Cara Membuat ANCHOR TEXT Berkualitas SEO untuk BACKLINK? - Apa itu Anchor Text ?, Anchor text adalah text yang digunakan oleh sebuah link, ketika kita membuat sebuah link, baik itu inboundlink (link masuk) atau backlink maupun outboundlink atau link keluar, ada 4 hal yang pada umunya digunakan, yang pertama adalah alamat url tujuan, yaitu URL yang akan dituju ketika link tersebut kita klik, yang ke dua adalah, anchor text atau tampilan text yang dapat kita baca untuk link tersebut, yang ke tiga adalah title link, keterangan atau judul yang akan muncul dalam bentuk tool tips text ketika link tersebut kita sorot memakai mouse, dan yang terakhir adalah jenis link, apakah link dofollow atau link nofollow, jika link tersebut dofollow maka link tersebut akan diikuti oleh goole bot atau robot mesin pencari, dan link tersebut akan berdampak meningkatkan pagerank halaman yang dituju, sedangkan jika link tersebut nofolow, memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa link tersebut tidak usah untuk di ikuti, link atau backlink nofollow tidak akan memberikan pengaruh apa-apa terhadap pagerank suatau halaman blog atau situs yang ditujunya, untuk optimasi SEO 4 hal tersebut harus benar-benar kita perhatikan.

Memahami Anchor Text  dan title link ?

Pada umunya perintah pembuatan anchor text untuk sebuah link dalam bentuk kode html adalah sebagai berikut:

a. Contoh link nofollow :
<a href='url yang dituju' title='title link' rel='nofollow'> ini anchor text </a>

Contoh:
<a href='http://strukturkode.blogspot.com' title='belajar seo' rel='nofollow'>blog belajar seo</a>
link diatas akan menghasilkan anchor text bertuliskan blog belajar seo, bersifat nofollow, ketika tulisan tersebut disorot memakai mouse, akan mincul title link berupa (tool tips) dengan tulisan 'belajar seo', kemudian jika kita klik akan menuju halaman 'http://strukturkode.blogspot.com'.

b. Contoh link dofollow:
<a href='url yang dituju' title='ini untuk title' > ini anchor text </a>

Contoh:
<a href='http://strukturkode.blogspot.com' title='belajar seo'>blog belajar seo</a>
link diatas akan menghasilkan anchor text bertuliskan blog belajar seo, bersifat dofollow, ketika tulisan tersebut disorot memakai mouse, akan muncul title link berupa (tool tips) dengan tulisan 'belajar seo', kemudian jika kita klik akan menuju halaman 'http://strukturkode.blogspot.com'.

perbedaan dari link nofollow dan dofollow dalam penulisan kode html terletak pada atribut 'rel', jika kita membuat link nofollow maka atribut rel kita isi dengan nofollow  (rel='nofollow), sedangkan jika atribut dofolow, tanpa memakai embel-embel rel, seperti terlihat pada contoh b diatas.

Cara Membuat Anchor Text Berkualitas SEO

Seiring perkembangannya sampai akhir tahun 2014 saat ini SEO banyak mengalami perubahan, terutama perubahan untuk algoritma mesin pencari, salah satunya adalah update algoritma penguin. hal tersebut berdampak juga terhadap cara membangun link atau backlink, terutama penggunaan anchor text untuk link atau backlink yang kita buat.

a. Kesalahan Ketika Membuat anchor Text

Banyak para blogger yang belum paham mengenai pembuatan anchor text ketika mereka membuat internal linking atau ketika mereka meletakan backlink, beberapa kesalahan yang mereka lakukan ketika membuat sebuah link, misal ketika mereka memubuat internal linking, yaitu link yang trhubung ke artikel lama yang mereka miliki, mereka masih ada yang menggunakan anchor text "klik disini", " baca disini", "informasi selanjutnya disini" atau text semacamnya, sebenarnya untuk pengunjung text tersebut tidak bermasalah, namun di mata mesin pencari, secara teknis anchor text seperti itu tidak akan memberikan dampak positif untuk alamat url atau artikel yang ditujunya, cara terbaik seharusnya membuat link dengan anchor text menggunakan kata kunci yang kita target untuk alamat url atau artikel yang ditujunya, sehingga link tersebut bisa memberikan energi linkjuice atau dampak positif untuk artikel relevan yang ditujunya.

