Banyak para blogger yang bertanya-tanya kenapa blog yang dimilikinya tidak kunjung mendapatkan banyak pengunjung, padahal usia blognya sudah cukup umur, dan artikelnya sudah cukup banyak, jika hal tersebut terjadi pada anda mungkin anda harus mengetahui penyebabnya, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan blog sepi pengunjung, namun yang paling menentukan adalah faktor dari si pemilik blog atau situs itu sendiri, karena untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog yang kita miliki bukan tanpa usaha, semuanya memerlukan usaha, kerja keras dan ketekunan dari si pemilik blog itu sendiri, Apa yang harus dilakukan agar blog tidak sepi pengunjung adalah mengetahui faktor penyebabnya dan mencari solusinya, sehingga pengunjung blog anda pada akhirnya sedikit demi sedikit merangkak tapi pasti naik dan pada akhirnya mendapatkan pengunjung sesuai yang diharapkan.

Kenapa blog saya sepi pengunjung, cari tau penyebabnya

Penyebab blog sepi pengunjung

Jika blog situs yang anda miliki sampai saat ini masih sepi pengunjung atau blog/situs anda memiliki pengunjung yang belum mencapai maksimal, berikut akan diuraikan beberapa penyebab blog sepi pengunjung:

1. Blog Anda masih Baru

Faktor pertama penyebab blog sepi pengunjung. Jika blog anda masih terbilang baru janganlah bersedih hati jikalau pengunjung yang datang tidak sesuai dengan keinginan anda, seiring dengan berjalannya waktu serta banyaknya jumlah artikel dan terindexnya artikel yang terdapat pada blog yang kita miliki, lambat laun akan mempengaruhi pengunjung yang mulai berdatangan pada blog yang kita miliki, bersabarlah dan konsistenlah dalam membuat artikel. Untuk yang mahir dalam dunia blogging dan yang sudah berpengalaman dalam dunia SEO, untuk mendapatkan setidaknya 1000 pengunjung perhari dibutuhkan waktu dari 1 sampai dengan 2 bulan lebih terhitung setelah blog tersebut dibuat.


2. Blog atau artikel belum terindex

Yang ke 2 penyebeb blog sepi pengunjung meski banyak artikel adalah blog dan atau artikel yang terdapat pada blog kita belum terindex secara penuh oleh mesin pencari, sebelum mesin pencari dapat menemukan artikel blog yang kita miliki, artikel tersebut harus terindex terlebih dahulu, terindex maksudnya artikel tersebut sudah masuk ke basis data mesin pencari, sehingga mesin pencari lebih mudah menemukan artikel kita jika pencarian relevan dengan artikel terindex tersebut.

Pada umumnya seiring waktu artikel pada blog akan terindex secara otomatis, namun kita bisa mengupayakan agar artikel tersebut lebih cepat terindex dan populer dimata google, yang pertama adalah kita harus memastikan bahwa blog tersebut sudah terintegrasi dengan webmaster tool dan peta situs sudah di submit, dan jangan lupa untuk melakukan submit alamat blog juga alamat url artikel setiap kali artikel baru diterbitkan, dengan demikian hal tersebut membantu mesin pencari untuk lebih cepat mengindex artikel blog kita.

Baca juga : Cara mendapatkan kode verifikasi google webmaster tool untuk mengintegrasikan blog dengan google webmaster tool.

untuk memastikan blog dan artikel yang terdapat didalamnya sudah terindex oleh mesin pencari, kita bisa melakukan pencarian dengan format site:nama_blog_kamu.blogspot.com, misal site:strukturkode.blogspot.com, jika berhasil setiap artikel yang sudah terindex akan ditampilkan pada halaman pencarian google.

3. Judul Artikel kurang diminati

Faktor penyebab blog sepi pengunjung berikutnya adalah, Judul artikel yang anda gunakan kurang diminati, sehingga jumlah pencarian yang relevan dengan judul artikel blog anda tidak terlalu banyak, bagaimana bisa artikel tersebut ditemukan jika kuantitas pencarian untuk judulnya saja sangat sedikit bahkan nyaris tidak ada, oleh karena itu untuk membuat blog banyak pengunjung caranya yaitu membuat setiap judul artikel yang akan kita terbitkan menggunakan judul yang memang benar-benar diminati dan banyak dicari, oleh karena itu disarankan setiap kali membuat artikel, terlebih dahulu kita melakukan riset kata kunci untuk judul artikel yang kita bidik, mulailah dengan melakukan riset kata kunci menggunakan google trends untuk menemukan kata kunci yang paling banyak diminati, kemudian dilanjutkan melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner untuk menentukan berapa banyak pencarian tiap bulannya dan menemukan LSI keyword untuk disandingkan didalam artikel.

