Sampai saat ini backlink merupakan salah satu dari 200+ google ranking faktor yang masih berperan sebagai salah satu acuan mesin pencari khususnya google untuk menentukan pantas tidaknya suatu artikel muncul di halaman terbaik hasil pencarian mesin pencari (SERP atau search enggine result page).

 Untuk membangun backlink yang menuju halaman situs memang bukanlah perkara mudah, perlu usaha, kerja keras dan waktu, bahkan harus dilakukan secara hati-hati dan diusahakan agar backlink yang kita bangun kelihatan senatural mungkin, karena jika saja kita tidak tau cara membangun backlink yang aman, maka kemungkinan besar apa yang kita upayakan berpotensi mendapatkan penalty google.

Banyak cara yang bisa kita upayakan agar blog dapat memiliki backlink, bisa secara natural (ada dengan sendirinya karena orang lain tanpa diminta) atau bisa dibangun oleh sendiri, backlink baru akan memberikan efek terhadap suatu halaman situs ketika backlink yang menuju halaman situs atau blog tersebut berhasil diklaim (diindex) atau diakui oleh google, semakin banyak backlink yang di claim google dan semakin berkualitas backlink yang menuju suatu blog atau halaman situs maka kemungkinan besar blog atau halaman blog tersebut akan lebih mudah ditemukan dihasil pencarian mesin pencari.

Pelajari juga: Cara membangun backlink natural yang aman untuk blog anda

Saya sendiri secara konsisten selalu mengecek jumlah backlink, dan selama ini apa yang saya amati ternyata jumlah backlink selalu berbanding lurus dengan jumlah visitor atau pengunjung blog, ketika pengunjung blog merangkak ternyata di waktu yang sama jumlah backlink juga bertambah, barangkali anda juga mengalami hal yang sama, anda bisa cek, artinya semakin banyak jumlah backlink yang berhasil di claim oleh google maka visitorpun akan meningkat.

Bagaimana Cara Melihat dan Mengetahui jumlah Backlink yang dimiliki suatu Blog

Terkadang untuk beberapa alasan kepemilikan backlink pada suatu halaman blog atau situs perlu kita ketahui, bisa jadi karena penasaran ingin mengetahui jumlah backlink suatu halaman situs atau blog tertentu atau mungkin saja ingin menganalisa bagaimana cara blog kompetitor bisa mendapatkan backlink.

Banyak sekali tool yang tersedia yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu blog, ada yang gratisan bahkan ada yang berbayar, pada artikel kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu blog dengan tool gratisan sebagai berikut:

Cara #1- Menggunakan Google Webmaster tool (GWT)

Google webmaster tool (GWT) atau sekarang dikenal dengan sebutan google search Console (GSC) adalah tool online gratis yang disediakan oleh google yang dapat membantu webmaster atau pemilik situs untuk memantau, memonitor dan merekam segala aktivitas robot mesin pencari terhadap suatu blog atau website, salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh GWT ini adalah melihat informasi jumlah backlink blog anda pribadi yang berhasil di claim oleh mesin pencari google.

Tool ini dapat digunakan hanya untuk mengetahui jumlah backlink pada blog yang anda miliki saja, jumlah backlink yang dilaporkan oleh google webmaster tool adalah jumlah backlink sebenarnya yang benar-benar sudah diakui oleh mensin pencari google.

Untuk mengatahui jumlah backlink blog anda menggunakan google webmaster tool, blog anda terlebih dahulu harus sudah terintegrasi dengan GWT, jika belum silahkan lakukan pendaftaran google webmaster tool terlebih dahulu. Sebagai panduan anda bisa lihat artikel tentang cara daftar google webmaster tool dengan cepat

Untuk mengetahui jumlah backlink menggunakan google webmaster tool langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda sign in ke halaman utama google webmaster tool kemudian pilih salah satu blog anda.


b. Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu Search Trafict kemudian pilih submenu Link To Your Site, anda akan melihat informasi jumlah backlink yang dimiliki blog anda seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara melihat jumlah backlink menggunakan google webmaster tool

Anda akan melihat informasi jumlah backlink dan juga sumber backlink berasal, seperti terlihat pada gambar diatas.


Cara #2 - Menggunakan Tool Pihak Ke 3 (Openlinkprofiler.org)

Banyak sekali tool online pihak ke 3 yang menyediakan fasilitas untuk melihat backlink secara gratis, tool-tool tersebut sangat berguna sekali untuk melihat dan mengamati jumlah backlink yang dimiliki oleh blog sendiri mapun jumlah backlink yang dimiliki oleh blog competitor atau blog pesaing.

Beberapa tool yang bisa anda gunakan untuk melihat jumlah backlink secara detail dan lengkap yang dimiliki oleh  suatu blog diantaranya adalah:

a. ahref.com
b. opensiteexplorer.com
c. openlinkprofiler.org
d. dll.

