogspot.com/ mohon doanya biar cepat terindex =)) hehehehe

    ReplyDelete
  4. Mantep banget nih tutor nya gan :)
    Makasih ya

    ReplyDelete
  5. makasih tuk infonya. sangat bermanfaat buat saya karna baru belajar

    ReplyDelete
  6. Mantab kunjungi juga http://gadgedandroid.blogspot.com kumpulan tips dan trick menarik seputar android

    ReplyDelete
  7. informasi yang cukup membaantu...

    ReplyDelete
  8. apa di infokan sudah di aplikasikan pemilik blog ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup berhasil untuk beberapa kata kunci yang ditarget,

      Delete
  9. Jika kmu suka nulis artikel berkualitas tinggi dan bukan hasil copy paste aku sarankan kamu ngajuin lamaran menjadi author ke blog SEOptimasi,setiap artikel yang diterbitkan akan dibayar minimal Rp.3000/artikel kulitas tinggi hingga hinggaRp.7000.- dan mendapatkan bayaran ditiap ahir bulan,sudh saya buktikan sendiri,bukan bohongan,minimal pembayaran Rp.30.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas informasinya mbak

      Delete
    2. Trim infonya mb,gmn caranya,mohon di share y mb pa ke email sya.

      Delete
  10. mantap gan... bermnfaat.. caramendapatkanuanglewatintenet.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Ijin mampir ya gan... :) , sekalian tanya nih, misal kita udah buat satu judul artikel dan itu bertahan no 1 di google selama 2 tahun. krn kita juga bikin artikel" yang baru, so artikel yg tadi jadi gak kliatan di daftar artikel kita. apa perlu kita terbitkan lagi dengan judul yang sama or terbitkan ulang aja ya gan Or... cuma di edit" aja untuk pembaruannya mohon pencerahannya, salam iyuswebee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin yang baru gan yang relevan dengan artikel lama, sekaligus internal link dengan artikel lama...
      jangan terlbitkan ulang gan, biasanya di google index masih ada, ketika artikel tersbut ditemukan otomatis not found, kalo saya biasanya suka modifikasi atau membuat artikel baru yang relevan, biasanya semakin terangkat di serp

      Delete
    2. Nah, bener mas. Tapi saya sering melakukannya begini, contohnya kita membahas tentang komputer. Setelah selesai membahas bagian2 komputer, ya tiap2 komponen komputer tersebut kita angkat sebagai artikel.
      Misalnya lagi nih, tentang RAM, Harddisk, Motherboard, dan lain-lainnya. Intinya, pecahkan satu artikel menjadi artikel "kecil-kecil".

      Delete
    3. Yap betul sekali Mas Alghazali SEO,

      Saya lebih mengenalnya dengan LSI (sinonime, kesetaraan dl),

      adaya lsi memudahkan google memahami artikel yang kita buat. Seperti misalnya artikel tentang apel, jika didalam artikel terdapat harum, merah, manis berarti artikel sedang menjelaskan buah apel.

      namun jika didalam artikel menjelaskan tentang mc os, hardware software layar memory, berarti artikel sedang menjelaskan apple merk komputer.

      selain itu kaya LSI, mampu membuat artikel lebih mudah ditemukan dengan berbagai kata kunci relevan, n long tail keyword

      Delete
  12. Iya, tips ini patut untuk dipertimabangkan dalam hal menulis, jadi untuk mendapatkan kualitas perlu diuraikan secara lengkap, mendetil dan panjang. Trims atas sharingnya mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba dan bereksperiment mas... semoga bermanfaat

      Delete
  13. Ma kasih udah mau berbagi Gan, tulisannya lengkap banget. Tinggal dipelajari step by step, maklum lola. Hehehehe... :-)

    ReplyDelete
  14. thanks infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  15. saya baru tahu ada metode LSI keyword, alhamdulillah ilmu blogger lagi hahahaha

    ReplyDelete
  16. mantap nih tutornya lengkap banget,,terima kasih

    ReplyDelete
  17. Terima kasih buat artikelnya banyak ilmu baru didapatkan.
    http://www.panduansuksesclickbank.com/

    ReplyDelete
  18. thanks info nya,, lgi belajar seo ni

    ReplyDelete
  19. waaah bermanfaat sekali broooooow makasih yah

    ReplyDelete
  20. Apakah artikel berkualitas sama dengan artikel yang memiliki SEO tinggi?

    Saya rasa itu dua hal yang berbeda mas.

    Banyaknya link dalam artikel atau kata kunci yang dipakai tidak menjamin sebuah artikel menjadi berkualitas.

