Ada saja kelakuan blogger yang sangat menjengkelkan, bagaimana tidak, kita sebagai blogger yang dengan susah payah membuat artikel orisinal yang kadang membutuhkan waktu berjam-jam sampai artikel tersebut di terbitkan,  tiba-tiba artikel tersebut tanpa disangka-sangka diketahui nampang di blog orang lain tanpa izin karena sudah dicuri dan di copi paste seenaknya oleh si pemilik blog tersebut.

Untuk beberapa blogger tindakan copi paste mungkin dianggapnya boleh-boleh saja (alias mereka persilahkan) apapun bentuknya, dan mereka tidak keberatan, namun untuk saya pribadi tindakan copi paste yang dilakukan oleh beberapa blogger tidak bertanggung jawab sangat merugikan bahkan perlu ditindaklanjuti dengan serius, sebenarnya tindakan kopi paste masih bisa ditolelir jika si tukang copas menyertakan link aktif menuju  artikel aslinya, merubah judulnya memodifikasi isinya sehingga tidak sama 100%, akan tetapi tidak jika sebaliknya.

Melaporkan pencurian artikel copy paste

DAMPAK ARTIKEL DICOPI-PASTE

Perlu anda ketahui jika artikel kita yang dikopi paste kita biarkan, sebenarnya akan menimbulkan dampak kerugian bagi blog kita, reputasi blog kita dimata mesin pencari akan semakin memburuk seiring dengan waktu, itu dikarenakan ada dari artikel kita yang dianggap sebagai duplikat konten, dan duplicate content sangat dibenci oleh mesin pencari seperti google. akibatnya artikel kita akan sulit ditemukan oleh mesin pencari sehingga trafik blog akan semakin menurun, dan itu tidak bisa kita biarkan.

Jika kita kebetulan mengetahui bahwa artikel kita sudah dikopi paste, ada beberapa alternatif yang bisa kita pilih, yang pertama hubungi blogger yang melakukan tindakan kopi paste, kemudian minta dia untuk menghapus artikel hasil kopi paste tersebut, atau jika tidak coba tawarkan ke blogger yang bersangkutan untuk merubah judul artikelnya, kemudian memodifikasi sebagian isinya dan jangan lupa untuk menyertakan link ke sumber aslinya, jika alternatif pertama gagal, kita pilih alternatif kedua yaitu dengan cara melaporkan tindakan copy-paste tersebut ke google DMCA Complaints agar blog tersebut ditindak dengan tegas.


CARA MELAPORKAN TUKANG COPAS KE GOOGLE DMCA COMPLAINTS

Untuk melaporkan tindakan pencurian artikel/konten blog ke google dmca sebenarnya sangat mudah, google sudah menyediakan fasilitas untuk mengantisifasi tindakan pencurian konten/artikel, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Laporkan Agar URL Copaser dihapus dari pencarian google

Agar url si copaser yang sudah diindex dihapus dari pencarian google, anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan masuk ke halaman pengaduan google dmca-notice,
anda akan disuguhkan form isian yang harus  anda isi mengenai artikel yang dicopy paste. seperti gambar dibawah ini:

Silahkan anda isi data contact information yang diminta sebagai berikut:

a. First name, diisi dengan nama depan anda

b. Last name, diisi dengan nama belakang anda

c. Company name, diisi dengan nama perusahaan, atau anda boleh menggunakan nama blog anda

d. Copyright hlder you present, silahkan pilih self

e. Email address, masukan email untuk konformasi pemberitahuan

f. Country/region, pilih negara indonesia.

Kemudian isi juga data "Your copyrighted work" seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Silahkan anda isi data yang diminta sebagai berikut:
 a. isi keterangan tentang pencurian pada kotak no 1, misal telah terjadi pencurian konten dari blog saya tanpa seiizin saya.

b. Silahkan isi dengan url artikel blog  anda yang di kopi paste pada kotak no 2, data yang bisa anda masukan sampai 1000 baris, 1 link untuk satu baris.

c. Silahkan masukan juga url artikel hasil pencurian dari url blog si pencuri, pada kota no 3, data yang anda masukan bisa sampai 1000 baris, 1 link untuk satu baris.

