Apa itu googe AdSense? : Panduan lengkap untuk pemula - Google AdSense adalah program kerjasama periklanan internet yang disediakan oleh google untuk memfasilitasi para publisher untuk memasang atau mempromosikan iklan para advertiser yang sudah terdaftar di google pada blog atau situs yang mereka miliki, lantas darimana iklan adsense tersebut berasal? dalam persaingan dunia bisnis banyak cara agar bisnis bisa populer atau produk bisnis yang dimiliki oleh para pengusaha cepat populer dan diketahui oleh khalayak ramai, salah satunya adalah melalui media Iklan, google sebagai perusahaan raksasa internet dengan jumlah pengguna yang paling banyak didunia menyediakan layanan khusus untuk memfasilitasi para pengiklan atau advertiser untuk mempromosikan produk atau perusahaan yang mereka miliki, google dengan berbagai cara, dengan memanfaatkan teknologi internet akan berusaha untuk menyampaikan dan mempromosikan iklan para pengiklan kepada konsumen yang tepat sesuai dengan kriteria dan kategori iklan yang dipilih.

Bagaimana cara Kerja google AdSense?

Secara umum ada 4 aktor yang terlibat dan berinteraksi dengan google adsense, yaitu advertiser atau pengiklan, penyedia layanan iklan, publisher dan konsumen. secara garis besar sistem kerja google adsense adalah sebagai berikut:

Publisher memasang iklan melalui layanan google, google sebagai penyedia layanan iklan memiliki program untuk membantu mempromosikan iklan tersebut agar mudah ditemukan oleh konsumen yang tepat, program tersebut lebih dikenal dengan google AdSense, melalui layanan tersebut iklan didistribusikan kepada publisher iklan, yang sudah disetujui oleh google, para publisher kemudian akan memasang iklan AdSense pada halaman situs atau blog yang mereka miliki, untuk menjadi publisher tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis, publiser akan mendapatkan keuntungan atau income, ketika iklan yang dipasang pada halaman blog yang mereka miliki di klik oleh pengunjung blog mereka, publisher akan dibayar oleh pihak google ke rekening virtual khusus google adsense, perhitungan income yang didapat oleh publisher sesuai dengan biaya Cost Per Click (CPC) yang dipasang oleh advertiser untuk iklan yang diklik tersebut, publisher bisa mencairkan pendapatan mereka dalam bentuk dolar ketika sudah memenuhi ambang pembayaran.


Secara detail sistem kerja google adsense dengan 4 aktor diatas adalah sebagai berikut:

a. Aktor Pertama adalah Advertiser atau pengiklan

Advertiser atau pengiklan akan berusaha untuk memanfaatkan penyedia layanan iklan internet dalam hal ini (google AdSense) untuk mempromosikan produk atau perusahaan yang mereka miliki, para pengiklan untuk beriklan di google adsense harus menggunakan tool khusus yang sudah disediakan oleh pihak google, tool tersebut adalah google adword, sebelum bisa menggunakan tool tersebut, pengiklan harus melakukan registrasi google adword terlebih dahulu, syaratnya tidak terlalu sulit hanya cukup dengan memiliki alamat email google saja, cukup untuk melakukan pendaftaran google adword.

setelah memiliki akun google adword, para pengiklan bisa mengajukan permohonan untuk memasang iklan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada google adword tersebut, para pengiklan atau advertiser bisa memilih jenis iklan yang akan mereka pasang dan mereka akan dikenakan biaya beriklan sesuai dengan kesepakatan khusus antara pengiklan dengan pihak google.

adapun bentuk layanan iklan yang bisa dipilih oleh advertiser adalah sebagai berikut:

1. Adsense for Content

Adsense for content adalah bentuk layanan iklan yang memungkinkan iklan dipasang pada halaman blog, iklan ini bisa dipromosiakan oleh para blogger pada halaman blog yang mereka miliki

2. Adsense for Search

Tipe iklan adsense kedua adalah adsense for search. Publisher akan menampilkan mesin pencari google pada website/blognya. Komisi akan didapatkan publisher bila pengunjung melakukan pencarian pada mesin pencari yang tampil pada website tersebut. kadang adsense for search muncul ketika pengunjung melakukan pencarian pada mesin pencari google.

