Awalnya saya bermaksud ingin menambahkan salah satu alamat url blogspot baru saya di akun adsense yang sudah saya miliki sebelumnya, eh ternyata pada saat url blog dimasukan muncul tulisan peringatan yang berbunyi "URL tidak dapat ditambahkan sebagai situs"  jika diterjemahkan dalam bahasa inggris "URL can't be added as a site".

Sempat bingung, karena tidak ada petunjuk apapun cara mengatasinya, bahkan alasannya pun tidak dapat dipahami sama sekali, dalam kebingungan akhirnya saya mencoba mencari informasi kenapa bisa seperti itu, padahal terakhir di tahun 2018 menambahkan alamat url blog di akun adsense itu sangat mudah dan  lancar-lancar saja, langsung masuk dan tidak pernah muncul pesan peringatan seperti itu, tapi kok sekarang jauh berbeda yah....

Setelah membaca beberapa referensi dari artikel blog indonesia maupun forum google, saya mendapatkan sedikit pencerahan,  setelah sedikit dicoba-coba, permasalahan tersebut pada akhirnya berhasil diatasi, url blog akhirnya bisa masuk ditambahkan di akun adsensenya.

Jika aturannya tidak berubah, permasalahan tersebut pasti akan anda alami, terutama untuk anda yang sudah memiliki akun adsense sebelumnya, lantas ingin menambahkan alamat blog yang ingin menampilkan iklan dari akun adsense tersebut, maka anda tidak akan langsung berhasil menambahkan alamat URL blog anda pada akun adsense anda, akan munculnya pesan "ULR tidak bisa ditambahkan sebagai situs atau URL can't added as a site.

Untuk membantu anda yang sama-sama mengalami permasalahan serupa, di artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaiamana cara menambahkan url situs blogspot yang ingin menampilkan iklan di  di akun adsense  anda.

Kenapa Tidak bisa menambahkan URL blogspot di akun adsense?

Itu bukan sebuah Error atau kesalahan, namun google saat ini sepertinya memiliki cara lain yang sedikit berbeda dengan sebelumnya, untuk memperketat kebijakan mereka. Anda sebenarnya tetap bisa menambahkan alamat url blogspot anda di akun adsense anda, namun caranya sedikit berbeda.

Untuk menambahkan URL Situs blogspot anda di akun google adsense anda, sekarang tidak bisa dilakukan secara langsung di akun adsense anda melalui menu situs > tambahkan situs, tapi harus menggunakan cara-cara baru yang sepertinya masih banyak para blogger yang belum mengetahuinya.

Jika anda tetap menambahkan url anda melalui menu tersebut dipastikan URL blogspot anda akan ditolak dengan munculnya pesan notifikasi URL can't be added as a site (URL tidak dapat ditambahkan sebagai situs).


Bagaimana Cara Menambahkan URL Blogspot baru di Akun adsense?

Saat ini untuk menambahkan URL blogspot baru di akun google adsense anda, langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan anda sudah memiliki akun adsense yang sudah aktif.

2. Masuk ke akun blogspot anda yang URL nya ingin anda tambahkan ke akun adsense.

3. Pada halaman akun blogspot anda, pilih menu penghasilan/Earning di bilah menu sisi kiri



4. Jika menu Earnings/penghasilan tidak ada, maka anda harus merubah bahasa blogspot anda terlebih dahulu.

Caranya, masuk ke menu settings/pengaturan bergambar roda gigi di bagian bawah, pilih menu Language anda formatting / bahasa dan pemormatan, kemudian di sebelah kanan pada bagian bahasa/language pilih English (United Kingdom), lalu simpan, kemudian lakukan refresh pada browser anda. jika seting benar maka menu penghasilan atau Earnings akan muncul seperti gambar di atas.

5. Pilih menu Earnings/Penghasilan.
 
A. Jika blog anda sudah layak namun belum pernah anda daftarkan ke akun adsense, tampilannya seperti gambar di bawah ini, silahkan klik pada tombol Sign up for adsense
6. Selanjutnya akan muncul dialog yang meminta anda untuk memilih email, silakan masuk atau pilih Email yang sesuai dengan Akun adsense anda (email yang anda gunakan untuk login ke akun adsense yang sudah anda miliki).

7. Sekarang di halaman akun adsense anda, pilih menu situs>tambahkan situs, anda akan melihat url blog baru anda ditambahkan pada daftar dengan keterangan Sedang disiapkan... seperti terlihat pada gambar di bawah ini:.


8. Anda harus menunggu hingga review oleh pihak adsense selesai, biasanya hingga 1 minggu apalagi sekarang sedang masa covid 19 bisa saja sedikit lama.

Jika berhasil, maka situs atau blogspot yang anda tambahkan akan menampilkan iklan dan akan mulai menghasilkan, jika tidak anda akan menerima email alasan penolakan yang harus anda perbaiki.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk URL blog yang sudah pernah didaftarkan akun adsense sebelumnya.
Jika blog anda yang urlnya ingin anda tambahkan di akun adsense anda sudah pernah didaftarkan sebelumnya, maka untuk menambahkan url blog di akun adsense anda langknya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman akun blogspot anda yang URLnya ingin anda tambahkan di akun adsense yang sudah anda miliki sebelumnya.

2. pilih menu Earnings/penghasilan, maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti ini:

3. Pilih link dengan tulisan Tukar Akun Adsense

4. Selanjutnya akan muncul halaman  memilih akun google, silahkan masuk/pilih akun google yang anda gunakan untuk login ke akun adsense anda.

Setelah berhasil masuk maka akan muncul tampilan di bawah ini:

 5. Tekan Tombol Accept association.
URL blog anda pun akan ditambahkan di daftar situs di akun adsense anda dengan status sedang direview.

Tunggu hingga review oleh pihak google selesai, jika berhasil situs anda akan bisa menampilkan adsense.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!