Jika data diatas sudah anda isi, tahap berikutnya adalah mengisi bagian "Sworn Statement" seperti gambar dibawah ini


Silahkan isi dengan data sebagai berikut:
a. Sign on this date of, silahkan isi tanggal yang bersangkutan
b. Signature, isi dengan nama lengkap anda
c. masukan juga captcha

jika data diatas sudah anda lengkapi dengan benar, silahkan tekan tombol submit untuk mengirimkan data compliant kita. google akan merespon laporan dari kita secepatnya, dan blog yang mencuri artikel yang bersangkutan akan mendapat tindakan tegas dari google.

Melihat status laporan
Setelah anda melakukan pelaporan, untuk melihat status atas laporan yang diajukan anda bisa masuk ke alamat ini, maka dalam beberapa hari anda akan melihat apakah laporan anda ditanggapi atau belum

B. Laporkan Juga Blognya ke Google Adsense agar ditindak

Jika blog yang melakukan copy paste artikel anda merupakan blog yang menayangkan iklan google adsense, maka selain anda membuat laporan di atas anda juga bisa melaporkan blog tersebut ke google adsense agar mendapatkan tindakan untuk akun adsensenya.

Untuk melaporkan blog ke google adsense bisa mengisi form di link berikut:

Pengisian formnya juga sangat mudah, anda cuma diminta memasukan identitas anda, memasukan alamat blog yang melanggar, memilih opsi pelanggaran dan mengisi detail pelanggaran di bagian bawah.

pada opsi pelanggaran pilih seperti pada gambar di bawah ini:



HUKUMAN YANG AKAN DITERIMA BLOG YANG DILAPORKAN

Ada beberapa hukuman yang akan diberikan google terhadap blog yang kita laporankan karena sudah melakukan pencurian konten, hukuman barangkali tergantung tingkat keseriusan pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik blog tersebut, jika tindakannya ringan, artinya hanya beberapa artikel hasil kopipaste, artikel tersbut akan di hapus secara manual, atau mungkin saja artikel hasil kopi paste akan deindex sulit ditemukan di mesin pencari, namun jika tindakan kopi paste dianggap terlalu parah, boleh jadi jika isi artikel semuanya adalah hasil kopi paste, kemungkinan terburuknya adalah blog tersebut dihapus.

SARAN BAGI TUKANG COPI PASTE, ATAU TUKANG NYURI ARTIKEL ORANG

Apapun tindakan tukang copy-paste sebenarnya tidak dibenarkan, dan tindakan tersebut sangat merugikan orang lain dan tidak menghargai sesama blogger, biasanya tukang kopi paste otak dan kreativitasnya tidak akan berkembang, mereka akan kesulitan untuk membuat artikel bahkan satu artikel sekalipun, memiliki blog dengan reputasi yang akan semakin memburuk, karena artikelnya banyak yang melaporkan, jika anda ngeblog untuk menambah wawasan sebaiknya hentikan perbuatan copi-paste dan mulailah dari sekarang untuk berusaha membuat artikel hasil pemikiran sendiri, dengan demikian sedikit demi sedikin akan mampu untuk meningkatkan tingkat kreativitas anda dalam membuat artikel.

Demikian apa yang bisa saya informasikan mengenai Cara Melaporkan Pencurian artikel (copy-paste) ke google DCMA, semoga bermanfaat.


97 komentar:

  1. Terima kasih gan atas informasinya, blog saya kena copas isi keseluruhannya pusing jadinya nih , capek2 bikinnya , eh dicomot orang , ga tanggung tanggung lagi , satu blog penuh, kira2 kenapa ya bisa seperti itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas gan di auto content, biasanya melalui jalur feed, agan sebaiknya feednya di non aktifkan atau dibatasi gan jadi khusus, masuk akun agan, stelan > lainnya pada izin umpan blog pilih singkat, atau kalo perlu non aktifkan. di laporkan saja gan, nanti juga dapat respon

      Delete
    2. Sudah saya laporkan gan , tapi baru sebagian saja . Cukup merepotkan juga ya ulah copaser yg kek gini , soalnya traffic jadi turun drastis. btw feed saya kenapa ga mau di buat sebagian ya , minta full , tau alasannya ga gan ?

      Delete
    3. wah saya belum ngalamin feed tidak bisa diatur

      Delete
    4. Senasib kita gan, rasanya itu menyakitkan ketika saya sudah bersusah payah melakukan riset, ibarat kata studi banding dulu sama tetangga sebelah.

      Ketika hasil studi telah berhasil dibuat dalam bentuk artikel walaupun acak-acakan. Tiba-tiba ada orang yang saya percaya dia itu sebenernya pinter cuma males, makanya bisanya cuma nyomot hasil karya orang (termasuk saya).

