Salah satu faktor yang masih berpengaruh meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian adalah peranan backlink, backlink bisa diibaratkan tenaga atau vitamin yang dapat mensupport halaman situs agar mudah untuk ditemukan di mesin pencari, backlink sendiri dapat diartikan sebagai link yang menuju situs milik kita yang kita letakan di situs orang lain, dan istilah lain dari backlink adalah inbound link atau ada juga yang menyebut sebagai link masuk.

Sebuah link bisa ada di situs orang lain karena beberapa hal, link tersebut ada karena diletakan secara natural oleh sipemilik situs yang bersangkutan karena dia menganggap situs yang dirujuk oleh link tersebut adalah situs yang bermanfaat, atau bahkan bisa dibangun oleh si pemilik blog itu sendiri karena menginginkan blognya cepat populer, oleh karena itu membangun backlink yang berkualitas adalah agenda wajib blogger untuk membuat situs atau blog nya mudah ditemukan dimesin pencari.

Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya
learnseo.ca

I. Memahami Dasar Membuat Backlink?

Untuk membangun backlink berkualitas pertama yang harus anda pahami adalah perintah membuat sebuah link, karena backlink sendiri awalnya adalah hanya sebuah link namun letaknya ada di situs orang lain, dan link tersebut mereferensi ke situs milik kita, artinya jika link tersebut diklik maka akan menuju halaman blog atau situs yang kita miliki, link sendiri sebenarnya dibuat menggunakan perintah dasar kode HTML serta sangat mudah untuk dipahami, berikut perintah kode HTML untuk membuat sebuah link:
<a href='url_tujuan' >anchor text</a>
Kode HTML untuk membuat link pada umumnya diawali dengan kode tag pembuka "<a...>" dan tag penutup "</a>", sedangkan href adalah atribut dari tag "<a" yang bisa diisi dengan alamat url blog atau alamat halaman artikel blog yang dituju ketika link tersebut diklik, sedangkan anchor text adalah tulisan untuk link tersebut yang bisa kita lihat (biasanya berwarna biru dan ada bergaris bawah), dan bisa kita klik, jika diklik maka anda akan dibawa ke url_tujuan yang kita masukan di atribut href.

Contoh link:
Misal saya ingin membuat sebuah link dengan tulisan ini blog saya dan jika link tersebut diklik maka anda akan menuju ke halaman blog strukturkode.blogspot.com.

Perintah html untuk membuat link tersebut adalah sebagai berikut:
 <a href='http://strukturkode.blogspot.com'>ini blog saya</a>
Link tersebut statusnya bisa menjadi backlink jika link tersebut kita letakan di situs orang lain.

Mengenal Jenis-jenis backlink 

Ada dua jenis backlink yang bisa kita buat, yang pertama backlink dofollow dan yang kedua adalah backlink nofollow, perbedaan kedua backlink tersebut terletak pada pengaruhnya terhadap halaman situs yang kita miliki.

Jika backlink yang kita buat adalah nofollow maka tidak akan meningkatkan pagerank (PR) halaman situs atau halaman blog yang dirujuknya, sedangkan dofollow akan ikut andil dalam meningkatkan (PR) blog atau halaman blog yang dirujuknya, namun baik backlink dofollow maupun nofollow keduanya punya andil dalam meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian mesin pencari (SERP).

jadi ketika kita membangun backlink usahakan keduanya bisa kita buat.

Untuk memahami lebih jauh mengenai jenis backlink, apa itu backlink dofollow dan nofollow, bagaimana cara membuatnya dan bagaima cara membedakannya anda bisa membaca artikel saya sebelumnya sebagai berikut:
 

Bagaimana cara membangun backlink?

Setelah anda memahami penertian backlink dan bagaimana cara membuatnya, apa yang harus anda lakukan selanjutnya adalah bagaimana cara membangun backlink.

