Cara melihat jumlah pengunjung blog lengkap - Trafik atau pengunjung blog adalah salah satu hal yang bisa menjadi sebuah tolak ukur sukses tidaknya suatu situs atau blog, semakin banyak pengunjung maka blog atau situs yang bersangkutan bisa dikatakan sukses, alasannya karena jika pengunjung semakin berlimpah, maka untuk menjadikan blog bisa menghasilkan pundi-pundi uang akan semakin terbuka lebar, untuk mendatangkan trafik memang bukan perkaraya yang mudah, perlu ada usaha dan kerja keras dari si pemilik situs, untuk mempromosikan dan mengelola isi blog agar selalu uptodate. salah satu cara yang sangat efektif untuk menjaring pengunjung adalah melalui optimasi seo baik itu optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, dengan seo maka kesempatan blog mendapatkan pengunjung organik atau pengunjung yang bersumber dari mesin pencari seperti google atau bing, akan semakin besar.

Cara melihat pengunjung atau visitor blog

Sebagai seorang blogger trafik blog sebaiknya harus selalu bisa kita lihat atau kita monitor dengan tujuan agar kita bisa slalu mengevaluasi sukses tidaknya blog yang kita miliki, jika kita bisa melihat bahwa trafik blog tidak meningkat dalam jangka waktu yang lama, kita harus berupaya untuk meningkatkannya dengan berbagai cara yang diperbolehkan. atau jika trafik blog kita tiba-tiba turun maka kita bisa mengidentifikasi penyebabnya secara cepat. intinya apa yang harus selalu kita upayakan sebagai seorang blogger adalah, selalu berupaya untuk meningkatkan trafik secara continue.

Bedakan antara Pengunjung Blog dan Page View (PV)?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara melihat jumlah pengunjung blog atau situs, ada beberapa hal yang perlu diketahui terutama mengenai istilah visitor dan page view (PV), karena saya lihat sendiri masih banyak yang beranggapan keliru mengenai istilah visitor dan page view, bahkan masih ada dari para blogger beranggapan bahwa page view itu adalah pengunjung ke blognya.

Perlu diketahui bahwa kedua istilah tersebut adalah beda, visitor adalah pengunjung blog yang mengunjungi blog anda, sedangkan page view (PV) adalah jumlah halaman yang ditampilkan atau dilihat oleh visitor atau pengunjung blog anda baik itu robot atau manusia, pintu masuk pengunjung ke blog anda bisa datang dari berbagai sumber diantaranya bisa dari mesin pencari (pengunjung organik), bisa dari link yang anda sebar atau dengan mengunjungi url blog anda secara langsung,, ketika pengunjung mengunjungi blog anda, boleh jadi pengunjung tersebut melihat beberapa artikel anda, semakin banyak artikel yang dilihat oleh setiap pengunjung blog anda maka page view akan semakin tinggi.

Perbandingan pengunjung blog dengan page view minimal 1 berbanding 1, jika setiap pengunjung blog anda hanya melihat 1 halaman saja di blog anda, maka perbandingan antara pengunjung dengan page view akan 1 berbanding 1, sedangkan jika pengunjung blog anda melihat lebih dari satu artikel blog anda maka page viw akan lebih tinggi dari jumlah pengunjung blog anda. artinya jumlah page view yang tinggi belum tentu jumlah pengunjungnya banyak, namun jika jumlah pengunjung blog banyak maka dapat dipastikan jumlah page view (PV) bisa semakin tinggi.

Artikel terkait : Cara melihat pageview blog anda

Cara Melihat Jumlah Pengunjung atau visitor blog

Beberapa blog atau situs yang dibangun dengan blogspot, ataupun wordpress, memang secara default tidak menyediakan alat secara khusus yang dapat memonitor trafik atau visitor blog anda secara langsung, namun anda tidak perlu khawatir, karena anda masih bisa memonitor trafik visitor blog anda dengan cara menggunakan bantuan tool pihak ke 3, banyak sekali tool gratis yang disajikan oleh pihak ke 3 yang bisa kita gunakan.

A. Menggunakan Widget Histats

 Histats adalah salah satu tool gratis yang berfungsi untuk memonitor baik itu jumlah pengunjung maupun page view secara detail, informasi yang disajikan histats cukup lengkap, kita bisa melihat jumlah pengunjung, baik itu pengunjung organik (pengunjung yang bersumber dari mesin pencari) maupun pengunjung langganan, serta lengkap dengan jumlah page viewnya, selain itu histat juga bisa melihat geo lokasi pengunjung yaitu lokasi kota atau negara datangnya pengunjung.

