Cara Penulisan dan peletakan Kata Kunci Berkualitas SEO ? - Kata kunci atau keyword adalah salah satu pemegang peranan penting dalam SEO, kata kunci pada umumnya diletakan dalam JUDUL ARTIKEL, didalam META, didalam TAG  dan juga lokasi-lokasi tertentu didalam artikel, judul yang baik tentu saja judul yang memiliki kualitas seo didalamnya dan mengandung kata kunci yang kita bidik, dan judul yang baik dan berkualitas harus memiliki relevansi  dengan isi artikel secara keseluruhan.

Sebelum menentukan judul artikel, salah satu yang penting yang tidak boleh kita tinggalkan adalah mencari dan melakukan riset kata kunci untuk judul tersebut, untuk melakukannya silahkan baca artikel saya mengenai riset kata kunci dengan google keyword planner, dan juga agar kata kunci yang kita gunakan dapat meningkatkan trafik secara significan, sebaiknya kita mencari kata kunci yang memang benar-benar banyak diminati, silahkan baca juga: 5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari

Cara penulisan dan peletakan kata kunci berkualitas seo


Judul sepertinya tidak terlalu berbobot dimata mesin pencari jika tidak mengandung kata kunci yang kita target, dan dirasa kurang jika ketika membuatnya tanpa melakukan riset terlebih dahulu, ketika membuat judul artikel sebaiknya tidak hanya asal buat, karena ada aturan main tersendiri, itu juga jika anda ingin melibatkan SEO didalam artikel yang anda buat, namun jika tidak anda bisa bebas menentukan judul dan mengisi artikel anda sesuka hati. Perlu anda ketahui artikel yang mudah ditemukan oleh mesin pencari adalah artikel berkualitas SEO yang teroptimasi dengan baik, baik itu seo onpage maupun seo offpage.

Baca Juga: Optimasi SEO Onpage pada blog: lengkap

A. Tips Penulisan Kata Kunci Blog Berkualitas SEO ?


Ketika kita sudah mendapatkan kata kunci langkah berikutnya adalah menjadikan kata kunci tersebut menjadi sebuah judul artikel berkualitas SEO, dan juga meletakan kata kunci tersebut pada lokasi-lokasi yang disarankan dalam SEO, langkah-langkahnya sebagai barikut:

1. Tentukan kata kunci yang kita target, 

Kata kunci yang kita target adalah jika dilakukan pencarian dengan kata kunci tersebut atau dengan kata kunci yang relevan, artikel yang kita buat akan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Kata kunci yang kita bidik biasanya terdiri dari 2 sampai 3 kata saja. misal "Optimasi Seo Onpage", "Jaket Kulit Garutan" dan lain sebagainya.
 "Tips: ketika kita ingin membuat artikel sebaiknya kita menentukan kata kunci yang menjadi target terlbih dahulu."

2. Jadikan kata kunci tersebut menjadi longtail keyword

Apa itu Long tail keyword ? long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 5 suku kata atau lebih, jika kita sudah menentukan kata kunci yang kita target sebaiknya kata kunci tersebut kita kembangkan menjadi longtail keyword sebelum kita jadikan judul postingan, misal jika kata kunci yang kita target adalah "Optimasi Seo Onpage" maka kata kunci longtail keyword yang dapat kita buat dari kata kunci "Optimasi Seo Onpage" adalah sebagai berikut:

a. "Penulisan kata kunci berkualitas pada Optimasi Seo onpage".

b. "Cara Mudah Optimasi Seo Onpage pada blog"

c. "Tips Jitu Optimasi Seo Onpage untuk meningkatkan Pagerank"

d. "Optimasi Seo Onpage yang baik dan berkualitas"

e. "Bagaimana cara Optimasi Seo onpage yang baik itu ?"

f. dan judul-judul lainnya

Kenapa harus dijadikan longtail keyword?, itu karena dengan longtail keyword artikel yang kita buat akan mudah bersaing, dan short tail keyword pada umumnya sudah dikuasai oleh situs situs- berpagerank dan berdomain berumur, sehingga untuk jangka pendek akan sulit kita saingi.

Kita bisa memilih salah satu judul diatas untuk kita gunakan sebagai judul artikel, namun manakah yang terbaik dimata mesin pencari ? silahkan lanjutkan membaca langkah berikutnya...

3.  Tulis kata kunci pada awal suku kata judul

Peletakan kata kunci pada judul merupakan salah satu optimasi seo onpage yang sangat kuat, setelah kata kunci kita kembangkan menjadi beberapa kata kunci longtail keyword seperti terlihat pada conotoh diatas, saatnya kini memilih kata kunci yang baik yang berkualitas seo, coba kita lihat 5 jenis alternatif  judul untuk kata kunci "Optimasi SEO Diatas" diatas, jika harus memilih dari kelima judul tersebut yang memiliki kualitas penulisan judul yang baik dan berkualitas seo dengan kata kunci yang ditarget tentu saja judul pada point "d", yaitu "Optimasi SEO Onpage yang baik dan Berkualitas" karena judul tersebut meletakan kata kunci yang dibidik pada awal suku kata judul.