Para praktisi seo biasa mengistilahkan dengan kata membangun / membangun backlink (backlink building), karena ini berhubungan dengan upaya kita  bagaimana cara sebuah link yang menuju situs kita bisa kita letakan di situs orang lain,

Kenapa backlink harus dibangun?,

ya karena jika kita hanya menunggu orang lain untuk meletakan link menuju ke situs kita secara natural atas kemauan pemilik situs yang bersangkutan barangkali bisa membutuhkan waktu yang lama, itu juga jika artikel blog kita dianggap sangat bermanfaat oleh mereka, jika tidak maka peluang orang lain membuat link ke situs kita persentasinya mungkin hanya 0.0000x% saja, kemungkinannya sangat kecil sekali, oleh sebab itu salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan cara membangun backlink tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membangun backlink:

a. Melalui Aktivitas Blogwalking

Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog lain dan berkomentar didalamnya, melalui aktivitas ini sekaligus  kita bisa meletakan link didalam kotak komentar blog atau didalam name url komentar, cara ini merupakan cara kuno yang biasa dilakukan dari dulu dan masih sering dilakukan sampai saat ini.

Jika anda memilih cara ini sebaiknya anda memperhatikan aturan main situs yang bersangkutan, jika dilarang meletakan link, jangan coba-coba anda lakukan, jika diperbolehkan anda bisa meletakan backlink didalam komentar yang anda buat, buatlah komentar yang relevan dengan artikel yang bersangkutan dan buatlah sepanjang mungkin agar komentar anda di approve.

Untuk membangun backlink dengan cara ini sebaiknya anda memilih blog yang memang benar-benar membahas topik yang relevan dengan blog yang anda miliki, namun tetap harus hati-hati, jangan terlalu membabibuta melakukan cara ini cukup sewajarnya saja dan jangan sering-sering.

Untuk melakukan cara ini anda harus menemukan blog target untuk anda komentari dan untuk anda letakan link didalamnya.

b. Melalui guest blogging

Guest blogging adalah membuat artikel postingan kemudian artikel postingan tersebut kita terbitkan di blog orang lain tentunya atas seizin si empunya blog, di dalam artikel yang dibuat kita bisa menyisipkan klink yang menuju situs kita.

Banyak tersedia blog-blog yang gratis mempersilahkan para blogger lain untuk berkontribusi menyumbang artikel, namun ada juga yang berbayar tergantung blognya, peletakan backlink melalui aktivitas guest blogging adalah salah satu paporite para whitehat seo dan cara ini adalah salah satu yang dapat menghasilkan backlink yang benar-benar berkualitas tinggi. (salah satu backlink berkualitas adalah baclink didalam artikel yang diterbitkan disitus yang sudah memiliki reputasi baik dimata mesin pencari dan membahas topik yang sama dengan link halaman blog yang dituju).

Jika anda menyukai cara ini, silahkan cari terget blog atau situs yang membahas topik relevan dengan blog anda.

c. Berinteraksi di forum online

Untuk membangun backlink berkualitas anda juga bisa memanfaatkan keberadaan situs forum online, forum online pada umumnya akan memberikan kesempatan kepada setiap membernya untuk menerbitkan artikel didalam forum tersebut.

Di situs Forum online anda bisa membuat artikel dengan meletakan backlink ke situs atau blog anda, bahkan selain kita bisa meletakan backlink di dalam artikel, ada beberapa forum online yang memberikan fasilitas signatur didalamnya sehingga kita akan mendapatkan backlink dari signatur yang kita pasang pada situs forum online tersebut.

Ada beberapa forum online yang cukup bagus untuk anda gunakan dalam mendapatkan backlink diantaranya adalah sebagai berikut:
  •  EOcommunity.com: Forum utk event orginizer dan general topik
  •  Forum.kompas.com: Forum di situs kompas.com 
  •  Bersosial.com : Forum diskusi online Indonesia
  •  Forum.detik.com: Forum di situs detik.com
  •  Kaskus.com: forum populer indonesia
  •  Pengusaha.co: Forum diskusi dan jual beli (update: saat ini link dari forum ini sudah Nofollow)
  •  Dan lain-lain
Untuk mendapatkan backlink dari forum-forum diatas, pertama anda harus bergabung menjadi membernya, kemudian anda baru bisa menerbitkan artikel didalamnya.