Ada beberapa pilihan tampilan widget yang bisa kita pasang di blog untuk memonitor jumlah visitor online menggunakan histats, ada yang hidden tidak terlihat dan ada yang terlihat, anda bisa memilih widget untuk di tempel di blog anda, namun untuk menggunakan widget histats terlebih dahulu anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mengintegrasikan histats dengan blog atau situs yang anda miliki, secara garis besar berikut langkah-langkahnya:

a. Silahkan masuk ke situs histats.com

b. Silahkan anda daftarkan blog anda ke histats, untuk mendaftarkan blog atau situs ke histats syaratnya adalah anda harus memiliki sebuah email.

b. Dapatkan tracking kode histats untuk di tempel di blog

c. Masuk ke blogspot anda, pilih menu tata letak di side bar, klik tulisan add gadget, kemudian pada daftar gadeget cari dan pilih HTML/javascript

d. Tempel tracking kode histats pada gadget HTML/Javascript yang anda buat.

e. Jangan lupa sipan ulang setelan blog anda.

Saya sengaja tidak membahansnya secara detail, karena akan terlalu panjang, jadi untuk informasi lebih lengkap mengenai cara mengintegrasikan histats dengan blog anda, sebagai panduan anda bisa baca artikel yang pernah saya terbitkan tentang cara daftar histats terbaru 2015 cepat dan mudah.

Sampai tahap diatas anda sudah berhasil mengintegrasikan blog atau situs anda dengan histats, untuk memonitor visitor blog anda, silahkan anda masuk ke halaman utama histats, login dengan menggunakan email dan password yang anda daftarkan di histats. anda bisa melihat informasi jumlah visitor secara grafis yang cukup informatif.

B. Menggunakan Widget Whos.Amung.us

Whos among adalah salah satu layanan gratis yang berfungsi untuk memonitor dan menganalisa visitor blog yang sedang online, dan lokasi dimana mereka online, whos amung cukup banyak penggunanya, dan penggunanyanya sangat mudah sekali tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu, untuk memonitor visitor blog anda menggunakan whos.amung.us anda harus mengintegrasikan blog anda dengan whosamong, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda masuk ke situs http://whos.amung.us/showcase/

b. Akan ditampilkan daftar widget whos amung yang bisa anda pilih seperti gambar berikut:

Cara memasang widget visitor whos amung

Ada beberapa jenis tampilan widget yang bisa kita pilih, diantaranya adalah widget klasik, widget berwarna, widget kecil, widget tab, peta widget, anda bisa memilih salah satu sesuai dengan yang anda minati, misal anda ambil contoh akan memasang jenis widget kecil, silahkan klik pada tulisan widget kecil, seperti tampilan diatas, kemudian silahkan kopikan kode widget yang disajikan, lihat gambar diata.

c. Buka akun blog anda, pilih menu tata letak, pada layout tata letak, silahkan anda klik tulisan add widget, pada sidebar anda pada daftar widget yang tampil cari dan pilih HTML/Javascript,  kemudian kopikan kode widget whos amung us, pada kotak widget HTML/Javasript yang disedikan, kemudian silahkan simpan widget anda.

Untuk menempelkan kode widget whos amung, sebenarnya bisa kita letakan dimana saja di area tertentu dalam template blog kita, bis menggunakan add widget, atau ditempel di kode template blog anda, namun cara termudah adalah ditempel menggunakan add widget template. silahkan anda sesuaikan.

c. Menggunakan Google Analitic

Google analitic adalah tool gratis milik google, yang dapat memonitor interaksi pengunjung terhadap blog yang kita miliki, google analitic sangat detail sekali memberikan informasi apapun yang berkaitan dengan interaksi pengunjung, namun beda dengan widget histats maupun whos amung, google analitik tidak menyediakan tampilan widget secara khusus,untuk mendapatkan informasi pengunjung kita diharuskan masuk ke akun google analitik yang sudah kita integrasikan dengan blog yang akan kita monitor.

Di artikel ini tidak akan terlalu panjang lebar mengenai cara mengintegrasikan google analitik dengan blog yang andan miliki, karena sepertinya akan terlalu panjang, jika anda tertarik silahkan anda baca pada artikel yang pernah saya terbitkan mengenai cara daftar dan memasang tracking kode google analitic pada blog,  saya sajikan cukup lengkap dan bisa anda jadikan panduan untuk memonitor visitor blog anad.

Silahkan anda pilih satu diantara widget diatas sesuai dengan selera anda, saya sarankan jangan menempelkan setiap widget diatas, dikarenakan semakin banyak widget yang anda letakan pada blog anda maka akan mempengaruhi performa blog anda, semakin banyak widget yang terpasang maka loading blog akan semakin lambat, jika memang anda perlu silahkan pilih saja salah satu.