4. Loading blog terlalu berat

Faktor berikutnya yang menyebabkan kenapa website atau blog sepi pengunjung adalah, karena loading blog terlalu berat, jangan anggap remeh faktor yang satu ini, karena loading blog berat adalah salah satu yang membuat tidak nyaman pengunjung, bukan hanya dimata pengunjung blog yang memiliki loading yang berat sangat dibenci oleh mesin pencari, oleh karena itu agar blog lebih ringan sebaiknya jangan terlalu didominasi oleh gambar, jika gambar tidak terlalu penting lebih baik di hilangkan saja atau diganti dengan warna, buatlah blog dengan layout sederhana namun tidak membosankan, serta jika didalam postingan kita melibatkan gambar sebaiknya gambar tersebut dikompres terlebih dahulu, silahkan gunakan software kompresi gambar untuk meringankan loading blog  atau anda juga bisa membaca 11 cara efektif untuk meringankan loading halaman blog.


5. Kontent Terlalu singkat dan kurang berkualitas

Penyebab berikutnya Mengapa blog sepi pengunjung, itu dikarenakan isi artikel terlalu singkat dan kurang informatif, tidak sedikit para blogger yang menyajikan isi artikel singkat, dan kurang informatif, sehingga menyebabkan pengunjung kurang merasa puas, boleh jadi artikel anda mudah ditemukan oleh mesin pencari, namun jangan harap pengunjung yang sudah memahami penyajian artikel anda akan datang untuk yang kedua kalinya jika blog agan dikemudian hari ditemukan oleh pengunjung yang sama yang sebelumnya sudah berkunjung dan mengetahui kualitas artikel agan yang kurang menarik, jangan salahkan mereka ketika mereka akan lebih memilih artikel lainnya daripada artikel agan, dan itu juga yang menyebabkan pengunjung blog berkurang dan tidak stabil, oleh karena itu setiap kali membuat artikel sajikanlah artikel yang berkualitas, dan utamakan artikel tersebut untuk pengunjung bukan untuk mesin pencari, dengan bigitu artikel agan akan lebih disukai oleh pengunjung, sehingga mereka tidak senggan untuk berkunjung kembali untuk yang keudakali.

6. Kuantitas Postingan Menurun

Penyebab blog sepi pengunjung berikutnya adalah, kurangnya artikel dan kuantitas postingan menurun, kuantitas postingan yang semakin menurun akan menyebabkan pengunjung setia blog yang kita miliki, melupakan blog kita satu persatu, itu dikarenakan pengunjung langganan biasanya selalu menunggu-nunggu untuk mendapatkan artikel terbaru, jika dalam waktu yang lama mereka tidak menemukan artikel terbaru yang mereka harapkan, lambar laun menyebabkan mereka enggan kembali dan melupakan blog yang kita miliki. oleh karena itu sebaiknya kita memperbaiki positngan blog yang sepi pengunjung agar lebih konsisten dalam penerbitan postingan-postingan baru.


7. Kurangnya Promosi

Cara mengatasi blog sepi pengunjung berikutnya adalah, dengan mempromosikan setiap artikel yang kita pernah terbitkan. ini adalah yang sangat dianjurkan yaitu selalu mempromosikan artikel blog yang kita miliki baik secara online maupun offline. ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan blog secara online, yaitu, bisa melalui media social, submit di social bookmarking, bergabung di forum online, blog walking dan masing banyak lagi, yang memungkinkan orang mau berkunjung ke halaman blog atau situs kita. kemudian promosi secara offline, bisa melalui pemberitahuan dari mulut ke mulut dan lain sebagainya.

8. Tidak Cukup Backlink

Penyebab lainnya mengapa trafik blog anda sepi, adalah jumlah backlink yang kurang, backlink adalah link yang diletakan di situs lain yang mengarah ke halaman situs kita, backlink adalah salah satu faktor yang menentukan rangking halaman blog agar muncul lebih baik pada hasil pencarian mesin pencari, dengan backlink yang cukup maka peluang halaman blog muncul diposisi terbaikintu bisa diraih, boleh jadi judul artikel yang anda buat merupakan judul artikel yang banyak diminati dan banyak dicari namun tidak tutup kemungkinan banyak blogger yang lain yang lebih dulu menggunakan judul yang sama, sehingga artikel anda harus mampu untuk bersaing dengan artikel lainnya yang relevan yang lebih dulu terbit, jika artikel postingan anda tidak bisa bersaing maka posisi artikel anda akan anjlok dan sulit untuk ditemukan, oleh karena itu salah satu untuk memenangkan persaingan adalah kehadiran backlink untuk artikel anda, silahkan bangunlah backlink yang menuju url artikel anda yang ingin anda buat posisinya lebih baik di hasil pencarian.


