Cara Submit sitemap atau peta situs di bing dan google webmaster tool - Sitemap atau peta situs adalah sebuah file dalam format xml yang menjelaskan mengenai struktur url dalam sebuah blog yang kita miliki, sitemap dibuat berdasarkan aturan standar menggunakan aturan penulisan xml, namun untuk blog atau situs dengan flatform blogspot kita tidak perlu bersusah payah membuat sitemap secara manual, karena blogspot sudah menggenerate dan mengupdate sitemap secara otomatis setiap kali kita selesai menerbitkan artikel. untuk blog berflatform blogspot anda bisa melihat sitemap blog anda, dengan mengakses alaman nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml, silahkan anda download untuk melihat strukturnya.

Untuk mengawali Optimasi SEO Onpage maupun Offpage,sitemap atau peta situs blog harus kita submit  secara manual ke mesin pencari, hendaknya ketika blog pertama kali dibuat dan artikel pertama anda terbitkan yang harus anda lakukan pertama kali adalah mendaftarkan blog mesin pencari terutama mendaftarkan blog ke google webmaster tool dan ke bing webmaster tool kemudian mensubmit sitemap blog ke mesin pencari dengan menggunakan fasilitas yang terdapat pada tool tersebut, tujuannya adalah agar mesin pencari dapat lebih cepat mengenali dan  mengetahui apa saja yang harus mereka crawl atau telusuri dalam situs atau blog kita, dengan demikian isi blog akan mudah untuk diindex oleh mesin pencari, semakin cepat terindex maka peluang artikel blog atau situs muncul di hasil pencarian mesin pencari (SERP) akan semakin cepat, dan semakin banyak yang diindek maka artikel dari blog yangbersangkutan akan sangat mudah sekali ditemukan oleh mesin pencari.

A. Cara Submit Sitemap / peta situs di google webmaster tool (GWT)

Google webmaster tool adalah sebuah tool berbasis web milik google untuk webmaster yang berfungsi untuk memonitor interaksi robot mesin pencari terhadap blog atau situs yang anda miliki, sitemap sangat perlu sekali disubmit ke google, dikarenakan google adalah mesin pencari terbesar didunia, untuk menggunakan tool ini, situs atau blog harus didaftarkan terlebih dahulu ke GWT, kemudian kita submit sitemap blog atau situs yang kita miliki didalamnya, berikut langkah-langkah submit sitemap blog ke google webmaster tool:

a. Masuk ke situs webmaster.google.com

b. Jika blog anda belum didaftarkan, silahkan anda daftarkan terlebih dahulu blog anda ke google webmaster tool tersebut, sebagai panduan anda bisa baca artikel sebelumnya tentang cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

syarat untuk daftar anda harus memiliki alamat email google terlebih dahulu, sebagai panduan silahkan anda baca cara membuat email google.

b. Setelah anda berhasil daftar, pada halaman utama akun google webmaster tool anda, silahkan klik nama blog yang anda daftarkan.

c. Pada tampilan berikutnya, pada bilah menu sisi kiri, silahkan anda pilih menu Crawl > Sitemap

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool
d. Kemudian silahkan lihat ke pojok kanan atas, cari dan klik tombol Add/Test Sitemap

Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tool
Silahkan anda ketikan sitemap.xml pada kotak isian yang disediakan, kemudian tekan tombol "Submit Sitemap"

e. Silahkan refresh browser anda, jika berhasil maka sitemap sudah anda masukan agar dapat dikenali mesin pencari google.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah sukses melakukan penaftaran sekaligus mensubmit sitemap blog anda di google webmaster tool.