3. Adsense for Video

Tipe iklan google adsense yang for video biasanya bisa kita pasang pada video youtube

4. Adsense for Mobile

Khusus adsense for mobile merupakan tipe iklan GA yang bisa tampil untuk perangkat mobile


b. Aktor ke 2 adalah Penyedia Layanan Iklan

Penyedia layanan iklan dalam hal ini adalah, google menyediakan aplikasi web khusus yang dapat memfasilitasi para pengiklan untuk beriklan di google, aplikasi tersebut dikenal dengan nama google adword, ketika pengiklan atau advertiser memutuskan untuk beriklan di google mereka harus memiliki akun google adword terlebih dahulu, setelah itu dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan pada google adword, advertiser bisa memasang iklan mereka dengan format iklan dan biaya tertentu sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak google.

c.  Aktor ke 3 adalah Publisher Adsense

Publisher adalah pihak yang membantu google untuk mempublikasikan atau mempromosikan iklan-iklan para advertiser yang sudah terdaftar di google. publisher akan mempublikasikan iklan tersebut melalui halaman situs atau blog yang mereka miliki, oleh karena itu salah satu syarat untuk menjadi publisher google adsense adalah, harus memiliki alamat situs atau blog, baik itu gratis atau berbayar, situs tersebut nanti akan digunakan untuk memasang iklan google AdSense, namun untuk dapat memasang iklan adsense pada blog yang kita miliki sepertinya bukan hal yang mudah, Para calon publisher dengan situs atau blognya harus melakukan pengajuan khusus terhadap pihak google agar bisa memsang iklan, dengan kata lain harus daftar google adsense terlebih dahulu, untuk daftar menjadi publisher tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, namun syaratnya kita harus memiliki alamat blog atau situs, setelah melakukan pengajuan, google akan mereview setiap pendaftaran para calon publisher, dan pihak google akan memilih dan menerima publisher yang benar-benar memenuhi kriteria sesuai dengan ketentuan mereka.

silahkan baca juga : cara agar diterima menjadi publisher google adsense

Setelah calon publiser diterima menjadi publisher AdSense, publisher akan diberikan izin untuk memasang iklan adsense pada blog yang mereka miliki sesuai dengan ketentuan pemasangan iklan yang sudah ditetapkan oleh pihak AdSense.

d. Aktor ke 4 adalah konsumen

Konsumen adalah aktor terakhir dari siklus sistem google adsense, konsumen adalah orang yang tertarik dan menemukan iklan adsense baik itu sengaja maupun tidak, ketika konsumen berminat terhadap iklan adsense yang mereka temukan, pada umumnya mereka akan mengklik iklan tersebut untuk mendapatkan informasi detail mengenai iklan tersebut, dengan demikian tujuan si pemasang iklan terpenuhi, dan pemasang iklan akan dipungut biaya atas proses tersebut oleh pihak google, sedangkan publisher akan mendapatkan pembagian keuntungan dari pihak google sesuai dengan biaya yang telah ditetapkan.

Apa keuntungan Memasang Google AdSense ?

Apa Manfaat dan keuntungan kita memasang iklan AdSense ?, Jika kita di posisi publisher, ada beberapa alasan kenapa memilih menjadi publisher AdSense dan harus memasang iklan tersebut pada blog yang kita miliki, tentu saja yang menggiurkan adalah keuntungan yang bisa kita peroleh, artinya dengan memasang google adsense kita akan memperoleh keuntungan atau income tanpa harus mengeluarkan modal uang sedikitpun alias gratis, lantas darimana keuntungan tersebut kita dapatkan? keuntungan yang kita dapatkan dari google adsense, bukan tanpa usaha, keuntungan tersebut baru akan kita dapatkan ketika ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan adsense yang kita pasang pada halaman blog yang kita miliki, setiap klik terhadap iklan yang kita pasang, akan dihargai oleh google sebagai upah yang harus dibayar kepada publisher dengan perhitungan tertentu.

Perhitungan uang yang akan kita peroleh dikenal dengan CPC (Cost Per Click) atau biaya setiap iklan di klik, advertiser untuk adsense for Search, akan memasang biaya per setiap klik untuk iklan yang mereka pasang biasanya ditetapkan dalam bentuk dolar, CPC adalah pendapatan yang akan kita dapatkan ketika iklan yang kita pasang pada blog yang kita miliki mendapatkan klik dari pengunjung, oleh karena itu tugas publisher adalah berusaha agar blog yang mereka miliki mendapatkan visitor yang melimpah, sehingga peluang klik pada iklan yang kita pasang semakin banyak. lantas berapa dolar yang akan kita dapatkan ?, besar kecilnya dolar yang akan kita dapatkan tergantung dari banyaknya jumlah klik yang kita pasang, sehingga semakin banyak iklan mendapatkan klik maka akan semakin besar keuntungan atau income yang akan kita peroleh.

