Cara Menganalisa dan melihat Level Persaingan Kata kunci (Keyword competition): lengkap - Salah satu yang menjadi tolak ukur utama sebelum membuat artikel adalah mencari dan menemukan kata kunci atau keyword yang tepat untuk judul artikel yang kita buat, untuk judul artikel pada umumnya seorang blogger akan berusaha untuk mencari kata kunci yang paling banyak dicari dan banyak diminati orang atau kata kunci yang tingkat pencarian perbulannya memiliki jumlah yang banyak.

Banyak cara yang bisa kita jadikan acuan untuk melihat jumlah pencarian terhadap kata kunci  dalam tiap bulannya, salah satunya kita bisa memanfaatkan tools yang sangat ampuh dan gratis dari google yaitu google adword keyword tools, tool ini memang sangat efektif untuk melihat jumlah pencarian kata kunci dalam tiap bulan, tapi perlu anda ketahui tools tersebut hanya bisa kita gunakan untuk  melihat jumlah pencarian terhadap kata kunci saja, tanpa bisa melihat level kompetitor untuk kata kunci tersebut, apakah sulit, menengah atau mudah, oh ya perlu diingat informasi level pesaing yang nampak pada kolom competititon pada tool tersebut, yang terdiri dari 3 jenis (low medium dan high), jangan dianggap itu adalah level pesaing kata kunci tersebut untuk posisi Search Enggine Result Page (SERP), level tersebut sebenarnya menunjukan tingkat relevansi kata kunci tersebut digunakan oleh advertiser atau para pengiklan, sehingga tidak bisa kita jadikan acuan sebagai level competitor untuk judul artikel yang mempengaruhi posisi SERP.

Langkah yang harus dilakukan untuk Menganalisa persaingan kata kunci

Anggap saja kita sudah menemukan kata kunci yang tepat untuk judul artikel, kata kunci tersebut dimisalkan memiliki tingkat pencarian perbulan diatas 30.000 orang, sungguh itu adalah kata kunci yang cukup bagus yang akan punya potensi artikel yang kita terbitkan dengan keyword tersebut memiliki peluang untuk dibanjiri pengunjung. Namun perlu diingat, sebenarnya untuk menjadikan sebuah kata kunci sebagai judul artikel, ternyata tidak cukup hanya sampai tahap diatas, meskipun kata kunci yang anda bidik adalah kata kunci yang memiliki pencarian perbulan sangat tinggi, belum tentu artikel anda akan muncul dihalaman pertama SERP, itu dikarenakan pada umumnya kata kunci populer memiliki jumlah pesaing yang banyak, jadi ternyata bukan hanya anda saja yang membidik kata kunci tersebut, kemungkinan bisa ratusan orang yang menggunakan kata kunci yang sama untuk judul artikel yang mereka buat, oleh karena itu ada satu tahap lagi yang sebenarnya harus kita lakukan setelah menemukan kata kunci yang tepat untuk judul artikel, tujuannya adalah agar kata kunci yang kita bidik tersebut muncul dihalaman pertama mesin pencari, yaitu kita harus menganalisa level pesaing atau tingkat kompetitor untuk kata kunci tersebut, berikut akan saya uraikan bagaimana caranya:

1. Install SEOQuake dan MozBar

SeoQuake dan MozBar adalah dua tool gratis yang bisa kita gunakan untuk melihat informasi yang dimiliki oleh seobuah situs, dengan menggunakan kedua tool tersebut informasi penting yang dimiliki oleh setiap alamat situs yang muncul pada hasil pencarian akan dapat diketahui dengan mudah secara langsung, informasi penting tersebut dapat kita gunakan salah satunya yaitu untuk menganalisa level pesaing kata kunci. namun sebelum alat tersebut bisa kita gunakan, terlebih dahulu kita harus menginstal tool tersebut pada browser yang kita gunakan. silahkan anda ikuti langkah dibawah ini

a. Instal SEOQuake

Plugin seoquake tersedia untuk browser mozila firefox, opera, safari dan google croome, untuk melakukan instalasi tool ini silahkan anda masuke ke http://www.seoquake.com/, kemudian silahkan anda pilih dan instalkan sesuai dengan jenis browser yang anda gunakan.

b. Install MozBar

Plugin mozbar tersedia untuk browser mozila firefox dan google croome, Untuk instal mozbar silahkan anda masuk ke: http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian silahkan anda pilih dan instalkan sesuai dengan jenis browser yang anda gunakan.


setelah anda selesai meinginstal kedua tools tersebut pada browser anda, silahkan coba lakukan pencarian menggunakan google sebagai contoh, jika anda berhasil menginstal kedua tool tersebut, daftar hasil pencarian akan dilengkapi dengan informasi situs yang bersangkutan, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:



Seperti terlihat pada gambar diatas, setiap daftar hasil pencarian akan dilengkapi dengan informasi penting mengenai situs-situs yang bersangkutan, coba kita lihat, gambar no 1. itu adalah informasi yang dihasilkan dari SEOBar sedangkan no 2. adalah informasi yang ditampilkan oleh SEOQuake, kedua tool tersebut cukup handal kita gunakan untuk menganalisa setiap hasil pencarian untuk melihat apakah kata kunci yang akan kita gunakan sebagai judul artikel bisa mendongkrak halaman pertama atau 10 besar hasil pencarian google atau tidak.


