Mengatasi Masalah klik iklan sendiri (invalid click atau click froud) pada google adsense - Bermain google adsense memang memerlukan ketelitian dan kehati-hatian, salah bertindak saja bisa menyebabkan akun google adsense kita dibanned atau dinonaktifkan, salah satu penyebabnya adalah terjadi klik fround (klik palsu), klik froud bisa terjadi jika kita mengklik iklan sendiri baik itu disengaja maupun tidak disengaja, tidak sedikit orang yang bermain adsense dengan alasan ingin mendapatkan penghasilan berlimpah, mereka melakukan tindakan-tindakan tidak valid, salah satunya yaitu dengan melakukan klik iklan sendiri dengan sengaja, sebaiknya jangan menganggap remeh google adsense, tindakan ilegal sekecil apapun dengan teknologi canggih yang mereka miliki pada akhirnya tindakan tidak sah seperti itu akan ketauan juga, dan resiko terbesarnya adalah banned pada akun adsense kita.

Bagaimana jika tanpa sengaja mengklik iklan sendiri ?

Mengklik iklan sendiri dengan sengaja itu sudah jelas dianggap sebuah perbuatan ilegal, dan dengan alasan apapun hal tersebut  tidak bisa dibenarkan oleh pihak google adsense, namun lain halnya jika klik iklan sendiri bukan karena faktor kesengajaan, ada beberapa kasus dari para sahabat blogger karena kekurang hati-hatian dan kecerobohan mereka, mereka melakukan klik iklan sendiri tanpa disengaja sedikitpun, jika memang terjadi seperti itu pada anda, sebaiknya anda jangan terlalu panik, karena google ternyata sudah menawarkan solusinya.

Solusi tidak disengaja klik iklan sendiri (klick froud)

 Peluang kesalahan klik iklan sendiri tanpa disengaja itu bisa terjadi, dan google ternyata sudah memakluminya, namun tetap saja google tidak bisa mendeteksi secara otomatis bahwa apa yang kita lakukan bukan faktor kesengajaan, oleh karena itu google sudah menyediakan form pengaduan khusus  untuk mengatasi masalah seperti itu, jika anda mengalami klik froud tidak sengaja, sebaiknya anda harus cepat-cepat melaporkan klik tidak valid tersebut kepada pihak google adsense, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, berikut langkah-langkahnya:

Keterangan : kotak isian dengan label bertanda * wajib diisi.

a. Masuk ke halaman pengaduan google adsense https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact

b. Anda akan disajikan form isian pengaduan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


Silahkan isi data yang diminta sebagai berikut:
#1. Nama, silahkan masukan nama anda sesuai dengan data pada email yang digunakan untuk google adsense. 

#2. Alamat Email, diisi dengan alamat email sesuai yang digunakan pada google adsense.

#3. ID Penayang, Silahkan masukan ID Penayang google adsense anda, ID penayang dapat anda temukan juga di akun blogspot anda, silahkan masuk ke akun blogspot anda, pada bilah menu sebelah kiri pilih menu penghasilan > Adsense, lihat layar tengah, silahkan anda cari label yang bertuliskan ID Akun: kopikan ID tersebut dan masukan di form pengaduan. 

#4. URL lokasi tampilan kode iklan, Masukan URL halaman blog anda, yang menampilkan iklan yang tidak sengaja anda klik. 

#5. Topik, Silahkan pilih topik "Melaporkan aktivitas yang tidak biasa pada akun saya

#6. Tanggal dan waktu kejadian, masukan tanggal dan waktu kejadian gunakan format tanggal standar lokal misal 12/10/2014 (Opsional)

#7.  Penjelasan kenapa bisa terjadi klik froud, silahkan anda uraikan kronologi terjadinya klik tidak valid pada kotak isian tersebut, maksimal 1000 karakter. (Opsional)

#8. Masukan Penjelasan yang berkaitan dengan jaringan internet anda, misal IP adress, provider, dan lain sebagainya (Opsional / boleh diisi atau juga tidak)  

#9. Tekan tombol kirim untuk mengirim biodata pengaduan anda. 

Sampai tahap 9 diatas, berarti anda sudah berhasil pengirimkan laporan pengaduan mengenai  Masalah klik iklan sendiri (klick froud) pada google adsense, anda tinggal menunggu beberapa saat, jika laporan sudah ditanggapi maka saldo penghasilan adsense anda akan dikurangi dengan jumlah CPC iklan yang tidak sengaja diklik yang bersangkutan,

Khusus untuk publisher google adsense, ketika melakukan aktivitas blogging, terutama ketika melakukan kunjungan ke blog pribadi yang menampilkan iklan, atau ketika mengedit template, yang mengharuskan kita bolak balik ke halaman blog kita, sebaiknya kita jangan ceroboh dan harus serba hati-hati jangan sampai iklan adsense yang kita pasang tidak sengaja kita klik, karena resikonya akan sangat fatal untuk kelangsungan akun adsense kita.

