Peranan kata kunci dalam sebuah artikel dianggap sebagai salah satu yang mempengaruhi peringkat suatu halaman di hasil pencarian google, untuk mendapatkan trafik yang lebih baik, sebaiknya setiap artikel yang kita buat disarankan artikel yang memiliki kata kunci yang tertarget, oleh karena itu setiap kali membuat artikel setidaknya kita harus melakukan riset kata kunci, dan yang terbaik tentu saja bisa menemukan kata kunci yang paling banyak dicari dan paling banyak diminati serta tingkat kompetitornya rendah, dengan memiliki kata kunci seperti itu artikel akan memiliki peluang mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari.

Untuk mendapatkan kata kunci memang bukan suatu perkara yang sulit jika kita tau caranya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kata kunci yang memiliki nilai pencarian bagus, namun yang harus juga mendapatkan perhatian adalah mengenai peletakan kata kunci didalam artikel yang kita buat, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya kita meletakan kata kunci di lokasi-lokasi yang disarankan oleh pakar seo.

Lupakan Meta Keyword

Meta Keyword sudah kadaluarsa saat ini

Perlu anda ketahui, lokasi peletakan kata kunci di meta keyword saat ini dianggap sudah kadaluarsa, mesin pencari saat ini tidak lagi memperhatikan peletakan kata kunci yang kita simpan di meta keyword ini, meskipun bisa kita buat, namun mesin pencari tidak akan mempedulikan kata kunci yang kita letakan di lokasi ini, untuk saat ini cara seperti ini sudah dianggap kadaluarsa dikarenakan banyaknya penyalahgunaan fungsi ini untuk mengelabui mesin pencari, banyak para blogger yang memadati meta keyword dengan kata kunci, sehingga banyak ditemukan kasus keyword stuffing, dan kata kunci yang sedikitpun tidak memiliki relevansi dengan isi artikel.

 Lokasi Terbaik Untuk menempatkan Kata Kunci (keyword)

Sebaiknya ketika kita membuat artikel apa yang harus kita pikirkan adalah, bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas, bukan di mata mesin pencari namun berkualitas dimata pengunjung, jangan sekali-kali membuat artikel hanya untuk mengelabui mesin pencari, misal dengan melakukan keyword stuffing, karena cara tersebut sangat tidak disarankan,  tujuan dari mesin pencari adalah menemukan konten yang benar-benar relevan dengan kebutuhan pengunjung, mesin pencari dapat menemukan konten yang relevan salah satunya adalah dengan mereferensi kepada kata kunci yang kita letakan di bagian-bagian tertentu dalam artikel, sehingga peletakan kata kunci yang tepat akan memberikan signal yang kuat untuk membantu mesin pencari lebih mudah menemukan artikel postingan yang memang benar-benar relevan dengan kebutuhan pengunjung, oleh karena itu peletakan kata kunci yang tepat akan dapat memberikan hasil yang lebih baik di hasil pencarian google.
Ada beberapa lokasi terbaik untuk meletakan kata kunci (keyword) yang bisa kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Letakan Kata kunci di Title Tag

Kata kunci pada title tag

Title tag adalah salah satu area dalam artikel postingan yang ditampilkan sebagai judul dihasil pencarian mesin pencari, juga muncul sebagai judul pada browser, peletakan kata kunci di lokasi ini sangat disarankan dan ini bisa menjadi penentu bahwa artikel anda dianggap sangat relevan dengan kriteria pencarian pengguna, lokasi ini harus mendapatkan perhatian khusus untuk meletakan kata kunci yang kita bidik sehingga artikel yang akan kita buat memiliki peluang sangat baik di hasil pencarian mesin pencari google, bing dan mesin pencari lainnya. Berikut cara peletakan kata kunci (keyord) yang disarankan dalam title tag:


a. Jumlah karakter yang disarankan didalam title tag yaitu antara 65 -70 karakter, namun pada umumnya mesin pencari seperti google hanya menampilkan 65 karakter saja di hasil pencariannya, oleh karena itu sebaiknya buatlah judul seefektif mungkin dan informatif, dan letakan kata kunci yang kita bidik di bagian judul tersebut melengkapi beberapa kata lainnya.

b. Kata kunci yang kita bidik sebaiknya kita letakan di awal suku kata judul

c. Hindari judul dengan kata yang berulang, didalam membuat judul sebaiknya kita menghindari untuk meletakan kata yang berualang.artinya kata yang sama muncul lebih dari satu kali.

d. Gunakan judul yang memiliki daya tarik misal dengan menambahkan beberapa frasa seperti: terbaik, rahasia, tips trik, nominal dan kata yang dianggap memiliki daya tarik dan membuat penasaran penggunjung, boleh jadi judul yang kita buat memiliki kesamaan dengan judul artikel milik blogger lainnya dan ditemukan di posisi terbaik hasil pencarian, namun dengan sentuhan yang sedikit beda, judul tersebut akan lebih mendapatkan perhatian pengunjung.