      Yang paling menyakitkan lagi itu ketika saya iseng surfing di salah satu SE, nyatanya artikel saya berada di bawah artikel dia yang copas punya saya.

      Terimakasih sebelumnya atas panduan pengaduan masalah duplikat konten ini gan. Barusan udah saya submit, semoga baik kabarnya.

      Delete
    5. Blog saya juga di copas full sama nih Web >>>>>>>>>>http://www.attasites.com
      Mohon solusi nya mbak

      Delete
    6. semakin popular blog, memang semakin besar potensi dicopas. malangnya traffic blog saya sekarang berkurang hingga 60% dr pageview 4000/hr jd 1400 saja :(

      Delete
    7. Javabackpacker
      Kutip:
      Sudah saya laporkan gan , tapi baru sebagian saja . Cukup merepotkan juga ya ulah copaser yg kek gini , soalnya traffic jadi turun drastis. btw feed saya kenapa ga mau di buat sebagian ya , minta full , tau alasannya ga gan ?

      mungkin jawaban mas java sudah terjawab lengkap http://imoul.blogspot.co.id/2016/05/mencegah-pencurian-artikel-dari-feedburner.html

      Izin memberikan refrensi mas Didin Ajidin

      Delete
  2. Gan, kalau feed nya kita non aktifkan, apa tidak ada pengaruh ke blog kita gan?
    tolong pencerahannya ya gan. salam kenal gan
    http://www.restofocus.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruhnya biasanya ke paginasi, jika template agan menggunakan paginasi halaman, juga ke kometar blog jadi tidak beraturan dan tidak bisa di reply, saran saya lebih baik di singkat aja gan feednya. karena ada beberapa widget yang mengambil sumber datanya dari feed itu sendiri. biasanya suka terganggu.

      Delete
  3. mas didin pengen nanya lagi nih.. hehehe aku baru saja mendapatkan email dari dmca dan isinya adalah copypaste konten. sedangkan file atau media yang aku gunakan itu adalah milik site lain. tapi sebelum aku publish konten tersebut, aku sudah meminta izin untuk menggunakan konten tersebut. apa yang sebaiknya aku lakukan ya mas? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta izin apa keuntungan yang mas berikan untuk konten aslinya ? apakah mas mencantumkan link aktif ke konten aslinya?

      Kemungkinan ada laporan dari si pemilik artikel aslinya, karena dianggap merugikan

      Sebaiknya mas hapus, atau mas modifikasi judul dan isi artikelnya. (sama saja mas menyusun artikel baru), sebaiknya copy paste dihindari mas, lebih baik kaji dulu sumbernya dan suguhkan artikel dengan bahasa sendiri meskipun membahas topik yang sama itu akan lebih baik.

      Delete
    2. bukan semacam artikel sih mas tp link external.. klo artikelnya saya buat sendiri atau translate sendiri..

      iya mas.. makasih banyak yah pencerahannya sangat bermanfaat..

      Delete
  4. wah kayaknya punya saya ini kena auto conten solusinya setelah di non aktifkan feeds nya lalu apa tetap kita laporkan ke dmca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya apalagi mis merasa dirugikan lebih baik laporkan saja.

      Delete
  5. artikel ini yang saya cari-cari, memang butuh pengawasan ketat agar blog dapat bertahan http://sahupalashare.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Terimakasih..
    Saya juga baru saja melaporkan pencurian artikel dari blog ku http://android-apkdata.blogspot.com/ yang ada di blog lain.
    Nice share Gan !!

    ReplyDelete
  7. Tapi trick ini hanya bisa via PC ajakan yang bukan via hape (browser) coz jika ane lihat dari Screenshotnya aja yg sangat lebar dan tdk jelas pada gambarnya tuh brother.. :mrgreen:

    ReplyDelete
  8. Kalau copasnya selama 5 bulan gimana gan? sudah puluhan artikel saya ada di blog-ya masa' mau di masukan semua URLnya, pada hal blog ini saya daftarkan google adsense dan 7 x saya di tolak terus. lihat ini blog saya http://www.healthyfruits.tk/ Dan ini yang copas http://www.airpollution.ga/ semuanya sama persis tidak ada yang di modif

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena autoblog sepertinya, ya resikonya laporkan harus satu-persatu, untuk menangkalnya agan harus tutup akses feed dari blog agan, atau persingkat feednya

