Tips Membangun Backlink natural dan aman di mata Google - Backlink sampai saat ini masih menjadi salah satu faktor dari 200+ google ranking faktor yang masih memiliki pengaruh untuk menentukan ranking halaman blog atau situs di posisi terbaik hasil pencarian, ini artinya backlink bukan satu-satunya yang dapat mempengaruhi posisi artikel di hasil pencarian mesin pencari google (Google SERP), masih ada kurang lebih 200+ google ranking faktor lainnya yang menjadi acuan google untuk menentukan posisi artikel di hasil pencarian, semakin banyak faktor yang kita libatkan untuk optimasi suatu artikel blog atau situs maka semakin besar peluang artikel tersebut mudah ditemukan dan menempati posisi terbaik pada hasil pencarian mesin pencari.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membangun backlink namun yang harus kita perhatikan adalah bagaimana cara membangun backlink yang aman dan tidak membahayakan untuk blog atau situs anda, jika kita sembarangan dan tanpa memperhitungkan efek buruknya tentu saja membangun backlink yang keliru bisa berakibat fatal untuk situs atau blog anda, resiko yang akan anda dapatkan jika anda tidak hati-hati dalam membangun backlink adalah tindakan anda akan dianggap sebagai tindakan manual yang dapat memicu google web-spam, efeknya bisa jadi setiap artikel  blog anda akan di deindex sehingga sulit muncul di hasil pencarian atau resiko terbesarnya blog anda akan dihapus oleh google.

Backlink Natural Itu Seperti Apa ?

Jika kita menilai sebuah backlink, sebenarnya  backlink natural adalah backlink yang bukan kita secara manual yang membuatnya, namun backlink tersebut terbentuk alami karena ada pihak-pihak tertentu yang memang dengan sengaja membuatnya untuk anda tanpa sepengetahuan anda dan tanpa anda minta, dengan maksud untuk mereferensi ke artikel yang anda buat atau ke blog yang anda miliki, pada umumnya mereka akan rela membuat backlink ke artikel anda jika artikel yang anda buat dianggap sebuah artikel yang berkualitas dimata mereka dan pantas untuk dijadikan referensi, dan ini yang harus selalu kita perhatikan untuk selalu membuat artikel yang benar-benar berkualitas untuk pembaca, dengan demikian peluang artikel mendapatkan backlink natural akan semakin besar.


Backlink Yang dianggap Natural Dimata Mesin Pencari Google

Jika kita harus menunggu artikel atau blog yang kita miliki mendapatkan backlink alami secara natural, mungkin saja peluangnya bisa jadi 10.000 pengunjung berbanding 1 backlink bahkan mungkin lebih besar dari itu, artinya setiap 10.000 ribu pengunjung maka kemungkinan ada 1 pengunjung yang membuat backlink yang mereferensi ke artikel yang anda buat itu juga jika artikel anda dianggap pantas untuk dijadikan referensi. tentu saja kurang efektif jika harus menunggu orang yang suka rela membuatkan backlink natural untuk anda, bahkan mungkin akan memakan waktu yang lama untuk mendapatkan backlink, langkah terbaik yaitu dengan membangun backlink secara manual, namun jika itu yang anda pilih anda harus hati-hati, untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap blog yang anda miliki akibat membangun backlink secara manual, karena jika anda tidak hati-hati, bisa jadi tindakan anda akan dianggap sebagai tindakan web-spam, adan efeknya akan buruk untuk blog anda.

Cara membangun backlink agar kelihatan natural dimata google?

Lantas bagaimanakah cara membangun backlink agar kelihatan natural dimata google?, triknya adalah gunakan pendekatan backlink yang dibuat secara alamai atau natural, ada beberapa tips untuk anda ketika anda memutuskan membangun backlink secara manual agar tidak dianggap sebagai tindakan yang dicurigai sebagai tindakan web-spam google, sebagai berikut:

