Tips cara membuat postingan blog tidak bisa dikopi paste - Apa jadinya ketika artikel original kita yang sudah susah payah kita buat dengan peras otak banting jari tiba-tiba ketauan sudah dikopi paste oleh blogger pengambil kontent yang tidak bertanggung jawab, mekipun untuk yang mengambil konten sudah diberikan peringatan namun tidak sedikit dari mereka tidak mengindahkan peringatan yang sudah kita buat, pada akhirnya, kita dengan terpaksa harus merelakan artikel berkualitas kita muncul di blog lainnya, apalagi artikel kita sepenuhnya langsung dikopi paste tanpa ada modifikasi judul dan isi artikel, sempat terjadi untuk artikel saya, saya menemukan hampir semua artikel di kopi paste dan dipindahkan semuanya dengan judul yang sama dan sepertinya tanpa adanya modifikasi sedikitpun.

Meskipun tak sedikit yang tidak mempermasalahkan tindakan Copy paste, namun yang namanya mengambil hasil karya tanpa ada izin dari sang empunya tetap saja dianggap sebagai tindakan ilegal.
sebetulnya saya sendiri tidak mempermasalahkan tindakan copy paste terutama yang lakukan di blog ini, asalkan anda menyertakan link dofollow aktif artikel yang di copas sebagai sumbernya, dan yang harus diingat anda harus memodifikasi judul artikel agar tidak terlalu sama, karena dengan cara seperti itu kita bisa saling menghargai hasil banting jari sesama blogger.

Cara memprotek postingan blog tidak bisa di copy paste

Jika anda kebetulan mengalami hal yang sama seperti apa yang pernah saya alami. berikut tips yang bisa digunakan untuk menghindari pengambilan konten dengan cara memprotek postingan blog agar tidak bisa dikopi paste secara langsung, ada dua cara yang bisa kita gunakan, cara pertama adalah dengan menggunakan kode CSS (Cascade Style Sheet), cara kedua adalah dengan menggunakan javascript, berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Script CSS 

Salah satu cara yang bisa kita gunakan agar artikel postingan tidak bisa dikopi paste adalah dengan menggunakan script CSS, css sebenarnya digunakan untuk mengatur tata letak halaman situs sekaligus mengelola design atau mendekorasi halaman situs, namun CSS bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan tidak bisa di kopi paste secara langsung, berikut langkah-langkahnya:

 a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.

 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"

c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "]]></b:skin>", tanpa tanda kutip, kemudian kopi kode CSS berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}

Jika anda menerapkan kode diatas, maka seluruh tampilan blog menjadi tidak dapat di seleksi dan tidak dapat dikopi paste itu karena kode diatas kita pasang di TAG body, yang menyebabkan seluruh tampilan halaman tidak dapat diseleksi, tentu saja untuk kasus-kasus tertentu cara diatas kurang efektif, jika anda bermaksud untuk menonaktifkan (unselectable) hanya sebagian area saja maka anda harus pasang kode diatas untuk TAG tertentu yang anda ingin dinonaktifkan.

Namun untuk menerapkannya anda harus mengetahui tag-tag blog anda, untuk mengetahuinya anda bisa menggunakan fasilitas inspeksi element pada browser anda.

 Misalkan, anda ingin menonaktifkan hanya bagian postingan saja menjadi tidak dapat diseleksi, namun jika terdapat Quote didalam postingan harus bisa diseleksi, langkah-langkahnya adalah:

1. Silahkan cari nama TAG HTML untuk struktur postingan anda baik itu ID maupun classnya, misal nama tag id untuk postingan anda adalah <div id='post' ..... sedangkan nama tag id untuk quote postingan anda adalah <div class='my-quote', maka untuk menonaktifkan postingan kecuali quote harus tetap aktif adalah sebagai berikut:

-Agar postingan anda tidak dapat dikopi paste, maka pasang kode diatas untuk tag HTML postingan anda melalui ID tag (id='post'), lihat ilustrasi diatas, kode yang harus anda pasang adalah sebagai berikut:
#post{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}
Jika anda hanya memasang kode diatas, maka seluruh area yang ada didalam postingan menjadi tidak bisa dikopi paste, oleh karena itu jika anda menginginkan beberapa bagian didalam area postingan, misalnya quote ingin tetap bisa di seleksi dan di kopi paste, maka anda tambahkan lagi kode dibawah ini:

-Agar Quote yang ada didalam postingan aktif, maka anda harus memasang kode tersebut di TAG HTML untuk Quote, dalam hal ini kita pasang di attribut kelasnya, kode yang harus anda pasang selanjutnya adalah:

#post .my-quote{display:block;
-khtml-user-select:text;
-webkit-user-select:text;
-moz-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-o-user-select:text;
user-select:text;
unselectable:off;}
oh ya, kode diatas tentu saja disarankan diletakan sebelu kode </head> dan bungkus kode diatas diantara kode
<style type='text/css'>
---------letakan kode-kode diatas diarea ini--------
</style>

2. Menggunakan Kode JavaScript

Javascript digunakan sebenarnya untuk membuat halaman situs lebih interaktif, memberikan sentuhan animasi dan lainnya, selain itu javascript bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan blog tidak dapat dikopi paste, atau artikel postingan kita tetap dapat dikopi paste namun ketika dikopi secara otomatis, link sumber akan disertakan, berikut langkah-langkahnya:

 a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.

 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"

c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "</head>", tanpa tanda kutip, kemudian gunakan kode javascript berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

 <script type="text/javascript"> function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
    target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
    target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
    target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
</script>

Sekarang anda sudah mengetahui cara menghindari kopi paste dengan kedua cara diatas, lantas mana yang lebih baik, menurut saya pribadi yang lebih baik adalah yang menggunakan kode CSS, kelemahan menggunakan kode Javascript adalah bisa diakali dengan mendisable javascript pada browser, kopi paste akan tetap berjalan, kedua-duanya perlu dicoba, jika perlu gunakan kedua script diatas.
 
Demikian apa yang bisa saya share tentang  Cara agar artikel blog tidak bisa dikopi paste, semoga bermanfaat.

71 komentar:

  1. admin boleh gak saya belajar seo dari anda supaya saya menjadi seorang newbie yang handal dan propesional seperti anda... mohon balasannnya kalo boleh minta no hp atau pin bbmnya...

    ReplyDelete
  2. sya gk pake keduanya gan....cuma pngalamn ada salah satu artikel sya dicopy paste trus 7 hari stlah itu blog orang yng copy paste artikel sya tiba hilang dari index

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ane sendiri bingung dengan banyaknya yang kopas blog ini, jadi pada akhirnya ane tutup sendiri biar tidak bisa dikopi paste, minimal ya biar ada dikit usaha dari cang copaser ketika ingin kopi paste, akhirnya ane laporen tuh blog nya ke google, gak tau tuh gimana nasibnya...

      Delete
  3. Keren sob artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih. Akan saya coba langsung di blog saya http://vitaminrambutalami.wordpress.com/

    ReplyDelete
  4. Maaf mas, saya mau tanya. Kemaren saya coba-coba pakai ginian juga. Tapi lupa dimana sumbernya. Dan waktu itu saya ga nge-cek ulang, ternyata sampai kolom search ga bisa di ketik, bagian komentar juga ga bisa di blok & di copy.

    Nah, kebetulan saya nemuin artikel mas, saya coba ternyata bagian komentar bisa di blok dan di copy.

    Sekarang, gimana cara ngebalikin pada keadaan normal? dan saya mau masang script yang ini aja.

