Salah satu faktor yang sangat penting agar artikel blog yang kita buat bisa mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari (SERP) adalah optimasi seo onpage, dengan melibatkan optimasi seo onpage pada blog lengkap, artikel yang akan kita buat akan mudah untuk ditemukan dan disukai mesin pencari google, ketika kita melakukan optimasi pada seo onpage berarti kita fokus melakukan optimasi dalam lingkungan internal blog, baik itu menyusun artikel yang berkualitas,  dengan melibatkan seo didalamnya maupun menggunakan template blog yang seo friendly, kedua-duanya memiliki peran yang saling mendukung satu sama lain dan bisa membuat optimasi seo onpage yang kita lakukan akan sangat maksimal.

Template berkualitas seo membantu artikel yang kita buat lebih mudah untuk dioptimasi, namun tetap tidak semua optimasi bisa dilakukan hanya dengan bantuan template blog seo friendly saja, selain menggunakan template blog seo friendly ada beberapa point penting yang juga harus mendapatkan perhatian dan kita upayakan sehingga sesuai dengan saran-saran yang sesuai dengan optimasi seo onpage.  teknik yang digunakan agar artikel yang kita buat memiliki optimasi seo onpage yang disukai mesin pencari google adalah sebagai berikut:

#1. Menggunakan Permalink URL yang seo friendly.
Hindari menggunakan permalink URL yang panjang dan sulit untuk diingat, misal :
 https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=3585059527417706835#editor/target=post;postID=43630561154801136,

URL diatas adalah url yang sulit untuk diingat sehingga url diatas sangat tidak seo friendly,

Untuk membuat url yang seo friendly gunakan url yang singkat, jelas padat dan mengandung kata kunci utama yang kita bidik, misal : http://strukturkode.com/optimasi-seo-onpage
URL diatas selain mudah diingat juga akan sangat disukai mesin pencari.
 cara melakukan optimasi seo onpage pada blog dengan permalink

Menurut Mat cut: URL yang paling baik dimata mesin pencari adalah url yang terdiri dari 3 sampai  5 suku kata. oleh karena itu sebelum kita menerbitkan artikel, silahkan periksa permalink url anda, jika terlalu panjang buatlah sedikit pendek terdiri dari 3-5 suku kata namun tetap disarankan masukan kata kunci yang anda bidik pada url tersebut.

#2. Gunakan kata kunci pada Title Tag
Title tag adalah salah satu bagian yang paling penting dimata mesin pencari, agar artikel teroptimasi dengan baik maka kita disarankan meletakan kata kunci yang kita target pada Title Tag dan sebaiknya kata kunci yang kita target ada di awal suku kata dengan demikian judul artikel bisa menjadi sebuah judul artikel berkualitas seo yang disukai mesin pencari.

#3. Libatkan Multi media didalam artikel
Pada umumnya artikel akan didominasi oleh text, namun disarankan melibatkan multi media seperti gambar, video, grafik akan membuat artikel lebih hidup dan lebih interkatif dan bisa memberikan pengaruh terhadap pengunjung agar bisa berlama-lama diartikel yang kita buat, semakin pengunjung berlama-lama maka bounce out rate akan semakin baik, dan semakin baik bounce outrate akan mempengarhi ranking halaman situs di mesin pencari, itu menjadi salah satu parameter mesin pencari bahwa artikel dengan tersebut adalah artikel berkualitas. 
Bagaimana melakukan optimasi seo onpage multi media gambar

Artikel yang mendapatkan interaksi pengguna akan lebih diperhatikan oleh mesin pencari, salah satunya adalah dengan menyajikan multimedia didalam artikel yang kita buat.
baca juga: 5 trik optimasi gambar berkualitas seo

#4. Buat Outbound link
Outbound link berguna untuk meningkatkan page view dan trafik sebuah halaman situs, setidaknya kita membuat outbound link ke artikel yang relevan dengan artikel yang kita buat,  outbound link ke artikel yang memiliki relevansi akan memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa artikel yang anda buat mengenai topik tersebut, dan secara tidak langsung memberikan informasi pada mesin pencari bahwa artikel yang anda buat adalah artikel yang memiliki info berkualitas dan didukung dengan informasi yang relevan.
Cara melakukan optimasi seo onpage dengan out bound link