Demikian informasi sederhana tentang Cara Melihat Jumlah Pengunjung atau Visitor Blog Lengkap, semoga bermanfaat.


28 komentar:

  1. wah artikelnya bagus banget sob, sangat bermanfaat sekali bagi yang belum tahu cara melihat statistik blog sendiri, dan ini sangat penting untuk diketahui bagi semua pengguna blog. salam http://blogku-al.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. enak nih,biar tahu traffik sehari-hari

    ReplyDelete
  3. strukturkode tuh lengkap banget,, dari awal saya belajar blog melalui strukturkode..akan tetapi belum menghasilkan uang sih... terimakasih admin

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ad.tebaksiapaaku

    ReplyDelete
  4. Thansk bgt min, hampir semua isinya berguna semua
    lumayan buat belajar. Maklum masih pemula min hehe
    salam kenal min http://realsmile22.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. saya sering pakai statshow, tapi cara refreshnya bagaimana ya? thanks

    www.our10colour.com

    ReplyDelete
  6. Thanks gan
    bermaanfaat bingits artikel nya buat ane yang masih newbe
    hihihihi
    kunjungi blog ane ya gan
    siapa tahu ada kritikan atau saran nya
    http://allaboutinformationsystem.blogspot.co.id/

    sukses slalu

    ReplyDelete
  7. Gimana caranya ya? kan saya memakai template tampilan dinamis, trus saya pasan kode htmlnya dikolom yg tersedia di tata letak, tapi pas saya lihat blog, gaada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya ada, coba ganti letakan ditempat lainnya

      Delete
  8. blog nya admin kok gak ada pasang ya?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada non cuma saya pilih yang hidden.

      Delete
  9. kalo pengunjung dari facebook, termasuk organik bukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istilah pengunjung organik hanya untuk pengunjung yang datang dari mesin pencari google gan.

      Delete
  10. mantap artikelnya,,,,,
    gan untuk membuat sudah berapa banyak yang meliat viewer di tiap pos yang berbeda bagaimana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mlihat viewer atau page view setiap post, di akun blogspot, masuk ke menu post > Diterbitkan.
      pada daftar postingan disebelah kanan di samping kiri tanggal terbit posting agan bisa lihat view setiap post

      Delete
  11. Nice info mas, Rata-rata pengunjung organik blog saya 100/hari dan tidak lebih dari 150 via dashboard blogger, itu tanpa ada promosi dan lain sebagainya. apa perlu di tingkatkan lagi ya ilmu SEO nya ? jujur saja, pusing nerapin ilmu seo mas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu jumlah penayangan mas (page view atau jumlah halaman dilihat) visitornya bisa lebih kecil dari itu, menurut saya harus terus ditingkatkan seo itu harus learning by doing. Semangat mas :)

      Delete
  12. Kalau "Jumlah Penayangan" yang ada di blogspot itu termasuk jumlah orang yang telah mengunjungi blog kita bukan gan ?
    www.taswanitabatambranded.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada page view ada visitor, page view adalah jumlah halaman dilihat, sedangkan visitor jumlah orang yang mengunjungi blog, satu visitor bisa saja melihat beberapa halaman (pageview), artinya jumlah page view kemungkinan akan lebih besar atau sama dengan jumlah visitor.

      Yang di blog untuk jumlah penayangan itu adalah page view, visitornya bisa lebih kecil dari itu atau (sama dengan pageview jika setiap visitor yang datang hanya melihat satu halaman saja).

      Delete
    2. bagus penjelasannya mas didin ajidin, ini yang saya cari selama ini

      Delete
  13. bagus banget penjelasannya! semoga yang empunya blok tambah sukses dan rezeki berlimpah.

    ReplyDelete
  14. makasih penjelasannya mas, nggak diskonek saya bacanya :)

    ReplyDelete
  15. Sangat inspiratif dan sangat mengajari kita terutama bagi pemula yang belum mengerti cara membuat traffik pengunjung mari kita baca artikel ini

    ReplyDelete
  16. Mas Didin, kalau untuk melihat jumlah pengunjung artikel orang lain bisa ngga?. contohnya artikel "cara melihat jumlah...." sudah berapa orang yang membacanya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  17. Tanya mas, beda visitor sama first time visitor di histats apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. First time visitor yang baru pertama kali mengunjungi blog, visitor= first time visitor dan visitor lama

      Delete
  18. kak mau nanya tema blog situsnya ini apa ya? Tolong kasi saran dink :( :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogging seo dan lainnya, gado-gado

      Delete
  19. dari 3 pilihan widget saya pilih google analitic.masing2 punya kelebihan dan kekurangan tentunya.trimaksih telah berbagi.semoga bermanfaat untuk kita semua

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!