    Terimakasih mas :)
    blog saya : hellomybra.blogspot.com kalo mau, follow saya kembali ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Di template mas sepertinya mas masang di bawah Head

      "SCRIPT type='text/javascript'
      if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
      document.onselectstart=new Function ("return false");
      }
      else{
      document.onmousedown=new Function ("return false");
      document.onmouseup=new Function ("return true");
      }
      /SCRIPT"

      Hapus saja script diatas

      Delete
    2. Mas bisa menggunakan kode css diatas, tapi mas harus setting untuk tag-tertentu agar hanya text yang tidak diizinkan saja yang tidak bisa diseleksi, meskipun bsebenarnya bisa di enable

      Delete
  5. Ok sudah berhasil, Trims bos ??
    http://livetv4watch.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. kok gak bisa ya di blog saya gan, apa ada yang kurang ya kodenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pake kode css atau Javascript, jika pake javascript coba agan simpan sebelum kode kurug siku /head

      Delete
  7. thanks gan buat infonya http://toko-greenworld.com/

    ReplyDelete
  8. Mas, ini berlaku juga buat gambar supaya tidak bisa di kopi paste?

    ReplyDelete
  9. iya gan... working di blog ane makasih sebelumnya :D visit back ya gan klo sempet di http://delanotes.blogspot.com/ :D

    ReplyDelete
  10. waah mantep gan..... ini yg di carii

    jika ada waktu mampir gan http://www.android010.tk

    ReplyDelete
  11. gan mohon pencerahan ,,,
    ane udah ngelakuin postigan ini gan ,,,, tpi semua jadi ngak bisa dicopy ,,,,
    padahal sebagian teks mau saya perbolehkan copy kayak blog agan ,,,
    mohon pencerahan gimana caranya agar sebagian teks bisa di copy gan ..

    semple : body{display:block;
    -khtml-user-select:none;
    -webkit-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -o-user-select:none;
    user-select:none;
    unselectable:on;}


    ini kok bisa dicopy gan ,, gmana caranya .. matursuwun pencrahanya
    blognya bgus gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung templatenya blog agan, , oh ya jangan dipasang di body seperti script diatas, jadi semuanya tidak di bisa di kopas, coba agan tambahkan di template agan di lokasi tag HTML khusus untuk conten postingan agan, apa blognya gan?

      Delete
  12. gan ...
    kasus saya seperti mas Anas Fuad diatas.
    saya sudah terapkan, tapi saya pengen agar teks yang diberi QUOTE tetap bisa dicopy
    oh ya gan.. komentar-komentar di blog saya juga jadinya tidak bisa dicopy.
    mohon pencerahan.. salam sukses. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan harus pasang kode diatas untuk tag-tag tertentu saja,
      agar Quote bisa di copy agan pasang untuk tag quote agan dan ganti none jadi text, misal tag quote agan memiliki nama ID my-quote, maka pasang kode berikut:

      #my-quote{display:block;
      -khtml-user-select:text;
      -webkit-user-select:text;
      -moz-user-select:text;
      -ms-user-select:text;
      -o-user-select:text;
      user-select:text;
      unselectable:off;}

      Delete
    2. nah itu penerapannya dibagian mana?
      td udh saya coba d atas ttp gk bisa

      Delete
    3. utk memasang kode
      #my-quote{display:block;
      -khtml-user-select:text;
      -webkit-user-select:text;
      -moz-user-select:text;
      -ms-user-select:text;
      -o-user-select:text;
      user-select:text;
      unselectable:off;}

      setelah kita kode css pertama diatas atau hanya cukup yg tadi aja? (agar quotenya bs dicopy)

      Delete
  13. saya masih newbie mas, bagaimana caranya protect semua postingan maupun coment tapi link download di unlock? mohon pencerahannya mas.. makasih

    ReplyDelete
  14. Sudah sy coba pake css diatas tapi dak bisa, masi bisa di blok dsb. saya pengennya seperti blog agan. tidak bida di ctr a, tidak bisa diblok tapi searc tetap berfungsi.. mohon pencerahannya gan ? thx

    ReplyDelete
  15. Is Done dan Workk...tq sharenya...sangat bermanfaat dan terima kasih...sehat sukse. banyak rizki berkah dan barokah

    ReplyDelete
  16. Terima kasih banyak gan.. ijin untuk mempraktekkan di blog saya..

