Kenapa Blog Saya Selalu ditolak Google AdSense? - Sampai saat ini Google AdSense memang termasuk media periklanan yang paling banyak digemari bukan hanya di indonesia bahkan diseluruh dunia, banyaknya para blogger yang menggemari adsense dan ingin bergabung menjadi publisher google adsense sepertinya bukan tanpa alasan, itu dikarenakan adsense sudah terbukti benar-benar membayar publishernya dengan baik, dan banyak sekali cerita sukses dari para blogger di dalam dan luar negeri yang sudah membuktikan bisa menui kesuksesan meraup hingga ribuan dolar hanya dari google adsense,

Untuk menjadi publisher google adsense memang bukan perkara yang mudah, bahkan sering sekali saya mendapatkan informasi diberbagai media internet baik itu forum maupun media social mengenai berbagai pengalaman penolakan google adsense, bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah pernah melakukan pengajuan pendaftaran google adsense beberapa kali namun tetap belum membuahkan hasil, team adsense memang secara ekplisit tidak pernah memberikan informasi secara detail mengenai syarat-syarat khusus agar blog dapat diterima. satu-satunya referensi yang bisa kita andalkan adalah informasi yang di share oleh para blogger yang sudah lebih dulu sukses, tips dan trik dan berbagai pengalaman yang mereka bagikan bisa kita jadikan referensi untuk mendaftar google adsense.

Alasan Kenapa blog selalu ditolak google adsense?

Salah satu yang menjadi syarat untuk mendaftar menjadi google adsense adalah kepemilikan sebuah blog, atau situs, diterima dan tidaknya menjadi publisher google adsense tolak ukurnya adalah blog yang kita daftarkan, jika blog yang kita daftarkan dianggap layak oleh team google adsense maka kemungkinan besar pendaftaran google adsense yang anda lakukan pasti diterima, namun jika dianggap tidak layak keungkinan besar pendaftaran google adsense anda akan ditolak.
Baca juga: Dara daftar google adsense melalui blog

Berikut beberapa alasan kenapa blog yang anda daftarkan selalu ditolak oleh tem google adsense:

1. Blog Anda masih Baru dan belum terindex google

Alasan pertama kenapa blog anda selalu ditolak google adsense adalah, blog anda masih baru,bahkan mungkin saja belum terindex google, ada benayak sekali pengalaman yang dishare oleh para blogger yang ditolak dengan alasan konten kurang memadai, salah satu penyebabnya adalah blog yang mereka daftarkan masih seumur jagung mungkin baru berusia beberapa hari saja, bahkan mungkin hanya berisi beberapa artikel saja, Sebaiknya jika blog anda masih terbilang baru, dan hanya berisi beberapa artikel saja serta pengunjung belum ada, sebaiknya anda jangan terburu-buru mendaftarkan blog anda tersebut, lebih baik urungkan terlebih dahulu, Silahkan isi blog anda dengan artikel yang berkualitas, bermanfaat dan original serta jaringlah pengunjung terlebih dahulu, meskipun anda beruntung bisa diterima dengan keadaan blog anda seperti itu, saya yakin anda tidak akan langsung mendapatkan keuntungan dari google adsense, dikarenakan adsense sangat mengandalkan trafik dan klik dari pengunjung blog anda. jika pengunjung blog anda masih sedikit peluang klik mungkin saja sangat kecil bahkan mungkin tidak ada.

Baca juga: Cara agar blog cepat terindex dan populer serta mudah ditemukan google

Lantas berapakah usia blog yang ideal untuk daftar google adsense?, banyak yang menyarankan sebaiknya menunggu usia blog setidaknya berusia 3 bulan atau lebih dalam pemeliharaan, semakin tua usia blog maka peluang untuk diterima akan semakin besar. tapi anda harus selalu ingat, usia blog bukan satu-satunya syarat pendaftaran google adsense anda bisa diterima.