Sebenarnya masih banyak teknik untuk membangun backlink silahkan anda eksplore.


Strategi membangun backlink

Untuk membangun backlik memang tidak semudah membalikan telapak tangan perlu usaha dan kerja keras dan biasanya akan memakan waktu serta membutuhkan proses, untuk membangun backlink pertama kita harus menemukan blog target yang akan kita letakan backlink didalamnya, yang kedua kita harus menyiapkan url-url artikel beserta anchor textnya yang akan dijadikan link untuk diletakan disitus orang lain, setelah blog target ditemukan baru kita bisa meletakan link url blog kita disitus mereka.

Untuk membangun backlink tidak bisa kita lakukan sembarangan, ada teknik, trik dan strategi khusus yang harus kita perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Situs target untuk meletakan backlink (sumber backlink)

Untuk meletakan backlink sebaiknya memilih blog atau situs yang memiliki topik relevan dengan blog atau artikel yang ingin kita promosikan, dengan demikian backlink akan dianggap berkualitas dan efeknya atau pengaruhnya akan sangat besar sekali untuk meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian.

2. Persentase penggunaan anchor text

Membuat backlink ada aturan mainnya, terutama penggunaan anchor text, sebaiknya tidak dilakukan sembarangan karena jika salah sedikit saja maka bisa dianggap menyalahi kaidah google webmaster guidelines tentang penyalahgunaan link schemes, dampaknya bisa mendapatkan penalty dari google.

Memang untuk membuat artikel blog kita bisa menempati posisi terbaik hasil pencarian adalah dengan membangun backlink menggunakan anchor text dengan kata kunci yang dibidik untuk artikel yang ingin kita promosikan, setelah google melakukan update algoritma pinguin dan panda cara semacam itu untuk saat ini tidak lagi diperbolehkan . namun anda jangan khawatir karena ada cara-cara yang bisa anda lakukan yang masih dianggap wajar dan masih bisa ditolelir sebagai berikut:

  • Kisaran (30%-80%) Anchor text menggunakan alamat url utama situs (misal: strukturkode.bogspot.com, adsense-lab.blogspot.com dll)
  • Kisaran (10%-80%)Anchor text menggunakan brand situs atau blog (misal: strukturkode, google, kaskus dll)
  • Kisaran (30%-80%) menggunakan anchor text acak (misal: klik disini, menuju tkp dll)
  •  kisaran (0%-15%) menggunakan kata kunci yang dibidik
 Semakin berfariasi backlink yang kita buat maka akan semakin natural dimata mesin pencari.

3. Frequensi membangun backlink

Berbicara mengenai frekuensi berarti erat kaitannya dengan keseringan, untuk membangun backlink sebaiknya perhatikan juga frequensi, jangan terlalu membabibuta dalam membangun backlink, misal dalam waktu yang singkat anda membangun backlink dalam jumlah yang luar biasa banyak, dengan tujuan agar blog cepat populer, padahal blog anda atau artikel blog anda masih sangat baru.

Tindakan membagun backlink secara berlebihan seperti itu tidak baik untuk kesehatan blog kita, bukan keuntungan yang akan anda dapatkan malah akan mendapat penalty dari mesin pencari google, jika kita membangun backlink secara membabibuta bisa memicu webspam google. dan ujung-ujungnya akan sangat merugikan untuk blog kita.
Baca juga: Cara membangun backlink yang aman untuk blog anda.