1. Jangan terlalu cepat membangun Backlink
Sebanarnya bahaya membangun backlink terlalu cepat, jika kita menggunakan pendekatan backlink natural, tidak mungkin blog baru atau artikel baru yang anda buat langsung mendapatkan backlink, setidaknya pasti memerlukan waktu, oleh karena itu, jika kita membangun backlink sebaiknya pertimbangkan umur blog atau artikel yang akan anda buat backlink, setidaknya artikel anda berusia 1 bulan barulah bangun backlink ke artikel anda tersebut (quicksprout.com), jika tidak maka backlink anda akan dianggap  semacam backlink yang berbahaya dan beresiko terkena google penguin.
Iangat emakin kelihatan natural backlink yang anda bangun maka itu akan semakin baik untuk blog anda sehingga akan mempengaruhi rangking halaman di hasil pencarian google.
Tips: Saya sendiri jarang membangun backlink kadang 1 bulan sekali kadang lebih, dan jumlahnya tidak terlalu banyak 5 sampai 10 saja dalam setiap waktu.


2. Gunakan Anchor Text Yang bervariasi.
Jangan sekali-kali membangun backlink dengan menggunakan anchor text yang sama untuk setiap backlink yang anda buat. silahkan gunakan kembali pendekatan backlink natural, akan sedikit kemungkinannya orang yang membuat backlink natural untuk anda menggunakan anchor text yang sama, bisa saja mereka membuat link ke artikel anda dengan anchor text, "klik disini", atau "menuju tkp" atau dengan kata kunci tertentu  yang relevan dengan artikel yang ditujunya  dan lain sebagainya, oleh karena itu ketika kita membangun backlink gunakan juga trik seperti itu yaitu membangun backlink dengan variasi anchor text yang bermacam-macam, semakin berbeda maka itu akan semakin baik untuk blog anda, silahkan baca juga cara membuat variasi anchor text untuk mendapatkan rankkng 1 google.

3. Jangan terlalu membabibuta membangun backlink.
Jangan sekali-kali membabibuta dalam membangun backlink, artinya membangun backlink dalam jumlah banyak  dalam waktu yang singkat, karena itu bisa dianggap diindentifikasi sebagai tindakan web-spam, apalagi google telah merelease google penguin untuk mendeteksi backlink yang dianggap web-spam pemicunya bisa jadi karena tindakan anda ketika membangun backlink yang kurang hati-hati,  salah satunya adalah membangun backlink secara membabibuta dalam satu waktu, silahkan kenali prilaku google penguin agar anda lebih hati-hati dalam membangun atau membuat backlink, jika tidak teknik link building yang anda lakukan akan membahayakan situs atau blog anda.

4. Gunakan backlink dofollow dan nofollow
Ketika kita membangun backlink ada dua cara yang bisa kita pilih, backlink dofollow atau backlink nofollow, jika anda kebetulan belum paham mengenai kedua jenis backlink tersebut, silahkan anda baca tentang apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow ?, secara umum backlink dofollow berpotensi mempengaruhi pagerank (PR), sedangkan nofollow tidak, namun untuk urusan rangking halaman di hasil pencarian google, menurut saya keduanya punya andil yang sama, artinya baik backlink dofollow maupun nofollow kedua-duanya sangat berpengaruh sekali dalam memperbaiki rangking halaman blog atau situs dihasil pencarian google meskipun masih ada kontroversi untuk masalah ini,( jika anda tidak percaya silahkan buktikan sendiri).

Salah satu trik dan strategi membangun backlink adalah, sebaiknya ketika kita membangun backlink gunakan jenis backlink dofollow maupun nodollow dengan demikian backlink tersebut akan kelihatan natural dimata google, ingat pendekatan backlink natural, orang mungkin akan membuat sebuah link yang mereferensi ke artikel anda dengan kedua jenis backlink tersebut.

5. Variasikan lokasi penempatan backlink
Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk meletakan backlink, bisa di artikel yang relevan, bisa juga di footer atau bisa juga di sidebar, sebaiknya variasikan penempatan backlink yang anda buat semakin bervarasi maka akan semakin kelihatan natural dimata google.

Demikian yang bisa saya share tentang Tips Membangun Backlink natural dan aman di mata Google semoga bermanfaat untuk anda.


