Pada bulan oktober 2015 ini google melalui salah satu situs resmi  miliknya, mengumumkan bahwa untuk saat ini blog dengan sub domain blogspot.com (.co.id) kini sudah bisa menggunakan layanan https, layanan ini sudah bisa diaktifkan dengan mudah melalui menu pengaturan pada halaman akun blogspot anda. dengan mengaktifkan fitur tersebut maka blog anda akan bisa diakses menggunakan url https://blog_anda.blogspot.com dan juga http://blog_anda.blogspot.com

Fitur ini hanya berlaku dan bisa diaktifkan untuk blog yang kebetulan masih menggunakan subdoman blogspot, namun sayangnya fitur ini tidak akan bisa diaktifkan lagi jika blog anda kebetulan sudah dicustomisasi menjadi top level domain (TLD) atau di ubah dengan menggunakan domain pribadi (.net, .com, .co.id, .org, .sch.id dll)

cara memaksimalkan fitur https pada blogspot


Untuk sebagian blogger yang sangat memperhatikan sisi keamanan blog dan juga SEO, adanya fitur https ini tentu saja  merupakan sebuah kabar yang menggembirakan yang bisa mereka manfaatkan untuk menjadikan blognya semakin lebih baik, walaupun alamat https untuk saat ini masih belum di redirect secara otomatis, artinya blog masih menggunakan protokol http ketika diakses bersumber dari mesin pencari. namun sepertinya tinggal menunggu waktu saja. saya yakin pada akhirnya nanti blogspot akan menggunakan default https secara otomatis.


Mengenal Apa itu HTTPS dan apa itu HTTP?

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai hal penting yang harus anda perhatikan jika anda mengaktifkan https ini saya akan bahas sedikit apa perbedaan https dan http?

HTTP (Hyper transper protocol) dan HTTPS (Hyper trnsfer protocol Scure)merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server. 

Namun jika dibandingkan dengan HTTP, HTTPS memiliki kelebihan fungsi terutama dari sisi keamanan (secure)  artinya jika anda menggunakan https untuk blog anda maka blog anda akan lebih aman jika dibandingkan dengan http karena setiap terjadi komunikasi data dari client dan server maka data akan di encripsi terlebih dahulu menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sehingga dapat terhindar dari penyadapan yang mungkin terjadi.

fitur https ini pada umumnya sering digunakan di situs-situs e-commerce, bangking dan juga situs lainnya yang banyak melibatkan transaksi data yang sifatnya rahasia,

Apa Sih Manfaat Menggunaan HTTPS Pada Blog?

Sudah disinggung sebelumnya bahwa adanya fasilitas https ini akan sangat menguntungkan untuk para blogger yang sangat memperhatikan SEO dan sisi keamanan blog, beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika menggunakan layanan https untuk blog anda adalah sebagai berikut:

#1 - Meningkatkan kepercayaan pengguna

Blog dengan https akan meningkatkan kepercayaan pengguna, mereka lebih yakin bahwa blog yang diaksesnya adalah situs yang benar-benar dapat dipercaya dan tidak sedang diarahken kesitus yang berhahaya.


#2 - Blog dengan HTTPS Lebih aman

Alamat url dengan HTTPS mampu memberikan keamanan lebih jika dibandingkan dengan menggunakan http, melalui https data yang terkirim dari client ke server maupun data yang dikirim dari server ke client akan melalui proses enkripsi terlebih dahulu melalui Socket Layer terenkripsi SSL (Secure) atau Transport Layer Security (TLS), sehingga ketika ada transaksi antara client dan server berlangsung  data akan lebih aman.

Berikut beberapa sisi keamanan yang diuraikan google mengenai pentingnya penggunaan https:

a. penggunaan https akan memberikan keamanan kepada pengunjung blog anda dari pencurian aktivitas dan informasi pengunjung blog anda sehingga setiap data yang mereka libatkan ketika bertransaksi secara online akan sulit dilacak.

b. Membantu Mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh blogger ke pengunjung

c. Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas, atau mencuri informasi mereka.

Penggunaan protocol https sangat penting sekali untuk situs-situs yang banyak melakukan transaksi client server dengan serah terima data yang sifatnya private seperti transaksi-transaksi yang biasa terjadi di situs-situs e-commerce, situs-situs perbankan yang selalu melibatkan transaksi dengan data-data yang sifatnya sensitif, untuk meminimalisir penyadapan salah satu yang bisa digunakan situs harus menggunakan protocol https.