9.Blog Anda terkena penalty google

Penyebab pengunjung blog sepi lainnya adalah, blog anda terkena penalty google, banyak melakukan kesalahan dalam aktivitas blogging akan menyebabkan blog yang kita sayangi terkena penalty google, salah satu yang paling umum adalah deindex, blog akan sulit untuk ditemukan mesin pencari, ada beberapa penyebab penaly google, beberapa diantaranya adalah:

a. Sering membangun backlink dengan komentar spam, sebaiknya berhati hati ketika memburu backlink dengan cara ini, agar lebih aman jangan terlalu sering cukup seminggu sekali dan batasi jumlahnya, gunakan anchor text yang berbeda setiap kali meletakan backlink dengan cara ini, jika tidak tindakan anda akan mudah untuk terdeteksi sebagai tindakan webspam.

b. Terkena penalty google panda, dikarenakan artikel anda kurang bermutu dan tidak berkualtias, biasanya penalty ini menyerang artikel yang kita buat hasil kopipaste.

Jika blog anda terkena penalty maka kemungkinan besar trafik blog anda akan goyang dan tidak stabil, dan kemungkinan besar trafik blog anda akan semakin mengerucut.

10. Tampilan blog Menggangu

Kenapa blog saya sepi pengunjung ? Apa yang salah, jangan remehkan tampilan blog, jika tidak pengunjung anda akan kapok untuk kembali mengunjungi blog anda, boleh jadi trafik blog anda bagus namun, bounce rate blog anda jelek itu disebabkan waktu kunjungan pengunjung blog sangat singkat, dan ini tidak baik dimata search enggine, bouncerate yang jelek mengindikasikan mesin pencari bahwa blog tersebut kurang berkualitas, ini bisa menyebabkan reputasi blog anda akan jelek dimata mesin pencari dan pada akhirnya akan menurunkan ranking halaman blog anda dimata mesin pencari.

Adakalanya saya sendiri sering menemukan beberapa blog yang memiliki tampilan kurang menyenangkan, seperti misalnya banyak iklan sehingga halaman blog tertutupi dengan iklan tersebut, atau warna blog terlalu kontras sehingga sangat tidak nyaman ketika dilihat, jika saya menemukan blog tersebut, sebelum loading selesai biasanya langsung ditutup, saya pikir begitu juga dengan anda, oleh karena itu salah satu yang harus jadi perhatian kita sebagai pemilik blog adalah membuat senyaman mungkin agar blog yang kita miliki nyaman di mata pengunjung.


Demikian apa yang bisa saya share untuk anda mengenai KENAPA  BLOG SEPI PENGUNJUNG : Cari tau penyebabnya ?, semoga bermanfaat untuk anda.


27 komentar:

  1. Mohon sarannya pada blog baru punya saya kalo berkenan folbek ya mastah di pusatrik.blogspot.com Saran saran yang mau disampaikan bisa jg lewat fb di fb.me/beny.imron.50 trimakasih :D

    ReplyDelete
  2. setuju sama tipsnya, biar pada terbuka dengan SEO

    ReplyDelete
  3. kayaknya susah tuk nambahin pengunjung di blog ane esmartgadget.blogspot.com dengan artikelnya paling banyak 300 kata, dan update hampir tiap hari, tapi masih sepi pengunjung ( <= 150 visitor/day). nggak seperti blog ini yang keren, artikelnya cukup panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering-sering blog walking aja gan, kemudian cari backlink, dofollow 1 nofollow 100 dijamin deh, jangan percaya kalo nofollow itu tidak ada efeknya, silahkan sandingkan dengan dofollow, luar biasa.

      Delete
  4. Makasih Mas infonya...
    Sekarang saya akan memperbaiki blog saya, karena banyak kekurangannya. makasih infonya.

    Kunjungi Blog Saya : maaf promo
    dwimuriridhow.blogspot.com
    Blog baru, maaf kalo jelek

    ReplyDelete
  5. menarik nih gan infonya,, bisa nambah ilmu lagi,,,
    kunjungin juga 4rie-ngr.blogspot.com
    ya gan,,

    ReplyDelete
  6. bermanfaat banget postingan nya,, join juga ...cyberfighterz.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Salah satu penggemar artikel ini,
    Semoga bermanfaat
    ninggalin jejak

    ReplyDelete
  8. banayk banget gan tipnya, nyampe bingung mau mulai dari mana. galau

    ReplyDelete
  9. Emm barangkali ini penyebabnya blog saya sepi.
    wartagarut.com

    ReplyDelete
  10. terima kasih sudah sharing.. ilmu yang bermanfaat untuk koreksi pada blog yang kita miliki..
    salam sukses.. ditunggu kunjungan baliknya di :

    http://miniblogger28.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. terima kasih sudah sharing. Postingannya sangat bermanfaat. Salam sukses. Ditunggu kunjungan baliknya.

    http://serba-bisa-2014.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. makasih gan atas saran agan, bagus postinganya, kalau gak keberatan,mampir di blog sederhana saya ya gan : http://bacainfomu.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. sangat membantu saya membangun blog sederhana saya, mampir ya min ke www.komunitassharing.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Nice info...nice share ,

    Salam kenal juga buat yang absen di sini.

