Cara membangun backlink yang Aman untuk blog anda - Untuk membuat artikel blog mudah untuk ditemukan salah satu yang paling berperan adalah backlink, membangun backlink adalah bagian dari seo offpage yang sampai saat ini masih dianggap sebagai salah satu faktor yang memiliki peranan terhadap mudah dan tidaknya blog yang kita miliki mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari. backlink ibarat nyawa yang dimiliki oleh sebuah blog, tanpa backlink yang cukup maka artikel blog akan kalah bersaing dengan artikel blog lain yang memiliki relevansi yang sama.
Aktivitas webmaster yang kedua setelah membuat articel adalah berusaha untuk membangun backlink berkualitas sebaik mungkin.
Ada beberapa hal yang harus diketahui ketika kita membangun backlink, jangan sampai backlink yang kita bangun dianggap sebagai backlink spam dimata google, yang pada akhirnya berdampak buruk pada blog yang kita miliki. pada artikel kali ini saya akan uraikan mengenai hal apa saja yang harus dilakukan ketika kita membangun backlink agar backlink yang kita bangun aman bagi blog dan memiliki dampak yang baik dimata mesin pencari:

1. Mulailah Membangun backlink ketika usia blog sudah cukup

Sebaiknya jangan terburu-buru dalam membangun backlink, setidaknya tunggulah sampai usia artikel blog anda minimal satu bulan kemudian bangunlah backlink ke artikel tersebut, coba bayangkan bagaimana jadinya jika artikel baru anda sudah terdeteksi memiliki backlink dalam jumlah yang banyak tentu saja akan dianggap backlink untuk artikel tersebut tidak natural di mata mesin pencari. oleh karena itu dalam membangun backlink baik itu link yang menuju homepage blog maupun link yang menuju artikel blog sebaiknya disesuaikan dengan usia blog atau artikel tersebut dan jangan membabibuta ketika membangun backlink yang mengarah ke kedua lokasi tersebut, dengan demikian backlink yang kita bangun akan kelihatan natural dimata mesin pencari.

2. Variasikan anchor text

Anchor text adalah text yang membentuk sebuah link, sebaiknya untuk membangun backlink gunakanlah ancor text yang beragam dan bervariasi, dengan menggunakan anchor text yang bermacam-macam maka akan dianggap sebagai backlink yang kelihatan natural dimata mesin pencari.
Baca Juga: Cara membuat anchor text berkualitas seo untuk backlink

3. Bangun backlink ke artikel dan homepage blog anda

Ada dua macam cara membangun backlink yang pertama backlink untuk homepage dan yang kedua backlink yang mengarah ke setiap artikel dalam blog anda, kedua backlink tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan eksistensi blog anda di mata mesin pencari. oleh karena itu ketika membangun backlink jangan hanya di tujukan untuk homepage blog anda namun bangun juga backlink yang menuju artikel anda, silahkan bangun backlink dengan porsi masing-masing 50%. backlink yang menuju homepage maka akan memperkuat homepage page anda sehingga mudah ditemukan, sedangkan backlink yang menuju artikel blog akan memperkuat artikel blog itu sendiri sehingga mudah ditemukan.

4. Bangunlah backlink di lokasi yang  bervariasi

Backlink akan dianggap berkualitas jika backlink tersebut bersumber dari artikel yang relevan namun, untuk membangun backlik sebaiknya kita letakan juga backlink di beberapa lokasi yang berbeda, backlink footer, backlink di sidebar juga backlink dalam komentar, dan sebaiknya backlink yang kita bangun diusahan datang dari situs-situs yang memiliki niche yang relevan dengan blog yang kita miliki.

5. Bangun Backlink dofollow dan nofollow

Backlink dofollow maupun nofollow kedua-duanya akan dianggap sebuah backlink yang memiliki peran untuk meningkatkan hasil pencarian menjadi lebih baik, backlink dofollow selain dapat memperbaiki rangking halaman di hasil pencarian juga berperan dalam meningkatkan pagerank (PR) halaman situs yang bersangkutan, beda halnya dengan backlink nofollow, namun peranan kedua jenis backlink tersebut dalam memperbaiki hasil pencarian keduanya bisa diandalkan, dengan membangun backlink dofollow dan nofollow, backlink yang anda bangun akan kelihatan lebih natural dimata mesin pencari.