2. Jumlah artikel blog anda masih sedikit dan miskin kata

Alasan berikutnya kenapa blog anda sulit untuk diterima google adsense adalah, mungkin jumlah artikel yang terdapat didalam blog anda masih sedikit, ditambah lagi jumlah kata yang terdapat didalam setiap artikel blog anda sangat sedikit, ini sering sekali menjadi penyebab blog anda sulit untuk diterima, dengan alasan "Konten kurang memadai", sebaiknya blog yang anda daftarkan setidaknya sudah berisi cukup artikel, dan setiap artikel harus memiliki jumlah kata yang cukup banyak, semakin banyak jumlah artikel dan semakin banyak jumlah kata dalam setiap artikel, maka blog yang anda daftarkan akan berpeluang besar untuk diterima.

Boleh jadi jumlah artikel blog anda sudah banyak namun isi setiap artikel anda miskin kata, ini bisa menjadi salah satu alasan blog anda tidak diterima google adsense, jadi silahkan pada padankan antara jumlah artikel dan jumlah kata disetiap artikel pada blog anda, sehingga akan dianggap konten berkualitas dimata team google adsense.

Lantas berapakah seharusnya jumlah artikel dan berapa jumlah kata dalam setiap artikel? Memang untuk jumlah artikel dan jumlah kata dalam setiap artikel, google sendiri tidak secara langsung menyebutkan jumlah pasti agar blog dapat diterima, namun google sangat menyearankan menyajikan konten yang memang benar-benar berkualitas dan informatif bagi pengunjung, semakin banyak jumlah kata dan semakin banyak artikel blog yang anda miliki peluang untuk diterima google adsense akan semakin besar.

Saya sendiri menyarankan, perbanyaklah untuk membuat artikel yang terdiri dari 1000 kata atau lebih, serta perbanyaklah jumlah artikel blog, dan sering-seringlah memposting artikel secara berkala,  semakin banyak itu akan semakin baik. namun tetap harus diingat ini bukan salah satu syarat blog anda bisa diterima google adsense.

3. Isi Konten artikel anda menyalahi kebijakan google adsense

Sebelum anda bersiap-siap untuk mendaftarkan blog anda ke google adsense, sebaiknya baca dan pahami mengenai konten atau isi artikel yang memang benar-benar sesuai dengan kebijakan google adsense mengenai pedoman konten, jangan sampai anda mendaftarkan blog yang jelas-jelas berisi konten yang menyalahi kebijakan google adsense, sampai kapanpun pendaftaran anda tidak akan pernah diterima. untuk lebih jelasnya silahkan anda baca dokumentasi mengenai kebijakan google adsense mengenai pedoman konten yang dilarang.

Jika didalam blog anda ada salah satu artikel blog yang berisi konten yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense tersebut, maka jangan harap blog anda bisa diterima google adsense.

Lantas bagaimanakah jika saya terlanjur menerbitkan konten yang tidak sesuai dengan kebijakan, namun ingin tetap mendaftarkan blog saya tersebut?, sebaiknya jika anda tetap ingin mendaftarkan blog yang sudah terlanjur berisi konten-konten yang tidak sesuai dengan kebijakan, lebih baik hapus terlebih dahulu konten tersebut dari daftar artikel blog anda, dan jangan lupa hapus juga dari Index google, untuk menghapus artikel dari index google anda bisa menggunakan google webmaster tool. tunggulah beberapa minggu sampai artikel anda tersebut benar-benar terhapus dari index google, kemudian cobalah daftarkan blog anda tersebut.

4. Anda sudah pernah di banned google adsense sebelumnya

Alasan berikutnya kenapa blog yang anda daftarkan tidak diterima, kemungkinan besar blog anda atau akun adsense anda pernah di banned google adsense sebelumnya, google adsense sangat profesional sekali dalam memonitor setiap publishernya, jika anda diketahui pernah melakukan kesalahan atau kecurangan kemudian berujung dibannednya akun google adsense anda, maka jangan berharap anda bisa diterima kembali menjadi publishernya, selama team adsense dapat mengidentifikasi bio data anda, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah diterima kembali menjadi publishernya. jadi hati-hatilah dalam bermain adsense, jangan sampai anda melakukan kesalahan atau kecurangan yang anda anggap bisa menguntungkan anda apalagi secara disengaja.