    ReplyDelete
  15. Ternyata banyak faktor juga ya yg membuat blog baru saya membutuhkan sentuhan lebih. Terimakasih ilmunya, jadi tau langkah selanjutnya memperbaiki kualitas blog www.kiatkiat.com agar lebih baik lagi dikemudian hari.
    Sukses selalu blognya

    ReplyDelete
  16. visitor blog saya daridulu cuma kisaran 50an perhari T_T

    ReplyDelete
  17. Sangat inspiratif dan informatif Om, terimakasih

    sekedar menambahkan, menurut pengamatan saya, hal yang paling mendasar yang membuat blog sepi pengunjung adalah tidak adanya perencanaan yang matang mulai dari tahapan sebelum membangun sebuah blog sampai blog berjalan.

    Persiapan sebelum membangun blog [ Pemilihan Niche, riset keyword, riset audience, menemukan dimana audience berada, apa yang menjadi masalah dan hal-hal yang ingin dicapai oleh audience]

    Saat blog sudah dibuat, bagaimana membuat konten yang berkualitas, dikatakan berkualitas jika konten itu menarik, bermanfaat, dapat dipraktekkan dan enak dibacanya.

    setelah konten dibuat, bagaimana mempromosikanya. Kepada search engine, kepada ‘laser target’ audience, kepada calon audience.

    Setelah visitor berkunjung, bagaimana membuat mereka kembali dan menjadi pengunjung yang setia.

    Kontent yang berkualitas bisa menjadi garansi agar blog agan semua menjadi ramai.

    Semua kegiatan diatas memang tidak mudah dikerjakan, tetapi dengan saling berbagi informasi yang mengedukasi seperti artikel diatas saya yakin, akan semakin banyak blogger Indonesia yang maju.

    terimakasih atas pencerahanya
    salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukan yang bermanfaat mbak, terkadang hal-hal tersebut memang sering dilupakan atau bahkan tidak pernah diperhatikan sama sekali.

      Delete
  18. bila aku mau belajar atau privat tentang blogspot agar banyak pengunjung kemana dan gimana ya infonya dunk

    ReplyDelete
  19. gan mo nanya, ni artikel ane kok ga da yg terindex ya d google..uda webmaster, uda ping, uda submit url, tetp ja ga terindex di gugel..nih gan teknotipstrik.blogspot.com ..kira2 apa yg kurang ya?thanks

    ReplyDelete
  20. Mantap gan artikelnya,, semoga saya bisa belajar agar dapat menjadi blogger yang baik..

    ReplyDelete
  21. oh ya gan maaf mau tanya ... kalau untuk blog baru idealnya berapa visitor untuk waktu 1 bulan dan 2 bulan ??

    terus min berapa postingan agar blog kita dapet pengunjung dalam kurun waktu 1 bulan atau 2 bulan seperti point no 1 diatas ??

    terima kasih ditunggu jawabannya .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari konten yang agan buat dan tergantung kata kunci yang agan pilih untuk membuat artikel, ada yang satu bulan bisa sampai 1000, jika memang kata kunci banyak yang mencari namun minim pesaing.

      yang jelas, 3 bulan pertama yang harus disiapkan adalah blog dan artikel blognya itu sendiri. seiring waktu dan bertambahnya jumlah artikel visitor akan naik sendiri, saya 3 bulan pertama blog hanya 100. teman saya 2 bulan pertama ada yang mencapai 1000 visitor lebih, jika konten terus di update dan promosi terus dilakukan seiring waktu bisa merangkak dengan cepat

      Delete
  22. Saya sangat setuju dengan poin yang terakhir mas.
    Widget dan hiasan yang tidak berguna sebaiknya dihilangkan, sekaligus jangan terlalu memasang iklan sembarangan.

    Contohnya Google Adsense yang memiliki peraturan dalam memasang iklannya, maksimal 8 unit iklan. Tapi, bukan berarti kita diharuskan untuk memasang iklan tersebut seluruhnya.

    Tetap perhatikan kenyamanan pembaca setia!

    ReplyDelete
  23. Mastah saya pemula baru 1 mingggu udah banyak artikel kenapa pengunjung sepi banget maklum SD

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!