7. Bangunlah backlink dengan jumlah yang realistis

Jika anda gemar membangun backlink kemudian anda tau cara cepat membangun backlink, sebaiknya anda memikirkan kuantitas dalam membangun backlink jangan dalam waktu yang singkat anda kemudian membangun backlink dengan jumlah yang sangat banyak secara membabi buta, karena tindakan seperti itu dapat memicu web spam google, pada akhirnya bukan keuntungan yang akan anda dapatkan namun malah akan merugikan blog anda sendiri, beberapa blogger profesioanl sangat menagnjurkan jika kita membangun backlink, lakukanlah sedikit demi sedikit, sekali dalam sebualan dengan jumalah tidak 10 backlink untuk satu artikel itu sudah cukup, bahkan ada yang menganjurkan jika usia artikel lebih dari 6 bulan hentikanlah membangun backlink secara manual untuk artikel tersebut, biarkanlah backlink natural dengan sendirinya terbentuk, karena jika konten anda dianggap berkualitas oleh pembaca maka kemungkinan besar mereka dengan sendirinya akan menshare artikel anda tanpa anda minta, keuntungan yang akan anda dapatkan adalah backlink natural yang menuju artikel anda tersebut.

8. Jangan menggunakan Tool Backlink Otomatis

Hati-hatilah dalam membangun backlink jangan sekali-kali membangun backlink dengan menggunakan tool backlink otomatis,  karena tool tersebut bisa memasang backlink dalam jumlah ribuaan dalam waktu yang sangat singkat sehingga bisa memicu tindakan web spam yang sangat dibenci mesin pencari google. bisa saja apa yang anda lakukan pada awalnya kelihatan baik-baik saja, namun jika dilakukan terlalu sering tunggu saja dampak buruknya bagi blog anda.

9. Pilihlah situs-situs yang memiliki otoritas baik untuk memasang backlink.

Sebaiknya anda pandai memilih situs-situs yang memiliki otoritas baik di mata mesin pencari untuk meletakan backlink, karena situs seperti itu akan memiliki dampak yang baik untuk blog kita, jangan sekali-kali memasang backlink di situs-situs yang sudah terindikasi mengandung mallware atau situs-situs dew*sa dan situs-situs semacamnya, karena google sangat tidak menyukai situs-situs seperti itu, sehingga akan berdampak buruk ke blog yang kita miliki.

Demikian artikel sederhana tentang Cara membangun backlink yang Aman untuk blog anda, semoga bermanfaat.


87 komentar:

  1. mantap gan .saya pemula dan belum tau cara menerapkan backlink yang benar .yang saya tanyakan, pertama di mana kita harus mencari bacling yang tepat
    kedua apakah jadi jaminan kalo backlink bisa meningkatkan blogkita
    ketiga bagaimana cara bedakan dofollow dan nofollaw
    maaf banyak tanya gan terimakasih sebelumya http://blogsegerr.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak cara untuk membangun backlink, jika dijelaskan akan sepertinya cukup panjang, betul lebih tepatnya backlink bisa memperbaiki posisi artikel blog di hasil pencarian.

      Silahkan istalkan plugin mozila NODOFOLLOW, silahkan cari di artikel ini backlink dofollow dan nofollow

      Delete
    2. Sangat bermanfaat mas blog nya, kalau pakai chrome plugin nya apa mas? maaf nih saya masih pemula. Terima kasih mas

      www.brainwitting.com

      Delete
  2. terimakasih udh berbagi artikel menariknya

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mas atas jawabanya kalo boleh ngrepotin ni yamas saya mau minta pendapat tentang blog saya di blogsegerr.blogspot.com bagaimana menurut mas didin dan mohon masukanya

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. lumayan juga nih buat referensi