Baca juga: 11 tindakan penyebab banned pada google adsense

5. Blog anda banyak memiliki link ke situs-situs yang tidak sesuai dengan kebijakan 

Kebijakan adsense mengenai panduan konten sangat ketat sekali sedikit saja  terdapat link atau yang menuju situs-situs yang melanggar kebijakan, bisa jadi blog anda akan sulit untuk diterima dan disetejui oleh google adsense, mungkin saja anda sangat memperhatikan konten blog anda, tidak mengandung link yang menuju situs-situs yang dilarang, original dan informatif, namun bisa jadi link-link yang menuju situs tersebut ada di dalam blog anda karena ada para komentator blog yang menyematkan link tersebut pada komentar yang mereka berikan, saya pernah mendapatkan teguran, untuk mencopot iklan google adsense pada salah satu artikel blog yang saya miliki, dikarenakan artikel tersebut memiliki link pada situs dew@sa, padahal saya tidak pernah meletakan link semacam itu, setelah ditelusuri akhirnya saya tau ternyata link tersebut berasal dari para komentator yang menyematka link kesitus mereka melalui komentar dengan Name URL.

Jika anda memperbolehkan komentar pada blog anda, sebaiknya komentar dimoderisasi dan hindari komentar-komentar yang meletakan link aktif di isi komentar, jika mendapatkan komentar seperti itu sebaiknya anda masukan saja kedalam kotak spam blog anda, atau anda hapus saja.

Jadi sebaiknya jika memang anda terlanjur akan mendaftarkan blog yang penuh dengan komentar-komentar yang tidak pernah anda perhatikan sebelumnya, sebaiknya lihat dan amati kembali komentar tersebut, jika memang mengandung link atau kata-kata yang melanggar kebijakan google adsense, sebaiknya hapus terlebih dahulu sebelum anda daftarkan google adsense.

6. Artikel blog anda berisi Gambar atau video yang melanggar hak cipta

Google sangat menghargai hak cipta, jika blog anda berisi gambar atau video yang dianggap melanggar hak cipta maka  sudah dapat dipastikan blog anda tidak akan pernah diterima oleh google adsense, oleh karena itu sebaiknya jika anda ingin meletakan gambar atau video apapun didalam artikel anda, sertakan link kesumbernya dimana gambar atau video tersebut berasal, dengan demikian artikel anda tidak terancam ada yang melaporkan.

Sebaiknya blog yang anda daftarkan tidak mengandung gambar atau video yang melanggar hak cipta, agar peluang diterima oleh google adsense semakin terbuka lebar, jika sudah terlanjur dan memungkinkan untuk diganti atau dihapus, silahkan hapus atau ganti terlebih dahulu gambar atau video yang melanggar hak cipta tersebut dengan yang free. atau buatan anda sendiri.

7. Blog anda berisi artikel kopi paste

Memang sangat menyenagkan sekali menerbitkan artikel dari hasil kopi paste, anda tidak perlu bersusah payah harus mengetik dan berfikir untuk membuat artikel, tinggal copot artikel orang dan tempel di blog anda, namun perbuatan anda tersebut sudah merugikan orang lain, semakin banyak artikel kopi paste yang anda terbitkan maka akan semakin besar ancaman terhadap blog anda, apalagi sekarang google sudah memberikan fasilitas untuk melaporkan artikel yang di curi atau di kopi paste semakin banyak laporan untuk blog yang melakukan kopi paste maka akan semakin terancam blog tersebut dan reputasinya akan semakin buruk, bahkan resiko terburuknya blog tersebut akan di hapus diri peredaran.
Silahkan baca: Cara melaporkan artikel yang dicuri ke google DMCA

Jangan harap artikel hasil kopi paste akan lancar dapat diterima google adsense, boleh jadi blog anda diterima namun jangan harap bisa bertahan lama, semakin banyak laporan untuk blog hasil kopi paste yang anda miliki maka ancaman banned terhadap blog anda akan semakin besar.