      Delete
  9. Tolong jelaskan tentang auto feed mas, terus bagaimana itu caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuma bisa menangkalnya gan, untuk bagaimana cara autofeed, tidak akan dibahas, nanti ada yang niru lagi,
      untuk referensi agan bisa baca diartikel berikut:
      http://strukturkode.blogspot.com/2015/03/memperpendek-rss-feed-blog.html

      Delete
    2. Nury@ biasanya blogger AGC tersebut memanfaatkan melalui email yang telah berlangganan dengan situs kita. untuk mencegahnya silahkan persingkat isi dari artikel anda melalui url yang sudah diberikan oleh mas didin tersebut, dan langkah selanjutnya maslaah feedburner, coba anda jadikan NoL saja yang artinya ketika orang berlangganan melalui situs anda maka yang terkirim ke email pelanggan tersebut hanya judulnya saja. jika memang dia manusia maka otomatis akan mengklikny, dan jika blog AGC maka yang tercopas oleh AGC hanya judulnya saja

      solusi mengaturnya sudah disediakan silahkan http://imoul.blogspot.co.id/2016/05/mencegah-pencurian-artikel-dari-feedburner.html
      contoh gambarnya https://2.bp.blogspot.com/-_X0eZ-VFvEQ/VzwJyPG5AnI/AAAAAAAAAVg/9tkt7y8wehwEcPXsq1_YFNsRLhUEHJ1SgCLcB/s1600/feedburner.png

      Delete
  10. Untuk melaporkan blog yang berdomain wordpress bagaimana? Saya sendiri berdomain blogspot.

    ReplyDelete
  11. anjrit deh, 2 artikel saya yg saya tulis lebih dari 6 jam, di copas murni hanya di ganti judul saja. Thanks gan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang tukang kopas itu menjengkelkan ya gan, laporkan aj gan setiap ada artikel agan di kopas laporkan terus gan...!

      Delete
  12. gan blog saya dicopas tanpa sumber eh pas saya cek ditolak sama DMCA namun saya cek lagi artikelnya kosong allias 404 not found? Saya masih belum mengerti cara kerjanya gan. Tolong pencerahannya pliss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika google menindak lanjuti laporan DMCA complain kita, maka artikel hasil kopas di blog tersebut akan di kembalikan ke draft, biasanya diminta diperbaiki atau diubah, jika masih tetap, resiko artikel akan dihapus di blog tersebut oleh google, jika si pemilik blog masih tetap melakukan hal yang sama dan google menerima banyak DMCA komplain untuk blog tersebut, blog tersebut akan dihapus oleh google.

      Delete
    2. Makasih mas Didin Ajidin, sekarang saya jadi ngerti. Banyak blogger yang tidak bertanggung jawab -_-

      Delete
  13. Permisi.
    Kenapa waktu saya laporkan, dan masukkan tanggal. Muncul tulisan "Harus Seawal Mungkin". Padahal tanggal itu sudah sama dengan tanggal saya nerbitkan artikel. Mohon dijawab, terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggal yang mana gan, apakah pas ngisi tanggal untuk signatur, kalo misalnya itu, periksa lagi barangkali format tanggalnya salah harus seperti ini formatnya: bulan/tanggal/tahun

      Delete
    2. tanggal yang dimasukan tanggal hari yang bersangkutan, bukan tanggal penerbitan artikel, itu cuma buat tandatangan digital saja.

      Delete
  14. Manfaat banget neh, artikelku banyak yang copy paste

    ReplyDelete
  15. wah mantab, sangat membantu kerena salah satu blog ane juga di kopas semuanya sampai titik koma gada bedanya kayak kembar identik

    ReplyDelete
  16. telah terjadi pencurian lagi gan, jadi langganan saya ini tutorialnya. Tanks..

    ReplyDelete
  17. copas tanpa sumber memang paling menyebalkan mas, saya juga pernah di copas 1 Blog full polos kembar identik, cuma beda judup blog nya saja, akhirnya saya kirim e-mail dan dianya berhenti copas, hadeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, jika diketahui melakukan hal yang sama di laporkan saja mbak, biar dapat teguran :D

      Delete
    2. wahy wic@ meskipun diberikan sumber seperti yang pernah saya bilang di komentar pada blog ini, GOOGLE tidak akan mentolerir karena apapun bentuknya itu adalah duplikat konten dan google tidak menyukai duplikat tersebut. dan tetap saja jikapun diberikan sumber tetap namanya maling.