4. Jenis backlink (dofollow atau nofollow)

Agar backlink kelihatan natural anda harus membuat backlink dengan menggunakan dua jenis backlink tersebut (dofollow atau nofollow) kedua backlink tersebut bisa ikut andil dalam memperbaiki rangking halaman situs di hasil pencarian.

e. Arah link yang dituju

Dalam mambangun backlink sebaiknya perhatikan juga arah link, bisa anda tujukan untuk homepage dan bisa anda tujukan untuk artikel, dua-duanya harus mendapatkan porsi yang sama, jika diarahkan ke homepage berarti untuk memperkuat situs blog, sedangkan jika ke artikel bisa memperkuat artikel blog yang bersangkutan, beberapa praktisi seo menyarankan persentase pembagian distribusi backlink sebagai berikut:

  • Menuju homepage kisaran 20-50%
  • Menuju artikel blog kisaran 50-80%
Duaduanya harus mendapat porsi yang cukup agar ferforma yang blog seimbang.

setelah anda berhasil memahami apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya, bisa anda jadikan panduan untuk membangun backlink ke situs atau blog anda, intinya dalam membangun backlink jangan terlalu berlebihan dan buat senatural mungkin seolah-olah backlink tersebut alami dan buakan dibuat secara manual oleh anda sendiri, silahkan dicoba semoga dapat membantu meningkatkan popularitas blog anda dihasil pencarian.

50 komentar:

  1. backlink memang perlu dilakukan seorang blogger, apa lagi seperti saya mas yang msaih baru main blog. blogwalking apa lagi... tapi artikel ini sangat memberikan iformsi tambahan buat saya. salam mampir di produklink.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat mas stehanus wahyu.

      Delete
  2. Makasih banyak untuk sharing nya mas. Saya mau tanya, kenapa nggak semua situs blog atau web mau di berikan comment yang memiliki link.? Jadi misalkan saya ingin menjadikan blog struktur kode sebagai backlink saya sehingga saya tinggalkan link di sini. Apakah ada pengaruhnya dengan blog struktur kode jika hal demikan saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas febri atas kunjungannya
      Kadangkala jika situs memberikan keleluasaan untuk mengizinkan menempatkan link didalam komentar, biasanya selalu dimanfaatkan oleh blogger tidak bertanggung jawab sebagai media promosi, Nyepam dengan link yang tidak ada sangkut pautnya dengan artikel yang dibahas. bahkan komentarnya sama sekali tidak relevan.

      banyaknya komentar spam didalam blog akan menurunkan reputasi blog tersebut dimata pengunjung, akhirnya diikut, dan enggan memberikan komentar berkualitas,

      Jika banyak sekali komentar spam dalam sebuah blog maka kualitas blog terutama konsistensi dan relevansi judul dengan isi bisa menurun, dan mengaburkan informasi yang sebenarnya berkualitas menjadi kumpulan keyword yang sama sekali tidak berguna. jika dikaitkan dengan seo tentu akan menurunkan ranking seo.


      untuk referensi mas bisa lihat:
      http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2009/11/hard-facts-about-comment-spam.html

      Delete
  3. Saya pernah menanam banyak backlink di forum2 luar tapi dua minggu kemudiaan blog saya dihapus blog karena spam, itulah awal pembelajaran saya tentang backlink, intinya jangan serakah ya mas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, jangan serakah dan jangan berlebihan, point pentingnya lakukan senatural mungkin, tidak mungkin misalnya blog baru atau artikel yang baru beberapa hari langsung memiliki backlink berlimpah akan kelihatantidak natural, alasan satu-satunya yang akan dianggap nyepam hehe:

      Delete
  4. backlink itu penting juga ya gan,
    makasih infonya gan.
    jangan lupa mampir juga ya gan ke inma-xp.com

    ReplyDelete
  5. backlink penting tapi harus di lakukan berhati-hati, karena kalau dilakukan berlebihan maka oleh mbah google akan di anggap spam dan ujug-ujugnya masuk sand box seperti yang pernah saya alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas sofyan, untuk masalah mengenai membangun backlink, jika dilakukan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan blog.