#3 - Blog dengan HTTPS Akan lebih SEO Friendly

Apakah penggunaan https untuk url blog anda akan memiliki pengaruh untuk seo?,

untuk masalah ini google pernah memberikan sebuah pernyataan bahwa fitur https untuk saat ini sudah menjadi bagian dari salah satu 200+ google ranking faktor yang setidaknya akan memberikan efek meningkatkan seo blog anda.

Google menyatakan bahwa penggunaan https pada url blog anda akan mampu memberikan dampak positif untuk blog atau situs anda terutama dapat mempengaruhi google ranking faktor blog anda, setidaknya 1% akan memberikan pengaruh terhadap peringkat blog anda di hasil pencarian bahkan kemungkinan besar pihak google disinyalir akan meningkatkan rangking signal untuk penggunaan https ini,  dengan tujuan untuk mendorong setiap pemilik situs atau blog agar beralih dari http menjadi https.


# Cara mengaktifkan fitur https pada blogspot anda

Untuk mengaktifkan fitur https pada blogspot anda, sebenarnya sangat mudah sekali, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blogspot anda

b. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu Setting atau setelan kemudian pilih sub menu dasar seperti gambar dibawah ini:


cara mudah mengaktifkan fitur https di blogspot

c. kemudian pada label gunakan https: pilih ya, seperti terlihat pada gambar diatas.

Dengan mengikuti langkah diatas berarti anda sudah berhasil mengaktifkan fitur https untuk blog anda.

#Cara Memaksimalkan penggunaan HTTPS pada blog anda

Untuk mengaktifkan fitur https pada blog berflatform blogspot untuk saat ini memang disajikan dengan sangat mudah sekali,  hanya dengan satu klik saja maka blog anda sudah mendukung fitur tersebut, namun jika anda memilih untuk mengaktifkan https pada blogspot anda, anda harus juga memastikan, bahwa segala hal yang berkaitan dengan sumber daya template blog anda tersebut harus ikut menggunakan https.

berdasarkan informasi yang diberikan google melalui link yang disertakan pada notifikasi editor template blog anda, sumber daya yang harus juga menggunakan protokol https adalah sebagai berikut:

a. Sumber Javascript dan CSS Harus Menggunakan https

Jika kebetulan blog anda menggunakan sumber javascript ekternal, pastikan bahwa javascript tersebut datang dari situs-situs dengan https.

Anda bisa meriksa template situs anda, kemudian coba lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci http://, jika anda menemukan javascript yang masih menggunakan http, coba anda ubah menjadi https, cek apakah bisa diakses, jika bisa diakses silahkan anda ganti http:// menjadi https:// 

b. Sumber URL Gambar dan juga Video Harus Menggunakan HTTPS

Jika kebetulan anda melibatkan gambar dan juga video ini juga harus datang dari situs yang dapat dipercaya yang menggunakan protokol https.

Sepertinya ini yang akan menjadi PR kita kedepan karena saya yakin anda termasuk saya sebelumnya banyak sekali menggunakan gambar atau vidio terutama di artikel postingan tanpa memperhatikan HTTP atau https, jika blog anda ingin lebih baik sebaiknya anda harus ubah menjadi https jika memang situs sumber gambar dan juga video memang mendukung https.


# Apa yang akan terjadi jika dibiarkan?
google sendiri menjelaskan di halaman resminya mengenai masalah https ini, bahwa jika anda mengaktifkan fitur https pada blog anda kemudian pada blog anda masih terdapat sumber daya konten yang digunakan oleh blog anda yang masih menggunakan HTTP, maka kemungkinan besar bisa berpotensi terjadi error ketika blog atau situs anda diakses melalui HTTPS,  dan dampaknya akan mengurangi sisi keamanan dan juga pengalaman pengguna.

oleh karena itu sebaiknya anda memeriksa kembali konten blog anda dan merubah sumber daya dari http menjadi http, anda harus memastikan bahwa sumber daya yang digunakan juga memiliki saluran aman https.

Fitur HTTPS Saat ini belum di redirect secara otomatis apa yang harus saya lakukan?

Meskipun google sudah menyediakan fasilitas untuk mengaktifkan fitur https pada blogspot, namun sepertinya url https belum bisa secara otomatis berjalan, ketika ada pengunjung blog anda menemukan blog anda dihasil pencarian google, maka tetap mereka akan di arahkan ke alamat blog anda yang mengunakan HTTP. entah sampai kapan ini akan terus berlangsung, kemungkinan besar hanya tinggal menunggu waktu saja sepertinya karena saya yakin pada akhirnya akan nanti akan menggunakan default https.