Berdasarkan informasi hasil penelitias Moz tentang title tag, Judul dengan kata kunci yang diletakan pada awal suku kata lebih baik daripada judul yang diletakan di tengah atau di akhir suku kata dimata mesin pencari google, dengan demikian judul artikel yang diawali kata kunci akan mudah mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian google, berikut grafik analisa tentang title tag dari Moz:

Penulisan kata kunci blog yang berkualitas SEO

oleh karena itu setiap kali kita menentukan judul disarankan meletakan kata kunci pada awal suku kata judul agar lebih berkualitas seo.

5. Membuat Susunan kata kunci yang baik

Sebisa mungkin membuat kata kunci yang tersususn dengan baik, dengan mencari berbagai alternatif agar kata kunci yang kita target susunannya sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari, ketika pengunjung melakukan pencarian dengan kriteria kata kunci tertentu, mesin pencari akan memprioritaskan kata kunci baik itu di judul atau kata kunci yang terdapat didalam artikel yang susunan katanya sama dengan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian oleh pengunjung.

4. Mencari kata kunci LSI yang relevan dengan kata kunci yang ditarget

Tugas berikutnya setelah kita menentukan kata kunci yang kita target adalah mencari LSI Keyword, apa itu LSI Keyword ?, LSI keyword adalah kata kunci yang erat kaitannya dengan kata kunci utama yang kita target, silahkan baca juga : cara menemukan LSI Keyword ?, jika kita berhasil menemukan lsi keyword, sebaiknya lsi keyword yang kita temukan kita tulis dan cantumkan didalam artikel, kita bisa meletakan di meta descripsi, di Tag H2 H3 dan juga didalam artikel, setidaknya setiap artikel harus memiliki paling tidak 1 lsi keyword agar optimasi seo onpage artikel tersebut lebih kuat.


B. Peletakan kata kunci berkualitas SEO

Setelah kita tau bagaimana cara mengembangkan penulisan kata kunci untuk judul artikel blog, langkah berikutnya adalah mengenai peletakan kata kunci didalam artikel atau isi postingan, untuk membuat postingan lebih seo friendly kata kunci yang kita bidik sebaiknya bukan hanya kita letakan didalam judul saja, namun berdasarkan beberapa faktor dari 200+ google rangking faktor, kata kunci sebaiknya kita letakan didalam meta tag dan juga isi artikel, berikut lokasi-lokasi terbaik  untuk meletakan kata kunci yang kita target maupun kata kunci LSI dalam artikel berdasarkan yang disarankan google ranking faktor:

a. Letakan kata kunci di meta descripsi

Meta descripsi adalah pilihan kedua yang dapat dipertimbangkan pengunjung untuk mengunjungi blog anda, sebaiknya kita membuat descripsi semenarik mungkin dan membuat penasaran pengunjung ketika mereka menemukan blog anda pada hasil pencarian, ingat descripsi yang baik bisa meningkatkan visitor blog organik, meskipun untuk pengaruh rangking halaman saat ini descripsi tidak terlalu berpengaruh, namun descripsi bisa memberikan sinyal kepada mesin pencari tengang relevansi artikel yang anda buat dengan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian.

Baca juga: cara meningkatkan visitor organik google

b. Meletakan Kata Kunci Pada H1 Tag.

Keyword yang diletakan pada tag H1 akan memberikan signal relevansi pada mesin pencari, Tag H1 yang berkualitas seo biasanya mrupakan Judul artikel itu sendiri, dan sebaiknya H1 harus hanya ada 1 didalam setiap artikel yang kita buat. beberapa peneliti pernah membuktikan bahwa exsistensi H1 lebih dari satu yang berada pada halaman blog akan membuat buruk hasil pencarian, dan H1 yang mengandung kata kunci dan terdapat hanya 1 dalam setiap artikel berpengaruh sekali dalam membuat artikel tersebut muncul di pencarian dengan posisi terbaik.

c. Meletakan keyword di area 100 kata pertama

Peletakan kata kunci yang kita target pada posisi 100 kata pertama pada paragraf pertama isi artikel lebih memberikan relevansi signal pada robot mesin pencari,ini akan menjadi prioritas untuk artikel postingan yang kita miliki muncul di posisi terbaik hasil pencarian mesin pencari.

d. Letakan kata kunci di Tag H2 dan atau tag H3

Kata kunci yang diletakan dalam Tag H2 dan atau Tag H3 bisa mempengaruhi SEO untuk halaman tersebut meskipun lemah, tidak ada salahnya kita meletakan kata kunci pada H2 dan H3 untuk memperkuat kualias seo onpage artikel yang kita buat agar lebih kuat.