      Delete
  6. backlink itu berpengaruh saat pendaftaran adsense gak bang didin? soalnya ada juga rekan blogger yg bilang, blog yg akan didaftarkan ke adsense gak boleh ada backlink sama sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama backlinknya baik-baik saja tidak masalah mas, dulu saya pertama kali daftar google adsense sudah terdapat beberapa backlink dari aktivitas blogwalking (jumlah <100), ternyata bisa diterima, selama tidak dicurigai sebagai backlink spam atau backink yang diperoleh dengan cara-cara tidak benar sya kira tidak masalah.

      Delete
  7. banyak info yang bermanfaat disini
    jadi lebih tau
    Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya
    makasih sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak imerlina putri, terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  8. Mantap Kisahnya Mas. Oh,ya saya belajar Ads dari bblognya Mas. Saya coba-coba ternyata di terima. Tapi sayang blog saya sunyi pengunjung. Saya kurang faham soal Adsense. tapi saya ingin mengucapkan terima kasih atas ilmunya Mas. semoga menjadi berkah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga adsensenya cepat menghasilkan mas, terus dipelajari sedikit-sedikit hal-hal yang berkaitan dengan ads, karena saya juga dulu sama seperti mas, daftar adsense hanya iseng eh diterima padahal pengunjung masih sangat sedikit

      Delete
  9. saya sudah 3 tahun belajar SEO tapi tidak pernah berhasil, alasannya bikin blognya saja sudah memakan waktu, apalagi membuat backlink......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan pantang menyerah gan, saya justru paling suka dengan eksperimen seo, meskipun kata orang seo itu abaikan saja, nulis saja yang baik, tapi seo membuat saya penasaran jika belum pernah dicoba kita tidak akan pernah tau efeknya,

      semakin banyak referensi yang kita bisa lebih tau teknik seo yang seperti apa yang harus kita pilih,

      Delete
  10. akhirnya jadi tau itu backlink dan bagaimana mendapatkannya..tp kalo berlebihan kurang bagus juga yah..
    btw..thanks infonya..

    ReplyDelete
  11. Saya uda baca dua kali artikel di atas, tapi masih abu-abu tentang back link
    agak oon emang hehe. musti lihat contoh langsung kayanya. apakah kalo saya pasang widget di blog saya yg mengijinkan pengunjung meletakan url blog nya disitu, itu juga bs dibilang backlink?

    btw, saya banyak ngambil ide nulis dari strukturkode, tapi bukan kopas ya, hanya inti nya saja. maklum lagi usaha bangun blog dengan niche yg sama hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibedakan mas, untuk istilah link ada banyak macanynya,
      -backlink atau inboundlink atau link masuk, link yang menuju ke situs mas yang diletakan atau bersumber dari situs orang lain

      -outbound link atau external link atau link keluar, adalah link dari situs mas yang menju keluar ke situs orang lain

      -internal link, link di situs mas atau halaman artikel mas yang menuju halaman artikel lainnya masih disitus yang sama atau sebaliknya.

      Delete
  12. wah makasih gan didin,salam kenal

    Dapat referensi baru tentang backlink,
    Untuk poin yang ketiga ini bang,frekuensi membangun backlink
    kalau boleh tanya kang didin, berapa backlink selama sebulan yang dibuat sama kang didin?
    Pertanyaan yang kedua berapa sih jumlah backlink yang bagus untuk sebuah artikel?
    Pertanyaan yang terakhir bagaimana cara membuat backlink yang berkualitas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu sekali gan ketika blog usia 3 bulan saya baru membangun backlink 1 minggu 10 backlink saya bangun. namun untuk sekarang saya sudah jarang membangun backlink.
      ini cara saya:
      ketika sebuah artikel usianya lebih dari 6 bulan membangun backlink untuk artikel tersebut bisa dihentikan dan
      ketika blog sudah berusia dan memiliki banyak pengunjung membangun backlink bisa dihentikan

      Delete
  13. Saya termasuk blogger pemula, umur bloger belum ada 6 bulan. Sudah mencoba daftar ke google adsece masih ditolak dengan alasan konten belum memadai. Terus trang istilah CEO, Backlink sangat awam bagi saya, tapi ulasan ini sangat membantu saya dan akan berusaha saya pelajari. Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Makasih penjelasannya gan, infonya bermanfaat buat ane yg masih awam tentang blog.