Jika kebetulan anda sudah diterima google adsense, jangan sekali-kali anda menerbitkan artikel hasil kopipaste di blog google adsense anda, karena peluang blog tersebut di banned akan semakin besar.

Baca juga: Penyebab blog anda dibanned dan dihapus google

Kesimpulan

Jika sampai saat ini anda belum berhasil untuk diterima google adsense, silahkan anda perbaiki apa yang disarankan google, meskipun team google adsense tidak secara lengkap menyebutkan apa kesalahan atau kekurangan pada blog anda, silahkan anda simpulkan sendiri boleh jadi artikel anda tersebut mengandung hal-hal yang sudah saya uraikan diatas.

Demikian artikel sederhana tentang Kenapa blog saya slalu ditolak google adsense, semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips jitu diterima google adsense dalam sekali daftar




30 komentar:

  1. Ane juga baru di tolak adsense gan.
    Soalnya blog ane baru usia 2 bulan nih dan pengunjungnya masi sedikit.

    ReplyDelete
  2. Blog ini kalo ngpos pake progam windows live writer ato program lain kah mas? dan berpengaruh kah kalo ane mau daftar adsense alnya ane ngepos pake live writer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan langsung pake editor bloggernya, menurut saya tidak ada jaminan ditolak atau diterima dengan editor apapun juga, yang jelas, konten harus benar-benar original

      Delete
  3. kirain cuma faktor pengunjung yang mempengaruhi approve google adsense

    ReplyDelete
  4. konten saya semuanya original, tapi udah dua kali di tolak adsense...kini saya fokus untuk terus menulis guna mendongkrak trafik, melupakan sejenak ttg adsense....thank mas didin boleh nitip komen di sini,,..btw saya minta ijin untuk naruh link url artikel ini pada blog saya..

    ReplyDelete
  5. tanya pak, apakah kopas dari ms word komputer sendiri (tulisan orisinil) juga penyebab ditolaknya adsense?

    ReplyDelete
  6. sama saya juga sering di tolak padahal udah mengikuti persyaratannya mohon bantuannya admin http://anggaariwibowo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. gan,klo artikel copas tapi ditaru di ms word terus di translate menjadi bhs inggris....gimana tuh

    ReplyDelete
  8. Pemula tanya, mohon petunjuk. Kalau saya menggunakan logo google untuk kelengkapan artikel dan tidak bersifat komersial (Hanya sharing) dan sudah digabung dengan gambar lain (Tidak Serta merta), apakah itu melanggar TOS Google? Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. ini blog ane entah kenapa setelah pindah ke TLD, trafic ga naik2. . . . daftar adsense pun ditolak terus >.<

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat mas bagi saya yang masih pemula.pengen daftar adsense masih ragu ragu.blog masih minim pengunjung.ntar ane praktikin caranya sesudah pndah ke TLD

    ReplyDelete
  11. hello..nak tnya..blogger sya bru berusia 6 hari..tetapi 2000 lebih yg views blog sya...pngunjung bnyak sekali..tetapi ditolak oleh google adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Where is your visitor from, these is organic trafic?, first the visitor should from organic trafic ( google visitor).

      Delete
    2. Boleh ikut nambahin ya mas didin?

      @Anonymous
      Sebanyak apapun yang views, bukan patokan utama team adsense untuk menerima pengajuan anda. Silakan cek artikel blog anda, apakah melanggar kebijakan atau tidak?

      Sebelum diajukan, baiknya tinjau dahulu oleh sendiri. Bisa cek kesini untuk detail meninjau blog

      http://opoes-on.blogspot.co.id/2016/01/cara-meninjau-blog-sendiri.html

      Maaf mas didin, saya sertakan link, biar ga panjang lebar jelasin.

      Makasih :)

      Delete
  12. Makasih mas, saya jadi lebih banyak tau. Sakit juga sih rasanya ditolak.