    ReplyDelete
  7. POINT NOMOR TUJUH BARU AKU TERAPIN DARI TADI PAGI NYAMPE SIANG, TERNYATA BAHAYA, ah parahhhhh -_____-
    Makasih min dah share, salam http://heru-setianto.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. koreksi, maksudnya nomor 8 huhu

    ReplyDelete
  9. artikelnya bagus gan,setelah membaca sya sedikitnya sudah mulai memahami gimana cara membangun backlink yang baik.
    mudah - mudahan blog yang saya kelola akan mendapat peringkat di search engine google

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. woow mantap juga gan info nya ana baru tau maklum blogger awam and baru hehehe
    jang lupa gan mampir di blog ana dan tukar link di blog ana trimakasih gan ni blog ana http://tvshowmovie1.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. thanks gan informasi nya..

    ...

    ReplyDelete
  13. wah keren nih ,,, kunjungi juga ya..
    sesuai artikel apakah cara begini bisa mendapatkan backlink juga

    ReplyDelete
  14. Artikel tentang taut baliknya menarik perhatian saya bang.. Namun masih ada yang menganjal yakni cara mengetahui Dofollow atau Nofollow itu seperti apa? Saya sedang belajar membuat artikel di http://www.kiatkiat.com .. Mohon pencerahannya master

    ReplyDelete
  15. Terimakasih artikelnya yang sangat bagus dan mencerahkan, salam sukses selalu gan

    ReplyDelete
  16. Saya setuju dengan artikel Anda tetapi untuk mencari backlink memang sangat rumit tidak seperti apa yang kita bayangkan, apalagi bagi pemula seperti saya ini yang masih bingung untuk menanamkan backlink, tetapi dengan kebaikan teman-teman yang sudah ahli di dunia maya maka sedikit demi sedikit kami akan berusaha memahami artikel dari teman-teman seperti artikel yang di buat oleh admin http://strukturkode.blogspot.com/ dan untuk kedepanya admin dari http://strukturkode.blogspot.com/ bisa memberikan video bagaimana tata cara membuat off page yang baik dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada admin http://strukturkode.blogspot.com/ atas tumpanganya berkomentar di blog Anda. sukses selalu

    Admin

    www.agenwallpaperindonesia.com

    ReplyDelete
  17. salam kenal mas, saya di sini sebagai pemula blog, saya baru sepuluh hari membangun blog, dan ini hasil blog saya mas,http://surganyamusic.blogspot.com/ karena saya bersungguh-sungguh, dalam sepuluh hari itu saya berhasil membuat 70 artikel, tapi visitornya cuma segitu-gitu aja, lalu ada temen yang ngasih tau saya tentang beclink, katanya itu adalah salah satu cara untuk meningkatkan blog, saat itu saya langsung panas mas, saya langsung mikir gimana cara buat becklink, 5 hari sya khususkan untuk membuat beclink, tapi tetep blm bisa mas,
    nah setelah saya baca artikel mas ini tadi, saya jd langsung paham apa sebenarnya becklink itu, ternyata membangun blog itu gak bisa terburu-buru, butuh proses yang lumayan rumit,
    ya mungkin itu mas curahan hati saya, semoga nantinya mas bisa bantu membimbing saya dalam membangun blog.
    terima kasih mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, backlink sampai saat ini masih menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh memperbaiki ranking halaman di mesin pencari, namun untuk membangun backlink sebaiknya lakukan senatural mungkin, karena jika tidak hati-hati bukan membuahkan hasil maksimal, malah bisa membuat halaman situs anjlok di hasil pencarian

      Delete
  18. Terimakasih mas atas informasinya. Saya baru 3 bulan membuat blog tentang kesehatan lingkungan dengan alamat www.informasikesling.blogspot.com .Menurut informasi yang saya baca salah satu membangun backlink yang dgn cara blogwalking pada blog dofollow.dan disarankan berkomentar dan menempatkan link blog kita. Setelah saya cek di ahref/alexa/majestic Dari sekian banyak blog yang saya kunjungi hanya beberapa backlink saya dapat. mengapa demikian? mohon pencerahannya. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahref hanya menampilkan sebagian backlink yang agan buat, yang paling original ada di laporan google webmaster tool, itu adalah jumlah backlink sesungguhnya.

      backlink sampai di claim perlu waktu tergantung dari seringnya bot google mengcrawl blog dimana kita meletakan backlink

      Delete
  19. Dari sekian info yang saya baca blog ini yang terkeren dan memuat inti dari segala pokok permasalahan.
    dengan begini saya harus berhati - hati untuk membuat Backlink yang baik dan aman di mata mesin pencari..