    ReplyDelete
  15. kira-kira berapa banyak jumlah dalam persentasi antara backlink nofollow maupun dofollow yang harus saya buat dalam meningkatkan (PR)?
    kemudian backlink nofollow atau dofollow yang harus diarahkan baik menuju homepage ataupun menuju artikel? terimakasih atas pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. PR sebenarnya diperoleh dari backlink Dofollow mas, quantitas tidak terlalu menentukan yang penting qualitas, sedikit tapi qualitasnya baik dan bersumber dari situs yang memiliki PR tinggi maka akan cepat sekali meningkatkan PR blog mas.

      Namun sayang sekali sepertinya nilai PR tidak akan ada perubahan sampai kapanpun karena google sudah menghentikan update PR sampai saat ini

      Delete
  16. Terimakasih gan, sangat jelas sekali ini penjelasannya. ide ide dan kreatifitas sangat bagus.

    btw orang it ya gan :)

    bolehkan nitipkah? ini bukan live link hehehe [xxxx05438.blogspot.com]

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan pernah jadi Orang IT kaya agan :D

      Delete
  17. Menurut Agan, apakah dengan melakukan blogwalking, seorang blogger pemula seperti saya sudah termasuk meninggalkan jejak link ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bagaimana agan melakukan blog walking, jika agan meletakan backlink berarti meninggalkan jejak, cuma kebanyakan blogger sekarang tidak terlalu menyukai jika diletakan link aktif pada komentar blognya, alternatifnya, bisa gunakan openID atau Name/URL jika ingin meninggalkan jejak buat robot mesin pencari

      Delete
  18. mas, pertanyaan saya mirip kaya chanief, kalau misal lagi ngunjungin blog, setiap ngomentarin blog orang, di kasih link promo misal..

    --info aaaa tebaru kunjungi www.w.com --- boleh ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. barangkali Tergantung si empunya blog. kalo menurut saya sendiri boleh-boleh saja selama bukan link aktif, kemudian di iringi dengan komentar unik relevan dan tidak asal-asalan.

      Delete
  19. mas di blog nya mas didin saya search...kok ndak ada daftar list backlink berkualitas mas ? minta tolong share backlink berkualitas dong mas... saya sempet kebingungan lupa alamat blog nya mas didin, trus saya search di gugel alhamdulillah nemu juga... saya tunggu ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar backlink banyak mas, tapi itu hanya untuk teknik membangun backlink dengan cara spam yang kurang baik untuk kesehatan blog.
      sedangkan beberapa patokan backlink dapat dikatakan berkualitas, jika bersumber dari dalam artikel situs lain yang relevan,

      yang jadi masalah adalah cara membangunnya memang sedikit sulit, karena harus bisa meletakan link yang menuju blog kita yang letaknya artikel disitus orang lain, beberapa caranya bisa dilakukan dengan guest post dengan meminta izin terlebih dahulu kepada si empunya situs, atau gabung di forum online dan membuat thread yang sekaligus meletakan link, dengan blog dummy dan masih banyak teknik lainnya yang perlu usaha dan teknik khusus.

      Delete
    2. maaf mas saya kebanyakan nanya hehehe.... jujur aja pengen bisa sih soalnya... kalau dengan bantuan blog dummy untuk saat ini apakah masih efektif mas ? soalnya saya punya blog dummy tapi dah lama jarang saya update....

      Delete
  20. gan cara mengatur/setting backlink itu di mana saya blogger pemula nih masih bingung tolong bantuanny??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada seting untuk backlink gan, backlink itu upaya untuk menempatkan link ke blog kita di situs orang lain (sulit memang),
      agan bisa gunakan perintah diatas.