    ReplyDelete
  17. langsung coba dan berhasil, makasih tutorialnya mas.
    aku masang biar gak di copas, soalnya pernah kecolongan juga, hehe

    kalau pas kita post artikel baru, trus ada blog yg juga otomatis post artikel persis kayak punya kita itu kok bisa ya mas?itu cara ngatasinnya gimana?
    makasih

    ReplyDelete
  18. Terima kasih banyak admin, informasi yang bermanfaat sudah saya buktikan sendiri

    ReplyDelete
  19. Udah dipraktekin gan dan sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula :)

    ReplyDelete
  20. makasih mas, tutorial nya sukses terpasang di blog saya ..

    ReplyDelete
  21. thanks untuk tutorrialnya :V sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  22. Gan, kalo pengen beberapa bagian artikel bisa di copy gmn caranye?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan harus pastikan text yang ingin bisa do copas menggunakan tag apa, biasanya biar fasilitas untuk membuatnya ada menggunakan tag quote. jadi setiap di artikel postingan ada text menggunakan tag quote maka bisa docopas, misal atribut class tag quot pos agan adalah class='my-quote' kemudian tag quote tersrbut berada di dalam artikel yang berada pada tag div yang menggunakan attribut id='post' maka agan pasang kode berikut:

      #post .my-quote{display:block;
      -khtml-user-select:text;
      -webkit-user-select:text;
      -moz-user-select:text;
      -ms-user-select:text;
      -o-user-select:text;
      user-select:text;
      unselectable:off;}

      Delete
  23. Makasi Kak.. Postingan'y sangat membantu

    ReplyDelete
  24. terimakasih artikelnya mas, saya pendatang baru dan salam kenal mas

    ReplyDelete
  25. Informasi yang jelas dan gampang dimengerti trimakasih mas :0

    ReplyDelete
  26. saya terapkan,dan berhasil!!!
    terima kasih mas,. memang menyebalkan kalau kita sudah capek capek bikinnya tapi malah di copas begitu aja

    ReplyDelete
  27. kk sy gk ngerti yg TAG HTML biar gk di kopas,yg itu yg div class=my queto,gk bisa nemuin kode yg div class=myqueto,mohon yg TAG HTML lebih diperjelas,saya gk ngerti,Mohon dijawab!!!Kudasai!! >.<,Jawaban sgt berarti bagi saya :3,arigatou..

    ReplyDelete
  28. sudah saya coba pakai javascrip tapi tetap bisa di copy gan.. gimana ne apa ada kode yang kurang,,

    ReplyDelete
  29. ya ampun min, bahasa anda membingungkan..maksudnya yg CSS itu bagaimana sih? sy maunya hanya postingan saja tidak bisa dicopi paste...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..betul gan bisa berbeda harus sedikit dimodifikasi terutama yang ada tanda #post, tergantung dari perintah dan tag id yang digunakan di templatenya, bisa menggunakan fasilitas inspect element di browsernya, waduh semoga dapat dimengerti mas :)

      Delete
  30. thaks min, cara ini membuat pembaca blog menghargai penulis dgn nggak copas sembarangan ^ ^

    ReplyDelete
  31. mas pake kode yang mana css atau javascript ? supaya hanya artikel aja yang gak bisa di seleksi dan gabisa di copas namun kolom search masih digunakan. ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua-duanya bisa gan, lebih disarankan pake yang css

      Delete
  32. mas didin, mau tanya. itu untuk yang cara 1. aq pastekan di template blogku. tp kok yang gak bisa dicopy cuma bagian title dan deskripsi blog aja ya?artikelnya tetep bisa dicopas. padahal scriptnya udah aq tambahin sesuai artikel ini.
    apa karena templateku yang ada perbedaan atau gmn ya mas?mohon pencerahannya. ini blogku mas www(dot)manipulasi-photoshop(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tag id tidak sesuai mas, untuk diatas saya menggunakan kata #post karena untuk tag dengan id='post', sedangkan untuk template mas harus seusaikan dengan ID untuk tag artikel pada template mas, di template mas tag artikel yang bisa digunakan salah satunya tag dengan id=Blog1

      coba ganti #post{ dengan #Blog1{...