Demikian artikel sederhana mengenai Cara Penulisan dan peletakan Kata Kunci Berkualitas SEO ? saya share untuk anda, semoga bermanfaat.


24 komentar:

  1. gan saya masih bingung tentang meta H1, h2, dan h3 itu mengaturnya dimana ya,,, apa di templet,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama,,, ane juga mw nanyain itu,

      Delete
    2. saya juga sama gan,, tidah tahu apa itu H1,H2,H3..setiap baca artikel tentang tips seo pasti ada h1,h2,h3..

      Delete
    3. artinya itu HEADING 1,2,3 seperti itu gan... silakan mampir ke nurboy.yu.tl thankss

      Delete
  2. sya kira ada script khusus biar bisa nambah keyword tiap postingan, taunya pinter2 kita memadupadankan di tiap postingan ya :3

    ReplyDelete
  3. saya banyak mencari informasi tentang cara SEO judul artikel, tapi kayanya belum paham betul -_-
    kalau hanya 1-2 suku kata kayanya web2 ber-ranking telah mendominasi halaman pertama google search,
    makasih infonya :)

    ReplyDelete
  4. gan, saya sebagai bloger junior sering mengunjungi blog antum, tapi saya masih bingung banyak cara sudah di ikutin tapi qo masih gk keluar juga di mesin pencarian google..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mesin pencari google sudah mengenali blog agan, namun mungkin saja posisinys bukan di 10 besar barangkali ada diposisi >10 dihalaman 2.3.... hasil pencarian.

      Agan harus optimasi lagi terutama seo offpage agar artikel agan bisa naik urutan posisinya.

      Delete
    2. Saya juga mengalami seperti itu mas,artikel blog saya sudah cukup banyak yang terindek tapi posisinya entah dimana.Ini blog saya http://lionphysics4n.blogspot.com

      Delete
    3. mungkin juga persaingannya cukup ketat, judul yang diambil banyak dikuasai oleh blog-blog yang memiliki reputasi baik di mata mesin pencari sehingga kesulitan untuk bersaing

      Delete
  5. mantap banget gan artikelnya dari blog strukturkode ini saya slalu membaca artikel" menarik dari blog ini yang sangat membantu saya dalam hal dunia blogger
    kunjungi juga blog saya yang sederhana ini http://www.awenlianto.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas atas kunjungannya, semoga selalu bermanfaat.

      Delete
  6. waduh...ane koq malah bingung...
    maksud H1 dkk itu gimana ya mas bos? mohon diberi pencerahan

    ReplyDelete
  7. gan kan banyak tuh blog yangn diahkir psotingannya nulis key gitu, itu perlu apa gak sih?

    mohon penjelasannya ya... riview juga blog saya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hanya strategi mengelabui mesin pencari, jika kata kunci yang dibuat sangat banyak dan terlalu mendominasi tapi artikelnya sama sekali tidak informatif bagi pengguna bisa kena penalty google.

      saya biasanya mencoba meletakan text judul di akhir postingan.

      Delete
  8. Mau tanya gan, sebaiknya dalam penulisan judul postingan pada wordpress
    H1 = berapa kata
    H2 = berapa kata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut kaidah seo, banyak para pakar seo yang menyarankan bahwa h1 dalam setiap halaman harus ada 1, bagaimana menurut google?, google berpendapat boleh dalam satu halaman mengandung h1 lebih dari satu, namun saya sendiri lebih menyarankan h1 lebih baik 1 saja dalam setiap halaman.

      mengenai h2, boleh lebih dari satu, tidak ada ketentuan berapa jumlahnya, agan bis meletakan h2 h3 h4 h5 h6 lebih dari satu dalam setiap halaman.

      Delete
  9. mohon penjelasannya untuk blog terdeteksi search engine google menurut kata kunci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa membantu:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/12/cara-agar-judul-postingan-muncul-di-pencarian-google.html

      Delete
  10. apa nggak masalah penulisan keyword banyak embel-embelnya, apa om google suka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermasalah jika konten hanya penuh dengan keyword untuk mengelabui mesin pencari, jika artikel memberikan informasi berharga bagi pengunjung penempatan kata kunci yang tepat dengan teknik copywrite yang pandai, bukan hanya bagus dimata mesin pencari tapi juga untuk pengunjung,

      Delete
  11. Mas saya masih binggung dalam menerapkan keyword LSI .. mohon penjelasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana saja gan, di sub judul, di artikel yang penting dilibatkan

      Delete
  12. assalamualikum

    mas Didin, saya kan punya 2 blog tuh:
    1. www.majalahikan.com (blogspot)
    2. www.majalahhewan.com (wordpress)

    blog saya yang kedua ini masih saya biarkan, karena ketika saya mau nulis artikel bingung tentang h1 h2 h3 dsb,,,,,masalahnya dasbornya jauh berbeda dengan blogspot. bisa beri penjelasan mas? sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!