      Setelah membangun Backlink, maka sampai diakui oleh google memerlukan waktu,
      cek:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/09/cara-menetahui-jumlah-backlink-blog.html

      Delete
  21. Fiuhh...
    baru tahu kalo backlink itu penting.
    saya newbie dan jarang blogging.
    dan sy bru tau klo alasan sy males blogging adlh krna emng kurang faham. :D
    .
    thanks a lot ilmunya.
    mga manfaat. :)

    ReplyDelete
  22. Makin puyeng mas.. artikelnya bagus, teknis dan karena teknis saya jadi makin puyeng. Sebagai blogger baru muncul, materi-materi seperti ini yang sangat saya perlukan hanya saja biasanya teori itu mudah tapi disini teorinya saja sudah susah apa lagi prakteknya. Banyak pertanyaan di kepala saya tapi tidak tahu yang mana yang mau ditanyakan duluan. Saya benar-benar dari 0 (nol) mas. Mas setiap orang ingin cara yang mudah demikian juga saya. Mas setelah menulis komentar begini untuk mempublishnya di blog mas ini ada pilihan "Comment as: nama saya(Google), Live Journal, WordPress, TypePad, AIM dan OpenID. Nah kalau saya tidak tahu apa itu backlink dan bagaimana cara buatnya atau saya tidak punya/tidak tahu saya punya atau tidak backlink, tetapi saya ingin membangun backlink itu lalu yang masa yang saya pilih untuk "Comment as" agar saya punya backlink dari mas atau dari setiap komentar yang saya buat di situs blog-blog lainnya. Terima kasih mas dan mohon maaf kepanjangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal untuk pemula mas, yang jelas backlink itu sebuah link yang diletakan di situs orang lain ntah itu dengan upaya sendiri atau oleh si pemilik blog yang bersangkutan.

      sebelum membuat backlink yang harus dipahami yaitu struktur atau kode untuk membuat link itu sendiri seperti diuraikan diatas.

      Backlink bisa diletakan salah satunya di komentar blog namun kurang disukai oleh pemilik blog dan kemungkinan tidak akan diterbitkan, jika tertarik membangun backlink melalui komentar mas bisa pilih open id atau name/URL jika ada pilihannya.

      Delete
  23. makasih mas infonya, mas mau tanya ini kalau utk pemula bagaimana cara buat dapetin backlinknya secara alami? sya masih kurang paham ini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink alami adalah backlink yang memang ada secara natural, orang lain tanpa agan minta yang meletakan link ke artikel agan karena menganggap artikel agan berkualitas dan patut dijadikan rujukan, salah satu cara mendapatkan backlink alami adalah membuat konten seberkualitas mungkin.

      Delete
  24. Saya baru di dunia Blogger. Jadi kurang paham tentang backlink ini. Kemudian backlink ini ditempatkan dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link yang diletakan disitus orang lain, memang akan sangat sulit dan perlu kerja sama dengan pemilik blog dimana kita ingin meletakan link ke blog kita, disini kita harus punya cara strategi bagaimana caranya dan inilah sulitnya membangun backlink berkualitas.

      Delete
  25. Makasih gan buat infonya, cuman saya mau tanya apakah membuat backlink itu aman dan tidak melanggar google? saya ingin sekali mengoptimalisasi website saya http://www.lupanapas.tk/ bagaimana caranya gan?? minta saran dong gan makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membuat backlink bisa aman bisa berpotensi dan dianggap spammer, intinya jangan membuat backlink secara berlebihan, membangun backlink harus se natural, seolah-olah bahwa yang membuat backlink itu bukan anda

      Delete
  26. jadi intinya jgn pernah serakah jika ingin blognya tetap aman dan lakukan backlink dengan pelan2 saja.. terima kasih gan atas infonya minta ijin untuk bookmark ya gan saya akan baca ulang sampai berhasil

    sekalian titip ini ya bah : download2satu.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. Terimakasih atas informasinya sangat membantu sekali. Saya sebagai blogger yang masih baru kini paham apa itu pentingnya backlink. :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!