Anda mencari informasi mengenai penghasilan blogger pemula, bisa jadi anda adalah seorang pemula yang baru terjun di dunia blog, atau anda adalah blogger lama namun baru tau bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Untuk meyakinkan anda Saya katakan benar sekali memang saat ini blog adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang secara online dari internet, bahkan penghasilan dari blog bisa mengalahkan penghasilan dari dunia kerja nyata secara offline.

Bahkan saat ini ada banyak sekali blogger yang rela menjadi full time blogger padahal awalnya adalah pekerja kantoran yang sudah mendapatkan zona nyaman, mereka rela menjadi seorang blogger karena ternyata terbukti penghasilan dari blog itu sangat menggiurkan.

penghasilan blogger pemula


Tapi harus selalu diingat untuk menghasilkan sejumlah uang dari blog bukanlah perkara gampang, perlu waktu, kerja keras, kerja cerdas dan pantang menyerah tidak mudah putus asa.

Jika anda seorang pemula di dunia blog, dan memiliki mental seperti itu, maka anda akan mampu menemukan triknya, sehingga pada akhirnya anda akan mampu mendapatkan uang dari blog yang anda kelola sesuai dengan yang anda inginkan.

Berapakah penghasilan blogger pemula ?

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog tidak mudah, ada beberapa tahap yang harus ditempuh, yang pertama adalah memiliki blog yang sudah memiliki jumlah pengunjung yang banyak, blog sudah dimonetisasi dengan media periklanan seperti google adsense, iklan mandiri, adnow atau media periklanan lainnya.

Jika itu semua sudah ada dalam blog anda maka peluang anda mendapatkan uang dari blog akan semakin baik.

Lantas Jika saya pemula berapakah penghasilan yang bisa saya dapatkan ?

Sekali lagi penghasilan dari blog terutama untuk blog pemula akan sangat tergantung sekali dari pengunjung blog anda.

Jadi penghasilan blogger pemula bisa saja Rp. 0 rupiah perbulan jika blognya belum dimonetiasai atau blognya belum memiliki pengunjung sama sekali atau pengunjungnya sedikit.

Atau bisa saja blogger pemula mendapatkan gaji lebih dari Rp 1.000.000 perbulan dan sudah bisa gajian tiap bulan, jika si pemilik tau mengelola blog dan blognya sudah mendapatkan banyak pengunjung dalam jumlah yang banyak.

Dulu saya pun baru merasakan gajian perbulan dari blog setelah lebih dari 6 bulan mengelola blog, dengan penghasilan di bawah 400$ luayan lah (silahkan baca: pengalaman saya gajian pertama dari google adsense).

Kuncinya terus belajar cara mengelola blog, pahami tentang SEO (serach enggine optimization), baik seo onpage maupun seo offpage, pahami riset kata kunci, belajar terus bagaimana meningkatkan pengunjung blog.

Dan ternyata benar ketika blog sudah mencapai ribuan pengunjung perhari, serta blog sudah didaftarkan google adsense, penghasilan pun bisa saya dapatkan setiap bulannya walaupun tidak besar tapi sudah dapat gajian tiap bulan dari blog itu sudah bersyukur.

Tips untuk Blogger pemula agar bisa menghasilkan uang dari blog

Mengelola blog sampai menghasilkan uang yang saya rasakan ternyata tidaklah mudah, bahkan mungkin saja bisa membuat putus asa jika kemauan dan tekadnya kurang kuat, menurut saya yang paling sulit adalah nenemukan cara agar blog bisa mendapatkan banyak pengunjung dan bisa terus konsisten mengelola blog.

Untuk anda blogger pemula dan kebetulan belum menghasilkan uang maka kuncinya adalah :

1. Jangan sekali-kali memiliki orientasi blog hanya untuk menghasilkan uang

Yang pertama yang harus anda catat jika anda seorang blogger pemula adalah jangan punya orientasi blog untuk menghasilkan uang.

Coba luruskan orientasi anda tentang blog, untuk pemula sebaiknya orientasi blog hanya untuk belajar mengembangkan dan mengelola blog.

Karena berdasarkan pengalaman setelah bisa membuktikan mendapatkan uang dari blog,  ketika saya mengenalkan blog kepada beberapa teman saya mereka hanya bertahan tidak lebih dari 2 bulan, akhirnya blognya ditinggalkan dan terbengkalai tidak diteruskan, alasannya ternyata, lama ternyata blognya belum juga menghasilkan uang, hal yang sama bisa saja terjadi pada anda, jika anda mengenal blog di permulaan hanya untuk menghasilkan uang.