      Delete
  18. gan biasanya suka berapa lama ya DMCA meresponsnya? soalnya aku sudah lapor dari tanggal 26 tapi belum ada laporan link yang di terima ... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak tentu gan, malahan kurang dari satu minggu pun ada respon , namun jika tidak ada respon dalam 2 minggu, laporkan lagi gan,

      Delete
  19. miris memang kalau liat blogger copas yang kebanyakan masih "bocah"
    awalnya si mau sy laporin tapi setelah liat situsnya pasang adsense juga sy jadi mikir kasian tu bocah kalau tar dilaporin & adsensenya kena masalah juga

    Akhirnya hari ini sy putusin remove artikel asli sy aja deh *Ngalah* rezeki mah ga kemana walau sayang itu konten yg dicopas tiap hari bisa dapet 3000-4000 view

    Dulu sy nulis juga pake modal karena harus nyoba dulu & ngeluarin duit, Alhamdulillah tu artikel masuk halaman 1 no 1 pulsa, akibatnya view dulu pas lagi rame bisa 6K diartikel itu doang & sekarang udah agak sepi sisa 3K-4K sehari

    Mau diedit juga ribet soalnya ada 800kata lebih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya setidaknya agan tegor dulu kasih nasihat yang baik, jika dibiarkan barangkali bukan agan saja yang menjadi korbannya, semega saja dia bisa menjadi blogger yang bisa memperbaiki diri. :D

      Delete
  20. Halo mas,

    foto teman saya ada yang dipakai tanpa ijin. sudah dikomen, muncul komennya tapi dicuekin dan tidak ditanggapi oleh yang punya web itu. Terus pas dia mau laporkan DMCA, dibilangnya invalid url - sepertinya si owner website mengaplikasikan menghapus .html di setiap postnya sehingga tidak bisa dilaporkan. Kira-kira gimana lagi ya mas caranya?
    Teman saya ini fotonya memang bagus2 - dia fokus di foodblogger dan website itu menggunakannya gitu aja. Makasih loh mas sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas coba hubungi langsung ke email si pemilik blognya langsung, jika ada informasi kontaknya.

      minta dihapus saja atau agar diganti ke si pemilik blog yang copas

      Delete
  21. Blog saya juga kena auto kopas dri blog orang lain... mirisnya, artikel blogku selalu di bawah,, blog dy selalu di atas.

    udh ku laporkan d DMCA tp blm ada tanggapan,, ada saran gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batasi rss feed blognya mas, agar tidak di copas secara otomatis lagi, caranya mas bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/03/memperpendek-rss-feed-blog.html

      Laporkan lagi tiap 1 minggu atau 2 minggu sekali.

      Delete
  22. Makasih gan, akhirnya saya menemukan cara untuk melaporkan tukang copy paste artikel saya.

    ReplyDelete
  23. Makasih gan..barusan ane udah laporkan oknum yang copas blog ane...

    ReplyDelete
  24. saran saya kalau laporin jangan pakai yg form bahasa Indonesia, kemaren sempet nyoba pakai yg bahasa Indonesia tapi yg bales bule & ujung2nya mereka bilang ga bisa ngapai2n padahal yg copas pake blogspot & jelas2 gambarnya ambil dari tempat saya masih hotlink :(

    Lebih gampang laporin blog copas yg pasang adsense & laporin nya langsung klik dari ujung iklan adsensenya, saya udah coba ada 6 artikel lebih yg dicopas blogspot udah diapus, kalau laporin lewat dmca blogger lama ga direspon2 udah seminggu lebih

    ReplyDelete
  25. Sangat Setuju sama agan ini, Saya paling benci jika artikel saya di copas tanpa sumber & ijin.

    ReplyDelete
  26. bagaimana jika blog yang copas tulisan kita tersebut sudah jauh lebih eksis dari blog kita dan sudah ada iklan adsense-nya. apakah google akan keberatan memberi hukuman pada blog tersebut? secara blog copaser tsb juga sudah menjadi sumber uang bagi google, sedangkan blog kita masih bayi.

    apakah jika si copaser sudah kasih link ke artikel asli punya kita, tidak akan berpengaruh negative lagi pada blog kita gan? mohon penjelasan yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laporkan saja mas, tugas kita jika memang merasa keberatan laporkan saja, keputusan di hapus, atau iklan adsense di banned itu hanya google yang punya keputusan.

      jika kopaser kasih link berarti ada point backlink untuk artikel yang dikopas menguntungkan untuk meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian.