Tips: "Buatlah 1 sampai 4 outbound link setiap 1000 kata yang mengarah ke artikel relavan sebuah situs yang terpercaya yang memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari"

#5. Letakan Kata kunci di 100 suku kata pertama.
 Disarankan kata kunci yang anda bidik muncul di paragraf pertama di antara 100 kata pertama, paragraf pertama biasanya berisi paragraf pembuka dan anda sebisa mungkin harus bisa menyusun sebuah paragraf yang melibatkan kata kunci yang anda bidik.

optimasi seo onpage keyword

Dengan meletakan kata kunci pada area ini akan membuat google lebih memahami apa yang ada didalam artikel yang anda buat tersebut.

#6. Gunakan H1 Tag Untuk Judul Artikel
Untuk seo onpage H1 tag adalah tag yang paling penting didalam sebuah artikel yang memberikan informasi ke mesin pencari mengenai isi artikel anda, sebaiknya Gunakan H1 tag untuk setiap judul artikel.

Optimasi seo onpage h1 tag

Beberapa template blog yang seo friendly sudah mengatur agar judul artikel di bungkus oleh H1, jika tidak anda sebaiknya melakukan modifikasi kode template anda agar Judul artikel bisa menjadi H1 tag. dan ingat anda harus memastikan Jumlah tag H1 dalam artikel harus 1 saja, dan harus mengandung kata kunci yang anda target.

#7. Perhatikan Kecepatan Loading Halaman  
Kecepatan loading halaman menjadi salah satu tolak ukur google dalam meranking suatu halaman di mesin pencari, semakin cepat halaman diloading akan semakin baik dan kecepatan loading halaman adalah salah satu yang paling penting dalam optimasi seo onpage.

optimasi seo onpage pada blog loading time

Untuk mempercepat loading halaman, beberapa diantaranya adalah mengkompress gambar yang dilibatkan dalam artikel, serta memilih server hosting yang sudah teruji kecepatannya.

Andu harus bisa memastikan kecepatan loading halaman situs anda tidak lebih dari 4 detik, riset yang dilakukan oleh mounch web memperoleh kesimpulan bahwa jika loading speed terlalu lama, maka 75% pengunjung akan kapok untuk mengunjungi blog anda berikutnya,
Jadi disarankan untuk kasus yang satu ini harus mendapatkan perhatian khusus, untuk cek kecepatan situs anda salah satu tool yang bisa anda coba adalah  GTMetrix.com, silahkan anda coba kecepatan loading speed situs anda menggunakan tool tersebut.

Tips: untuk mendapatkan tingkat loading speed yang maksimal sebaiknya untuk TLD menggunakan penyedia hosting yang profesional dan silahkan anda pilih hosting berbayar

#8. Tambahkan Kata-kata  Promosi dalam Judul artikel
Kata-kata promosi mampu meningkatkan pengunjung ke blog anda, bisa jadi judul yang anda tampil muncul pada halaman pertama mesin pencari, namun tidak sedikit ditemukan judul yang sama dengan artikel anda, oleh karena itu salah satu untuk menarik pengunjung, trik yang bisa anda gunakan adalah menambahkan beberapa frase atau kata-kata promosi pada judul artikel anda, misal terbaik, 100 cara, mudah, cepat dan kata-kata promosi lainnya.

#9. Libatkan Social Button Sharing
Social button punya peranan tersendiri dalam artikel blog yang kita buat, secara tidak langsung akan memberikan banyak informasi ke komunitas social seperti twitter, facebook, google + dan media social lainnya.

social sharing button untuk seo

Meskinpun untuk saat ini peranan media social belum masuk dalam perhitungan google algoritma sebagai salah satu google ranking faktor, namun sedikit memberikan efek untuk meningkatkan pengunjung blog anda.

#10. Buat Artikel yang sangat Panjang
Kekuatan artikel sangat dipengaruhi oleh panjangnya isi artikel, ini pernah di pelajari oleh SerpIQ.com, sebagai salah satu peneliti seo menyatakan bahwa, artikel dengan jumlah suku kata yang banyak (2000 suku kata atau lebih), lebih mudah untuk menduduki peringkat 10 besar hasil pencarian. oleh karena itu disarankan setiap kali membuat artikel sajikanlah artikel dengan jumlah 1000 suku kata atau lebih, semakin banyak itu akan semakin baik. jumlah konten yang banyak akan membuat artikel tersebut mudah untuk ditemukan mesin pencari dan mudah menduduki hasil pencarian 10 besar selain itu artikel panjang akan mampu menjaring pengunjung dengan pencarian yang menggunakan kriteri pencarian menggunakan longtail keyword.