    Nice articles..

    Visit too my blog : http://master-dragonknight.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. terimakasih mas infonya. jujur saya sendiri sangat berhati hati untuk membangun backlink takut dianggap spam oleh mbah google. kalo membuat backlink dengan tool kmrin kmrrin saya mencoba itu hasilnya si alhamdulillah tapi takut aja bawaan nya gk plong, makanya saya nyari artikel tentan backlink.

    mampi ya mas http://lanangandwedok.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik di hindari cara mendapatkan backlink dengan bantuan tool karena tool seperti itu terlalu hebat, bisa membangun banyak backlink dalam waktu yang singkat. khawatir memicu webspam google.

      Delete
  21. yang poin nomor 7 saya setuju gan.. saya punya blog sudah lama saya tinggalin hampir 6 bulan tpi malah pengunjungnya nambah gan bukan berkurang.. mungkin itu pengaruh backlink natural ya gan hehe

    mampir donk gan ke blog ane :D

    ReplyDelete
  22. terima kasih atas infonya ,saya akan lebih berhati-hati dalam membangun backlink.

    ReplyDelete
  23. Mantap artikelnya sangat membantu bagi seorang pemula

    ReplyDelete
  24. apa menaruh link mati dikomentar apa bisa juga mendapat backlink gan, seperti di bawah ini
    http://dum-may.blogspot.com/2015/08/10-koleksi-model-jilbab-terbaru-2015.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visitor mungkin saja bisa bertambah, namun backlink tidak, karena backlink harus sebuah link.

      Delete
  25. Informasinya Bermanfaat jadi langsung saja saya praktek disni dan menitipkan link blog saya. http://belajarblog53.blogspot.com
    blog saya banyak menyediakan makalah dan tugas sekolah serta kuliah yang mudah2an bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca. serta tidak kalah pentingnya saya juga menyediakan informasi tips dan trik dunia gadget dan tekno jadi silahkan kunjungi blog saya

    ReplyDelete
  26. kalo udah milih situs yang oke trus gimana cara naruh backlink di sana mas?

    ReplyDelete
  27. sebelumnya saya sama sekali yang namanya backlink artikel anda sangat membantu saya terima kasih mas sekalian saya coba taruh backlink saya disini ya mas http://hantubola.com/

    ReplyDelete
  28. thanx gan artikelnya membantu banget buat pemula seperti saya :)

    ReplyDelete
  29. enak banget artikel yang dibuat mas.thax

    ReplyDelete
  30. gan gua masih bingung caranya ngebacklink blog gan ini blog saya gan
    www.nidjamnih.blogspot.com sama ajari gan cara biar tombol daftar adsense bisa dibuka thx

    ReplyDelete
  31. gan gua masih bingung caranya ngebacklink blog gan ini blog saya gan
    www.nidjamnih.blogspot.com sama ajari gan cara biar tombol daftar adsense bisa dibuka thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak faktor yang mempengaruhi aktif tidaknya tombol adsense, jika tombol adsense aktif menandakan blog agan sudah layak didaftarkan,

      berikut beberapa hal yang mempengaruhi aktif tidaknya tombol adsense:

      - usia blog (tunggu minimal 3 sampai 6 bulan)

      - jumlah postingan (jml postingan harus terus bertambah dalam 3 s.d 6 bulan)

      - visitor semakin bertambah akan semakin cepat aktif.