b. Membuat Anchor Text dan Title Link Berkualitas SEO

Lantas bagaimanakah cara membuat anchor text dan title link yang baik itu ?, ketika kita membuat sebuah link baik itu untuk tujuan membangun backlink maupun tujuan internal linking, sebaiknya kita memperhatikan penulisan anchor text dan title link, caranya yaitu menggunakan kata kunci untuk anchor text dan title link yang relevan dengan artikel yang ditujunya, dan kata kunci anchor text dan title link yang digunakan sebaiknya kata kunci yang kita targetkan.
Sebagai contoh: jika kita memiliki artikel lama dengan judul "optimasi seo onpage pada blog", kemudian saya bermaksud membuat internal linking dengan artikel tersebut melalui artikel ini, maka anchor text dan title link untuk internal link yang akan kita buat sebaiknya menggunakan text dengan kata kunci yang kita targetkan untuk artikel ("optimasi seo onpage pada blog") tersebut.

 Seperti apa ?,

Jika saya ingin artikel dengan judul "optimasi seo onpage pada blog" muncul baik pada hasil pencarian mesin pencari dengan menggunakan kata kunci "optimasi seo Onpage", maka sebaiknya ketika kita membuat link baik itu untuk backlink maupun internal link, yang menuju artikel tersebut, sebaiknya kita gunakan kata kunci "Optimasi SEO Onpage" untuk anchor text dan title link yang kita buat, dengan demikian, popularitas kata kunci "Optimasi SEO Onpage" dimesin pencari akan semakin baik untuk artikel saya dengan judul "Optimasi seo onpage pada blog" sehingga peluang muncul pada urutan SERP sedikit demi sedikit akan semakin baik.


Kesimpulan:

Ketika kita membuat link, baik itu ketika kita membangun backlink berkualitas maupun membuat internal linking ke artikel lama yang kita miliki, sebaiknya pilih artikel yang relevan dan gunakan anchor text dan title link dengan kata kunci yang kita targetkan untuk artikel lama kita tersebut. dengan demikian popularitas artikel lama yang kita targetkan dengan kata kunci tertentu akan semakin baik dimata mesin pencari.


 demikian tip sederhana yang bisa saya share dan bagikan untuk anda tentang Cara Membuat ANCHOR TEXT Berkualitas SEO untuk BACKLINK?, semoga bermanfaat.


94 komentar:

  1. makasih triknya gan, sangat bermanfaat dan saya rasakan sendiri hasilnya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas sharing ilmunya, lagi belajar seo, nemu artikel yang bermanfaat banget

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. sebagai newbie tua, saya kasih 100 deh buat artikel ini. jelas banget setelah pusing muter2 di blog tutorial lainnya. Makasih sharenya. Sukses yaa,,, mampir di Asam Urat Zone gan, biar terhindar dari penyakit asam urat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat gan. thanks untuk kunjungannya

      Delete
  5. Setlh membaca artikel tentang Anchor text sy jadi ingat beberapa artikel di blog saya masih mnggunakan link dgn kata2 "klik disini" Banyak pngetahuan baru yang saya dapatkan di blog ini. Terima kasih
    Salam sukses

    ReplyDelete
  6. Terima kasih bro infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. bagus gan ini yang di cari, blog kami kebayakaan pake url link dopolow maka dengan menanam link milik blog lain kita meramaikan secara tidak langsung blog itu, dan saat ini kami akan pake kata ( rel nopollow) karena blog yang kami linkkan tidak mempollow balikbalik, terima kasih gan atas infonya,

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. makasih mas atas infonya tapi saya masih bingung maklum masih gaptek, tolong mas kunjungi blog saya dan mohon tanggapannya, sekali lagi trimakasih
    http://dolarbisnisonline.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. saya pilih yang contoh link dofollow saja gan. Terima kasih nih atas tutorialnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan thanks juga atas kunjungannya, semoga bermanfaat

      Delete
  12. Makasih atas tulisannya gan, saya juga copas link dofollownya

    ReplyDelete
  13. Thank gan untuk tutorialnya, mantap gan, saya coba praktekkan langsung sukses

    ReplyDelete
  14. bagus sob artikelnya sangat membantu.
    oiya klo boleh tau template blog yang agan pake ini apa ya?
    simple, enak dipandang, fokus membaca artikelnya juga nyaman.
    boleh dong dibagi. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. super seo gan, cari di google atau telusuri aja di footer blog ini