#11. Perbaiki Bounce rate
Bounce rate adalah, parameter yang digunakan oleh mesin pencari google untuk mengukur kualitas dari konten itu sendiri, semakin cepat pengunjung meninggalkan halaman blog anda maka bounce rate akan semakin tinggi artinya semakin buruk, dan semakin berlama-lama pengunjung di blog anda google dapat mengidentifikasi bahwa artikel yang anda sajikan pada blog tersebut dianggap sebagai sebuah artikel yang berkualitas dan bounce out rate semakin rendah.

Memperkecil bounce out rate untuk optimasi seo onpage

Salah satu untuk memperkecil bounce out rate adalah menyajikan konten yang panjang dan unik original hasil buatan anda sendiri, dengan demikian artikel anda akan memiliki bounce out rate yang baik, semakin baik maka google akan lebih memprioritaskan artikel anda untuk menduduki posisi terbaik di hasil pencairan.

#12. Libatkan LSI Keyword dalam artikel.
Selain kata kunci utama, anda juga disarankan untuk melibatkan LSI keyword pada artikel anda, LSI keyword adalah kata kunci yang memiliki relevansi, bisa sinonim atau kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama yang anda bidik.

optimasi seo onpage dengan lsi keyword

Banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menemukan kata kunci LSI, bisa menggunakan google auto suggestion, atau google keyword palanner atau tool lainnya, semakin banyak jumlah suku kata artikel maka kita bisa menyisipkan LSI keyword lebih banyak dan ini akan berguna sekali artikel yang kita buat lebih mudah untuk ditemukan dengan berbagai macam kata kunci pencarian.


#13. Dwell Time
Dwell time adalah waktu yang diperhitungkan google dari mulai pengunjung masuk ke halaman blog anda sampai pengunjung keluar dari halaman tersebut, baik itu keluar maupun beralih ke halaman lainnya dalam blog yang sama, dwell time bisa di ukur oleh google croome, jika pengunjung menggunakan google croome google dapat mengidentifikasi dwell time pengunjung tersebut, untuk meningkatkan dwell time kita bisa menyajikan konten yang panjang sehingga pengunjung perlu waktu untuk membacanya.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai  Optimasi SEO ONPAGE yang disukai mesin pencari Google, semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. terimakasih infonya, kunjungi blog saya ya
    zero-gt.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat gan informasinya, tapi lebih unggulan mana gan on page sama off page?

    mohon kunjunganya juga ya
    http://update4apk.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya saling melengkapi gan, namun content adalah raja prioritaskan di content atau seo onpage, kemudian lengkapi dengan seo offpage

      Delete
  3. Makasih infonya gan silahkan kunjungi gan baru soanya.heee
    http://rozidotnet.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah posting artikel yang bermanfaat gan bagi saya. Masih banyak belajar nie tentang SEO, kendalanya cuma waktu maklum part time blogger. http://www.hanibi.com/

    ReplyDelete
  5. terima kasih infonya gan sangat menarik sekali kunjungin juga blog saya gan http://tipsinyong.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Thanks Ya Mas atas Ilmunya, Smoga Bermanfaat untuk kita semua mas...,

    ReplyDelete
  7. setelah saya baca & pahami kemudian saya perhatikan kembali dari atas ke bawah tentang isi artikelnya ternyata trik2 nya diterapkan sperti penempatan kata kunci turunan dan lain2 ,
    jadi saya contoh juga nih struktur artikelnya..
    hehe..tnkz bgt om :)

    Murid anda : M.Rifai owner www.tawacandakita.com

    ReplyDelete
  8. Sering sekali saya membaca artikel tentang optimasi seo onpage, namun ini menurut saya yang paling top pisan. Terimakasih mas didin ya. Saya salah satu penggemar berat blog ini, karena artikelnya berbobot dan penuh manfaat.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!