    Berkualitas menurut saya adalah ketika bisa membuat pembaca terpaku dan tidak berhenti membaca (bahkan ketagihan) terlepas dari ada penerapan SEO atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkualitas standar seo bisa jadi artikel berkualitas dimata pembaca dan teroptimasi untuk mesin pencari.

      Betul sekali dua hal yang berbeda tapi bisa kita gabungkan. SEO itu upaya untuk mesin pencari, sedangkan berkualitas lebih pantas di khususkan untuk pembaca.

      Saya sendiri menganggap artikel berkualitas adalah artikel yang enak dibaca dan informatif serta mudah ditemukan mesin pencari.

      Delete
    2. Bener mas admin. Tanpa seo kita gak bisa page one dan tanpa artikel yang bagus seo juga gak manfaat buat pembaca

      Delete
  21. Master imagi ni blog buat ane yang belajar blog tahap demi tahapan. Ane coba mengambil point dari apa yang dibahas dan ane kembangin dalam beberapa literatur dan bahasa ane..kunjungi blog ane http://adsansesukses.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete
  22. Thanks Gan Atas Informasinya www.caranyaseo.com

    ReplyDelete
  23. Nah..ini baru penjelasan komplit..tengkiu gan..

    ReplyDelete
  24. banyak banyak banget berarti ya ? capek dech.. :) makasih mas infonya !!!

    ReplyDelete
  25. baru kali ini saya menemukan blog yang membahas dengan komplit sekali. Tanpa ada yang di tutup- tutupi. Kalau di blog sebelah info seperti ini bisa mereka jual lewat ebook. Tapi disini luar biasa master. ijin bookmark. Dari pulang kerja jam 5 sampe sekarang baca artikel Anda ga capek nih. G trasa uda jam 9 mlm hehe.
    Terima kasih mastah atas pelajaran berharganya.
    Terus terang saya sangat newbie dan unyu2 sekali di bidang SEO. Mohon di bantu yah mastah. Mohon koreksinya dan masukanya di blog saya http://cara-marzuki.blogspot.com
    sekali lagi terima kasih yah mastah hehe. :)

    ReplyDelete
  26. Terima kasih banyak infonya :) (y)

    ReplyDelete
  27. Mantap gan tips artkelnya, sya coba dlu sesuai tips agan diatas..

    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    ReplyDelete
  28. Tips artikelnya sangat bermanfaat buat pemula seperti saya,trims bngt pak ats ilmunya

    ReplyDelete
  29. terima kasih banyak gan. Saya tidak bosan-bosan datang kemari untuk belajar tentang seo. Blog ini sangat bermanfaat, salam kenal dari kami..

    ReplyDelete
  30. Udah berasa kaya baca ebook ane.. makasih ilmunya

    ReplyDelete
  31. Terima kasih atas saran dan ilmunya master.

    ReplyDelete
  32. Saran yang sangat membangun nich,thanks a lot
    btw,kunjungi blog gw http://www.happybehindthesimplicity.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. agak susah sih ya kalau kita menulis artikel tutorial sampai 1000 kata, mandeknya ketika tutorial itu selesai otak tiba2 blank :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. diawal memang seperti itu, kalo sudah terbiasa belum 1000 atau lebih rasanya kurang, silahkan docoba gan

      Delete
  34. optimalisasi seo on page dan off page itu perlu tapi sering dilupakan, harus lebih baik lagi kalau mau jadi no 1 di serp google

    http://aurellyreresaputra.blogspot.com/2015/04/cekiwircom-situs-media-dan-berita.html

    ReplyDelete
  35. thank gan menambah ilmu wat saya.

    ReplyDelete
  36. makasih gan informasinya, ini saya tambahin panduan singkat untuk membuat artikel yang populer http://celuks.blogspot.com/2015/04/8-cara-agar-artikel-populer.html semoga bisa membantu menambahkan informasi bagi rekan-rekan yang membutuhkan

    ReplyDelete
  37. Terimakasih admin, infonya sangat menarik dan mudah dimengerti. saya ingin sekali membuat artikel berkualitas SEO, tetapi kendalanya minimal kata harus 1000 atau 1500. . .

    http://supercopying.blogspot.com/

    ReplyDelete
  38. malam gan... sya mau nanya kalo mau mencari templete seo frienly gratisan dimana ya

    ReplyDelete
  39. bagi saya, semua tutor diatas cukup sulit saya,, karena saya baru terjun ke dunia blog, namun saya usahakan untuk mengikuti tutor diatas,, apalagi yg no.1 menurut saya itu sngt sulit,, biasanya saya hnya 400 kata saja,, karena saya ga bisa berfikir lama :)..
    bang klo ada waktu mampir diblog saya ya http://mhinimize.blogspot.com/