Bagaimana cara Daftar google Adsense?

Untuk pendaftaran google adsense, boleh dibilang gampang-gampang susah, karena pihak adsense sendiri tidak menetapkan kriteria secara pasti harus seperti apa agar kita bisa diterima menjadi publisher AdSense, namun syarat utama yang harus kita miliki adalah kita harus mempunyai halaman blog atau situs, silahkan bisa anda baca cara membuat blog, dan untuk saat ini adsense sudah bisa menerima blog berbahasa indonesia,  jika anda tertarik untuk mendaftar Adsense, silahkan baca artikel saya tentang  Cara Daftar Google adsense melalui Blog. saya sendiri lebih menganjurkan untuk melakukan pendaftaran melalui blog berflatform blogspot, karena memiliki peluang diterima lebih baik.

Jangan khawatir ketika kita mendaftar google adsense, karena sama sekali tidak di pungut biaya seperserpun alias gratis, juga tidak harus memiliki akun paypal atau semacamnya, ketika kita berhasil di approve oleh pihak adsense maka secara otomatis adsense akan menyediakan rekening virtua yang digunakan untuk pembayaran ke kita sebagai publisher, yang bisa kita ambil dan cairkan ketika sudah memenuhi ambang batas pembayaran.

Namun kadang ketika kita melakukan pendaftaran, kita harus siap menerima keputusan dari pihak adsense, karena ada beberapa kemungkinan blog yang kita daftarkan tidak diapprove alis pendaftaran adsense yang kita lakukan gagal atau tidak diterima sebagai publisher, penyebab pada umumnya adalah karena kemungkinan besar blog yang kita miliki tidak memenuhi kriteria google adsense,

tetapi jangan khawatir, kita bisa mendaftarkan kembali terus berulang-ulang blog yang kita miliki sampai benar-benar diterima oleh pihak adsense.

Bagaimana cara memasang iklan google adsense pada halaman blog?

Setelah kita berhasil di terima oleh pihak google sebagai publisher google AdSense, maka kita akan diberi halaman khusus untuk mengelola adsense sekaligus dilengkapi dengan rekening virtua, halaman khusus tersebut khusus untuk blog berflatform blogspot akan terintegrasi secara langsung dengan akun blog yang kita miliki. melalui akun adsense tersebut, kita bisa mengambil kode iklan adsense untuk dipasang pada blog yang kita miliki, silahkan baca juga cara memasang kode unit iklan Adsense pada blog. kode iklan adsense biasanya berupa kode java script, kode tersebut bisa kita sisipkan pada kode template blog atau kita sisipkan menggunakan widget HTML/Javascript. namun yang harus kita perhatikan adalah jangan sekali-kali memasang kode unit iklan adsense yang melanggar peraturan dari google adsense, baik jumlahnya maupun cara penempatannya.

Silahkan baca juga : jumlah maksimal iklan adsense yang diperbolehkan dalam satu halaman.

dan baca juga : bolehkah 1 akun adsense digunakan pada blog berbeda lainnya.

Pembayaran Google Adsense?

Setiap iklan yang kita pasang pada halaman blog yang kita miliki mendapatkan klik pengunjung, google akan membayar dalam bentuk dolar sebesar CPC iklan tersebut, untuk biaya CPC tidak dipublikasikan secara langsung, hanya pihak google dan advertiser yang tau, pembayaran google tersebut akan di dicatat secara otomatis pada rekening virtual google Adsense yang kita miliki, ketika jumlah dolar sudah memenuhi ambang pembayaran, biasanya sebesar 100$, maka kita bisa mencairkan uang tersebut, melalui westernunion atau ditrasfer langsung/dalam bentuk cek ke rekening bank lokal yang kita miliki.


Kesimpulan:

Google adsense adalah program kerjasama periklanan, kita bisa daftar menjadi publisher google adsense secara gratis, salah satu syaratnya memiliki blog. semakin banyak klik yang kita dapatkan maka pendapatan google adsense dalam bentuk dolar akan semakin banyak, tugas kita sebagai publisher adalah menjaring pengunjung organik sebanyak-banyaknya agar pembayaran google adsense bisa kita peroleh secara maksimal. karena pengunjung organik berpengaruh pada nilai CPC iklan google adsense yang semakin besar.

demikian yang bisa saya share menganai  Apa itu GOOGLE ADSENSE? : Panduan lengkap untuk pemula, semoga bermanfaat untuk anda.