Jika anda menghendaki untuk menggunakan https anda bisa melakukan redirect langsung menjadi https, sehingga ketika pengunjung blog anda mengakses situs anda maka akan langsung diarahkan menjadi https.

Caranya anda bisa menggunakan script khusus, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blogspot anda,

b. pada bilah menu sisi kiri pilih menu template, kemudian klik tombol edit HTML, untuk masuk ke editor html template anda

c. Silahkan cari kode <head> dan silahkan pilih kode dibawah ini kemudian letakan di bawah kode <head> pada template anda:

#Kode 1:

Blogspot indonesia saat ini sudah memiliki country domain hingga akan selalu diarahkan ke blogspot.co.id, jika anda ingin redirect menjadi blogspot.com dan juga ingin menggunakan https anda bisa pasang kode dibawah ini tepat bawah kode <head>:

<script type='text/javascript'>
var blog = document.location.hostname;
var ext = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));  
if (ext == ".id") {
var protocol=window.location.protocol.replace(/\:/g,'');
var path = document.location.pathname;
var ncr = protocol+"://"+ blog.substr(0, blog.indexOf("."));
ncr += ".blogspot.com/ncr" + path;
window.location.replace(ncr);}
</script>
 dengan menggunakan kode diatas maka domain blogspot anda akan diarahkan ke blogspot.com, dan bisa diakses menggunakan https dan juga http


#Kode2:
Jika anda hanya ingin meredirect protokolnya saja, dari http menjadi selalu https, anda bisa gunakan kode dibawah ini dan letakan tepat dibawah kode <head>:

<script type='text/javascript'>
var protocol=window.location.protocol.replace(/\:/g,'');
if(protocol=='http'){
var url=window.location.href.replace('http','https');
window.location.replace(url);
} 
</script>

Apakah penggunaan script diatas berbahaya untuk blog anda?
untuk informasi diatas barangkali anda bisa baca artikel saya tentang Kenapa blogspot.com dialihkan menjadi blogspot.co.id 


Demikian tentang Tips Memaksimalkan Penggunaan Fitur HTTPS Blogspot, semoga bermanfaat

50 komentar:

  1. terimaksih untuk impormasi ini.. sangat mmbantu..

    ReplyDelete
  2. Masih bingung menggunakan https ini X.X, apakah kita harus setting ulang link yg terlanjur make http// jadi gak pke http// semua. pusing kalau gitu. Kalau setting https seperti blog agan ini gimana caranya ya? bisa ada dua pilihan antara https dan http biasa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang diseting yang penting yang ada didalam template aja gan terutama untuk url css, java scritpt, gambar yang kebetulan menggunakan sumber ekternal.

      agar bisa ada dua, agan bisa gunakan cara mengaktifkan fitur https yang saya uraikan diatas

      Delete
    2. terima kasih gan settingannya, tapi ada satu hal yang masih mengganjal, gimana ya caranya agar link2 di widget random posts dan recent posts bisa jadi https juga. Tinggal link2 disana yg belum berubah jadi https nih, bingung gimana ngutakatiknya, jika ada tipsnya atau ada widget random dan recent postnya yang https mohon dishare^^ dan tolong dibantu^^.

      Delete
    3. sepertinya harus di modifikasi recent postnya. kalo boleh mas coba kirim script kode random dan recent postnya mudah-mudahan saya bisa modifikasi scriptnya agar support https

      Delete
    4. ke email :didinajidin@gmail.com

      Delete
  3. Jadi harus menambahkan kose diatas pada template ya mas gak cukup setting di peraturan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung pertimbangan mas,
      karea meskipun https aktif, blog jika ditemukan di google kemudian diakses oleh pengunjung tetap diarahkan ke tipe http untuk saat ini

      https baru bisa diakses jika langsung ditulis https, atau menggunakan kode diatas agar otomatis, atau menggunakan tombol pemberitahuan notifikasi seperti yang saya gunakan diatas.

      Delete
  4. Mas didin artikelnya sangat luar biasa, selalu update seputar perkembangan terbaru pada blog, blog ini sangat bermanfaat bagi saya, banyak ilmu yang saya dapat dari sini.

    Untuk dapat menampilkan pilihan mode https dan mode http seperti blog mas didin ini, gimana caranya ya ? aku masih bingung nih mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada waktu pingin saya share gan.