Silahkan baca juga: Cara agar judul postingan muncul di pencarian google

B. Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster Tool

Bing adalah mesin pencari cukup populer milik microsoft yang saat ini sudah berkolaborasi dengan yahoo, artinya, baik mesin pencari bing maupun yahoo, memiliki aturan main yang sama, sitemap blog atau situs sangat perlu sekali kita submit di bing webmaster tool, berhubung pengguna bing cukup banyak, sehingga blog kita berkesempatan mendapatkan visitor dari mesin pencari bing ini, adapun langkah-langkah mensubmit sitemap blog atau situs di bing webmaster tool adalah sebagai berikut:

a. silahkan anda masuk ke alamat http://www.bing.com/toolbox/webmaster

b. Jika anda kebetulan belum mendaftar, silahkan daftarkan blog anda ke bing webmaster tool, anda akan diminta untuk membuat akun email outlook microsoft, untuk panduannya anda bisa baca  cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool.

c. Setelah anda berhasil mendaftarkan blog anda dan berhasil masuk ke halaman utama akun bing anda, silahkan pilih nama blog anda pada daftar yang tampil.

d. pada tampilan selanjutnya, pada bilah menu sisi kiri silahkan anda pilih menu Dashboard > Configure My Site > Sitemap.

Cara submit sitemap atau petasitus di bing webmaster tool


e. Pada Kotak input untuk submit sitemap, silahkan anda ketikan http://nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml, misal untuk blog saya, saya akan ketikan, http://strukturkode.blogspot.com/sitemap.xml, atau jika situs anda bukan berflatform blogspot, silahkan masukan url lokasi sitemap situs anda berada.

Cara submit sitemap atau petasitus di bing webmaster tool

f. Kemudian Tekan submit, dan refresh browser yang anda gunakan

Sampai tahap diatas berarti anda telah sukses melakukan submit sitemap di bing webmaster tool, dengan mendaftarkan blog anda kemudian mensubmit sitemap blog anda di bing webmaster tool, kini blog anda berpeluang muncul di mesin pencari bing maupun yahoo.

Demikian artikel sederhana tentang  Cara Submit sitemap atau peta situs di bing dan google webmaster tool, semoga bermanfaat.

12 komentar:

  1. makasih ya strukturkode atas ilmunya, berkat strukturkode saya bisa mensubmit sitemap saya, sebelumnya saya mensubmit sitemap error terus, tapi sekarang saya mempraktekanna sudah bisa..........

    ReplyDelete
  2. Gan kalau submit post di bing gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap artikel selesai di publish agar lebih cepat di index bing, submit saja artikelnya di bing submit url:

      http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url

      Delete
  3. kalau udah pake domain tld tp ngindk ke blogspot gimana... apa sama saja
    yg dipake tldnya apa pake blogspotnya ketika submit di Bing.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya sama saja alamat blogspotnya tetap akan meredirect ke TLD, saran saya yang TLD saja karena itu blognya.

      Delete
  4. mas aya mau tanya, apa tujuan submit sitemap ke webmaster tools

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memberikan peta petunjuk kepada google tentang isi website kita mana yang harus ditelusuri, sehingga dengan diberikan peta robot google tidak akan terlalu kebingungan dan lebih cepat melakukan index, sama halnya seperti agan pergi ke daerah antah berantah akan kesulitan jika tidak ada peta begitu juga google meskipun tanpa submit robot google akan mengenali blog kita alangkah baiknya lakukan submit untuk mempermudah

      Delete
  5. Wahwah wah, Pas banget nih apa yang saya cari ,

    Faktanya setelah saya Coba Submmit Ke Google Webmaster Tersebut memang bener bener dapat mempercepat pengindekan artikel oleh google ,

    Artikel yang bermanfaat nih mengenai cara sumbit ke google webmasternya . :D Izin share mas ke temen temen ane.

    Salam blogger dari adminnya " Kursi Teknologi " http://kursiteknologi.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  6. kenapa sudah 3 hari proses sitemapnya maish dalam keadaan pending yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seiring waktu dan semakin sering posting artikel sitemap akan lebih cepat diindex.

      Delete
  7. cuma kadang sitemap di Bing suka error, itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  8. Dalam menjelaskan suatu artikel mudah dicerna berserta diberi gambar supaya mudah dipahami oleh pembaca
    makasih gan sukses terus...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!