      Delete
  15. apa kah ada batasan dalam penggunaan anchor text baik untuk internal atau external link?
    Berapakah persentase yang baik untuk external link dalam penggunaan anchor text?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disarankan jangan terlalu berlebihan, jika agan membuat ekternal link sebaiknya ditujukan ke situs yang memiliki otoritas yang baik seperti wikipedia dll, ekternal link dalam seo itu perlu selama kita bisa memastikan situs yang dirujuk bisa memperkuat referensi artikel yang kita buat. begitu juga internal link, internal link bisa jadi salah satu trategi untuk meningkatkan pageview halaman yang dirujuk dalam situs yang sama sebaiknya jangan berlebihan juga, ada yang menyarankan 1 sampai 3 itu akan lebih baik.

      Delete
  16. bagus sob artikelnya sangat membantu.
    orang sangat membutuhkan

    ReplyDelete
  17. saya sudah coba ni tehniknya mas, berhasil, makasih banyak ya mas, kalau g ketemu ini belum tentu bisa tau cara backlink saya, saya cari backlink buat usaha saya Jasa desain rumah

    ReplyDelete
  18. Om, saya punya artikel di wikipedia, pada kalimat tertentu saya bermaksud menghubungkannya ke blog saya. Artinya jika kalimat di wikipedia tsb diklik maka akan mengarah ke blog saya. Tolong diberitahu tutorialnya, Jika tutorialnya terlalu panjang sudilah kiranya dikirimkan ke email : arieshrp67@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh membuat link mas, perintahnya sama gunakan saja perintah seperti contoh diatas, jika diizinkan link dofollow, pilih yang dofollow.

      mas tinggal ganti atribut untuk url yang dituju, title sama anchor textnya.

      url yang dituju: ganti dengan alamat url blog mas yang ingin terbuka ketika tulisan di wikipedia diklik
      ------------------
      title dan anchor text: ganti saja dengan tulisan yang mengandung kata kunci yang mas kejar

      Delete
  19. makasih mas informasinya. trus untuk masukin link nya gimana mas maap baru belajar. kalau seperti kita buat posting kan tinggal di block kata2 nya trus di masukin link ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung editornya gan, jika editornya editor html maka perintah membuat link gunakan seperti cara diatas, namun kalo editornya tiny mce seperti layaknya editor artikel blog pada umumnya, ya buatnya seperti halnya membuat link ketika membuat artikel di blog

      Delete
  20. artikel yang sangat bermanfaat untuk membangun backlinks lebih berkualitas.
    thanks infonya

    ReplyDelete
  21. Mau nanya nih, klau buat anchor text harus masuk ke edit html ya, soalnya blum ngerti,
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa atau langsung menggunakan tool link jika ada editornya seperti misalnya di editor blogspot kan itu ada tool link, pilih text kemudian klik tombol link, kemudian masukan urlnya

      Delete
  22. klo pada WP in bound link menggunakan key word malah kena tegur SEO by Yoast ya

    ReplyDelete
  23. artikel yang sangat bermanpaat buat blooger newbie seperti saya, terimakasih atas infonya.

    ReplyDelete
  24. terimaksaih mas, sekarang saya tau antara dofollow dan nofollow, yes.... :D

    ReplyDelete
  25. Masih bingung nih...memang harus praktek ya om, maklum nubi. Terima kasih sudah banyak berbagi.

    ReplyDelete
  26. sangat bermanfaat artikelnya ga, thanks dah mau berbagi

    ReplyDelete
  27. Untuk optimasi SEO Onpage link internal yang digunakan lebih baik yang nofollow atau dofollow mas?? Mohon penjelasanya. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internal link sebaiknya dofollow mas, agar memberikan point ke halaman yang ditujunya, sedangkan link yang keluar, sebaiknya nofollow, namun jika link keluar adalah situs yang memiliki otoritas di mata mesin pencari seperti wikipeda yang dapat memperkuat isi artikel, dofollow juga tidak ap

      Delete
  28. Saya menemukan blog ini kurang lebih satu minggu yang lalu, blog ini nggak keren sih menurut saya, cuma gila..bener2 gila..
    banyak artikelnya yang nongkrong di halaman satu.
    rahasianya apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mas adi atas kunjungannya.
      kayaknya banyak nongkrong di page one barangkali kurang pesaing, atau kata kunci yang mas ketikan tepat dengan judul artikel di blog ini, tidak ada rahasia spesial mas, cuma sering membuat post panjang saja. :D

