Cara Mendapatkan Kode Verifikasi webmastertools terbaru - Webmaster tools atau sering disebut dengan istilah google webmaster tools adalah salah satu  produk google yang sering digunakan untuk memonitor interaksi di antara robot pencari google terhadap blog atau situs yang kita miliki, fasilitas yang dimiliki oleh alat ini cukup lengkap dan cukup ampuh untuk meningkatkan trafik dan untuk memelihara situs atau blog yang kita miliki,  namun sebelum kita bisa bisa memanfaatkan google webmaster tool untuk memonitor situs kita, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran blog atau situs yang kita miliki ke google webmaster tools, dengan begitu robot pencari google akan lebih mengenali blog atau situs yang kita miliki sehingga setiap halaman blog yang kita miliki lebih cepat muncul dipencarian google dan cepat mendapatkan pengunjung.
Adapun langkah-langkah mengintegrasikan blog atau situs dengan google webmaster tools ada dua tahap yang harus kita tempuh yaitu:

1. Mendaftarkan blog ke google webmaster tools
2. Mendapatkan Kode Verifikasi google webmastertools kemudian kita tempel pada kode template blog yang kita miliki

Cara Mendaftarkan Blog ke google webmaster tools

Untuk saat ini cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools terbaru serta cara mendapatkan kode verifikasinya pun memang sedikit berbeda dengan cara-cara sebelumnya, penyebabnya adalah karena halaman google webmaster tools dari waktu ke waktu selalu berubah, dan hal tersebut sedikit berpengaruh terhadap langkah-langkah pendaftaran sebelumnya, namun syarat utama untuk melakukan pendaftaran ke google webmaster tools tetap saja yang menjadi syarat utamanya adalah kita harus memiliki email google (gmail), Berikut Cara terbaru mendaftarkan blog ke google webmaster tools:

1. Masuk ke halaman http://www.google.com/webmasters/, kemudian tekan tombol biru yang bertuliskan "Sign in to Webmaster Tools", Silahkan anda login menggunakan salah satu email google yang anda miliki, jika anda berhasil, anda akan masuk kehalaman utama google webmaster tools.

2. Cari dan tekan tombol merah bertuliskan "Add Site", pada dialog isian yang muncul silahkan anda masukan alaman url blog atau situs yang anda miliki, kemudian tekan ok, jika anda berhasil, alamat situs atau blog yang anda miliki akan muncul pada halaman tersebut.

3. Sampai tahap tersebut berarti anda sudah berhasil mendaftarkan blog atau situs yang anda miliki ke google webmaster tools, tahap berikutnya adalah mendapatkan kode verifikasi webmaster tools untuk alamat situs yang anda daftarkan tersebut, kemudian kode verifikasi kita tempel pada template blog yang kita miliki.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi webmastertools terbaru

Caranya memang sedikit berbeda dengan google webmaster tools sebelumnya, untuk mendapatkan kode verifikasi google webmaster tools terbaru, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masih dihalaman google webmaster tools, silahkan anda pilih dan klik Alamat url situs anda, untuk masuk ke halaman pengelolaan google webmaster tool untuk situs anda tersebut.

2. Setelah anda masuk, lihat ke pojok kanan atas, ada gambar gerigi, silahkan anda klik tombol tersebut, kemudian pada menu yang muncul silahkan anda pilih menu "Users & Site Owner" seperti ilustrasi gambar dibawah ini:

3. Anda akan masuk kehalaman, user and site owner, seperti gambar dibawah ini:
Cara memperoleh kode verifikasi google webmaster tools

Silahkan anda sorot baris user email anda, kemudian silahkan anda klik pada tulisan "Owner verification page", untuk masuk kehalaman verifikasi page

4. Silahkan anda pilih dan klik link bertuliskan "Verify using a different method." seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
Verify using a different method.

Silahkan anda pilih link seperti terlihat pada gambar diatas untuk ke halaman berikutnya

5. Pada halaman berikutnya, silahkan anda pilih HTML Tag, sepeti terlihat pada gambar dibawah ini:
Silahkan anda kopi meta tag, yang muncul, kemudian sekarang masuk ke akun blogger anda, pilih menu template, kemudian tekan tombol "edit HTML" untuk memudahkan pencarian tekan "ctrl+F" kemudian cari kode "<head", letakan kode yang anda kopi dari webmastertools tersebut tepat dibawah kode head yang terdapat pada template blog anda, jika sudah selesai jangan lupa simpan template blog anda,

Sekarang kembali ke halaman webmaster tools anda, kemudian tekan tombol "Verifiy" selesai.


Sampai tahap diatas berarti anda sudah sukses mendaftarkan blog anda ke google webmaster tools sekaligus meletakan kode verifikasi ke template blog anda.
Baca juga: Cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

Demikian artikel sederhana tentang Cara Mendapatkan Kode Verifikasi webmastertools terbaru, semoga bermanfaat.