2 Kategori Faktor SEO Paling penting tahun 2016
Dari waktu ke waktu teknik seo selalu berubah-ubah sesuai dengan berkembangnya teknologi mesin pencari, seiring dengan perkembangan jaman teknologi mesin pencari akan terus berubah menjadi lebih baik dan terkadang menghadirkan teknolgi terbaru, tujuannya adalah untuk menemukan secara cepat tepat dan relevan setiap artikel yang dibutuhkan oleh pengguna internet ketika pengguna melakukan pencarian melalui mesin pencari goole. sehingga bisa saja beberapa teknik seo tahun 2014 tidak sama dan tidak akan cocok diguakan di tahun 2015 begitu juga dengan tahun 2016 karena seo akan terus berubah sesuai dengan berubahnya teknolgi mesin pencari.
Untuk para blogger yang sangat peduli akan manfaat seo, harus selalu berupaya untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan mesin pencari, sehingga dengan mengetahui perkembangan mesin pencari, anda sebagai praktisi seo akan selalu menggunakan teknik seo pada blog anda dengan cara yang tepat dan tidak kadaluarsa sehingga artikel blog yang anda buat tetap populer tidak kekang dimakan zaman.
Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan seo adalah dengan sering membaca blog-blog yang memang khusus membahas tentang seo, ada banyak referensi yang bisa anda baca baik di dalam negeri maupun di luar negeri, agar anda tidak kerepotan anda bisa menjadi subcriber pada blog-blog tersebut sehingga setiap kali ada artikel terbaru yang diterbitkan di blog tersebut anda akan mendapatkan informasinya secara cepat melalui email anda.
Kabar terbaru dari google tentang Faktor seo yang paling penting 2016
Akhir-akhir ini saya juga kebetulan mendapatkan kabar terbaru tentang seo melalui email yang saya terima dari salah satu pemilik blog populer yang banyak membahas tentang seo yang kebetulan saya ikuti, pemilik blog tersebut melalui email memberitahukan bahwa google mengumunkan tetang faktor seo terpenting di tahun 2016, kita sudah mengetahui sebelumnya bahwa mesin pencari sekelas google memberlakukan 200+ google rangking faktor untuk menentukan pantas tidaknya artikel blog mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian google,Kabar tentang seo yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) menyatakan bahwa di tahun 2016 dari 200+ google ranking faktor ada 2 kategori yang paling dominan dalam menentukan peringkat situs di hasil pencarian.
Pernyataan #1 - Link dan Konten merupakan faktor ke #1 dan ke #2 yang paling menentukan peringkat situs di hasil pencarian
Ternyata link atau keberadaan backlink yang dimiliki oleh sebuah situs merupakan faktor yang paling penting yang dapat menentukan posisi artikel di hasil perbaikan, oleh karena itu kita harus selalu mengupayakan untuk membangun backlink untuk blog anda.Pengaruh link terhadap posisi artikel di hasil pencarian sangat dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut:
a. Jumlah backlink
Semakin banyak jumlah backlink maka itu akan semakin baik.
b. Anchor text atau text jangkar yang digunakan untuk backlink tersebut
Gunakan text jangkar senatural mungkin, artinya tidak serta merta membuat anchor text selalu menggunakan kata kunci yang di target tapi gunakan anchor text beragam yang bisa meningkatkan kenaturalan link tersebut.
c. Otoritas situs Sumber backlink
Otoritas artinya kepercayaan situs di mata mesin pencari, situs yang memiliki reputasi baik bukan situs yang dianggap sebagai situs spam atau situs yang kurang berkualitas, jika sumber backlink bersumber dari situs yang memiliki otoritas yang baik maka dapat dipastikan backlink yang didapat adalah backlink berkualitas yang benar-benar akan memiliki pengaruh luar biasa untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian.
Pernyataan #2 - Google Resmi Memasukan User CTR dan user Experince (UX faktor) di algoritma mesin pencari
Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa saat ini google sudah memasukan google ranking faktor baru menjadi bagian dari 200+ google ranking faktor yang paling dominan dapat menentukan pantas tidaknya artikel postingan muncul di posisi terbaik mesin pencari, dua faktor tersebut adalah User CTR dan User Experince (UX).Apa itu User CTR?
User CTR adalah User (Click Trought Rate), yaitu nilai persentase seberapa banyak penguna internet melakukan klik pada judul artikel blog anda ketika mereka menemukan artikel blog anda di hasil pencarian. semakin besar persentase nilai ctr judul artikel blog anda maka itu artinya judul artikel yang anda sajikan itu sangat baik.
Untuk melihat nilai CTR artikel blog anda, anda bisa lihat di google search console atau google webmaster tool untuk blog anda, silahkan menuju menu lalulintas penelusuran > Telusuri Analitic, terlihat seperti gambar dibawah ini:
Silahkan anda lihat data queri penelusuran untuk blog anda, anda akan melihat informasi kata kunci yang digunakan oleh pengguna blog anda untuk menemukan artikel blog anda, ada banyak sekali artikel blog anda anda akan melihat jumlah klik, jumlah tayang dan persentase RKT artikel blog anda yang ditemukan jika persentase RKT itu nilainya tinggi itu lebih baik.
Tahukah anda ketika artikel blog anda dianggap pantas untuk muncul di posisi pertama mesin pencari dilihat dari optimasi seo onpage yang anda libatkan dan kualitas artikel yang buat, maka google akan memberlakukan A/B test pada artikel blog anda di hasil pencarian mesin pencari.