      Delete
  27. makasih yah mas didi saya jadi tahu cara melaporkan blog copas ke dmca.

    Tetapi kayaknya blog yang saya laporin artikel copasnya mirip banget terus struktur urlnya juga sama. Sepertinya blog saya kena AGC atau lainya. Mas nya bisa cek di Info Center Blog dan web nakal ini http://www*anime-cyber*com/2016/01/cara-memasang-atau-setting-domain-tld.html setelah saya melakukan pengamanan atau membatasi feed blog jadi aman.

    ReplyDelete
  28. Terima Kasih Mas, karena bantuan dari mas, saya sudah melaporkan blog yang mengcopy foto2 yang terletak di blog saya dan sudah ditindak lanjuti oleh Google DCMA dengan menghapus permanen link tersebut

    Karenanya saya juga izin membuat artikel serupa dengan nara sumbernya adalah blog mas ini

    ReplyDelete
  29. malam ini sy temui blog yg beberapa isi kontenya full copas konten sy dan berkat info mas sy laporkan ke dmca, semoga laporan sy segera ditindaklanjuti dan blog tsb langsung dibanned krna sy curiga sluruh isi blog tsb hasil copas dr berbagai blog.

    ReplyDelete
  30. terima kasih atas infonya. artikel saya yg di copas sudah dihapus dari SERP tapi masih ada di blog yg bersangkutan. Google hanya meng-omit, tapi belum di-remove.

    ReplyDelete
  31. mas, emang bisa pake bahasa Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja gan google gitu loh, tapi lebih apdol pake bahasa inggris

      Delete
  32. tanggal yg bersangkutan itu tanggal kita pas lapor apa tanggal apa? tanggal dicopas?

    ReplyDelete
  33. Mudah-mudahan dengan TIPS ini saya bisa mengatasi Artikel yang di Copy Semua Isi dari Blog saya... Amin...

    Kenapa Dia Copy Paste Semua Artikel saya dengan Label "...."...?? saya sangat kecewa dengan Blog tersebut.. masa Semua Artikel saya di Copy Paste Semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati barangkali blog agan disadap, pastikan seting feed blog di batasi untuk menghindari penyadapan artikel.

      bisa di baca:
      https://strukturkode.blogspot.co.id/2015/03/memperpendek-rss-feed-blog.html

      Delete
  34. namanya maling tetap saja maling mas didin. sekalipun mereka mencantumkan link sumber dan sebagainya, karena robot google yang menilai duplikat konten. bukan manusia yang bekerja di google, kalau manusia enak saja (ah tidak pa-apa, karena dia sudah izin sama autho utamanya) kalau robot apakah bisa mentolerir blogger maling?

    saya juga baru membuat artikel tentang blogger maling yang berjudul Cara menghajar blogger copas ke dmca. saya tidak segan-segan menulis namanya karena memang MALING, RAMPOK, terlebih di blognya ada iklan google adsense (MAKAN TUH UANG HARAM) blogger seperti ini ialah blogger bi*ad*b

    mungkin tulisan tersebut akan kena ke jantungnya langsung dan membuat dia akan sadar (sadar jika dia masih menggunakan akal dan otaknya untuk taubat) kalau dia masih seperti itu artinya dia sudah tidak ada otak lagi, keceakaan pun tidak akan gegar otak karena TIDAK ADA OTAK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan, tidak ada jaminan meskipun meletakan link sumber jika sipemilik tidak mengiyakan.

      Ada aja memang yang copas artikel, kadang kita harus meminimalisir seperti artikel tidak bisa dicopas, hanya meminimalisir saja meskipun akan bisa dicopas juga kalo tau caranya. minimal sedikit mengerjai orang yang punya niat copas.

      Delete
  35. Saya baru saja melaporkan sebuah blog. Biasanya berapa lama ada tindakan dari Google? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dalam satu minggu sudah ada tindakan,
      Laporkan dan tunggu, jika si pencuri artikel sudah dapat tindakan biasanya artikel tidak akan muncul di blognya, jika dalam 2 minggu masih belum ada perubahan bikin laporan lagi gan

      Delete
    2. Ditya Pandu @ jika anda sudah melaporkan ke dmca, maka silahkan cek di situs resmi dmca-google yaitu di link ini https://www.google.com/transparencyreport/removals/copyright/search/

      itu sudah saya mudahkan, anda tinggal masukan saja url perampok artikel atau nama anda sebagai pelapor.