      Delete
  5. Katakanlah saya telah menerapkan teknik di atas.... Pertanyannya adalah bagaimana jika suatu saat nanti kita melakukan Custom Domain, apakah kita harus mengubah kembali Https yang telah kita ubah di dalam template menjadi Http kembali?

    Sedangkan mas didin mengatakan bahwa apabila kita telah melakukan Custom Domain, fitur ini tidak berlaku? Atau setelah Custom Domain fitur tersebut akan langsung hilang dan secara otomatis kembali seperti semula?

    Cukup membingungkan memang. Apa daya, kita bermain di Blogger. Kita harus mengikuti saran Google ini, terlebih ini untuk meningkatkan kualitas seo blog kita.

    Thanks suhu! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. disarankan yang diubah https yang statis aja mas yang tidak tergantung sama perubahan domain. seperti didalam kode template untuk sumber css ekternal atau js ekternal jika ada atau sumber lainnya yang digunakan sebagi sumberdaya template, jika betulan situsnya bisa https saya ganti

      kalo yang dimis link-link yang kira-kira akan mengikuti perubahan domain agar bisa ikut otomasi saya malah tidak sertakan nama domainnya jadi cukup tulis

      /tahun/tgl/perma_link.html

      Delete
    2. Sip sudah jelas mas. Terima kasih atas penjelasannya hehe..

      Delete
  6. wah, ane selalu ada eror, pada bagian gemboknya, dan ane sudah setting https:// semua tapi yang menjadi masalah ada beberapa kode sumber yang tidak terganti, pada bagian
    meta content='blogger' name='generator'/..

    bisa dibantu mas ? mohon yak :), ane mau screenshot tapi gak bisa disini :D

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat mas, terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. info yang menarik gan...tapi saya pernah mau ganti https malah ada peringatan apa gitu sehingga ga jadi ganti....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo peringatan di editor template itu hanya notifikasi bahwa jika mengaktifkan https agan harus pastingan segala sumber daya yang digunakan template harus bersumber dari https juga.

      Delete
  9. Halo Mas,

    Saya ingin tanya mas, kalau kita sudah pakai TLD tapi hosting di blogspot, kan https tidak bisa dirubah tuh mas. Apakah dengan menggunakan html code itu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas.

      Tidak bisa mas, jika sudah menggunakan top level domain, kemudian mas ingin bisa menggunakan https maka mas harus menggunakan layanan https berbayar untuk digunakan di blog top level domain mas.

      Delete
  10. terimakasih mas, maklum masih belajar jadi masih bingung.

    ReplyDelete
  11. bos, blogspot saya kan udah saya utak atik nih,, udah kaya blog AGC, index nya nyampe puluhan ribu, alamdulilahnya juga kw nya juga pada naik, nah kalau blog saya di jadiin https , aman gax tuh ???? tau sendri kn google kaya gimana sekarng ke blog AGC ,, tdnya saya pemain AGC, tp sekarang pindah ke blogspot.. Pusing saya deindex trus. tapi blogspot juga sudah saya modif AGC brharap gx de index, kan jarang banget tuh blogspot kena deindex...

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata dengan https juga dapat meningkatkan seo friendly,kalau begitu saya juga akan pasang ah.

    ReplyDelete
  13. Keren Oy Blognya bang didin memenuhi https,

    saya udah coba berkali-kali tapi belum berhasil, https blog saya masih putih belum hijau seperti blog ini,, kira-kira apakah ada tool tertentu ayang menjelaskan kesalahan kita ada di bagian mana, so, bisa enak dan mudah untuk memperbaikinya,,

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum semuanya mas, blogmas juga kayaknya sudah hijau dan tidak ada icon warning...

      Delete
    2. Iya, setelah widget external yang bukan berasal dari blogger dihapus semua,,

      Makasih ya

      Delete
  14. saya malah ketinggalan dengan informasi ini :v saya cari kode untuk redirect ke mode https eh nemu disini. terima kasih gan udah bisa ijo nih situs saya haha

    ReplyDelete
  15. oh iya gan kenapa blog ini sudah tidak menggunakan https gan? apakah ada kekurangan dalam https?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu sempat menggunakan https, tanpa sadar ada beberapa widget blog yang berantakan, malas perbaikinya jadi kembali ke http,

      Delete
    2. Bener sekali gan,, resikonya cukup tinggi,,

      dalam 2 bulan terakhir,, url index di google webmaster dari blog ane turun secara linear menuju 0,, baru sadar banyaknya click berdasarkan google webmaster hanya berkisar 0 sampai 10 clik dalam 1 minggu ini,,,