Cara Mencegah agar tidak terjadi klik iklan adsense sendiri (klik tidak valid)

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap akun google adsense kita terutama karena ketidak sengajaan klik (klik froud) atau klik tidak valid, sebaiknya kita mengantisifasinya agar hal seperti itu bisa kita hindari dan tidak terjadi,  ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu caranya adalah memblock iklan adsense pada komputer yang sering kita gunakan, sehingga ketika kita masuk kehalaman blog kita iklan tersebut tidak tampil.

Salah satu tool yang bisa kita gunakan adalah plugin browser AdBlockPlush, silahkan instal plugin tersebut pada borwser mozila yang anda gunakan, caranya:

a. Silahkan masuk ke menu tools/alat

b. Pilih sub menu Pengaya, kemudian lakukan pencarian pengaya dengan kata kunci AdBlockPlush

c. Instalkan pengaya tersebut dan restart browser anda untuk melihat efeknya.

d. pengaya tersebut akan otomatis terinstal dan button untuk pengaya tersebut akan tampil pada toolbar browser mozila anda.

Plugin tersebut akan otomatis aktif, namun jika dikehendaki, anda juga bisa menonaktifkan tool tersebut melalui tombol yang disediakan untuk plugin tersebut, klik button tersebut dan pilihlah menu "Nonaktifkan...."

Demikian informasi sederhana mengenai cara Mengatasi masalah-masalah yang tidak diinginkan pada google adsense, semoga dapat membantu.

29 komentar:

  1. wah boleh juga nih tips nya gan ...
    tapi sayangnya saya belum di spprove sama GA -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat di approve gan, mengat terus.

      Delete
  2. Saya sudah punya GA mas dan pernah melakukan cara diatas, sedikit cerita bahwa Akun GA saya masih hosted dulu sudah menikmati saat masih pakai blogspot, namun sekarang saya mencoba mengembangkan kemampuan saya di wordpress self host di https://moindonesia.com beserta subdomainnya, jadi dalam perjuangan menuju non hosted mohon doanya dan kunjungannya ke website kami ya mas didi ajidin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berhasil mas, jangan pernah menyerah untuk bekerja keras...:D salam kenal

      Delete
  3. terima kasih gan infonya, nanti kalau punya adsense bisa lebih hati-hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus itu mbak, harus selalu perlu kehati-hatian, semoga saya juga bisa bertahan lama :D

      Delete
  4. gan kalau misalnya kita kopi paste artikel orang dan orang yg memliki blog itu setuju apakah boleh sama google adsense? mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat beresiko, silahkan saja selama agan bisa menjamin orang yang memiliki artikel aslinya tidak melaporkan ke google selamanya. buat apa kopi paste, lebih baik pahami dan tulis ulang dengan berbagai referensi. :D

      Delete
  5. Salam. Perkenalkan, saya Asep. Alhamdulillah baru kali ini saya diterima GA. Ternyata pakai Youtube bisa lebih cepat. Belum seminggu sudah disetujui. Syaratnya tidak ribet lagi. Yang saya ingin tanyakan:
    1. Apabila saya pasang ke blog kemudian saya tidak sengaja klik tapi menggunakan komputer lain, Apakah GA menganggap ini sebagai pelanggaran?
    2. Saya tidak sengaja klik tapi tidak login akun GA, ini pelanggaran bukan ya?
    3. Apakah blog saya (www.pusatsemangat.blogspot.com dan www.senyumanrembulan.blogspot.com) sudah pantas menjadi pengiklan GA?
    Mohon pencerahannya...
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga youtube untuk saat ini tidak bisa dipasang di blogspot, tidak tahu akan berlaku sampai kapan. silahkan di coba aja tempelkan di blog.

      Jangan pernah sekali-kali mengklik iklan sendiri apapun caranya, ga sangat canggih kesalahan sedikit bisa terdeteksi, silahkan di coba kalo tidak percaraya diakalin biar tidak ketauan, namun jika ketauan resikonya banned, 1 x di banned tidak akan bisa daftar ga selamanya menggunakan user yang sama.

      Delete
    2. Saya juga sudah mencoba, baru 3x daftar pakai blog di atas dan 3x ditolak kedua-duanya. Dan sekarang saya coba daftar lagi. Saya belum tahu, blog saya sudah pantas atau belum jadi publisher GA. Semoga saja kali ini diterima (optimis :D )

      Delete
  6. saya kemarin sudah daftar adsense, tapi di tolak, katanya karena klik yang tidak valid, padahal tidak sekalipun saya klik iklannya, masalah saya di mana ya mas.
    sekarang saya lagi coba daftar lagi, nggak tau di terima atau enggak :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik tidak valid bisa terjadi karena artikel banyak share di media social, dan visitor blog didominasi bukan dari visitor organik dari penciarn google, kadang jika banyak viditor non organik bisa dicurigai google.