2. Melihat Page Range (PR), Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) situs Pesaing

Silahkan anda lakukan pencarian dengan kata kunci yang anda bidik, kemudian lihat dan amati hasil pencarian pada halaman pertama hasil pencarian urutan 1 sampai 10 hasil pencarian, lihat PA dan DA dari daftar pencarian untuk masing-masing halaman situs yang ditemukan jika pada 1 sampai dengan 10 hasil pencarian terdapat situs yang memiliki PA atau DA <10 maka itu adalah kesempatan baik, kita bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk judul artikel, situs atau blog dengan nilai PA atau DA dibawah 10 akan mudah untuk dikalahkan, artinya artikel yang  kita buat akan memiliki peluang untuk tampil di halaman 10 hesar.

Menganalisa Nilai PA dan DA untuk melihat tingkat pesaing kata kunci

Apa yang bisa kita lihat dari informasi yang ditampilkan oleh mozBar maupun SoeQuake adalah Page Authority (PA) dan Page Range (PR), kedua istilah tersebut adalah sama, yang menunjukan ototrias suatu halaman situs sedangkan DA menunjukan Otoritas terhadap Domain, besar kecilnya biasanya ditentukan oleh jumlah backlink, sedangkan untuk perbedaan PA dan PR terletak pada frequensi updatenya, jika PR agak lama frequensi updatenya sedangkan PA dari moz informasi updatenya 1 bulan sekali, jadi untuk acuan menentukan tingkat kompetitor prioritas utama lebih baik menggunakan informasi nilai PA saja daripada PR, kemudian nilai DA juga harus kita pertimbangkan setelah melihat PA.

 3. Melihat Optimasi SEO Onpage situs pesaing

Optimasi Seo onpage adalah salah satu yang punya pengaruh terhadap posisi SERP, yang harus kita perhatikan setelah kita mengetahui PA dan DA situs-situs pesaing, langkah berikutnya adalah menganalisa SEO Onpage situs yang bersangkutan.

a. Lihat judul artikel yang digunakan

Judul artikel sangat berpengaruh juga pada posisi SERP, judul artikel yang baik adalah meletakan kata kunci utama pada suku kata pertama judul artikel, sebagai contoh jika kita membidik kata kunci utama "Optimasi SEO Onpage" maka judul dengan longtail keyword yang baik dengan kata kunci tersebut adalah "Optimasi SEO Onpage pada blog" dari pada  "Cara Melakukan Optimasi Seo Onpage, google akan lebih memprioritaskan kata kunci yang diletakan diawal suku kata daripada kata kunci yang diletakah ditengah atau diakhir suku kata.


Jika yang kita melihat hasil pencarian menggukan kata kunci yang kita bidik terdapat judul yang diletakan di akhir suku kata, berarti itu kesempatan baik untuk kita menggunakan judul dengan kata kunci tersebut, dan ingat untuk meletakan kata kunci pada suku kata pertama judul.


b. Melihat Peletakan Kata kunci Pada H1, H2 dan Alt tag pada gambar

 Langkah berikutnya cara menganalisa seo onpage untuk melihat tingkat pesaing adalah dengan melihat peletakan kata kunci yang digunakan, optimasi seo onpage yang sulit untuk kita kalahkan adalah jika peletakan kata kunci yang mereka gunakan tepat, jika tag H1, tag H2 dan Alt Tag pada gambar terdapat kata kunci utama, itu berarti seo onpagenya cukup diperhatikan, artinya situs tersebut akan sedikit sulit untuk kita kalahkan, namun apabila beberapa situs pesaing ada yang kurang memperhatikan optimasi seo onpage diatas, itu kesempatan baik bagi kita untuk membuat judul dengan kata kunci tersebut, meskupun PA dan DA yang dimiliki oleh situs pesaing tersebut cukup baik.

Untuk melihat Seo Onpage setiap situs cukup kita gunakan fasilitas yang terdapat pada Tool SeoQuake, silahkan anda klik pada salah satu hasil pencarian google, kemudian pada toolbar seoQuake cari dan klik menu atau Tombol "Diagnosis...", maka anda akan melihat informasi mengenai seo onpage halaman artikel yang bersangkutan, silahkan amati tiga point seo onpage diatas.

c. Melihat Sumber Situs yang ditampilkan oleh Hasil Pencarian Google

Langkah berikutnya yang bisa kita pertimbangkan, untuk melihat level comptitor situs pesaing adalah melihat situs-situs yang muncul pada hasil pencarian google, jika kata kunci yang kita bidik menghasilkan hasil pencarian dari situs-situs forum dan situs bookmarking seperti misalnya kaskus.co.id, bersosial.com, yahoo answer, lintas.me dan situs situs bookmarking lainnya, itu adalah kesempatan bagus bagi kita untuk menggunakan kata kunci tersebut sebagai judul artikel, karena artikel-artikel dari situs-situs forum maupun social bookmarking sangat lemah dan sangat mudah sekali untuk di kalahkan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil terutama ketika memutuskan untuk membuat artikel adalah, mencari kata kunci yang paling banyak diminati, kemudian memperhatikan tingkat kompetitor terutama hasil pencarian yang muncul pada urutan 1-10, untuk melihat tingkat kompetitor silahkan lakukan langkah-langkah diatas, jika seandainya tingkat kompetitor mudah dan bisa kita saingi, berarti itu kesempatan bagus untuk kita untuk membuat artikel dengan kata kunci tersebut, pelung muncul di urutan 10 besar hasil pencarian akan lebih baik, tinggal kita memupuk artikel yang kita buat dengan backlink sebanyak mungkin.

Demikian informasi yang bisa saya share tentang Cara Menganalisa Tingkat Pesaing Kata kunci : lengkap. semoga bermanfaat.