Semakin banyak tersedia situs-situs penyedia blog gratis (seperti blogspot, wordpress, mywapblog, tumblr dll) membuat orang lebih mudah untuk memiliki halaman situs atau website, hanya dengan bermodalkan koneksi internet saja mereka sudah bisa membuat halaman situs dengan blog  secara mudah dan gratis, bahkan tidak perlu harus mengerti bahasa pemrograman, karena pada umumnya penyedia layanan blogging sudah merancang situsnya sedemikian rupa sehingga sangat mudah sekali untuk digunakan oleh siapapun termasuk anda yang kebetulan masih pemula.

Setiap orang memiliki tujuan berbeda-beda kenapa mereka membuat blog, namun untuk blogger yang sudah berpengalaman tujuan mereka membuat blog mungkin hanya satu yaitu  ingin mendapatkan tambahan uang dari internet, ini tentu saja bukan hanya sekedar isapan jempol belaka karena memang benar da sudah banyak yang berhasil membuktikannya, bahkan ada banyak sekali blogger-blogger dari luar maupun dari dalam negeri yang berhasil meraup ratusan hingga ribuan dollar dari blogger,  namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui bagaiana caranya.

Panduan Sukses Ngeblog Sampai Bisa Menghasilkan Uang
Image by: aliraza.co

Memang untuk membuat blog bisa menghasilkan uang syaratnya tidaklah mudah, perlu kerja keras, dan ketekunan sehingga blognya memiliki banyak visitor dan memiliki trafik yang baik, semakin baik trafik yang dimiliki oleh sebuah blog, maka kesempatan blog tersebut bisa dikonversi menjadi uang itu akan semakin baik.

Untuk saya pribadi, saya masih ingat ketika saya mulai ngeblog di tahun 2013, saya hanya sekedar iseng saja membuat blog dan blog hanya sekali-kalis aja di akses bahkan sangat jarang sekali di isi, hingga pada akhirnya saya penasaran dengan statemen teman saya bahwa blog bisa menghasilkan uang, awalnya memang tidak percaya, tetapi alasan saya diperkuat dengan pertanyaan "kenapa banyak orang rela membuat blog menghabiskan waktu untuk membuat postingan kalo memang tidak ada yang mereka cari", sejak saat itu saya mencoba lebih serius ngeblog dengan tujuan untuk membuktikan bahwa blog memang benar-benar bisa menghasilkan uang.

Silahkan baca: awal mula yang mengenal blog

Dan ternyata setelah membaca banyak referensi dan beberapa kali mencoba akhirnya saya bisa membuktikan bahwa blog memang benar-benar bisa menghasilkan uang, meskipun tidak sebesar blogger-blogger berpengalaman, itu sudah cukup membuktikan kepada saya pribadi bahwa blog memang benar-benar bisa menghasilkan uang, penyesalan saya saat ini adalah kenapa saya tidak mengenal blog sejak lama....

Melalui artikel kali ini saya ingin berbagi kepada anda yang kebetulan masih pemula didunia blogging dan ingin mendapatkan penghasiland ari internet, berbekal dari pengalaman saya akan coba menyajikan sebuah panduan lengkap cara ngeblog hingga menghasilkan uang untuk anda.

 7 Panduan Ngeblog Sampai Sukeses Menghasilkan Uang

Sulit untuk dipercaya bahwa dari aktivitas ngeblog anda bisa menghasilkan uang, apakah hanya sebuah tipuan, tentu saja bukan, memang benar dengan memiliki blog anda bisa menghasilkan uang dari blog yang anda miliki namun anda harus tau kuncinya.

berikut saya uraikan sebuah panduan sukses agar anda bisa menghasilkan uang dari blog yang anda miliki, yang pertama yang harus anda tanamkan adalah blog untuk saat ini benar-benar bisa menghasilkan uang:

1.  Mantapkan Tujuan anda ngeblog

Yang paling utama yang harus anda prioritaskan sebelum anda mulai ngeblog adalah menentukan tujuan, tujuan yang terencana dengan baik akan membuat anda serius ngeblog.