      Delete
  29. wah makasih gan infonya jadi semangat ngeblog kalo banyak ilmu baru nih

    ReplyDelete
  30. Sbenarnya saya sedikit bingung mas..
    Itu maksdnya mungkin pada saat kita buat artikel itu ya ? Kemudian ada yang terkait sama artikel lain, tapi text nya di ubah yang sering di gunakan SEO ya mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas namun bukan hanya untuk membuat link terkait saja, bisa juga ketika kita membangun backlink ( link yang menuju situs kita yang diletakan di blog atau situs orang lain)

      Delete
  31. keren bgt artikel agan sangat membantu utk blog pemula...bisa saya terapkan dalam blog tip membeli rumah...

    ReplyDelete
  32. yah baru tau. klo d pikir2 blog ane bnyak link dofollow nya malahan semua :(. apa gppa itu gan? tapi bedanya ga pke title="..." gan? mhon prncerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bagus itu yang melibatkan keberagaman, baik jenis link, anchor text atau referal domain semakin beragam itu semakin akan kelihatan natural :)

      Delete
  33. terimakasih atas infonya gan moga bisa saya terapkan dan bermaamfaat...
    tpi sy jga mau bertanya nih gan bagaimana langkah-langkah membuat backlink dan inboundlink, kebetulan sya sudah sangat lama sekali membca artikel mengenai hal seperti ini tpi kenapa sya tidak juga bisa dan tdk paham bagaimana caranya. sekarang ini saya memiliki blog dengan wordpress alamatnya http://cvnadagroup2017.wordpress.com
    kemudian
    http://peternakannusatara.blogspot.com
    mohon bantuan dan sarannya gan supaya sya bisa membangun bisnis lebih baik lagi
    thanks again gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membangun backlink, yang paling penting agan tau perintah dalam kode HTML untuk membuat sebuah link, bisa dilihat di artikel diatas.
      beberapa cara untuk membangun backlink:
      1. guest posting, agan jadi penulis tamu di blog orang lain yang tentunya mengizinkan untuk menerima penulis tamu, silahkan cari blog yang relevan
      2. melalui blogwalking, agan bisa meletakan link di nama comentator pilih name/URL ketika berkomentar atau pilih opnid, atau jika diizinkan letakan link didalam komentar. ingat blog harus relevan dan komentar juga harus relevan.
      3. forum, agan bisa bergabung di forum dan agan terbitkan postingan dengan meletakan backlink ke blog agan
      4. spamming (tidak disarankan) agan bisa cek backlink spam blog orang lain, gunakan situs seperti opensiteekplorer.org, ahref.com,openlinkprofiled.org dll, untuk melacak backlink situs atau blog tertentu, silahkan ikuti jejaknya kalo mau, agan akan melihat daftar situs yang dia gunakan untuk meletakan backlink, silahkan ikuti jejaknya tapi hati-hati cara ini tidak direkomendasikan.
      5. blog dummy, agan buat blog lainnya tapi hanya untuk menanam backlink ke blog agan.

      Delete
  34. baru tahu ternyata dalam membuat anchor text harus memperhatikan blog do/nofollow, makasih gan pencerahannya

    http://pendidikandasarguru.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-pembelajaran-di-luar-kelas.html

    ReplyDelete
  35. ow... jadi begitu ya mas... belum terpikirkan sama sekali untuk cara yang seperti itu... oke trims mas atas share ilmunya...

    ReplyDelete
  36. Terimakasih infonya gan, tapi saya mau tanya nih biasanya butuh berapa lama supaya backlink itu mempengaruhi tehadap page rank kita?
    terimakasih

    Obat herbal amandel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai backlink di claim google, coba lihat di google webmaster tool jika backlink bertambah maka biasanya visitor ikut naik, itu artinya beberapa halaman artikel ikut naik dihasil pencarian.

      Delete
  37. terimakasih atas ilmu. bermanfaat sekali buat pemula

    ReplyDelete
  38. trimakasih ilmunya saya coba praktekkan
    mantap

    ReplyDelete
  39. terima kasih infonya, sangat bermanfaat buat saya untuk membangun backling...