Beberapa tool diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, anda bisa coba satu-persatu,

di artikel ini saya akan mencoba bagaimana cara melihat backlink suatu blog dengan menggunakan salah satu tool pengecek backlink diatas yaitu dengan menggunakan openlinkprofiler.org, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan masuk ke situs openlinkprofiler.org Anda akan disajikan halaman seperti gambar dibawah ini:

cara melihat backlink blog competitor dengan openlinkprofiler.org
 
c. Silahkan anda masukan alamat blog yang ingin anda lihat backlinknya, kemudian tekan tombol Analyze backlink, sebagai contoh saya akan coba cek alamat situs adsense-lab.blogspot.com, milik saya.

Maka Akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini:

Cara Menelusuri backlink blog competitor menggunakan openlinkprofiler

Untuk melihat daftar backlink secara lengkap anda bisa melakukan filter, untuk memfilter salah satu kriteria yang paling penting adalah LIS (Link Influence Score) pengaruh backlink yang diberikan, semakin besar nilai LIS itu menandakan backlink tersebut memberikan efek besar untuk blog rujukannya.

d. Silahkan tentukan kriteria backlink yang akan anda lihat secara detail, kemudian pilih filter backlink, anda akan melihat hasilnya seperti gambar dibawah ini:

cara Mengintip backlink competitor


Anda akan melihat daftar backlink sesuai dengan kriteria yang anda tentukan menyangkut, LIS situs sumber backlink, anchor text yang digunakan dan juga jenis backlink dofollow atau nofollow seperti terlihat pada gambar diatas.

Kenapa Jumlah Backlink di webmaster tool versus jumlah backlink tool pihak ke 3 berbeda?

Jika anda membandingkan jumlah backlink blog anda menurut google webmaster tool dengan jumlah backlink menurut tool pihak ke 3, maka hasilnya akan berbeda, pada umumnya jumlah backlink yang di tampilkan oleh tool pihak ke 3 seperti (openlinkprofiler) akan lebih kecil atau lebih sedikit jika dibandingkan dengan  jumlah backlink yang dilaporkan oleh google webmaster tool.

#Kira-kira mana yang paling benar?

Tentu saja yang paling benar dan dapat dipercaya adalah Jumlah backlink menurut google webmaster tool.

beberapa informasi yang pernah saya baca bahwa google menyembunyikan sebagian jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu blog atau website, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan website tersebut, salah satunya adalah untuk meminimalisir terjadinya sabotase dari pihak competitor.


Demikian artikel tentang #2 Cara Mudah Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog semoga bermanfaat

16 komentar:

  1. Kok total backlinknya beda ya?Kalau di webmaster jumlahnya 1000 + , sedangkan di openlinkprofiler hanya 886.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, jumlah backlink Yang asli yang ada di webmaster tool, kabarnya google tidak memberikan informasi backlink secara full untuk beberapa alasan salah satunya untuk menghindari sabotase pada blog competitor.

      Delete
  2. waah cara ini bisa buat nyolong backlink gk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini salah satu caranya gan, bisa pake linkprofiler.org, ahref.com atau opensiteexplorer, cuma pada umumnya yang paling mudah di ikuti hanya bisa mengikuti backlink yang diperoleh dengan cara spam.

      Delete
  3. mantap, akhirnya jadi tau juga berapa jumlah backlink blog saya, terima kasih gan.. senang berkunjung di sini

    ReplyDelete
  4. mas saya mau tanya, saya sudah mengikuti tutorial di atas kenapa jumlah backling di webmaster tools saya masih kosong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan harus pastikan bahwa agan sudah membangun backlink.

      Jika memang sudah, backlink biasanya membutuhkan waktu sampai di claim google.

      banyak posting dan seiring bertambahnya visitor backlink akan cepat di claim dan bisa kita lihat laporannya di webmaster.

      Delete
  5. keren,awaq mau diskusi tentang blog, bisa? WA ada, Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan bisa gabung di google hangout saya gan, masuk saja ke g+ saya n klick icon hangout nanti ane confirm

      Delete
  6. thanks artikelnya gan sangat membantu buat saya yang masih newbie :) ,, mau nanya gan apakah syarat diterima google adsense harus memilki trafik pengunjung yang banyak??

    terima kasih sebelumnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga gan, tapi itu bisa jadi salah satu untuk memperbesar kemungkinan diterima adsense

      Delete
  7. Gan artikelnya keren banget. ulasannya detail. Adakah cara mendapatkan backlink yang berkualitas?

    ReplyDelete
  8. backlink yang baik itu seperti apa ya gan? , bisa ndak bantu website saya biar page one, ada duitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu-satunya backlink yang bak adalah contextual backlink atau backlink yang letaknya di artikel relevan dengan artikel yang ditujunya.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!