      Delete
  32. wah pak bos dimana mana ane mau cari cara pasi Master ini yang keluar kapan ya bisa seperti strukturcode heheheh ngimpi gax ya saya heheh tereimakasih master atas informasinya selama ini .

    www.googleapkcenter.com
    www.nangartikel.com

    ReplyDelete
  33. ane g pake back link banyak2, baclink ane dikit banget... kata kunci "jual mebel ukir" web ane udah pejwan... ahahay... salam... www.galleriamebelshop.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk page one untuk beberapa kasus memang tidak pake backlink pun bisa, apalagi jika pesaingnya sangat sedikit, membuat artikel secara continue pun mampu membuat setiap artikel memiliki kesempatan untuk page pertama.

      Delete
  34. Membangun backlink bagi pemula seperti saya masih membingungkan, dan ada juga pernah baca tukar link masih belum faham saya ingin membangun sebuah blog di http://meteorbumi.blogspot.co.id cuma msh banyak PR yang harus dikerjakan terutama membangun backlink yang natural

    ReplyDelete
  35. Untuk meletakan backlink ada baiknya disitus terpercaya ya gan? Kalo misalkan memakai redirect link apakah itu bisa berpengaruh juga kah bagi visitor blog secara permanen? Kira-kira agan punya referensi gak buat mendapatkan backlink berkualitas dan relevan? Terimakasih dan semoga berkenan berkunjung di blog nubie.

    http://www.masfim.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pernah menggunakan backlink redirect, ada beberapa backlink yang diakui google selebihnya tidak..
      Saya paling guest blogging, artikel forum dan blog dummy.

      memang banyak sekali cara membangun backlink namun sulit untuk membangunnya

      Delete
    2. Oke thanks gan. Saya coba dari hal paling simple aja deh. :D

      Delete
  36. makasih gan, saya akan coba cara backlink, saya pemula jadi saya butuh proses untuk mendalaminya

    ReplyDelete
  37. Nah pertanyaanya gini gan, kalo misal nih ane bikin template terus dikasih credit footer kan.. gabisa dihapus .. terus ane submit di situs download template, ternyata kebanyakan yang make itu orang luar.. Aman kaga itu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar lebih aman agan gunakan link nofolow pada credit di footer.

      no follow masih mempengaruhi kuantitas backlink yang dapat mempengaruhi rangking halaman di hasil pencarian.

      Delete
  38. terima kasih infonya mas didin, tapi disini saya masih bingung mas, tentang backlink? sebernanya backlink itu meletakan link di komentar ya, dan link apa yang mau di letakan, mohon pencerahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hanya di komentar gan, yang jelas intinya backlink itu sebuah link jika di klik akan menuju situs agan namun link tersebut berada di situs orang lain, dimanapun tata letak link tersebut itu akan menjadi backlink untuk situs agan

      Delete
  39. Saya coba dari sekarang ya gan, blog saya benar-benar belum punya backlink sama sekali. setelah baca komen di atas jadi sedikit terbuka.. daripada baca uraian agan pada post
    saya di erradigital.blogspot.com bantuin ya

    ReplyDelete
  40. Oya mas, apakah dengan menerapkan dengan jasa baclink sangat tidak bagus untuk sebuah blog baru. Thanks mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink biasanya memerlukan waktu sampai diklaim google, mas bisa coba yang penting upayakan backlink agar kelihatan natural, tidak berlebihan dan tidak sembarangan.

      Jasa backlink kebanyakan menggunakan teknik nyepam (realitanya memang seperti itu), mas bisa pertimbangkan resikonya.

      Delete
  41. Setuju sekali mas Mujaini bagjay, meskipun backlink natural berkualitas sulit didapat tapi efeknya luar biasa

    ReplyDelete
  42. bagaimana kita menanam link di dalam isi blog orang lain karena kita tidak bisa membuka account blog tersebut, kalau dikomentar bisa tetapi link blog kita mungkin akan di hapus oleh yang punya blog dan digantinya dengan link mati seperti pada link para komentator sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, itu dia mendapatkan backlink berkualitas (link yang ditempatkan didalam artikel relevan) memang suli, perlu strategi, mas bisa membujuk pemilik blog, atau mas bisa menjadi penulis tamu di blog tersebut:

      mungkin membantu:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/01/mendapatkan-backlink-berkualitas.html

