Cara Daftar dan Memasang Tracking Kode Google analitic pada blog - Google analitic adalah salah satu tool gratis yang disediakan google yang bisa kita gunakan untuk memonitor interaksi pengunjung terhadap halaman blog atau situs yang kita miliki, google analiticy menyediakan berbagai informasi yang sangat berguna bagi para webmaster mengenai halaman blognya, dengan bantuan google analitics kita bisa mengetahui segala bentuk informasi yang menyangkut interaksi pengunjung terhadap blog kita, sehingga kita bisa mengevaluasi dan menganalisa blog untuk dibuat menjadi lebih baik, namun agar google analitic bisa merekam jejak pengunjung terhadap blog yang kita miliki, kita harus mengintegrasikan tool google analitic dengan blog atau situs yang kita miliki, yaitu dengan cara memasang tracking kode google analitic pada blog kita, untuk mendapatkan tracking kode google analitic langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan pendaftaran blog ke google analitic, baru kemudian setelah blog terdaftar dilayanan google analitic kita bisa memperoleh tracking kode google analitic yang bisa kita tempel pada blog.

Syarat untuk melakukan pendaftaran di google analitic hanya membutuhkan sebuah email google atau gmail dan juga sebuah blog, jadi anda harus memiliki blog terlebih dahulu dan juga akun gmail. silahkan anda buat email gmail terlebih dahulu dan jika anda belum memiliki blog, anda bisa membuat blog terlebih dahulu dengan menggunakan email tersebut. jika keduanya sudah anda miliki anda bisa melakukan pendaftaran google analitic dengan mudah.

CARA MENDAFTARKAN BLOG KE GOOGLE ANALITIC


Sebelum kita bisa menggunakan tool google analitic untuk memonitor situs atau blog kita, kita diharuskan melakukan pendaftaran google analitic terlebih dahulu sehingga antara blog dan google analitic bisa saling terintegrasi, untuk melakukan pendaftaran google analitic, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke halaman utama google analitic, kemudian silahkan anda login menggunakan salah satu account gmail anda. anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah ini:


Cara daftar google analitic
Silahkan anda tekan tombol Sign Up, seperti terlihat pada gambar diatas.

2. Kemudian pada tahap berikutnya, silahkan tekan tombol Website,kemudian masukan data yang diminta, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
Isilah data yang diminta sebagai berikut:
a. Account name, masukan nama akun untuk google analitic anda, pilihlah nama yang mendekati nama blog anada, misal struktur kode analitic.

b.Website name, silahkan anda masukan anama website anda, misal strukturkode blog.

c. Website URL, masukan nama homepage blog anda, misal strukturkode.blogspot.com.

d. Industry category, pilih sesuai dengan niche blog anda.

e. Reporting time zone, pilih indonesia.


3. Pilih juga tab Mobile App, untuk mengisi data mobile app, data ini digunakan untuk merekam segala macam aktivitas pengunjung yang mengunjungi blog kita lewat perangkat mobile. seperti ponsel dan tab, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara daftar dan mendapatkan tracking kode google analitic

Data yang diminta untuk mobile app sebenarnya hampir sama dengan data diatas, silahkan isi data sebagai berikut:

a. Account name, isi dengan nama, misalkan Struktur kode analitic for mobile

b. App name, isilah dengan nama blog anda misal struktur kode

c. Industry category, silahkan pilih sesuai dengan niche blog anda, atau silahkan anda sesuaikan

d. Reporting TimeZone, silahkan anda pilih indonesia.


4. Jika data diatas sudah dilengkapi, silahkan anda scroll ke bawah, dan atur seperti gambar dibawah ini:

cara mendapatkan tracking kode google analitic

Kemudian tekan tombol "Get Tracking ID" seperti terlihat pada gambar diatas, kemudian pada dialog yang muncul mengenai "Google analitic Term of service agrement" pilih tombol "I Accept".

