Sebagai seorang blogger pemula yang baru terjun di dunia blogging, barangkali anda akan sedikit  asing dengan istilah index maupun Cara Melihat dan Mengetahui Google Index pada Blog Anda, atau mungkin saja pernah mendengar istilah index namun anda belum memahami apa maksudnya!, pada umumnya segala hal yang berkaitan dengan aktivitas mesin pencari baik itu google, bing, yahoo maupun search enggine lainnya pasti akan terlibat dengan suatu aktivitas yang namanya index,

# Lantas apa itu index ?  

Index adalah isitlah lain untuk proses ketika bagian-bagian penting dalam sebuah blog baik itu url artikel positingan, alamat domain blog, link, content atau isi artikel dan segala hal penting yang terdapat didalam suatu halaman situs atau blog berhasil tersimpan di basis data pencarian mesin pencari atau search enggine (google (google index), yahoo (yahoo index), bing (bing index) dll).

Bagaimana cara mesin pencari (google, yahoo, bing dll) melakukan index pada blog anda?


Proses index memang tidaklah instan ada beberapa tahap yang biasa dilakukan oleh robot mesin pencari sebelum melakukan index, biasanya sebelum artikel  suatu blog atau website diindex, terlebih dahulu mesin pencari akan melakukan perayapan atau lebih dikenal dengan istilah crawl  menggunakan bot search enggine (robot mesin pencari) untuk menelusuri setiap bagian dari halaman blog anda, setelah google bot melakukan perayapan dan mengenali blog anda, google bot akan membawa setiap informasi penting yang terdapat dalam blog anda untuk disimpan di dalam gudang basis data pencarian milik mereka (indexing).

# Artikel terkait: 8 cara mempercepat index google untuk blog baru


# Apa tujuan Mesin pencari (Search Enggine) melakukan Index?

Tujuan mesin pencari google yahoo atau bing mengindex artikel anda adalah agar bagian-bagian dari artikel tersebut dapat tersimpan di gudang basis data pencarian google, tujuannya tentu saja untuk memudahkan robot mesin pencari menganalisa dan menampilkan artikel di hasil pencarian dengan lebih tepat cepat, akurat dan relevan sesuai dengan kata kunci pencarian yang digunakan oleh pengguna, setelah suatu blog berhasil diindex maka google akan mudah untuk menampilkannya di hasil pencarian (SERP) mereka untuk setiap kata kunci yang dianggap relevan.

Suatu blog akan dikenali dan berpeluang muncul halaman hasil pencarian jika artikel blog tersebut sudah diindex oleh mesin pencari, oleh karena itu agar blog anda mudah dikenali di hasil pencarian anda harus dapat memastikan bahwa index google sudah berjalan dengan baik dan setiap artikel blog anda sudah berhasil diindex.

# Anda juga bisa mempelajari: Cara agar judul postingan muncul di pencarian google

Cara mengetahui blog sudah terindex google?

Ketika blog tidak muncul dihasil pencarian ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada blog anda, bisa jadi setiap artikel blog anda belum terindex sama sekali, atau baru terindex sebagian, atau mungkin saja blog anda sudah terindex namun artikel blog anda berada di urutan belakang mesin pencari, untuk memastikan apakah blog anda sudah terindex google atau belum, anda bisa melakukan cara-cara sebagai berikut?

Cara #1 - Cek Google Index  Menggunakan Google webmaster tool (GWT)

Google webmaster tool atau sekarang lebih dikenal dengan Google Search Console (GSC) adalah alat online gratis dari google untuk memonitor segala hal yang berkaitan dengan interaksi antara robot mesin pencari google (google bot) dengan blog anda, segala hal yang berkaitan dengan aktivitas tersebut akan direkam dan dilaporkan untuk dianalisa oleh webmaster, atau pemilik blog yang bersangkutan.