36 komentar:

  1. Ulasannya komplit dan mudah dicerna. terimakasih gan, blog ini sangat membantu

    ReplyDelete
  2. gan saya mau nanya nih,kalau google adsense itu hitungan pengunjungnya perhari atau perbulan gan? saya kurang mengerti akan google adsense ini,karena masih ragu akan pengunjung blog saya. nanti kena banned akun saya oleh google adsense, Apakah 100 visitor per hari sudah baik/normal bagi adsense gan? mohon dijawab ya gan. terima kasih sebelumnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan Yang menjadi tolak ukur adsense adalah jumlah klik pengunjung terhadap unit iklan yang kita pasang gan, bukan hanya jumlah pengunjung saja, jika pengunjung banyak maka jumlah klik otomatis memiliki peluang yang banyak pula, 100 visitor masih kurang, salah satu kunci sukses adsense adalah meningkatkan visitor blog.

      Delete
  3. Informasi yang sangat bermanfaat buat pemula seperti saya. Lagi nunggu khabar nih dari google adsense tapi kok enggak ada beritanya, apa yang musti saya lakukan gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu aj gan, adsense akan melakukan review atas pendaftaran agan kurang lebih sampai dengan 1 minggu, jika pendaftaran agan diterima pada tahap pertama nanti akan ada pemberitahuan, kemudian agan akan diminta memasang unit iklan pada blog ini adalah review ke 2, agan pilh saja penempatan iklan di Tampilkan iklan di bilah samping, dengan cara agan gunakan menu penghasilan dan pilih Ya pada tampilan iklan di blog, semoga diterima pendaftarannya gan

      Delete
  4. google adsens saya dibaned dan bikin lagi ditolak gara gara terlalu banyak konten gambar, konten gambar banyak ditutorial, sekarang mengulang dari nol lagi ada tipsnya ga berapa mak postingan? kriteria postingan gimana? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati gan jika sudah dibanned, hindari daftar dengan menggunakan biodata yang sama, karena pada akhirnya bisa di trace google, dan akan berujung yang sama, dibanned lagi pada akhirnya, dulu saya mak postingan 12 postingan, bukah hasil kopi paste, postingan panjang >1000 kata, pokoknya postingan jangan mengandung hal-hal yang tidak sesuai dengan kebijakan adsense, usia blog pada waktu itu 3 bulan.

      Delete
  5. oh iya review google saya yg ditolak ko cepet banget cuma 5 jam setelah saya mengajukan dan hasilnya itu tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang banyak kasus seperti itu cepat di tindak lanjuti dan di putuskan, kadang ada juga yang sampai berlarut-larut menunggu keputusan

      Delete
  6. Hebat nih penulis blog ini. penjelasannya panjang namun mudah dipahami. Thanks gan.

    ReplyDelete
  7. Thanks atas Informasi nya. kini tinggal menunggu persetujuan dari pihak Google

    ReplyDelete
  8. Informasinya jelas bnaget, terima kasih atas infonya,.

    ReplyDelete
  9. mas kalo address nya beda rt sama no doang gimana ? saya baru pertama kali, mulai tgl 15 agustus kemaren udh apa harus sebulan kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat diperlukan ketika:
      1. untuk menerima pin verifikasi alamat dari google ads,
      alamat yang dimasukan tidak harus alamat rumah sendiri, bisa alamat teman, saudara, kantor diperlukan untuk menerima kiriman pin verifikasi alamat dari adsense yang akan dikirim via pos.

      2. Alamat diperlukan untuk pencairan pendapatan ads.
      ketika pendapatan ads sudah memenuhi ambang pembayaran kita harus cek alamat yang akan menerima, sebaiknya disesuaikan dengan alamat orang yang akan melakukan pencairan, sesuaikan dengan ktp, bukti pembayaran akan dinyatakan atas nama alamat yang diseting di akun ads. alamat bisa di rubah disesuaikan

      Delete
    2. Oh gitu ya mas jadi untuk menerima kiriman pin verifikasi alamat boleh pake alamat lain, sedangkan untuk pencairan adsense alamat di sesuaikan sama ktp ya. Thanks mas infonya :D

      Delete
  10. bos mohon di jawab,walau jauh dengan artikel di atas ,yang mau ditanyakan kenapa adsense blog ini dengan yg punya kami tidak muncul di halamaman tapi di sebar muncul sama dengan yg punya aku dan kami coba bukanya via op di hp c6 kali ini, kalau di pc tab laptop udah ok sama, apa gerangan bos jadi bingung nih? Nanti kami kembali untuk tahu jawabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di blog ini kebetulan fake flowcontrol for mobile gan, tujuannya agar iklan di laptop dan di hp jenis dan posisi iklan dibuat berbeda