    ReplyDelete
  40. 500 suku kata aja sudah capek gan, apalagi 2000.. Tapi harus dicoba,,

    ReplyDelete
  41. waw... lengkap sekali terimakasih info dan ilmunya masta

    ReplyDelete
  42. hehe ikuti semua cara diatas ribet juga ya
    banyak yang harus diperhatikan
    terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  43. mantap ulasannya gan cukup membantu para nubi seperti saya yang sedang semangat

    ijin blog walking blog cupu

    ReplyDelete
  44. Setelah baca artikel ini ternyata saya sadar banyak ilmu yang belum saya ketahui mengenai blog seo. terima kasih atas ilmunya gan..

    ReplyDelete
  45. Makasih untuk 1500 kata itu belum saya terapkan sampai sekarang jadi masih bingung juga karena saya memaki niche download

    www.haruhiblog.biz
    blackrockshot.blogpsot.com

    ReplyDelete
  46. terimakasih gan.., sekarang saya sedikit paham bagaimana membuat artikel berkualitas seo, karena saya masih pemula.

    ReplyDelete
  47. Terima kasih sudah berbagi gan, saya sangat tertarik dengan hasil survey di atas terkait jumlah word yang diisi pada semua situs yang berhasil meraih peringkat di halaman 1 SERP google.

    Dengan jumlah keyword 2000 an sudah dapat dipastikan jumlah keyword seperti ini sudah termasuk kategori keyword yang cukup banyak, namun di Google keyword tersebut masih di level average, sehingga sipapun yang ingin merangkak naik, segera pedekate sama google, loh loh...hiihiii...segeralah perbaiki cara kita menulis dan cara kita mendeliver sesuatu pada sebuah bisnis

    ReplyDelete
  48. ijin bookmark gan
    sanagt membantu

    ReplyDelete
  49. Blog ini memang memberikan infromasi yang bermanfaat, terus berkarya Pak... sebagai referensi lain saya juga menulis tentang 7 Tips Jitu Menulis Konten yang baik untuk blog. Ditunggu kunjungannya http://gratisko.blogspot.com/2015/08/7-tips-jitu-menulis-konten-yang-baik.html
    Terima kasih admin- Salam kenal

    ReplyDelete
  50. Informasi yg sangat bermanfaat.

    Terkait dengan pembahasan diatas, saya ada info mengenai event kompetisi pembuatan artikel yang diadakan oleh Smabble Indonesia. Barangkali saudara-saudara berminat untuk mengikuti event ini, iseng iseng berhadiah hehe. Saya hanya sharing info. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi http://www.src2015.smabble.com/

    Semoga Bermanfaat :)

    ReplyDelete
  51. Terima kasih gan informasinya....

    Aku sendiri baru belakangan ini menyadari pentingnya SEO untuk blog. Sebelumnya ngeblog ya biasa aja untuk hobi. Tetapi sekarang emang lagi mau ngejar DA > 16 jadi mau gak mau belajar deh....

    Kalau ada waktu silahkan mampir di blog aku gan di

    TalkativeTya - A Blog about Beauty, Health, Diet, and Lifestyle

    ReplyDelete
  52. terima kasih atas penjelasannya

    materi yang anda sampean akan sangat berguna untuk saya blogger pemula

    blog saya : maldinipali619@gmail.com

    ReplyDelete
  53. keren sekali, sangat lengkap serta detail banget menuturannya.
    thanks

    ReplyDelete
  54. Untuk nomor 5, "berarti koleksi kata kunci menjadi lebih lengkap", saya setuju mas didin ajidin. Apalagi jika "koleksi kata kunci" itu ada di halaman homepage. Tapi memang dilema, semakin banyak artikel di homepage, ya memberatkan blog. Maka dari itu, gunakan Footer sebagai widget random posts dan artikel terbaru sesuai dengan label konten.

    ReplyDelete
  55. Terima kasih atas tipsnya, kebetulan saya sedang belajar seo

    ReplyDelete
  56. mantappp! informasinya lengakap dan jelas.
    tapi jujur saya agak kesulitan kalau artikel dengan 1.500 kata atau lebih. bingung mau nulis apa lagi di artikel saya. 200-300 kata aja udah kewalahan.hihi...
    thaks gan informasinya.

    ReplyDelete
  57. puhh sangat bermanfaat gan,, terimakasih banyak

    ReplyDelete
  58. bermanfaat sekali gan. terimakasih,... harus lebih banyak2 belajar lagi nih..