    ReplyDelete
  40. cara ngecek bakclink gimana sih gan ? coba review situs ane ada backlink nya atau engga . maklum saya pemula http://bunganandha,blogspot,co,id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengecek backlink blog atau situs agan bisa baca artikel berikut:

      http://strukturkode.blogspot.com/2015/09/cara-menetahui-jumlah-backlink-blog.html

      Delete
  41. Gampang-gampang susah, intinya mesti fokus aja klo belajar ttg seo ini, backlink memang berperan aktif dalam sebuah web/blog akan tetapi mayoritas penggunaan backlink itu sendiri masih ada banyak yang masih kurang memahami tetapi dengan artike dari strukturkode.blogspot.com ini, yah sangat membantu terutama saya pribadi...
    oh iya kalo teman-teman juga ingin mengetahu kualitas SEO masing2 web/blog teman2 silahkan kunjungi
    http://komunitasbelajarkomputer.blogspot.co.id/2015/10/cara-simple-check-kualitas-seo-blog.html semoga bisa membantu. terimakasih

    ReplyDelete
  42. Mas, boleh minta tolong bisikin ga link blog yang reputasinya sudah ok? maklum newbie mas..hehe. thanks :)

    ReplyDelete
  43. saya rasa lebih baik anchor text tiap backlink di bedain, kalo bisa malah anchor text yang panjang juga baik. anchor text yang pendek jelas-jelas membuat persaingan makin ketat, menurutku yang panjang juga bagus.

    ReplyDelete
  44. sayangnya saya tidak mengerti tentang SEO, yg penting bisa nulis di blog karena hobi soal dapat income juga gak pernah sekali. hehehe.... :D

    ReplyDelete
  45. gan maaf saya kurang mengerti, dan apakah dofolow dan nofolow? dimana bisa liatnya gan?

    trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/09/apa-perbedaan-backlink-dofollow-dan.html

      Delete
  46. Jadi... Yang berkualitas dimata Mbah Google, Dofollow atau Nofollow, Gan.. Yang tidak menyalahi aturan robots (googlebot) yang tidak dianggap spam olehnya..? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dofollow dan nofollow dua-duanya bisa mempengaruhi peringgkat dan bisa di claim sebagai google, yang salah adalah yang membangun backlink secara berlebihan, kelihatan tidak normal.

      Delete
  47. anchor text yang berupa link kita tuh sebaiknya di tempatkan dimana aja gan? apa di FB, blog orang lain ato gimana gan? dan sebaiknya no ato dofollow?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimanapun bisa namun yang paling berkualitas Sebaiknya ditempatkan di blog orang lain didalam artikel, memang sulit bisa diupayakan dengan guest blog, atau posting di forum ol.

      dofollow dan nofollow harus mendapatkan porsi yang sama, tidak berlebihan biar kelihatan natural.

      Delete
  48. sebetulnya google mengesahkan atau tdk ktika kita menggunakan mesin backlink otomatis untuk menambah pagerank blog kita kk?
    http://ntaney-njio.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri tidak menganjurkan gan, kita belum tau dimana backlink tersebut ditanam, dan potensi spamnya sangat besar karena secara sekaligus backlink tertanam dalam jumlah yang banyak

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dofollow juga boleh gan, menurut saran saya jika membuat link keluar lebih dari satu libatkan dofollow dan nofollow.

      Banyak praktisi seo luar negeri membuat link ekternal menggunakan attribut dofollow, selama link yang dituju sangat relevan itu akan lebih baik

      Delete
  50. makasih gan atas infonya.
    klo menurut agan bagusan mana link yang dofollow apa Nofollow.
    Trus untuk pengaruh terhadap SEO bagusan mana gan..Thanks

    Salam

    Ardiands.blogs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya bagus dan harus selaras ketika membangunnya, untuk urusan seo dua-duanya juga bagus.

