Gambar adalah salah satu faktor yang dapat memberikan sentuhan seni pada halaman blog yang kita miliki, gambar secara visual bisa memberikan ketertarikan dan kenyamanan pada pengunjung sehingga tidak mudah bosan, namun ketika kita memutuskan untuk memasukan gambar dalam artikel kita juga harus ingat aturan optimasi seo onpage untuk gambar silahkan baca cara optimasi SEO onpage :lengkap menurut Backlinko a.k.a Brian Dean, selain itu dianjurkan gambar yang akan disisipkan harus dikompres terlebih dahulu agar ukurannya menjadi lebih kecil, tujuannya adalah agar loading halaman menjadi lebih ringan, semakin kecil kapasitas gambar yang kita sisipkan dalam artikel yang kita buat maka akan semakin ringan waktu loading halaman blog kita, dan begitu juga sebaliknya.

Perlu kita ketahui terlepas dari faktor lainnya, bahwa salah atu faktor yang berpengaruh terhadap ranking halaman yang kita miliki agar berpeluang muncul baik pada hasil pencarian google adalah cepat lambatnya loading halaman, semakin cepat loading halaman itu akan semakin baik, salah satu cara agar loading halaman blog kita lebih cepat adalah dengan mengkompres gambar yang hendak kita sisipkan dalam artikel.

Google memberikan referensi mengenai gambar yang bisa kita sisipkan,berikut pernyataan google
  • PNG hampir selalu lebih baik dari GIF, meskipun beberapa versi browser lawas mungkin hanya mendukung format untuk PNG saja.
  • Gunakan GIF untuk grafik sederhana atau sangat kecil (misalnya kurang dari 10x10 piksel, atau palet warna yang kurang dari 3 warna) dan untuk gambar yng bergerak.
  • Gunakan JPG untuk semua gambar bergaya fotografi.
  • Jangan menggunakan BMP atau TIFF.
Untuk kompres gambar kita bisa menggunakan software khusus, kompres disini artinya memperkecil ukuran gambar dengan mempertahankan kualitas gambar, sehingga gambar hasil kompres masih memiliki kualitas yang baik. salah satu software yang bisa kita gunakan adalah PNGGauntlet, software kecil namun handal, berikut ulasan tentang PNG Gountlet
  • Menggabungkan software PNGOUT, OptiPNG, dan DeflOpt  untuk membuat ukuran gambar dengan format PNG semakin kecil.
  • Kompresi mempertahankan kualitas gambar —hanya ukuran saja yang semakin diperkecil.
  • dapat mengkonversi JPG, GIF, TIFF, and BMP  menjadi PNG
 Untuk mengkompres gambar dengan tools tersebut sangat mudah:

a. Silahkan download PNGGauntlet, jangan lupa untuk dapat melakukan instalasi software ini anda juga perlu menginstal terlebih dahulu Ms Net Framework 4.0 silahkan anda download dulu Ms Net Framework 4.0 nya kemudian baru instalkan PNG Gountlet yang berhasil anda download.

b. Berikut tampilan setelah anda berhasil melakukan instalasi software tersebut:
anda tinggal tambahkan image yang akan kita kompress melalui tombol "Add Image" kemudian tekan tombol :Optimize, biasanya kompresi memerlukan beberapa menit tergantung dari kapasitas gambar yang akan kita kompresi.

Demikian informasi kali ini yang dapat saya bagikan. mengenai Cara mengkompres gambar PNG  untuk blog sehingga akan meringankan beban loading blog kita, mudah-mudahan bisa menambah referensi buat anda. dan semoga bermanfaat.