    ReplyDelete
  13. Minta sarannya mas, pada tahap review ke 2, langsung di tolak pas udah ganti template, mohon kunjungi blog saya apanya yang kurang. Thedroiderz.blogspot.com. makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Review 2 disarankan jangan ganti template atau mengotak-atik desain template, karena bisa dianggap blog masih dalam pengembangan akhirnya ditolak.

      Ketika masa review 2 apa yang harus dilakukan adalah sering-sering buat artikel.

      Delete
    2. Pantesan, pas udah ganti template, email langsung masuk dari GA katanya di tolak. Terus kalau mau daftar lagi, harus pakai email baru yah

      Delete
    3. @Saharuddin zuhair, agan tidak harus mengganti email, kalo ditolak agan perbaiki apa yang disarankan sesuai di email penolakan, silahkan agan daftarkan terus sampai blognya diterima, minimal 2 minggu-1 bulan sekali sampai berhasil

      Delete
  14. blog saya sudah 1 tahun lebih kok selalu di tolak adsense yah ?

    ReplyDelete
  15. iya gan,, sudah beberapa kali blog saya ditolak adsense..alasanya sedikt konten asli ..apakah walau konten sudah diperbaiki trus kita daftarkan lagi tapi sebelum 2 minggu misalnya baru 1 hari apakah itu akan ditolak lagi gitu.? memang saya orangnya termasuk yang tidak sabaran...ya akhirnya ditolalagi ..ditolak lagi...mohon di review dong buat Agan admin.. dimana letak kesalaha web saya www.cakrawalamusik.com untuk mencapai kriteria adsense makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan kecil kemungkinan diterima, sebaiknya nunggu satu bulan sampai perbaikan atau perubahan dikenali bot google, baru daftarkan lagi.

      Delete
  16. Untuk blog yang berbahasa Indonesia, Saya sarankan CPM dari REVENUEHITS, dengan konversi eCPM tinggi, sehingga setiap pengunjung dapat dikonversi menjadi dolar.
    Berikut ulasan lengkap saya
    http://www.e-jurnal.com/2016/04/revenuethits-cpm-terbaik.html

    ReplyDelete
  17. bang saya masih bingung nih mengenai pernah di banned, jika kita pernah di banned pertama lalu aktif kembali akun adsense tersebut, apakah itu termasuk banned???. kan untuk sekarang, akun tersebut masih aktif apakah itu sulit untuk di full aprove ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di banned dan ditolak itu berbeda, jika dibanned itu artinya sebelumnya kita sudah diterima adsense namun karena melakukan hal-hal yang tidak sesuai kebijakan itu bisa dibanned atau di non-aktifkan, agan tidak bisa daftar lagi sampai kapanpun kecuali dengan email berbeda dan tidak terdeteksi bahwa agan adalah publisher yang pernah dibanned jika terdeteksi maka akan dibaned kembali.

      sedangkan ditolak artinya ketika mengajukan pendaftaran pendaftaran google adsense anda tidak diterima jika kasusnya seperti ini agan bisa mendaftarkan kembali berkali-kali sampai diterima, tentunya setelah melakukan peraikan pada blog sesuai yang disarankan adsense.

      Delete
  18. Dengan mengetahui sebab-sebab di atas kita bisa jauh lebih berhati-hati ke depannya. Sukses Untuk Kita Bersama!

    ReplyDelete
  19. mas tadi saya baru saja mendaftarkan blog saya di google adsense dan saya mendapat e-mail begini mas.

    Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google: Saat ini kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda karena situs Anda tidak sesuai dengan kebijakan program Google AdSense atau mematuhi pedoman Mutu Webmaster. Sasaran kami adalah memberikan pengiklan kami situs yang menawarkan konten bermakna dan kaya, menerima lalu lintas organik, dan memungkinkan kami menayangkan iklan yang ditargetkan dengan baik kepada pengguna. Kami meyakini bahwa saat ini situs Anda tidak memenuhi kriteria ini.

    Dan bagaimana cara mengatasinya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipastikan bahwa trafik datang dari mesin pencari, jika trafik didominasi datang dari non mesin pencari misal dari fb dan media sosial lainnya, peringatan bisa seperti itu.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!