Setiap orang  memang memiliki tujuan berbeda satu sama lain ketika mereka memutuskan unguk membuat blog, ada yang hanya sekedar iseng, hanya ingin berbagi pengalaman, ingin mendaptkan uang dan tujuan lainnya. apapun tujuannya sebaiknya difikirkan dengan baik dan mantapkan, sehingga dengan memantapkan tujuan secara tidak langsung akan memberikan motivasi kepada anda sendiri untuk secara konsisten mengelola blog anda secara lebih serius dan profesional.

Ada banyak sekali tujuan orang membuat blog beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. mendokumentasikan Ilmu pengetahuan
dengan blogging anda bisa menggunakan blog anda untuk mendokumentasikan ilmu pengetahuan yang anda pelajari sehingga ketika anda lupa anda bisa membuka kembali blog anda.
Motivasi semacam ini adalah motivasi yang pernah saya gunakan ketika mulai ngeblog, ternyata dengan mendokumentasikan apa yang dipelajari kita bisa panjang ingatan dan juga bermanfaat untuk orang lain yang kebetulan mengalami masalah serupa.

b. Ingin Mendapatkan uang dari blog
Tidak sedikit blogger yang memulai mengelola blog karena ingin mendapatkan uang dari blog tersebut, emang benar salah satu keuntungan blogging yang bisa anda raih adalah mendapatkan uang dari internet secara online. namun untuk pemula kesempatan ini kadang tidak mereka ketahui sehingga jarang sekali blogger pemula yang memulai ngeblog dengan motivasi untuk mendapatkan uang dari internet.

c. Berbagi ilmu
Ada juga orang yang termotivasi untuk membuat blog karena ingin berbagi ilmu, dengan berbagi ilmu maka bisa memberikan manfaat untuk orang lain.

d. dan tujuan lainnya.
 

Selama tujuan ngeblog anda baik, selain anda bisa memberikan manfaat kepada orang lain, blog anda juga pada akhirnya akan memberikan manfaat kepada anda pribadi, tujuan yang harus anda prioritaskan adalah mencari berbagai trik dan tips bagaimana caranya agar blog yang anda miliki bisa memiliki banyak sekali pembaca, jika blog anda  memiliki trafik yang banyak tentu blog tersebut akan lebih mudah dikoneversi menjadi uang dengan cara-cara yang legal. 

2. Menentukan  niche atau topik blog Anda

Setelah anda menentukan tujuan, yang harus anda pikirkan selanjutnya adalah menentukan niche untuk blog yang anda buat, niche adalah topik yang akan anda sajikan di blog anda dalam bentuk artikel postingan untuk mengisi blog anda.

Banyak sekali niche atau topik blog yang bisa anda pilih namun disarankan untuk memilih niche atau topik blog yang memang benar-benar anda kuasai, sehingga anda bisa enjoy ngeblog.

Misal jika anda seorang dokter atau ahli kesehatan anda bisa membuat blog dengan niche kesehatan, jika anda seorang ahli keuangan anda bisa membuat blog dengan niche tetang manajemen keuangan, jika anda adalah seorang yang mengusai internet marketing anda bisa menyajikan blog tentang bisnis dan internet marketing dan lain sebagainya.

Memang bisa saja anda membuat blog dengan niche apapun namun akan lebih mudah untuk anda jika niche yang anda pilih adalah niche yang benar-benar anda kuasai.

Hindari Niche Berikut:
Jika anda membuat blog untuk tujuan mendapatkan uang dari internet, sebaiknya anda hindari untuk mengambil niche blog berikut:
a.    Niche tentang Perj*dian dan *bat-*batan terlarang
b.    Niche tentang h*cking dan cr*cking
c.    Niche yang membahas s3x
d.    Niche download yang melanggar hak cipta.

Niche-niche blog diatas akan sangat sulit sekali anda gunakan untuk media mendapatkan uang di internet karena banyak sekali media kerjasama untuk mendaptkan penghasilan dari internet yang tidak mengizinkan niche blog diatas.