25 komentar:

  1. masih bingung gan sama baclink backlink itu? backlink itu yang seperti apa sih

    ReplyDelete
  2. masih bingung untuk mengenal Seo

    ReplyDelete
  3. kalo kita buat backlink yang dofollow bedanya sama yang nofollow apa mas? | zero-gt.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dofollow artinya diikuti robot mesin pencari ketika dicrawl sedangkan nofollow tidak, dofollow bisa meningkatkan pagerank sedangkan nofollow tidak, dofollow dimulai dari D sedangkan nofollow dimulai dari N, oh ya dua-duanya punya andil dalam meningkatkan rangking di serp, itu yang ane tau gan.:D

      Delete
  4. mas kaau nempatin backlink yang model link dan anchor_text tadi gimana, apa kita ketikin adja di dalam artikelnya gitu mas

    ReplyDelete
  5. bagaimana caranya mendapatkan backlink berkualitas SEO friendly

    ReplyDelete
  6. backlink dari edu/ gov tau dari mana gan yg paling SEO friendly

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gampang untuk membuat situs TLD Gov/edu, ada syarat2 formal yang harus dipenuhi, 200+ google ranking faktor bahwa gov edu dianggap situs yang memiliki reputasi baik, dimata google, tentu saja backlink akan sangan berkualitas, bukan seo friendly mungkin berkualitas gan. :D

      Delete
  7. wah bagus banget broooow artikelnya

    ReplyDelete
  8. Gan cara mempertahanin postingan baru beberapa jam lalu yang udah muncul di page 1 gimana tuh caranya ? soalnya besoknya suka langsung turun lagi ke page 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya artikel baru bisa nongkrong di page one, terkena efek honey moon google namun tidak bertahan lama, tapi agan harus cekna menggunakan "Jendela Mode Pribari" atau agan ceknya jangan sedang login blogger atau login email gmail blogger yang agan gunakan" biar posisi yang didapat artikel yg bersangkutan tidak kamoplase.

      untuk mempertahankan, sebenarnya perlu waktu, agan tinggal bangun backlink yang baik sebanyak banyakya untuk artikel yang agan ingin di posisi teratas google.

      Delete
    2. Itu juga saya ngeceknya ga masuk ke akun gmail blogger ko gan, malahan mozillanya juga udah di clear history

      cara yang tepat untuk membangun backling yang baik harus gimana bang, dan ke web seperti apa bikin backlink nya ?

      Delete
    3. backlink yang paling berkualitas tetap saja backlink yang terdapat di dalam artikel, sering-seringlah menjadi guest posting dan aktif menerbitkan thread di forum-forum

      Delete
  9. Mai tanya blog ini kok SEO banget ya?. Btw udah brp lama berdiri ini blog?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum terlalu lama gan, usianya kurang lebih baru 7bulanan, artikelnya juga masih sedikit, baru 120an artikel.

      Delete
    2. Cara bikin blog supaya SEO seperti blog akang ini gimana caranya ?

      Delete
    3. sajikan saja konten yang benar-benar memperhatikan optimasi seo onpage, gan, untuk backlink cukup dibangun 1 bulan sekali,

      Delete
    4. Sebelumnya maaf bang jika banyak tanya, malum new bie hehe
      Jika sudah posting biasanya suka langsung di beri backling atau di biarkan dulu beberapa waktu baru di kasih backling bang ? hehe

      Delete
    5. Backlink biasanya sampai di klaim google perlu proses, silahkan saja mulai dikit-dikit dari awal baru di buat, namun saya sendiri biasanya membangun backlink 1 bulan sekali, setelah postingan kurang lebih berusia 1 bulan saya baru bangun backlink untuk artikel ybs

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  10. Saya pernah punya pengalaman, untuk blog sebaiknya fokuskan dulu promosi ke sosial media. Backlink tidak terlalu penting. Terpenting adalah artikel berkualitas, tidak palgiat, pasti hasil di mata google bagus, pengunjung jadi banyak.

    ReplyDelete
  11. oke gan... bisa di coba nih , blog saya post nya udah mau 200 pengunjung hanya 500an gan.... malah males jadinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat terus gan jangan malas, kalo agan malas, lebih baik blognya dikasih sama saya haha...

      Delete
  12. malam gan,.. masih rada binggung,, ada artikel yang bahs dofollow khusus ngak gan,, ane mau belajar gan.. trimss

    ReplyDelete
  13. umur blog saya sekitar 1 tahun. Saya cek backlink di google webmaster berjumlah 134 link. Selama mengelola blog saya menndap backlink secara natural. Bagaiman caranya mendapat backlink yg berkualitas

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!