Ketika mesin pencari menjalankan tes pada artikel blog anda, maka di satu saat artikel anda akan mampu muncul di halaman pertama google mungkin di posisi pertama atau kedua, ketika artikel muncul di posisi dan pengguna tidak melakukan klik pada judul artikel blog anda, maka judul tersebut bisa dianggap kurang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna internet, jika artikel anda mendapatkan klik oleh pengguna dan masuk ke halaman artikel anda, namun kurang dari 2 menit mereka langsung keluar dari halaman blog anda, itu bisa memberikan sinyal pada google bahwa artikel yang anda sajikan kurang berkualitas, itu artinya sudah cukup memberitahukan kepada mesin pencari google bahwa artikel anda kurang berkualitas dan kurang informatif, lambat laun artikel anda akan tenggelam di hasil pencarian dan akan sulit ditemukan di posisi terbaik
Kesimpulan yang bisa kita peroleh adalah, nilai CTR akan sangat berperan sekali jika di kolaborasikan dengan penyajian artikel yang berkualitas, manakala judul artikel blog yang anda sajikan sering mendapatkan klik dari pengunjung dan artikel yang anda sajikan informatif dan benar-benar berkualitas itu sudah cukup memberikan informasi pada google bahwa artikel anda adalah artikel berkualitas dan pantas untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian google.
#Apa yang harus anda lakukan?
Tentu saja yang harus anda lakukan adalah membuat judul artikel se unik dan semenarik mungkin sehingga mampu mendapatan perhatian pengunjung dan membuat mereka penasaran untuk mengunjungi blog anda, tapi bukan hanya itu anda juga harus mampu menyajikan isi artikel yang benar-benar relevan dan berkualitas untuk judul yang dimaksud sehingga para pengunjung blog anda merasa puas dengan artikel yang anda sajikan.
Lantas apa itu User Experience (UX)?
UX ini jauh-jauh hari sudah di perkirakan bahwa faktor pengalaman pengguna ini akan menjadi google ranking faktor dan memang terbukti saat ini UX sudah menjadi bagian dari google ranking faktor yang harus kita perhatikan.
Artinya apa, google benar-benar ingin memberikan hasil pencarian relevan dan informatif kepada para pengguna internet, beberapa tahun yang lalu mungkin anda banyak sekali menemukan yang mampu muncul di hasil pencarian adalah blog yang abal-abal saja bahkan blog ilegal AGC (auto generate konten mampu bersaing di posisi terbaik), namun seiring waktu google akan mampu menampilkan artikel blog yang memang benar-benar sangat relevan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh peengguna sebagai pencari informasi.
Google memberlakukan User experince untuk memberikan signal bahwa artikel yang dimaksud adalah artikel yang memang memberikan ifnroamsi yang sangat berguna dan informatif, sehingga pengunjung merasa puas.
Jika pengunjung betah berlama-lama pada artikel yang mereka kunjungi maka itu cukup memberikan informasi kepada google bahwa artikel tersebut memang benar-benar berkualitas, jika pengunjung melakukan borkmark terhadap artikel yang dimaksud maka cukup untuk google bahwa artikel tersebut berkualitas dan bisa mendapatkan perhatian pengunjung. jika banyak pengguna yang mengunjungi blog anda secara langsung dengan cara mengetikan alamat homepage blog anda di browser yang mereka gunakan maka itu artinya bahwa blog anda didominasi dengan artikel yang memang bermanfaat dan banyak sekali faktor-faktor pengalaman pengguna yang mungkin google gunakan sebagai faktor penentu pantas tidaknya blog anda di prioritaskan di hasil pencarian google (SERP).
Demikian informasi tentang 2 Kategori Faktor Seo Paling penting tahun 2016, semoga bermanfaat.
Mas Didin, saya ingin sedikit share. Mungkin mas bisa bantu.
ReplyDeleteSaya punya url berikut :
tukapa.blogspot.com
url tersebut sudah tampil di hasil pencarian google untuk mesin pencari versi indo berikut :
https://www.google.co.id/webhp?gws_rd=cr,ssl&q=tukapa.blogspot.com
Namun tidak untuk mesin pencari google yang berikut :
https://cse.google.com/cse?cx=partner-pub-2698861478625135:7463904445&ie=UTF-8&q=tukapa.blogspot.com
Kalau mungkin mas pernah punya publikasi membahas hal seperti ini. Bisa di link. Kalau tidak menjadi pelajaran kita bersama. Terima Kasih
Akhirnya dapat pencerahan dan info terbaru terkait SEO,, tapi bagaimana dengan blog yang kurang atau tidak ada backlink tapi bisa tampil di halaman pertama Google ?
ReplyDeletewww.atobasahona.com
Ternyata nggak cukup pada tampil di halaman 1 Google ya, Mas. Semula saya kira, kalau sudah masuk halaman 1 Google berarti udah top markotop. Rupanya harus sampai diklik oleh pencari dan si pengklik itu mesti cukup lama di halaman tersebut. Kalau begitu, konten masih tetap jadi raja ya, Mas?
ReplyDeleteIni informasi yang sngt bermanfaat bagi saya yang asli bener2 baru di blogger.. walau kenal blogger krg lbh 15th lalu tapi dulu blogger masih bhsa inggris dan pilihan indonesia tidak ada jadi saya cuma buat judul dan akun tapi gk otak atik lagi karena gak bisa bahasa inggris (sampai sekarang) untung blogger sekarang bhsa indonesia.. makasih
ReplyDeleteWah algorithma SE Google sekarang ini mengadopsi perilaku manusia ya! ternyata bukan hanya nangkring di page one aja, tapi kita harus memberikan informasi yang relevan dengan judul di konten blog kita. Apalagi blog panduan yang berisi tutorial harus benar-benar dipraktekkan biar pengunjung gak kecewa. Untungnya saya lakukan ini sejak awal bangun blog. Thank's infonya min...!
ReplyDelete