      Delete
  33. halo.sangat bermanfaat artikelnya.
    tapi pak, saya mau tanya, klo dr laptop artikel d blog sy memang tdk bs d copas, tp mengapa dr HP bs ya? apakah ada cara lain untuk mengatasi mslh ini? terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  34. Jika blog tutorial mending pake ini bro :)

    .post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
    .post blockquote,.post pre,.post code{ -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }

    Salam kang-ervan.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. saya mau pasang juga kang didin tapi bingung kalau belum mengerti kode html dan css takut ancur jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum mencoba mas backup dulu template yang sedang mas gunakan, kemudian bisa dicoba sedikit-sedikit dan liat hasilnya, jika menjadi ancur mas kembalikan atau restore kembali ke sebelumnya

      Delete
  36. saya masih belum bisa menerapkan cara yang agar tulisan dalam posting tidak bisa dicopas kecuali diarea qoutenya.
    mohon penjelasannya mas kode yang mana yg harus ditambahkan agar artikel tdk bisa dicopas kecuali area qoute.
    saya sudah mencobanya tp semuanya tdk bisa dicopas termasuk quote.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan harus mengetahui id atau class tag html untuk artikel blog agan, agan bisa inspect element (tentang cara inspect elemen agan bisa cari di google).
      jika sudah tau nama ID atau classnya akan sangat mudah.

      misal kalo punya saya id tag html untuk membungkus artikel adalah id='post' maka saya menggunakan id tersebut agar artikel tidak bisa dikopas jadi saya tambahkan kode seperti ini:

      #post{display:block;
      -khtml-user-select:none;
      -webkit-user-select:none;
      -moz-user-select:none;
      -ms-user-select:none;
      -o-user-select:none;
      user-select:none;
      unselectable:on;}

      dengan kode diatas artikel tidak akan bisa di copas.

      Karena didalam artikel terkadang ada quote dan saya menginginkan jika didalam artikel ada quote, saya ingin quote tersebut bisa di copas, maka saya harus cari tau apa ID atau nama class Tag untuk Quote tersebut. (cara: dengan inspect element)

      dan ternyata saya temukan nama class untuk Quote tersebut adalah "my-quote", dan ternyata Tag untuk Quote tersebut berada di dalam Tag artikel dengan nama ID="Post" maka saya tambahkan lagi kode dibawah ini agar setiap quote didalam artikel bisa dicopas.

      #post .my-quote{display:block;
      -khtml-user-select:text;
      -webkit-user-select:text;
      -moz-user-select:text;
      -ms-user-select:text;
      -o-user-select:text;
      user-select:text;
      unselectable:off;}

      Akan berbeda untuk agan agan harus sesuaikan dengan template blog agan

      jadi nanti jika agan sudah tau ID atau class dari tag yang membungkus artikel agan agan tinggal ubah saja kode diatas hanya di bagian #post, #post .my-quote, sesuaikan dengan nama ID atau Class Tag yang digunakan ditemplate blog agan.

      Mengenai cara inspect elemen agan bisa cari tau di google.
      semoga membantu...:D

      Delete
    2. Berarti setelah ketemu id post dan id quote, hanya 2 kode aja yang ditambahkan, yakni:
      #post{display:block;
      -khtml-user-select:none;
      -webkit-user-select:none;
      -moz-user-select:none;
      -ms-user-select:none;
      -o-user-select:none;
      user-select:none;
      unselectable:on;}

      dan

      #post .my-quote{display:block;
      -khtml-user-select:text;
      -webkit-user-select:text;
      -moz-user-select:text;
      -ms-user-select:text;
      -o-user-select:text;
      user-select:text;
      unselectable:off;}

      tanpa memerlukan kode yang pertama/diatas posting ini.. dan untuk menambahkan kode tsb, apakah kode id post dulu kemudian tambahkan lagi kode id quote dibawahnya?