3. Membuat blog

Banyak sekali penyedia layanan blog yang bisa anda gunakan, namun untuk pemula anda bisa mulai membuat blog gratisan, anda jangan khawatir meskipun tujuan anda membuat blog adalah untuk mendapatkan penghasilan dari internet, meskipun blog yang anda buat adalah blog gratisan tetap masih bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Banyak sekali situs penyedia layanan blog gratisan yang bisa anda gunakan, untuk pemula saya merekomendasikan untuk mulai membuat blog di blogspot, kenapa harus memilih blogspot?, alasan utamnya karena blog tersebut adalah satu-satunya blog milik raksasa internet google, tentu saja akan menjadi anak emas google, sehingga blog berflatform blogspot berpotensi lebih mudah ditemukan di hasil pencarian google. selain itu blog berflatform blogspot bisa bekerja sama dengan media periklanan google adsense, sebagai salah satu media periklanan yang bisa anda gunakan agar anda bisa menghasilkan uang dari blog yang anda miliki.

Contoh sederhana yang hanya bermodalkan blog berfaltform blogspot yang sukses meraup penghasilan dari internet adalah blognya orang nigeria milik linda ikeji dengan alamat blog http://lindaikeji.blogspot.com, kabarnya blog ini bisa meraup penghasilan sebesar 300 juta /bulan, sekarang mungkin lebih, padahal hanya bermodalkan blog gratisan saja, lebih detail anda bisa baca informasinya di sini  

blogger sukses dari nigeia lindaikeiji

Mereka bisa kenapa anda tidak,

Untuk membuat blog di blogspot sebenarnya sangatlah mudah, syarat utamanya adalah anda harus memiliki email google atau gmail, jika kebetulan anda belum memiliki akun email gmail anda bisa membuatnya terlebih dahulu, sebagai referensi anda bisa baca artikel berikut:
Cara membuat email gmail terbaru
Setelah anda memiliki email gmail anda bisa langsung membuat blog dengan menggunakan email gmail yang sudah anda miliki sebelumnya, jika sebelumnya anda belum memiliki blog, silahkan anda buat blog terlebih dahulu, sebagai referensi untuk membuat blog berflatform blogspot anda bisa baca di artikel berikut:
Cara membuat blog di blogger terbaru

4. Membenahi desain tampilan blog

 Setiap blog baik itu blog berflatform blogspot maupun wordpress memiliki banyak sekali desain tampilan yang bisa digunakan, karena memang secara umum situs penyedia layanan blog selalu menyediakan fasilitas plug in dinamis yang bisa dibongkar pasang agar tampilan blognya bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Sebelum anda lebih jauh mengelola blog anda, diawal yang harus anda perhatikan setelah blog anda baru dibuat adalah membenahi desain tampilan blog, anda bisa memilih desain tampilan yang menurut anda menarik namun yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu memprioritaskan tampilan sementara loading blog anda berat, akhirnya blog tidak memenuhi standar seo

Berikut beberap tips yang bisa anda jadikan acuan untuk membenahi desain blog anda :

a. Pilih template blog seo friendly.
Untuk template blog ada 2 cara yang bisa anda gunakan  bisa menggunakan template hasil buatan sendiri atau template buatan orang lain yang sudah banyak tersedia di internet, jika anda mampu anda bisa membuatnya sendiri tentunya akan memakan waktu yang lama untuk membuatnya, namun jika anda tidak mau direpotkan dengan template anda bisa mencarinya di internet.

Ada banyak sekali tempate baik itu gratisan maupun berbayar, silahkan anda cari template blog yang direkomendasikan oleh blogger berpengalaman yang sudah melihatkan faktor-faktor seo didalamnya, sehingga blog anda akan lebih mudah ditemukan dihasil pencarian.

Artikel terkait: Ciri template blog seo friendly

b. Prioritaskan loading blog daripada tamplan
Tujuan utama membuat blog adalah mengupayakan agar blog tersebut bisa lebih mudah ditemukan dihasil pencarian, salah satu faktor seo agar blog lebih mudah berpotensi tampil di halaman pertama google adalah loading blog, semakin ringan itu semakin baik, oleh karena itu loading blog harus diprioritaskan daripada tampilan blog.