      Delete
  36. Mas Didin,,, kalau cara untuk mengetahui artikel2 kita yang mana saja yang dikopas oleh orang lain secara keseluruhan bagaimana? Soalnya kan kita gak tau apakah artikel itu dikopas atau tidaknya. Cuma barusan saya ngecek di pencarian, eh ada judul artikel yang sama dengan saya dan isinya pun sama persis. Pas dicoba cek lagi artikel lainnya pun ternyata sama ada yang dicopas. Baru 3 artikel yang diketahui dicopas. Kasih tau caranya ya Mas! Soalnya ngiri juga, yang mereka udah ada iklan adsense. Eh, yang saya dari dulu susah daftar adsennya. Makasih sebelumnya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sama seperti mas,kadang malas cek artikel apakah dikopas atau tidak padahal pasti ada yang kopas, nemunya kadang tidak senagaja menemukan artikel ketika cek kata kunci di pencarian.

      atau mas bisa coba gunakan tool ini:
      http://smallseotools.com/plagiarism-checker/

      cuma tidak bisa semuanya paling beberapa artikel saja dalam satu kali cek, mudah-mudahan bermanfaat.

      Delete
  37. Oh ya mas,,, kalau di blog kita dipasang anti copas, apakah ada pengaruhnya terhadap blog kita? misalkan mengurangi pengunjung atau bagaimana? Soalnya kan nanti bisa disebut pelit ilmu. Tapi kan kalau dibiarkan bisa dicopas, sayang juga itu pencurian konten apalagi sumbernya nihil. Oh ya, kalau misalkan kita langsung lapor ke dmca google bisa? tanpa tegur dulu, soalnya ada yang contactnya gada sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan.
      Laporka saja langsung bisa gan.

      Delete
  38. mau liat blog full copas, ini contohnya: wwww.beritaotomotif.org. artikel blog saya banyak sekali dimaling sama nih blog, mohon bantuan master disini, tolong dicek, itu blog berbasis blogger bukan? kalo bukan, gimana ngelaporinnya? apakah ada cara untuk menghukum penjahat dunia maya seperti ini? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya blog berflatform blogspot.

      Delete
    2. makasih mas didin, sudah saya submit laporannya ke dmca. semoga blognya segera dimusnahkan sama google. amiin..

      Delete
    3. tidak ada tanggapan dari google, malah itu blog udah pasang adesense. gimana sih google.. heran ane. gak adil banget nih..

      Delete
    4. Coba gunakan form ini gan, kalo bisa gunakan bahasa inggris :
      1. Pelanggaran kopas dan dia penayang adsense, laporkan disini:
      https://support.google.com/adsense/contact/violation_report

      2. agar akun blognya ditindak (konten agar dihapus google dari dashboard blognya dan juga mesin pencari) gunakan link ini:
      http://support.google.com/legal/contact/lr_dmca?&product=blogger

      bikin laporan menggunakan ke dua link diatas dan paling jitu gunakan bahasa inggris, tunggu lihat lagi dalam 2 minggu, jika masih belum dihapus laporkan lagi.

      Pengalaman saya menggunakan form datas dalam 2 minggu artikel sudah dihapus oleh sipemiliknya karena mendapatkan peringatan dari google

      Delete
  39. adakah cara melaporkan akun adsense blog copas bro? blog setan copas itu ternyata berhasil pasang adsense di blog copasnya itu. takutnya blog saya dianggap google yang copas, karena dia sudah diterima adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelanggaran yang dilakukan penayang adsense laporkan disini gan:

      https://support.google.com/adsense/contact/violation_report

      gunakan bahasa inggris

      Delete
    2. Makasih banyak mas didin, akan saya coba. sangat membantu..

      Delete
  40. mas didin kalau yang copas pakai wordpress gimana...? setiap saya update artikel besoknya pasti langsung di copas..mohon bantuannya mas didin

    ReplyDelete
    Replies
    1. laporkan saja di sini mas:
      http://wordpress.com/report-spam/

      oh ya blognya feednya batasi mas, bisa dibaca disini:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/05/seting-dasar-blogspot.html

      Delete
  41. permisi mas, beh aku lagi pusing mas, masa aku coba iseng cek judul artikelku ternyata yang muncul di google blog orang, sedangkan punyaku berada dibawahnya. judul,artikel,dan semuanya beserta gambar"nya sama. merasa di dzolimi aku mas, dan parahnya dia nerbitkan udah oktober 2015 berarti dia udah nyuri selama 1 tahun hingga sekarang, dianya udah tak kontak suruh hapus. yang saya tanyakan jika nanti artikel dia yang hasil copas dari saya itu tidak di hapus apakah masih bisa saya laporkan mas. mohon bantuannya mas. sebelumnya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laporkan langsung saja mas, oh ya...periksa lagi pengaturan feed burner di blog mas coba batasi agar tidak menjadi korban autoblog mas.