      Delete
    3. Tidak masalah yang mana dulu, yang jelas #post dan juga #post .my-quote, harus disesuaikan dengan id atau class yang dipakai ditemplate blog agan untuk bagian yang membungkus artikel, bisa saja nama id dan kelasnya berbeda

      Delete
  37. salam kenal mas, code diatas sudah saya coba diblog saya belajarofis.blogspot.co.id , tapi tetap bisa di copas mas, mohon pencerahan mas

    ReplyDelete
  38. kalau supaya hanya beberapa artikel blog saja yang tidak bisa di copas gimana caranya gan?

    ReplyDelete
  39. yess asiiik...! web saya www.performaoutbound.com sudah tidak bisa langsung di copy paste.. hahaha, capek capek bikin artikel eehhh diplagiat... trima kasih ya untuk tipsnya, berguna banget buat yang suka bikin artikel original...

    ReplyDelete
  40. numpang tanya gan, penggunaan cara seperti ini mempengaruhi pendaftaran google adsense ga? trimakasih

    ReplyDelete
  41. Mas, awalnya saya tertarik menerapkan anti copas ini. Ternyata kolom "search" dan "subscribe" tidak berfungsi. Lalu saya hapus lg kode tsb agar kedua hal td bs berfungsi.
    Yg ingin sy tanyakan, apakah bisa jika hanya memblock artikelnya saja, shg kolom search/subscribe/komentar tetap berfungsi.
    Jika bisa, bgmn caranya?
    Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas sepertinya memsangnya pada tag html untuk sluruh halaman, pasang pada tag html yang mas maksud misal jika untuk artikel, cari saja tag html yang membungkus artikel tersebut, biasanya akan memiliki atribut baik class maupun id, mas bisa gunakan melalui atribut tersebut, sayangnya struktur html setiap blog berbeda-beda jadi harus diketahui

      Delete
  42. saya sungses memprotek postingan. tapi belum sungses mencari id quote. punya saya blockquote tapi pas diterapkan tetap gak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka saja postingan yang memiliki quote mas, quote akan muncul jika di dalam postingan memasukan quote itu yang tanda " di postingan.

      Delete
  43. thanks gan udah work ane pasang di blog ^_^ , kalau misalkan hanya area artikel aja yang tidak bisa di copas tpi area lainnya bisa itu gimana gan seperti blog agan ini?

    ReplyDelete
  44. Terimakasih sekali artikelnya mas, sangat membantu, dengan begini artikel saya gak bisa dicopas lagi. Selama ini blog saya sudah dijadikan korban copas oleh sebuah blog bernama beritakanduniaolahraga.blogsp*t.com. Gak tanggung-tanggung, lebih dari separuh artikel blog saya dicopas mentah-mentah, dan parahnya si admin juga mengubah waktu postingannya (tanggal&jam) sehingga seolah-olah dia yang menulis artikel tersebut terlebih dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipalorkan saja gan, Memang blog copas kadang membuat kesal gan, apalagi blog saya ini selain copas, ada juga yang agc dan melakukan scrapper.

      Delete
  45. Mas.. kan kalo di inpeksi masih bisa di copas. biar gak bisa di inpeksi gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas yang namanya aplikasi web itu kelemahannya, bagaimanapun juga kita hanya bisa meminimalisir saja tidak bisa 100% memprotectnya.

      Delete
  46. bingung yang kode CSSnya kak, bahasanya terlalu tinggi :D -_-

    ReplyDelete
  47. mas, waktu dicari yg head itu kok gk ada ya? apa tiap blog beda"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya ada gan, biasanya ada di awal-awal bertulisan <head

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!