Untuk meringankan loading blog maka hindari memodifikasi tampilan blog yang berlebihan, misalkan saja memasang banyak gambar, memasang suara dll, jika dengan desain tampilan yang anda buat blog akan sekmakin lambat lebih baik anda tinggalkan, karena jika blog semakin berat maka itu akan menurunkan kualitas seo blog anda.

Artikel terkait: 11 cara untuk meringankan loading halaman blog

c. Pasang widget yang memang penting.
Anda bisa memasang widget apapun di blog anda, widget adalah fasilitas khusus yang bisa anda tambahkan atau dipasang pada halaman blog anda (seperti: widget popular post, widget recent post, likebox facebook dll) banyak sekali widget yang tersedia yang bisa anda gunakan namun anda harus selektif karena semakin banyak widget yang terpasang pada blog anda maka loading blog anda akan semakin lambat akhirnya bis menurunkan kualitas seo blog anda.

Pilihlah widget yang memang benar-benar anda perlukan jika memang fungsinya tidak terlalu bermanfaat untuk blog anda lebih baik jangan dipasang.

5. Mengelola dan mengembangkan blog anda

Lagkah berikutnya setelah anda memiliki blog, adalah mengelola blog anda secara serius dan konsisten, dengan memiliki tujuan yang jelas dan memiliki motivasi yang baik maka blog anda bisa anda kelola dengan lebih baik.

banyak sekali orang yang memiliki blog namun karena tujuan mereka tidak jelas, dan mungkin membuat blog dengan tujuan hanya sekedar iseng dan asal asalan, pada akhirnya kebanyakan blog mereka tidak dikelola dengan baik akhirnya blognya terbengkalai dan ditinggalkan, sehingga sulit untuk berkembang menjadi blog yang semakin terkenal, padahal jika dikelola dengan serius, blog mereka bisa bermanfaat bahkan bisa berpotensi menghasilkan uang dari internet.

Apa yang harus saya lakukan untuk mengelola blog saya ?
Berikut beberapa tips untuk mengelola blog anda agar blog anda cepat populer.

a. Membuat postingan berkualitas secara berkala dan rutin
Semakin banyak postingan yang anda terbitkan maka blog anda akan punya banyak peluang untuk ditemukan di hasil pencarian mesin pencari (SERP atau Search Enggine Result Page), sehingga trafik visitor blog anda akan semakin baik

Artikel terkait: Tips menulis artikel berkualitas untuk mendapatkan ranking 1 google

Buatlah postingan original dan berkualitas,jangan sekali-kali menggunakan artikel hasil copy paste dari blog orang lain kemudian anda terbitkan di blog anda, karena itu sama saja anda sedang menanam bom waktu, sehngga blog anda berpotensi akan kena penalty bahkan bisa terancam dihapus google.

Silahkan baca : efek blog copy paste yang dilaporkan 

Yang harus diingat adalah konten tetap yang terpenting apapun teknik blogging yang anda gunakan baik itu melibatkan seo atau dengan promosi apapun, hal yang paling penting adalah menyajikan konten yang benar-benar berkualitas. karena konten sampai kapanpun akan menjadi faktor terpenting keberhasilan sebuah blog.


b. Kenalkan blog anda ke mesin pencari
Setiap kali anda berhasil menerbitkan artikel, upayakan agar setiap artikel dikenali oleh mesin pencari populer semisal bing dan yahoo, untuk mempercepat mesin pencari mengenali dan mengindex blog anda maka anda harus submit setiap artikel blog yang berhasil anda terbitkan ke mesin pencari baik itu bing maupun yahoo.

Atrikel terkait:
Cara mendaftarkan blog di bing dan google 
Cara submit peta situs di bing dan google


c. Libatkan optmasi SEO pada setiap artikel blog anda
Upayakan agar selalu melibatkan optimasi seo pada artikel blog anda, baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage.

Tujuan optimasi seo adalah mengupayakan agar blog anda lebih mudah ditemukan dihasil pencarian mesin pencari, optimasi seo adalah salah satu teknik untuk meningkatkan trafik ke blog anda secara gratis dengan memanfaatkan mesin pencari populer seperti yahoo, bing maupun google.