      Mungkin saja ini karena setting google webmaster masih http:, jadi yang dianalisa oleh google webmaster adalah http,, padahal semua http telah di redirect menuju https

      But, statistik yang terlihat di blog tidak turun secara drastis,, mungkin sekitar 50% bisa dibandingkan dengan menggunakan http,,

      So, saran saya bagi blog yang sudah berumur sebaiknya tetap menggunakan http,, tapi untuk blog baru,, https adalah pilihan yang menarik

      Sharing pengalaman:

      Delete
    3. Blog ane kasusnya sama kayak agan, terus yang harus di "Tambahkan Properti" di google webmasternya pake http atau https kalau settingan di blogspotnya https? mohon bantuannya ya gan. matursuwun

      Delete
  16. yah ribet juga yah buat memaksimalkan kinerja https biar bener-bener aktif, tapi bagus juga lah infonya. Saya nyimak aja dah gan, sekalian mau silahturahmi sesama blogger

    ReplyDelete
  17. Beberpa hari ini ada pemebritahuan di beranda blogspot bahwa ketersediaan https akan ditiadakan di akhir april. Blog saya masih http. Apakah nanti diakhir april secara otomatis menjadi https? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di akhir april, https sifatnya tidak lagi optional, akan aktif otomatis jadi blogspot bisa diakses menggunakan http juga https

      Delete
  18. Oh jadi, blog saya itu tidak perlu diseting dulu ke https mas, sebelum akhir april tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabarnya di akhir april nanti blog akan otomatis bisa juga diakses baik melalui http maupun https

      Delete
  19. admin, mau tanya, kenapa blog saya awalnya biasa diakses dengan http, tapi sekarang berubah menjadi https, waktu saya searching di google dan muncul blog saya, nggak bisa masuk lagi. tapi kalau saya tulis langsung https baru bisa masuk. gimana cara mengatasinya, min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogspot sekarang sudah otomatis bisa diakses menggunakan https mas. tapi sepertinya tidak ada masalah baik http maupun https keduanya seharusnya bisa diakses.

      Delete
  20. blog agan pakai http kah? mengapa agan sendiri tidak menggunakan https tersebut?:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogspot sudah suppot https sekarang mas, mas tinggal akses saja menggunakan https://nama_blog.blogspot.com

      Delete
  21. Mas kenapa blog struktur kode belum dirubah jadi https? sy belum berani ganti ke https takut tamplate ga support trus pengunjung malah berkurang. (masih terbatas pengetahuan saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang https untuk blogspot sudah otomatis mas, mas bisa akses blogsaya menggunakan https://strukturkode.blogspot.com

      Delete
    2. haduh blogs saya sebelumnya sudah top 1 semenjak ganti https jadi ke halaman 4, apakah bisa menempati posisi sebelumnya. tks

      Delete
  22. Gan wktu sya terpin kode htmlnya di blog brubah ' jadi &#39


    var protocol=window.location.protocol.replace(/\:/g,'');
    if(protocol=='http'){
    var url=window.location.href.replace('http','https');
    window.location.replace(url);
    }


    Jadi gk work, sya parse jg g work gan. Tlong gan solusinya, trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pasang kode
      //<![CDATA[

      KODE

      //]]

      Delete
  23. mas mau tanya, kalau perubahan http ke https di blogspot itu apa harus ganti lagi di webmasters ?
    soal nya saya liat di serp, ada dua hasil yang pake http sama https (apa jadi duplikat konten) ?
    hasil index blog pun jadi melambat apa mungkin karena perubahan ini
    bisa di cek mas blog saya, drimtekno.blogspot.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah gan, tidak masalah tidak akan dianggap duplikat conten, pada akhirnya akan muncul salah satu.

      Delete
    2. tapi index sitemap jadi turun drastis apa gak masalah ?
      untuk perubahan ke https apa saja yang harus dirubah ?
      oh ya, saya lihat di menu fetch as google di webmasters pun status nya redirect itu gak masalah kan ?

      terima kasih

      Delete
  24. Kirain cuma blog saya aja yang mengalami perubahan tiba-tiba ke https, padahal dulu http :( gimana menurut mas Didin apakah kasus tersebut karena template? soalnya perubahan https blog saya muncul setelah ganti template...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mas, sekarang https sudah aktif dengan sendirinya, jadi blogspot bisa diakses baik denan http maupun https kecuali blogspot tersebut di custom domain

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!