2. Terus belajar cara mengelola blog

Kunci blogger pemula agar sukses dalam dunia blogging dan blognya bisa menghasilan uang dikemudian hari adalah terus belajar, apa yang harus dipelajari diantaranya:

a. SEO
Jangan lupa selalu belajar tentang seo baik seo onpage maupun offpage, seo adalah upaya agar blog lebih mudah ditemukan mesin pencari.

b. Belajar cara membuat artikel yang baik
Untuk blogger pemula, yang paling sulit adalah membuat artikel, saya juga mengalaminya, namun dengan terus belajar pada akhirnya membuat artikel bukanlagi suatu masalah.

Tugas anda adalah harus mampu membuat artikel yang melibatkan unsur-unsur seo onpage, sehingga artikel lebih mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari.

c. Riset kata kunci
Banyak blogger pemula yang sulit mendapatkan pengunjung, dan ternyata penyebab utamanya adalah kata kunci judul yang mereka buat sangat tidak dipertimbagkan, ngasal dan tanpa target.

Blogger pemula sebaiknya memahami cara melakukan riset kata kunci agar setiap judul artikel yang dibuat merupakan judul tertarget dapat mudah ditemukan oleh pengunjung yang tepat di hasil pencarian google.

d. Selalu belajar dan mencoba cara mendapatkan banyak pengunjung.
Pengunjung bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, bisa bersumber dari mesin pencari seperti google, bing dll, atau bisa juga dari media sosial seperti google +, facebook, twitter dll.

Selalu lakukan ujicoba dan terus mencoba segala hal yang bertujuan untuk meningkatkan pengunjung blog, karena pengunjung blog merupakan salah satu aset berharga agar blog bisa menghasilkan uang.


 3. Selalu bermain Jujur.
Ini yang paling penting, selalu bermain jujur dalam mengelola blog, jangan hanya karena ingin blognya lebih cepat menghasilkan uang, anda melakukan tindakan-tindakan yang tidak jujur seperti mencuri artikel blog orang lain dan lain sebagainya.

Ketidakjujuran akan berujung malasnya anda mengelola blog dan mental anda akan rapuh dalam mengelola blog.  bukan hanya sekedar halal dan haram, berkah dan tidak berkah.

4. Tekun dan pantang menyerah.
Bisa jadi berlian tinggal satu cangkulan lagi namun anda sudah menyerah, artinya mungkin saja blog anda sebentar lagi bisa menghasilkan tapi karena anda putus asa harapan tersebut akhirnya musnah.

Di dunia blog anda kaan banyak menemukan likaliku, kendala kesulitan dan hal-hal negatif lainnya, tapi anda harus terus tekun belajar dan jangan pernah putus asa. yakin dengan terus berusaha pada akhirnya blog akan menghasilkan uang dan anda akan bisa gajian tiap bulan dari blog anda.

5. Konsisten
Ini yang sulit, karena saya pun sampai saat ini tidak konsisten mengelola blog, bahkan bikin artikel pun terkadang bisa 1 bulan sekali wkwkwkw... untung masih bisa gajian tiap bulan.. malas masalahnya.... harus selalu dihindari.

Benar.. Blogger berpengalaman yang malas pada akhirnya bisa dikalahkan dengan blogger pemula yang tekun dan punya konsistensi mengelola blog yang baik.

Tekun lah...

Kesimpulan

Saya menguraikan hal-hal di atas karena saya seorang blogger yang kurang lebih sudah 3 tahun menggeluti dunia perbloggingan, sampai saat ini saya tetap seorang blogger dan sudah dapat membuktikan bahwa blog bisa membiyai hidup saya istri dan 2 orang anak tanpa kekurangan.

Walaupun penghasilan tidak sebesar blogger-blogger mastah. kesimpulannya blog ternyata bisa dijadikan alternatif untuk menghasilkan uang tanpa harus bekerja di perusahaan atau orang lain, tanpa harus memiliki pangkat yang tinggi.

Namun harus diingat untuk anda blogger pemula, penghasilan anda di awal mungkin saja 0 rupiah, beberapa ratus ribu satu bulan atau bahkan bisa jutaan setiap bulan, penentunya adalah blog anda dan kesungguhan anda dalam mengelola blog.

4 komentar:

  1. Yang paling berat yang terakhir, konsisten. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan...ane juga lagi kena malaaaaas sulit ngatur waktu

      Delete
  2. masih berusaha untuk konsisten. Tapi biasanya lebih ke curhat aja si blognya jadi gak terlalu ngoyo jadi blogger mastah. hehehe

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!