    ReplyDelete
  59. Ada bedanya ga om, kalo kita punya blog tutorial dan blog berita... dari segi optimasinya ??

    ReplyDelete
  60. Terima kasih Mas Didin atas informasinya..
    Pantesan saya sulit banget masuk pajewan, soalnya klo buat artikel hajar-hajar aja.. hahaha..

    Klo gitu kayanya rombak total artikel sy nih di www.maduindrajit.webs.com.. Judulnya aja standar cuma dua kata.. huff..

    Trims sharingnya Mas Didin

    ReplyDelete
  61. terima kasih mas atas informasi yang berguna ini, mau saya coba praktekan langsung, semoga bisa berhasil

    Kalau berkenan mas mampir ke blog saya yah
    - jejeblog.net -

    ReplyDelete
  62. Mas Didin (admin) ,

    saya mau tanya masalah penggunaan gambar ,
    Saya saat ini sedang membangun Blog tentang Topik Home (Blog Indo) yang hampir di setiap Artikelnya menggunakan banyak gambar (lebih dari satu gambar)

    -Pertanyaan pertama :
    Jika gambar-gambar di setiap artikel saya mengambil/Copas dari search Engine apakah aman untuk Akun Google Adsense dan Blog saya nantinya .

    -Pertanyaan ke dua :
    jika saya meng-Copas Gambar dari search Engine tetapi di setiap Gambar saya kasih Sumber di Captionnya apakah tetap ada resiko Akun GA dan Blog saya di Banned

    Terima Kasih sebelumnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tidak aman dan khawatir dilaporkan.

      2. Bisa saja jadi pertimbangan pemilik gambar untuk tidak melaporkan apalagi gambar disertai link ke situsnya, namun tidak menjamin aman. sangat beresioko dilaporkan oleh sipemilik gambar jika gambar memang tidak free.

      Alternatif cari gambar yang gratis.
      Caranya :
      1. masuk http://www.google.com/advanced_search
      2. all these words: masukan keyword gambar
      3. Setting usage rights : free to use or share
      4. Klik Advanced search

      Delete
  63. Terima Kasih Mas Jawabannya sangat lengkap ,

    terus mau tanya lagi Mas Didin (Admin).

    Google itu nge-Banned atau Deindex Blog kita saat setelah ada Pemilik Hak Cipta Gambar melaporkan atau System Algorithma Google sudah otomatis akan nge-Banned Blog Kita Tanpa harus menunggu adanya laporan dari pelanggaran Hak cipta ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya Jika ada laporan, agan akan di SP-1, biasanya ada pemberitahuan via email bahwa ada artikel yang melanggar hak cipta, dan artikel akan menjadi draft, jika masih melakukan hal yang sama, blog akan di delete.

      Delete
  64. Owh kurang lebih seperti itu ya Mas systemnya di Google mengenai pelanggaran Hak cipta .

    terima Kasih Mas Didin atas jawabannya yang singkat tp jelas :)

    Salam Sukses mas (y)

    ReplyDelete
  65. jadi untuk mendapatkan kualitas perlu diuraikan secara lengkap, mendetil dan panjang semoga blog<a hafe="htp://galinggis.blogspot.com/>saya</a> juga akan menerapkan ini

    ReplyDelete
  66. terima kasih atas pencerahanya,blog struktur kode ini paling sering saya temui jika saya mengetikan kata kunci apa saja,luar bisa semoga bisa ikut jejaknya,salam kenal admin

    ReplyDelete
  67. Mas Didin, Saya pernah membaca artikel pada salah satu blog. Blog tersebut mengulas tentang informasi terkini. Saya melihat sang pemilik blog mengambil suatu berita dari media online nasional kemudian dipublikasikan dalam blognya sebagai suatu artikel. Karena pada artikel bagian akhir/bawah pemilik mencantunkam sumbernya. Hal yang ingin saya tanyakan bolehkah hal itu dilakukan. Didalam blognya saya melihat adanya tampilan iklan dari google adsense. Mengapa hal ini bisa terjafi ? Bukankah untuk mendapatkan persetujuan dari google adsense, artikel harus berkualitas dalam arti original bukan hasil copy paste. Saya mohon tanggapannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencantumkan sumbernya untuk meminimalisir laporan dari si pemilik artikel aslinya.

      Boleh saja mas selama tidak 100% copas, jika tidak potensi pelanggaran akan sangat besar, karena bisa saja si pemilik artikel aslinya melaporkan, itu yang bahaya.

      Delete
  68. hemmh... harus rajin-rajin belajar nih. banyak hal yang masih belum saya ketahui di dunia SEO.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!