      Delete
  11. gan sy pny akun google adsense tp sy ga ngerti pakainya..gmn caranya tolong dibantu.akun sy mua masi kosong sy hrs bagaimana..tq3

    ReplyDelete
  12. Artikelnya mantap gan. Sangat menarik. Adsanse stelah daftar apa langsung menerima?brp hari iklan itu sdh bs nampang di blog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah daftar ada proses review atau peninjauan oleh pihak adsense, ada 2 tahap review, jika blog tidak menyalahi kebijakan biasanya review 1 akan lolos, akan diminta untuk pasang iklan di blog untuk ke review 2, jika review2 berhasil diterima, maka iklan sudah aktif sepenuhnya dan iklan sudah nampang di blog.

      berapa lama sampai full approve, itu hanya pihak google yang tau

      Delete
  13. Gan brp hari adsanse mau trima?apa langsung bsa pasang iklannya. Artikelnya mantap gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling tau hanyalah google gan, kita hanya mencoba daftar saja. tidak bisa langsung pasang iklan, sebelum tahap review1 lolos.

      Delete
  14. Assalamualaikum

    mas didin yang baik hati, saya lagi nunggu tahap review ke 2. kemaren saya ikutin trik BW strukturkode, untuk menjaring visitor organik seperti yang strukturkode sarankan...saya merasa mas didin pasti taulah kekurangan pada blog hingga adsense menolak, saya sangat berharap mas didin berkenan menengok blog saya dan melihat kekuranganya.

    majalahikan.com

    terima kasih banyak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penolakannya seperti apa mas, apakah konten kurang memadai, atau penolakan lain?

      Delete
  15. belum ada email tentang penolakan mas didin,pada tanggal 6 kemaren ada email dari adsense seperti ini ~~~ Selamat Datang di AdSense




    Permohonan Anda telah berhasil ditinjau. Sekarang Anda harus membuat unit iklan pertama dan menempatkan kode iklan di http://www.majalahikan.com untuk benar-benar mengaktifkan akun Anda. Perhatikan bahwa sebelum akun benar-benar diaktifkan, hanya iklan kosong yang akan muncul di laman Anda. Setelah akun diaktifkan sepenuhnya, Anda akan menerima email konfirmasi dan mulai melihat iklan aktif. Jangan klik iklan aktif Anda, bahkan untuk sekadar mengujinya -- hal itu tidak diizinkan oleh kebijakan program AdSense.

    nah apakah blog saya ada yang kurang, ko sampe sekarang belum di full approve?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu sepertinya baru lolos review 1 mas,
      Berapa visitornya?, jika visitor banyak seharusnya bisa memberikan sinyal ke google, dan seharusnya google adsense sudah bisa memastikan bahwa iklan bekerja dengan baik pada blog mas. seharusnya sampai 2 hari sudah ada keputusan. di tunggu aj mas sampai mendapatkan keputusan diterima atau ditolak.

      Saran saya keep posting :D

      Delete
    2. mas saya mau bertnya cara buat akun adsense... itu gimana apa saya harus buat akun google adword terlebih dahulu. dan bagai mana sih cara bauat domain nya mohon petunjuk nya ms
      trimaksih mas

      Delete
  16. mas saya mau bertanya,,, cara buat akun adsense itu apa harus daftar di google adword terlebih dulu atau ga mas'
    dan bagai mana buat domain nya mas. mohon bantuan nya mas
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google adword itu untuk pengiklan mas.
      untuk membuat akun adsense syaratnya sebuah blog dan memiliki email google, untuk blogspot bisa melalui blog:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/09/cara-daftar-adsense-melalui-blog.html

      atau

      Untuk situs Top level domain bisa langsung ke halaman google adsense:
      www.google.com/AdSense

      ikuti langkah-langkah pendafaran dengan mengisi data yang diminta, langkahnya cukup mudah.

      Delete
  17. Bang Didin, boleh tidak konten mengenai agama islam bagi google adsense. Dalam artian konten seperti membahas larangan, cara sholat, dll. Boleh tidak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bukan membahas tentang rasls tidak apa-apa dan tidak melanggar kebijakan google adsense

      Delete
  18. Gan mau tanya, kemarin kan saya sudah verfi PIN, tapi metode pembayarannya belum bisa di tentukan.. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Metode pembayaran biasanya muncul bisa di atur ketika penghasilan setara 100$

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!