      Delete
  43. Maaf ka, izin beratanya!!
    Yang dimaksud dengan nice blog yang sesuai itu apa?
    Apakah ketika saya membuat blog wisata, sya hanya boleh backlink ke bog-blog yang membahas tentang wisata juga atau boleh ke blog lain?
    Mohon pencerahannya, makasih.
    Salam kenal by Nurwanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niche blog yang sesuai= satu topik dengan yang dibahas di blog agan.

      iya jika ingin mendapatkan backlink berkualitas maka agan sebisa mungkin harus mendpatkan backlink dari blog tentang wisata apalagi bisa diletakan di dalam posting (memang sulit harus kerjasama dengna si pemilik blog atau memalui guest post), bisa juga ke blog lain cuma backlink kurang berkualitas.

      Delete
  44. alhamdulilah saya sudah mengerti,namun untuk mencari situs yang dijinkan untuk meninggalkan backlink cukup sulit.

    ReplyDelete
  45. maaf saya mau bertanya biasanya anda membangun backlink seperti apa sesuai dengan tutorial di atas atau cara yang berbeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pengalaman cara yang saya tempuh saya sajikan diblog ini

      Delete
  46. Terima kasih mas, sekarang saya sudah mempunyai pandangan akan manfaat dari backlink. Kedepannya mau nyoba di terapin diblog saya yang sedang dibangun. Kalau berkenan boleh berkunjung ke blog ranggpmk.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  47. Saya sampai sekarang cuma blogwalking saja masih belum ada dana utk order backlink dan belum berani coba juga, karena banyak orang yg bilang beli backlink ngga bagus :(

    Btw kalau butuh hosting bisa mampir ke tempat kami di www.hostingan.id

    ReplyDelete
  48. Artikel tentang taut baliknya menarik perhatian saya bang.. Namun masih ada yang menganjal yakni cara mengetahui Dofollow atau Nofollow itu seperti apa? Saya sedang belajar membuat artikel di http://www.suzukibandungjuara.com .. Mohon pencerahannya master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instal plugin Nodofolow di browsernya, nanti jika link nofolow akan berwarna merah jika dofolow akan berwarna birumuda.

      Delete
  49. terimakasih mas infonya. jujur saya sendiri sangat berhati hati untuk membangun backlink takut dianggap spam oleh mbah google. kalo membuat backlink dengan tool kmrin kmrrin saya mencoba itu hasilnya si alhamdulillah tapi takut aja bawaan nya gk plong, makanya saya nyari artikel tentan backlink.

    mampir juga kesini ya mas http://www.marilahcoding.com/

    ReplyDelete
  50. wah terima kasih banyak mas, artikelnya sangat membantu saya, cuma saya mau tanya mas, ketika kita bangun backlink berapa lama ya backlink itu muncul di alexa, apa sampe sebulan baru muncul? saya sudah bangun backlink namun yang muncul di alexa hanya 12, mohon sarannya mas untuk web saya www.ceritaindonesia.net, mohon saran dan masukannya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink yang baik yang jelas tolak ukurnya bukan alexa gan tapi google seaarch console, jika backlink sudah berhasil di claim google dan bisa dilihat ada penambahan backlink berdasarkan informasi didalam google search console baru akan memberikan efek pada blog.

      Google melakukan recral 3 bulan sekali, ntahlah jika alexa kabarnya lebih sering

      Delete
  51. Keren...memang strukturkode ini ahli sekali...membaca ulasannya seperti saya membandingkan dengan blog panduanim.com....Sama-sama ahli. Jangan-jangan orangnya sama ya ???....hehe....

    Nanya satu aja gan...kalo banyak artikel...katakanlah 300 artikel...tapi visitor hariannya cuma 150-an...apa yg salah...apa karena tidak membangun link building ?


    ReplyDelete
    Replies
    1. wah blog saya blog amatiran mas, artikel hanya untuk pembelajaran diri sendiri dan semoga bermanfaat untuk orang lain juga.

      Ada Banyak faktor gan:
      -Kata kunci yang agan target sudah banyak dikuasai oleh blogger papan atas yang memiliki reputasi baik, sehingga blog agan kalah bersaing

      -kata kunci yang agan kembangkan menjadi artikel kurang diminati.

