Untuk blogger berpengalaman istilah pageview tentu bukanlah istilah asing namun untuk blogger pemula istilah ini mungkin saja baru mereka dengar, sebelum saya bahas bagamana cara mengetahui jumlah pageview blog, saya akan ulas sedikit mengenai apa itu pageview? Page view (PV) atau sering disebut juga sebagai page impression atau impresi halaman merupakan istilah untuk tampilan halam sebuah artikel postingan blog yang dibuka oleh pengunjung blog tersebut.

Untuk kalangan para blogger dan para publisher google adsense istilah pageview atau tampilah halaman blog memang acap kali sering didengar, karena buat mereka istilah pageview sebenarnya bukanlah hal baru, bahkan untuk blog pageview terkadang menjadi point penting yang harus mereka capai untuk blognya, informasi page view bisa dijadikan tolak ukur oleh pemilik blog untuk menentukan ramai tidaknya blog atau apakah pengunjung menyukai artikel postingan yang kita sajikan, semakin banyak jumlah pageview yang dimiliki oleh sebuah artikel postingan maka itu menandakan artikel tersebut mendapatkan reputasi yang baik di mesin pencari atau artikel tersebut menarik untuk pengunjung blog anda.

Cara mudah melihat pageview blog anda
 pageview blog

Kenali Perbedaan Pageview Dengan Visitor

Saya melihat di beberapa group media social ataupun di forum-forum online yang kelihatannya masih banyak yang keliru tidak bisa membedakan antara pageview dengan visitor, ada yang beranggapan pageview PV adalah visitor, padahal pengertiannya jauh berbeda.

Pageview dan visitor atau pengunjung blog sangatlah berbeda namun saling berkaitan, pageview adalah halaman yang dibuka oleh visitor, sedangkan visitor adalah pengunjung yang masuk ke blog anda, visitor yang mengunjungi blog setidaknya akan membuka satu halaman atau lebih, artinya jumlah pageview akan lebih besar atau paling tidak akan sama dengan jumlah pengunjung,  dan jumlah pageview tidak akan pernah lebih kecil dari pengunjung.

Jumlah pageview akan lebih besar dari jumlah visitor Jika setiap pengunjung yang masuk ke blog anda membuka lebih dari satu halaman, sedangkan jumlah pageview akan sama dengan pengunjung jika setiap pengunjung blog anda hanya membuka satu halaman saja.

Untuk lebih jelas memahami antara pageview dan visitor silahkan baca: Perbedaan pageview (PV) dan visitor blog

Cara Mengetahui Jumlah Pageview blog anda sendiri

Ada 2 pilihan yang bisa kita lakukan untuk melihat pageview, bisa menggunakan tool pihak ke 3 atau cukup menggunakan fasilitas yang disediakan oleh flatform blog yang kita gunakan, khusus blog berflatform blogspot, fasilitas untuk melihat informasi pageview sebenarnya sudah disajikan secara informatis, artinya anda tidak perlu menggunakan tool pihak ke 3 untuk melihat pageview yang dimiliki oleh blog anda, bahkan blogspot menyajikan informasi mengenai jumlah pageview secara keseluruhan dan juga pageview setiap artikel secara jelas.

1. Cara Melihat jumlah Total pageview blogspot anda

Dengan menggunakan fasilitas laporan yang terdapat di blogspot anda bisa melihat total pageview secara keseluruhan, yang meliputi pageview hari ini, pageview minggu ini dan juga pageview dalam satu bulan, untuk melihat informasi total jumlah pageview blogspot anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pastikan anda sudah masuk ke akun blogspot anda, kemudian silahkan pilih blog yang pageviewinya ingin anda lihat.

b. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu  statistik > ikhtisar, maka anda akan melihat informasi angka dan grafik tentang tampilan laman blog anda seperti gambar dibawah ini:

Cara melihat pageview blogspot
Page-view
Pada tampilan diatas anda bisa melihat berapa vageview yang dimiliki oleh blog anda, yang meliputi pageview hari ini, pageview kemarin, pageview bulan lalu dan pageview sepanjang waktu yang menghitung total jumlah pageview dari awal blog tersebut dibuat.

Ingat jangan sampai tertukar, informasi yang ditampilan seperti pada gambar di atas bukanlah visitor atau pengunjung blog anda, tapi pageview (PV) atau tampilan laman blog anda.

2. Cara melihat pageview setiap artikel postingan

Selain dapat melihat jumlah total page view waktu tertentu, di blogspot juga dilengkapi dengan difasilitasi untuk menampilkan informasi pageview atau tayangan laman per artikel postingan.

Untuk melihat tampilan laman atau page view yang dilimili oleh setiap artikel postingan blog langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pastikan anda sudah masuk ke akun blogspot anda, kemudian silahkan aktifkan blog anda.

b. pada bilah menu sisi kiri pilih menu post > diterbitkan. untuk menampilkan artikel postingan yang diterbitkan, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Melihat pageview setiap artikel postingan blog

Anda akan melihat jumlah pageview untuk masing-masing judul artikel postingan seperti terlihat pada gambar diatas,  angka diatas menunjukan berapa kali artikel tersebut sudah ditayangkan, semakin tinggi angka yang ditunjukan itu tandanya artikel tersebut sangat populer.

Tips Cara meningkatkan pageview

Pageview terkadang dijadikan sebagai sebuah iming-imgin untuk memikat minat para pengiklan, karena semakin banyak pageview maka itu artinya iklan yang tampil pada blog tersebut akan sering sekali sampai pada pemirsa, dan  untuk beberapa jenis media iklan, terutama iklan yang kebetulan menggunakan metode CPM (Cost per mile atau biaya setiap seribu tayang, anda akan dibayar ketika iklan berhasil tampil 1000 kali) page view adalah salah satu faktor untuk memperoleh besar kecilnya penghasilan, semakn tinggi pageview itu akan semakin baik, sehingga tidak jarang banyak publisher iklan mencari cara bagaimana cara meningkatkan pageview blog miliknya,

Ada banyak trick yang dapat digunakan agar blog anda memiliki pageview tinggi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Mempromosikan konten di media sosial
b. Melibatkan optimasi seo, sehingga artikel mudah sekai ditemukan.
c. Menyisipkan link artikel baru anda di artikel relevan lainnya yang lebih dulu populer
d. Menyisipkan internal link di antara setiap artikel.
c. Menampilkan widget recent post di sidebar halaman blognya sehingga memiliki peluang untuk di lihat pengunjung

dll.

Untuk lebih detailnya anda bisa baca artikel dibawah ini:
Cara meningkatkan pageview untuk artikel baru

Demikian artikel tentang bagaimana cara melihat jumlah pageview blog anda sendiri secara mudah terutama untuk blog berflatform blogspot, sehingga anda dapat memonitor perkembangan blog anda sebagai salah satu data yang bisa anda analisa untuk menjadikan blog lebih baik. semoga bermanfaat.