      Delete
  51. cara membuatnya di bagian apa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung agan dimana ingin meletakan link tersebut. jika didalam artikel blog, seleksi saja text yang ingin dijadikan link, kemudian tekan tombol link, dan masukan url untuk link tersebut kemudian tekan simpan,

      jika di blog orang lain misalnya di kotak komentar agar bisa menjadi sebuah link, agan bisa menggunakan perintah html untuk link, atau jika kotak komentar terdapat editor seperti editor blog buat saja menggunakan editor tersebut. hasil kode html yang digenarate akan sama

      Delete
  52. Selamat malam Mas Didin Ajidin, malam ini saya datang lagi ke blog Mas Didin karena memang ada banyak yang ingin saya tanyakan sebagi blogger pemula, dan semoga Mas Didin tidak keberatan untuk menjawab nya ya Mas :-)
    Gini mas, untuk Link Anchor Texs yang menuju ke artikel kita yang lama, sebaiknya itu artibutnya "Dofollow" apa "Nofollow" ya mas ?
    Mohon pencerahannya ya mas ! di tunggu kunjungan baliknya di http://www.rudhiinfo.com juga, dan semoga mas didin juga mau memberi kritik dan saran untuk kemajuan blog saya tersebut.
    Terima kasih dan maaf jika banyak tanya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dofollow gan, selama menuju blog artikel sendiri kita gunakan dofollow saja, untuk link keluar blog orang lain bisa nofollow atau dofollow.

      Delete
  53. bagus juga informasinya, cuma ada juga pendapat lain jangan terlalu banyak menggunakan internal link pada satu artikel.paling maksimal 2 saja

    ReplyDelete
  54. kalo untuk menyisipkan link label, bagusnya pakai anchor text yang dofollow apa nofollow yah mas?

    atau sama saja ? dalam artian tidak ada pengaruhnya apa-apa buat blog kita.

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link apapun yang masih dalam satu situs sendiri gunakan dofolow saja mas

      Delete
  55. Untuk Link dofollow dan nofollow sebaiknya lebih diperbanyak yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus banyak dofollow gan, tapi jangan lupakan nofollow

      Delete
  56. Caranya kok tidak ada yah? Kok malah langsung ke kolom coment gan :(

    ReplyDelete
  57. yang dofollow kalau diblog lain saya baca tutorialnya pakai rel=dofollow, sedangkan yang diatas tidak usah pakai, apakah fungsinya sama atau mas admin lupa nulis rel=dofollow nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja gan agan bisa pake atribut rel=dofollow atau tanpa atribut, keduanya sama akan menghasilkan link dofollow, kecuali nofollow wajib pake atribut rel=nofollow

      Delete
    2. pas kita bikin link kan ada tuh (blogger . com) di bawah 'open this link in a new window'.. terdapat 'add rel=nofollow' attribute.. kalau si add rel=nofollow ini gk dicentang apakah otomatis link yang kita buat adalah link dofollow?

      Delete
    3. Betul sekali mas, rel nofollow nya jangan dicentang jika ingin membuat link dofollow. dan centang jika ingin membuat link nofollow

      Delete
  58. ternyata internal linking mempengaruhi ya buat SEO, bagus banget penjelasan anda, yang ingin saya tanyakan, apakah artikel kita yang pertama kita buat, biasanya kan belum ada internal link nya, apakah bisa kita update/perbaharui dengan menambahkan link internal pada artikel kita yang terkait tapi postingan terbaru???? apakah itu berpengaruh dengan SEO???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah mas justru update itu bagus apalagi ada tambahan, setelah update jangan lupa untuk fetch as google di webmaster tool agar perubahan cepat dikenali google.

      Delete
  59. Lah cara agar kita mengetahui Web tersebut dofollow bagaimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibaca disini mas:

      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/09/cara-mengetahui-blog-dofollow-atau-nofollow.html

      Delete
  60. Saya masih bingung, apakah ada batasan dalam penggunaan anchor text di internal atau external link?
    apakah persentase yang didapatkan dari external maupun internal melalui achor test sangat besar?
    terimakasih atas bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada ketentuan pasti gan, yang penting buat senatural mungkin dan tidak berlebihan, sesuaikan dengan jumlah kata dalam artikel, jika dirasa ada kata yang pantas untuk dikaitkan kaitkan saja.

      Internal link yang menuju halaman yang masih dalam satu blog sebenarnya dapat memberikan point ke artkel yang dituju dari artikel yang meletakan link.

      Ekternal juga sama link artikel agan bocor, namun ekternal memiliki kelebihan sendiri jika ditujukan ke artikel relevan yang terdapat di blog yang memiliki reputasi, google akan menganggap artikel agan menggunakan referensi terpercaya dan pantas diperhitungkan.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!