Artikel terkait
Optimasi seo onpage pada blog
200+ google ranking faktor untuk belajar seo
 

d.Perhatikan keamanan blog
Keamanan blog adalah salah satu yang paling penting yang harus anda perhatikan, banyak sekali ancaman yang mungkin bisa merugikan blog anda, seperti misalnya penyadapan konten atau dikenal juga dengan sebutan auto generate conten (AGC), setiap blog anda tiba-tiba terbit juga secara otomatis di blog orang lain, jika anda menemukan blog yang berisi sama persis dengan blog anda kemungkinan besar blog anda tekena penyadapan konten yang harus segera anda perbaiki.

Artikel terkait:
Perpendek rss feed untuk keamanan blog anda
4 macam keamanan blogspot yang harus anda perhatikan
4 tip meningkatkan keamanan pada blog anda

Jika anda mengalami pencurian artikel lewat copy paste oleh blogger lain dan anda merasa jengkel maka anda bisa meminimalisir pencuran artikel lewat copy paste dengan cara memasang anti copas pada blog anda, berikut beberapa referensi yang bisa anda gunakan:

Cara melaporkan blog copy paste ke google
Agar artikel blog tidak bisa di copy paste

e. Promosikan blog anda
Yang jangan sampai anda lupakan adalah selalu berusaha untuk mempromosikan konten blog anda terutama untuk setiap konten yang baru anda publish, tujuannya tentu saja agar konten tersebut cepat untuk populer dan blog anda dibanjiri trafik.

Ada banyak sekali teknik promosi yang bisa anda lakukan untuk mempopulerkan blog anda, baik secara online maupun offline, baik promosi gratis maupun berbayar, yang gratis dan cukup efektif untukmeningkatkan trafik ke blog anda adalah promosi dengan memanfaatkan popularitas media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya.

Silahkan Baca :
7 Rahasia mempromosikan Artikel postingan terbaik
Cara meningkatkan trafik blog

6. Memonetisasi Blog Anda

Jika anda blogger pemula barangkali bingung mengenai istilah apa itu monetisasi, monetisasi adalah istilah yang sering digunakan oleh para blogger sebagai upaya untuk membuat blognya bisa menghasilkan uang.

Pada umumnya monetisasi blog akan sangat dipengaruhi oleh trafik blog, jika trafik blog berlimpah maka potensi blog bisa menghasilkan banyak uang akan semakin baik, oleh karena itu jika blog anda sudah memiliki trafik berlimpah maka jangan lewatkan untuk segera memonetisasi blog anda, sehinga anda bisa mendapatkan uang secara online dari blog anda.

#Apakah memang benar blog bisa menghasilkan uang?

Ini mungkin ditanyakan oleh blogger pemula yang baru pertama kali mengenal dunia blog, bahkan saya sendiri ketika mulai mengenal dunia blog, tidak percaya ketika membaca informasi bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Jika anda masih ragu, melalui artikel ini saya katakan Ya, memang benar blog bisa menghasilkan uang, bahkan jika ulet konsisten dan bekerja keras, penghasilan dari blog bisa luar biasa besarnya, banyak para blogger sukses baik dari dalam maupun luar negeri yang sudah membuktikan, mereka bisa menghasilan puluhan, ribuan bahkan sampai ratusan ribu dolar hanya dari aktivitas blogging.

Ada banyak sekali media yang bisa membuat blog bisa menghasilkan uang, ada yang hanya sekedar scam atau tipuan dan ada yang terbukti benar-benar membayar, untuk blogger pemula sebaiknya anda hati-hati, cari informasi sebanyak-banyaknya hingga anda mendapatkan cara yang tepat dan terbukti benar.

Silahkan anda baca: 4 petunjuk cara mencari uang dari internet untuk pemula

Berikut beberapa cara agar blog anda bisa menghasilkan uang:

a. Google adsense

menghasilkan uang dari google adsense

Jika anda kebetulan baru mengenal google adsense?, saya coba sedikit ulas tentang apa itu google adsense?, google adsense adalah media periklanan milik google yang bekerja sama dengan para blogger agar sipemilik  blog bisa mendapatkan uang secara online dari internet. agar blog anda bisa mendapatkan uang dari google adsense maka anda harus mendaftarkan blog anda ke google adsense, syarat utamanya adalah anda harus memiliki sebuah blog atau situs, jika blog atau situs yang anda miliki dianggap memenuhi kriteria google adsense, maka kemungkinan besar anda akan diterima menjadi publishernya, jika tidak maka kemungkinan pendaftaran anda akan selalu ditolak.