      -coba lakukan riset kata kunci gan dan upayakan untuk libatkan seo gan dan bereksperimen dengan artikel panjang.

      -bagus jika pengunjung lebih banyak dari artikelnya.

      Delete
  52. seandainya kita punya banyak artikel, brarti semua isi artikel itu kita tanam backlink per 1 artikelnya.

    Misal
    artikel A menjelaskan tentang cara memasak
    Artikel B menjelaskan cara olahraga
    Artikel C menjelaskan cara Minum obat.

    Nah apakah semua artikel ini harus kita tanam backlink dengan 1 backlink yang sama atau backlink yang berbeda.

    Trimakasih. dan mohon jawabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika artikel yang dimaksud ingin kita perbaiki rangking di halaman hasil pencarian salah satu caranya kita harus tanam backlink untuk artikel ybs.

      sumber backlinknya sebaiknya yang relevan dengan artikel tersebut.

      Delete
  53. terima kasih gan atas ilmunya, saya pemula yang saya tanyakan bagaimana kita bisa melihat backlink-backlink yang sudah kita tanamkan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menggunakan google webmaster tool,di menu search trafik > link to your site

      atau menggunakan tool-tool online seperti
      http://ahrefs.com
      opensiteexplorer.com
      atau
      openlinkprofiler.com

      Delete
  54. Gan, saya telusur, di point satu sudah jelas, jadi saya paham, ternyata saya blog patut buat backlink karna usia,

    terima kasih artikel tegas ini, (baru kustom

    ReplyDelete
  55. Sampe sekarang saya masih bingung apa itu backlink.... karena gak ada artikel yg mEnjelaskan secara jelas memgenai backlink malah cenderung dalam penerapannya, mohon penjelasan nya gan, apakah backlink itu yang sering muncul dihalaman postingan dengan link rujuan, biasanya di tulis "baca juga" dst?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal saya sudah pernah membuat artikel tentang apa itu backlink, barangkali bisa membantu gan silahkan dibaca:

      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/07/apa-itu-backlink-dan-cara-membangunnya.html

      Delete
  56. Bener yang mas bilang, saya pernah sekali make tool backlink maker, gak lagi deh...

    ReplyDelete
  57. Gan, apa efek dari backlink yang asal-aslan pada blog yang kita buat ? apakah kita di aggap spam atau yang bagaimana
    kemudian bagaimana mengetahui hasil dari backlink yang telah kita buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan berdampak baik di awal-awal, namun pada akhirnya akan berdampak buruk, berpotensi spam sehingga blog agan akan sulit sekali naik dan sulit untuk recovery.

      Delete
  58. apakah banyak becklink bisa menghasilakn baik atau buruk pada blog/website ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utamkan kelihatan natural gan, jumlah backlink banyak jika terbentuk dalam kurun waktu yang lama serta berkualitas malah bagus buat blog.

      Sebaliknya jumlah Backlink banyak dalam waktu yang singkat rentan terhadap penalty google karena kelihatan tidak natural

      Delete
  59. banyak dari tutorial yang ditulis pada artikel ini mulai saya terapkan. Nah, namun saya masih penasaran apakah mungkin website halaman 1 google tanpa backlink??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini saya punya beberapa blog domain pribadi n domain blogspot tanpa backlink, fokus di artikel dan semuanya memiliki pengunjung di atas 5rb, ada beberapa yang sudah di atas 10rb :)

      Kuncinya selektif dalam memilih judul jangan ambil judul yang memiliki persaingan tinggi, dan gunakan kata kunci panjang (long tail keyword) pada setiap judul artikel :)

      Delete
  60. Mohon jawabannya om.
    Saya mengumpulan blog zombie, nah saya ingin dijadikan backlink ke web utama saya, tapi blog zombienya beragam tidak seniche apakah bagus? atau tidak? Mohon jelaskan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa berpengaruh tapi kurang berkualitas..

      Yang bagus backlink dari blog yang bukan hanya berumur tapi juga reputasi bagus (dipiara)yang diletakan di dalam artikel yang relevan.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!