      Delete
  7. barusan saya salah klik karena loading+komputer error, langsung saya kembalikan+disconnect. ini kesalahan yg ke 2x, padahal bulan ini payout!
    moga gak di tendang mbah goooo gle

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati mas, kalo saya sendiri dipasangi adblock plush di browser yang saya gunakan agar iklan tidak tampil ketika blog dibuka sendiri.

      Delete
  8. Terima kasih tipsnya Mas, saya baru saja dengan tidak sengaja klik iklan saya sendiri saat mau follow blog lain, apakah dengan melaporkannya pasti tidak kena benned mas,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google akan memaklumi bahwa iklan bisa saja terklik tidak disengaja, jika hanya satu kali saja keklik akan dianggap tidak sengaja, semoga tidak terjadi apa-apa pada akun adsensennya mas.

      lebih baik pasng adblock plush di browsernya agar ketika buka blog sendiri adsense tidak tampil.

      Delete
    2. Terima kasih banyak, saya dah follow blognya mas, salam blogger.

      Delete
  9. baru baru ini akun saya kena suspend mas, tapi ada notifikasi kalau iklan di blog saya di tangguhkan 30 hari. Apa iklan di GA saya bisa kembali lagi selama 30 hari mas atau sebaliknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu saja mas semoga kembali normal.

      Delete
  10. setelah formulir nya dikirim,kita dapat reply/pesan dari google adsense nya gak mas?termakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu aj mas, nanti ada email pemberitahuan diterima atau ditolak

      Delete
  11. Saya pernah mengklik iklan sendiri tanpa segaja saat mengganti template. Begitu terjadi klik, lalu saya langsung sadar, dan sempat melihat situs pengiklan sekejap mata.

    Kemudian saya tidak tau harus berbuat apa (belum tau kalau ada solusi seperti ini). Lantas saya biarkan saja hal itu terjadi, dengan berharap semoga tidak terjadi banned.
    Dan benar, sampai saat ini (dua mingguan) tidak terjadi apa-apa.

    Pertanyaannya, apakah saya perlu melakukan langkah2 di atas setelah klik secara tidak sengaja sudah lewat dua minggu?
    Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika satu kali tidak apa-apa mas banyak orang yang pernah mengalaminya, asal jangan sampai keseringan saja. aman berarti mas kalo sudah 2 minggu, cuma barangkali di antisifasi oleh pihak google jika melakukan hal serupa dikemudian hari atau dalam waktu dekat, itu khawatir kemungkinan besar akan dianggap klik sengaja

      Delete
  12. mas saya bukan itu malah masalhnya, maklum saya masih awam dalam dunia adsense, tetapi saya pernah keteima adsense, waktu itu saya mau memasang iklan adsense saya di blog yang satunya lagi, tetapi saya salah jalan, karena saya kembali mendaftar dengan blog yang belum diterim adsense yang akhirnya adsense yang sudah di terima kembali lagi dari awal seperti nunggu persetujuan, kira-kira bagaimana mas cara memperbaikinya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran adsense yang sudah diterima biasanya mendapatkan email pemberitahuan bahwa pendaftaran sudah diterima sepenuhnya.

      Mungkin saja dulu agan baru lolos review 1, biasanya akan diminta untuk memasang iklan untuk ke review 2, penolakan review 2 biasanya ada email pemberitahuan juga.

      Belum pernah ngalamin sih kalo kasus seperti itu, coba login ke akun adsnya masih bisa atau tidak jika ada petunjuk melalui email dari google diikuti saja.

      Delete
  13. sudah mas sudah sepenuhnya di terima, tetapi saya salah mendaftarkan satu blog lagi dengan akun adsense yang sudah di terima maksudnya eh malah yang keterima malah jadi kaya awal lagi mas mendaftar mas.gak ada email apapun setelah email informasi iklan Anda sudah tayang

    ReplyDelete
  14. Ketemu juga cara melaporkan klik tidak sengaja, pernah suatu ketika kira kira setahun yang lalu 2016 saya juga klik tidak sengaja, namun tidak tau cara melapor walaupun begitu tidak ada sanksi apa apa tuh.. apa mungkin langsung dipotong dari penghasialan? soalnya lumayan potongannya klik tidak valid waktu itu ada $9. kali ini saya melakukan lagi takut kena sanksi saya coba laporkan ini.. trmksih kang didin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya google mentolelir kalo hanya 1 kali, dianggapnya ketidak sengajaan, asal jangan sering-sering terjadi mas. khawatir terkena dampak buruk apalagi akun yang masih sangat baru

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!