Sampai tahap diatas anda akan mendapatkkan tracking kode google analitic yang siap dipasang di blog atau situs anda, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Tracking ID & Tracking Kode Google Analitic

No 1 adalah tracking ID, dan No 2 adalah Tracking kode,  kita bisa mengintegrasikan blog dengan google analitic menggunakan salah satu data diatas.

CARA MEMASANG TRACKING KODE GOOGLE ANALITIC

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk mengintegrasikan blog atau situs dengan google analitic, yang pertama bisa menggunakan Tracking ID, dan yang kedua bisa juga menggunakan Tracking Kode google analitic

1. Cara Mengintegrasikan blog dengan google analitic menggunakan tracking ID, berikut langkah-langkahnya:

a. Silahkan anda kopi Tracking ID seperti terlihat pada gambar diatas yang ditunjukan dengan No1,

b. Masuk ke Akun blog anda, pilih menu "Setelan" kemudian pilih submenu "Lainnya", pada tampilan setelan silahkan anda cari kotak input dengan label "ID Property Web Analitic", silahkan anda masukan tracking ID pada kotak tersebut, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Memasang tracking ID google analitic pada blog
 Jangan lupa simpan perubahan anda dengan menekan tombol "Simpan Stelan"

2. Cara mengintegrasikan blog dengan google analitic menggunakan tracking kode google analitic, berikut langkah-langkahnya :

a. Silahkan anda kopi tracking kode google analitic seperti terlihat pada tampilan diatas yang ditunjunkan dengan No 2.

b. Masuk ke akun blog anda, kemudian pada bilah menu, pilih menu Template, kemudian tekan tombol "Edit HTML" untuk masuk ke mode kode template blog anda.

c. Gunakan CTR+F dan cari kode </body>, kemudian letakan tracking kode google analitic anda diatas kode tersebut,

d. Simpan Tempate anda.

Kedua cara diatas adalah Cara Daftar dan Memasang Tracking Kode Google analitic pada blog yang bisa kita pilih salah satunya, anda bisa menggunakan tracking kode atau anda bisa menggunakan tracking ID, kedua-duanya sama fungsinya untuk mengintergarasikan blog anda dengan properti google analitic.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



19 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com tmakasih skali lagi gan

    ReplyDelete
  2. Terims
    Ni tak taruh sebagai daftar bacaan di blog
    smelektronic.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. makasih gan ane baru belajar ngeblog nih

    ReplyDelete
  4. mas tracking kode kok ga muncul ya? terletak sebelah mana?

    ReplyDelete
  5. Gan, aku udah masukin ID analytic google di setelan, tapi setelah lihat blog, kok ngga muncul apa2 ya. di widget pun ga ada, itu lihat statistik pengunjung nya gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika tracking kode google analiticnya sudah mas aktifkan, untuk mengetahui informasi statistic yang berkaitan dengan blog tersebut mas masuk aja ke akun google analitic yang mas gunakan tersebut. disana sangat lengkap menyajikan berbagai statistic blog mas tersebut.

      Delete
  6. Gan itu satu akun dari google analytics berfungsi untuk satu blog saja? ataukah satu akun bisa untuk banyak blog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu akun google analitic agan bisa gunakan untuk banyak blog, setiap blog yang agan punya masing-masing harus didaftarkan di akun google analitic tersebut. akun google analiticnya satu saja

      Delete
  7. Gan kalo widget kode google analytics belum di masukkan ke blog atau website apa data pengunjungnya akan terdata atau tidak di google analytics nya?

    ReplyDelete
  8. antara google analitic dan histats, recomended yang mana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gooogle analitic sangat complete sangat recomended jika blog ditujukan untuk bisnis, histats sangat sederhana dan sangat mudah sekali dipahami.. kalo saya pake hisatats cukup untuk microblogging.
      tapi tentu yang paling recomended adalah google analitic.

      Delete
  9. mas kok kode analytic,webmaster,dll pada hilang di edit html malah balik de dafhual itu knpa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tersimpan sepertinya mas, pastikan ketika meletakan kode tersebut dilanjutkan dengan simpan template.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!