Aktivitas robot mesin pencari pada blog anda  baru akan terekam jika blog anda sudah didaftarkan untuk diintegrasikan dengan google webmaster tool, jika kebetulan blog anda belum didaftarkan atau diintegrasikan dengan google webmaster tool, sebagai panduan anda bisa baca artikel tentang Cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool

Jika sudah, berikut langkah-langkah untuk melihat index google di google webmaster tool:

a. Masuk ke akun google webmaster tool Anda

b. Pilih dan klik salah satu blog yang sudah terdaftar

c. Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu crawl > sitemaps, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
Cara mengetahui dan melihat google index pada blog

Anda akan melihat grafik dengan warna biru dan warna merah, warna biru menunjukan jumlah artikel pada blog anda yang berhasil di submit untuk di crawal dan di index oleh mesin pencari, sedangkan grafik warna merah menandakan jumlah artikel yang sudah berhasil diindex. jika warna merah lebih rendah dari warna biru itu menandakan bahwa artikel blog anda belum diindex seluruhnya, atau mungkin saja sudah diindex namun belum terekam di laporan Google webmaster tool, agar semua artikel blog bisa terindex seluruhnya pada umumnya memerlukan waktu.

Cara #2 -  Cek Google Index Menggunakan Format Pencarian Google (Google Dork)

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk melihat dan mengatahu google index pada artikel postingan blog anda adalah dengan menggunakan format pencarian google, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke situs pencarian google untuk melakukan pencarian

b. Pada kotak pencarian sialahkan anda lakukan pencarian dengan format seperti dibawah ini:

site: nama_situs_anda.blogspot.com
Dengan format pencarian diatas maka setiap artikel postingan blog anda yang sudah berhasil diindex akan ditampilkan di hasil pencarian, sebagai contoh untuk blog saya seperti dibawah ini:

site: strukturkode.blogspot.com

maka ditampilkan hasil pencarian seperti gambar dibawah ini:

bagaimana cara mengetahui google index pada blog

 Jika semua artikel blog anda berhasil tampil dai halaman mesin pencari itu menandakan artikel blog anda sudah berhasil diindex dan dikenali oleh mesin pencari. jika belum maka kemungkinan besar artikel blog anda belum diindex.


Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melihat bahwa setiap artikel blog sudah terindex oleh mesin pencari, diantaranya adalah beberapa cara diatas, sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil mengetahui bagaimana Cara Melihat dan Mengetahui Google Index pada Blog Anda?, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


12 komentar:

  1. Hadir pertama kali... artikelnya mudah dipahami untuk blogger pemula sekelas saya :D jadi lebih paham tentang google index, dll. Kang mau nanya, template blog akang ini dapat darimana ya? ringan sekali pengen coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas priyo.

      Templatenya modifikasi mas, saya lupa dulu awalnya template apa yang jelas, terlanjur digunakan ternyata templatenya cukup banyak bug akhirnya dimodifikasi tidak terasa tempilannya jadi sangat sederhana.

      saya sengaja tidak banyak pasang widget, menghindari penggunaan jquery tidak banyak tampil gambar agar template lebih ringan.

      Delete
  2. gaya penulisanya simpel, dan mudah sekali dimengerti, disertai dengan gambar,
    bagus artikelnya

    ReplyDelete
  3. wah... makasi banget kaka atas Tipsnya ini ^^ aku blogger newbe soalnya jadi harus banyak belajar disini, salam kenal

    ReplyDelete
  4. mas saya dah coba masuk ke googlemastertool kok hasilnya seperti ini,

    Anda belum mengirimkan peta situs apa pun untuk situs ini.

    kenapa mas kok tampil seperti itu?
    kok tidak ada tampilan seperti di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas tambahkan sitemap blog mas di google wemaster tool.

      Referensi mas bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/04/cara-submit-sitemap-di-google-dan-bing.html

      Delete
  5. kenapa status index ny kok 0 padahal sudah submit sitemap??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memerlukan waktu, cepat tidaknya akan dipengaruhi oleh jumlah kunjungan pengunjung, dan seberapa sering robot mesin pencari mengunjungi blog agan untuk melakukan recrawl. sering-seringlah memposting artikel baru.

      Delete
  6. om, awalnya blog saya yang terindex 170an, tapi bebrapa hari yang lalu turun drastis, dan sekarang tinggal 65 yang terindex, ini solusinya gimana ya? karena ini pageview juga turun drastis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya banyak posting gan, dulu saya pernah menglami hal serupa, coba periksa di GWT apakah banyak ditemukan page not found n server error, kalo ada perbaiki secara berkala, lanjut posting terus.

      Delete
  7. Terima kasih atas Ilmunya mas Didin.

    Saya punya pertanyaan mas, Kenapa di GSC saya pada menu Search trafic dan google index tidak mau muncul datanya. terima kasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena masih baru melakukan submit, ditunggu seiring waktu nanti akan muncul informasinya, jika memang awalnya ada terus tidak ada coba sering posting

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!