Baca juga: Cara menghasilkan uang dari blog dengan google AdSense

Blog yang anda daftarkan untuk menjadi publisher google adsense bisa blog gratisan seperti blogspot.com, maupun blog top level domain (.com, .net, .co.id dll), jika pendaftaran anda berhasil diterima, blog atau situs tersebut bisa anda gunakan untuk meletakan iklan google adsense anda.

Anda akan dibayar jika ada pengunjung blog anda yang mengklik iklan google adsense yang anda pasang pada blog anda. anda akan dibayar menggunakan dolar yang bisa anda cairkan jika pendapatan google adsense anda setidaknya 100$. besar kecilnya pendapatan google yang akan anda dapatkan tiap harinya tergantung dari banyaknya visitor atau pengunjung ke blog anda, semakin banyak visitor maka klik iklan akan semakin baik dan maka pendapatan dari adsense bisa lebih baik.

Banyak sekali blogger indonesia maupun luar negeri yang terbukti sukses meraup ratusan bahkan sampai ribuan dollar per bulan sebagai publisher google adsense dengan hanya menempelkan iklan pada blog atau situs miliknya yang sudah memiliki banyak pengunjung.

Jika anda benar-benar pemula dan tertarik menjadi publisher google adsense, anda bisa mulai membaca beberapa artikel dibawah ini:

Cara Membuat blog di blogger
Cara Daftar google adsense melalui blog
Tips Jutu diterima google adsense
Cara Memasang iklan google adsense pada blog

b. Youtube

menghasilkan uang secara online dari video youtube

Youtoube.com adalah situs populer milik google yang berfungsi untuk berbagi video, anda bisa membuat akun youtube secara gratis menggunakan email gmail kemudian anda bisa mengupload video sebanyak-banyaknya, video yang bisa anda unggah sebaiknya video hasil buatan anda sendiri, baik dibuat menggunakan hp, alat khusus video, maupun hasil mixing pengolahan software video lainnya.

Baca juga: 7 tips sukses mendapatkan uang dari youtube untuk pemula

Youtube memiliki pengguna dan pengunjung paling banyak di dunia, sehingga video yang anda share di youtube bisa berpeluang untuk dilihat banyak orang, semakin banyak yang melihat video anda maka akan semakin terkenal, bahkan banyak para artis yang mendadak terkenal berawal dari berbagi video di youtube.

Selain digunakan sebagai situs untuk berbagi video, youtube ternyata saat ini bisa kita gunakan sebagai salah satu media untuk mendapatkan uang dari internet, caranya adalah dengan bergabung sebagai publisher adsense youtube, salah satu syarat untuk menjadi publisher adsense youtube anda harus rajin mengupload video original buatan anda sendiri.

Untuk menjadi publisher youtube tidak dipungut biaya dan mudah diterima jika dibandingkan dengan publisher google adsense untuk blog di atas, dengan memiliki 3 video saja anda kemungkinan besar diterima, sama halnya dengan adsense untuk blog namun iklan adsense akan muncul di video anda secara otomatis ketika ada pengguna melihat video youtube anda, dan jika iklan yang muncul diklick maka anda akan mendapatkan komisi.

Jika anda tertarik untuk mencari uang secara online, anda bisa coba menjadi publisher adsense youtube, tugas anda hanyalah membuat video sebanyak-banyaknya dengan berbagai kategori, kemudian anda upload sebanyak-banyaknya di chanel youtube anda.