2. Letakan Kata kunci di URL

Kata kunci pada URL seo friendly

Lokasi terbaik berikutnya untuk meletakan kata kunci adalah di URL artikel blog, url bisa menjadi salah satu area yang mendapatkan perhatian pengunjung, sebaiknya buatlah URL yang sangat singkat, jelas dan informatif, dan mudah untuk dihapfal, sebaiknya letakan kata kunci yang kita bidik didalam url tersebut, semakin singkat penulisan URL itu akan semakin baik dimata pengunjung juga dimata mesin pencari, URL dengan kata kunci yang tepat secara tidak langsung akan meningkatkan sinyal relevansi di mata mesin pencari.

3. Letakan kata kunci di H1 Tag

kata kunci keyword  h1 tag for seo
H1 tag didalam artikel adalah area yang sangat penting, jumlah H1 tag didalam artikel harus 1 saja, ada beberapa penelitian yang dilakukan oleh para pakar seo, membuktikan bahwa jumlah H1 tag didalam artikel sangat menentukan sekali di hasil pencarian google, keberadaan H1 tag lebih dari 1 didalam artikel akan memperburuk posisi mesin pencari, H1 tag bisa kita manfaatkan untuk meletakan kata kunci yang kita bidik, gunakan h1 tag untuk meletakan judul artikel dan sisipkan kata kunci yang kita bidik didalam h1 tag. peletakan kata kunci H1 tag dengan tepat akan memberikan sinyal kepada mesin pencari mengenai relevansi artikel dengan kriteria pencarian pengguna.

4. Letakan kata kunci dalam Artikel

Salah satu lokasi yang tidak kalah pentingnya untuk meletakan kata kunci  adalah di  dalam konten artikel postingan, konten adalah salah satu yang memiliki peranan penting di mata mesin pencari, untuk mendapatkan hasil maksimal, didalamnya kita harus melibatkan optimasi seo onpage yang benar-benar disarankan. salah satunya adalah peletakan kata kunci, untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan kriteria pencarian yang dipakai oleh pengguna konten harus mengandung kata kunci yang relevan, kita bisa meletakan kata kunci di dalam artikel di lokasi-lokasi tertentu, dan sebaiknya jangan berfikir untuk membanjiri artikel dengan kata kunci sehingga kita tidak memperhatikan kenyamanan pengunjung, yang harus difikirkan ketika kita membuat kontent adalah menyajikan konten sebaik mungkin  untuk kebutuhan pengguna dan bukan untuk mesin pencari.
kata kunci pada kontent artikel seo

Perlu diketahui pendekatan yang dipakai mesin pencari adalah pendekatan cara berfikir manusia, mesin pencari semakin hari akan semakin pintar dan canggih sehingga apa yang di temukan adalah konten yang memang benar-benar relevan dengan apa yang dicari. ini yang membuat SEO akan terus berkembang seiring dengan perkembangan mesin pencari, boleh jadi di masa yang akan datang mesin pencari akan semakin canggih menyamai pola pikir manusia. sehingga akan sulit untuk dikelabui.

Ada beberapa titik tertentu di dalam artikel yang dianggap sangat baik untuk meletakan kata kunci, beberapa yang disarnakan adalah untuk meletakan kata kunci da area 100 kata pertama dalam artikel, gunakan kata kunci yang relevan, dan libatkan juga kata kunci LSI didalam artikel, sehingga artikel kita akan mudah untuk ditemukan mesin pencari, dengan beberapa kata kunci pencarian.

5. Letakan kata kunci pada nama gambar dan ALT Atribut

kata kunci (keyword) pada alt tag image seo

Satu lagi Yang tidak kalah pentingnya untuk meletakan kata kunci adalah Gambar, bahkan beberapa ahli seo yang berpengalaman, menyarankan untuk selalu melibatkan multimedia didalam artikel yang kita buat, bahkan melalui apa yang saya baca mengenai on-page seo anatomy, salah satu google ranking faktor adalah bounce out rate yang baik, dan untuk mendapatkan bounce outrate yang baik adalah melibatkan konten multi media dalam artikel yang kita buat, salah satunya adalah gambar, dengan melibatkan gambar didalam artikel artikel akan lebih interaktif dan memberikan signal baik di mata mesin pencari.
Baca juga : 5 Trik optimasi gambar berkualitas Seo

Untuk menyisipkan gambar berkualitas seo sebaiknya kita melibatkan kata kunci, dalam gambar tersebut, libatkan kata kunci untuk nama gambar sebelum kita upload untuk digunakan juga letakan kata kunci pada alt- text gambar tersebut, mesin pencari google saat ini tidak bisa mengenali gambar, gambar baru dapat dikenali dan dianggap relevan dengan isi artikel jika kita memasukan kata kunci yang kita bidik pada ALT TEXT gambar tersebut. gambar dapat meningkatkan hasil pencarian yang lebih baik bukan hanya pencarian artikel juga pencarian gambar oleh mesin pencari.


Dengan mengetahui Lokasi Terbaik Untuk meletakan Kata Kunci (keyword) didalam artikel, setidaknya kita bisa meletakan kata kunci pada artikel dengan lebih baik, dengan demikian artikel yang kita buat memiliki kesempatan lebih baik muncul di hasil pencarian google, semoga bermanfaat.