      Delete
  42. baru sadar kena juga.. kena hampir satu blog full.
    .
    coba nnti saya laporkan. makasih infonya :)

    ReplyDelete
  43. Habis sudah artikel saya di copy orang. tak sanggup lagi mengatasi nya

    ReplyDelete
  44. Manteb mas tipsnya....saya juga merasakan gregetan karena artikel saya dicopas mentah-mentah tanpa link kredit. Nggak tanggung-tanggung 3 artikel dikopas dalam satu halaman web peng-kopas.

    Makasih mas tipsnya....

    ReplyDelete
  45. Gan, saya sangat butuh bantuannya mas, ada banyak blog yang sudah copas artikel dari blog saya, saya mohon bantuannya mas, saya sudah lapor ke DMCA, tapi di reject terus. tolong bantuannya mas, please di balas mas.
    jadi malas gw upload artikel lagi kalo ginimah. Setiap upload selalu ada yang copas, gregetan gw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati gan mungkin blog agan di sadap, batasi rss feednya, tapi susah sih kalo di konten scarpting, kaya blog saya ini, sudah kewalahan mengatasi copas.

      Agar tidak ditolak, pastikan

      Daftar url pengopas perbarisnya selalu berpasangan dengan daftar url asli.

      Misal daftar url kopas yang dimasukan

      -copas url tentang A
      -copas url tentang B

      di daftar url asli yang dilaporkan
      -asli url tentang A
      -asli url tentang B


      setiap barisnya susunan pasangannya harus sesuai

      Delete
  46. saya sudah lakukan segala cara gan, cari tutorial kesana kemari, tetap gak bisa gan, kan gak enak gitu mas, saya buat artikel sampai larut malam, eh 5 menit kemudian udah di kopas. Bingung gua bang. kalau ada solusi lain mohon bagi ilmunya bang.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  47. Terimakasih tutorialnya mas, saya juga baru melaporkan situs web yang copy paste artikel saya. Sebenarnya saya tidak pernah permasalahkan artikel saya di copy paste asalkan dicantumkan link sumbernya. Tapi kali ini kelewatan banget sampai nyantumkan sebiji sumber pun nggak mau.

    ReplyDelete
  48. Saran saya:
    1- Pengaturan blog, buatlah Feed mode Singkat jangan Penuh
    2- Pasang kode CSS anti kik kanan anti select dan anti CTRL. Ingat.. pasang kode CSS bukan kode HTML. Kalau kode HTML bisa dibobol dengan menonaktifkan javascript.
    3- pasang kode script anti-block.

    ReplyDelete
  49. Wah ini nih, terima kasih, saya sudah menghapus 91 artikel yang dicuri orang, kerja keras saya seperti sia-sia saja. terima kasih atas artikel yang bermanfaat ini, tadinya saya mau daftar dmca tapi disuruh bayar, jadi gajadi

    ReplyDelete
  50. Mas, gimana kenapa laporan saya di tolak terus. Saya udah lapor seperti yang mas jlskn di atas. Tp di tolak mas. Dan parah nya itu si pencuri itu udah ngambil lagi content saya mas. Tolong bantu saya mas.

    ReplyDelete
  51. Hallo mas admin, mohon bangat untuk membantu saya, sebagian besar isi blog saya dikopi paste oleh si pencuri mas, adu mas jujur kesal--kesal kesal, pingin gebukin soalnya saya berusaha sekuat tenaga untuk menulis artikel yang asli eh malah dikopas, mas kalau saya lakukan bom klik GAnya apakah itu bisa jadi solusi mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. :), Xixi, pengalamannya sama mas, blog mas blog populer kayaknya, saya sepertinya sudah puluhan dicopas, di AGC, bahkan di scrap,

      Menurut saya coba dihubungi aja secara baik-baik mas pemilik blognya, jika tidak menggubris mas bisa membuat laporan ke google.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!