Sudah banyak sekali para youtuber yang sukses meraup ratusan bahkan ribuan dolar dari youtube, dan menurut saya pribadi ini adalah cara mencari uang di internet paling mudah, jika tertarik, banyaklah mencari referensi tentang cara menghasilkan uang dari youtube, kemudian  silahkan anda coba buktikan sendiri, .

c. Jualan online

Salah satu peluang mendapatkan uang secara online adalah dengan berjualan secara online, banyak teknik berjualan yang anda bisa lakukan, bisa berjualan produk sendiri atau menjual produk orang lain (dropship), untuk berjualan secara online anda bisa menggunakan situs top level domain pribadi,  ataupun dengan menggunakan situs market place gratisan, seperti olx, berniaga.com, kaskus FJB dan market place lainnya.

Untuk berjualan online memang ada trik tersendiri, anda bisa mencari referensi di google tentang berbagai hal untuk sukses berjualan online, jika anda tau triknya maka anda bisa menjadi penjual online yang sukses.

b. Menjual blog

Membuat blog dan memiliki blog tidak akan membuat anda rugi, disamping menambah wawasan dan pandai menulis blog ternyata bisa anda jual, tinggi rendahnya harga blog akan sangat tergantung seberapa populer blog tersebut, menyangkut berapa pengunjung atau visitor perharinya, semakin banyak pengunjungnya maka blog bisa sangat mahal.

Untuk membuat blog bisa mendatangkan banyak pengunjung memang bukan perkara mudah, perlu kerja keras, memahami teknik promosi dan juga setidaknya harus mengenal tentang seo(search enggine optimization atau segala upaya agar artikel blog mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari), dengan cara-cara tersebut blog anda bisa mendatangkan banyak pengunjung, jika anda tertarik dan sudah bosan nge-blog blog anda bisa anda jual dengan harga yang pantas.

c. Menjadi affiliate marketing

Affiliate marketer semacam makelar atau yang menjembatani antara yang punya produk dengan si pembeli, pembeli bisa menemukan barang yang dicari melalui perantara anda. affiliate marketer adalah salah satu peluang cukup baik untuk mendapatkan uang tambahan dari internet, anda mempromosikan produk si empunya produk dan anda akan mendapatkan komisi jika sipembeli tersebut melakukan transaksi karena perantara anda.

Syarat untuk menjadi affiliate marketer adalah blog dengan topik yang sesuai dengan barang yang akan dipromosikan, blog tersebut biasanya digunakan untuk mempromosikan produk dari situs si pemilik produk, jika pengunjung datang ke situs anda kemudian mereka mengunjungi situs si penjual bersumber dari situs anda, dan si pengunjung kemudian melakukan transaksi pada situs tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi.

Banyak sekali situs-situs yang mengajak kerja sama kepada para blogger beberapa diantaranya adalah amazon.com, dan juga lazada.com, dan masih banyak lagi, jika anda tertarik anda bisa bergabung menjadi affiliate marketer dan siap mempromosikan produk-produk mereka di situs anda.

d. Membuka jasa pemasangan iklan

Di dunia online, anda bisa membuka jasa pemasangan iklan di blog atau situs yang anda miliki, anda bisa membuat ruang kotak iklan yang siap dipasangi iklan, sayaratnya adalah blog atau situs yang akan anda gunakan untuk dipasangi iklan  harus sudah sangat terkenal dan ramai, si pemasang iklan akan tertarik dan berani membayar untuk memasang iklan di situs atau blog anda jika blog yang anda miliki memang terbukti sangat ramai.

Harga pemasangan iklan biasanya bermacam-macam tergantung jenis iklan, ukuran iklan dan tata letak iklan, semakin mudah kelihatan posisi iklan maka semakin mahal, dan semakin besar posisi iklan juga semakin mahal pula.

Jika anda berniat untuk membuaka jasa pemasangan iklan di blog anda syarat utamanya adalah anda harus memiliki blog atau situs yang sudah cukup terkenal dengan jumlah visitor yang berlimpah.

e. Membuka jasa penulis konten

Anda pandai menulis artikel, kemampuan anda bisa mendatangkan uang dari internet, salah satunya adalah menjadi penulis konten, harga biasanya perartikel, tinggi rendahnya harga akan sangat tergantung kepada jumlah kata pada artikel yang anda buat, semakin banyak akan cukup berharga.

Kesimpulan

Apapun blog yang sudah anda buat dan ingin anda gunakan, yang paling penting adalah konten konten menjadi faktor utama blog anda bisa dikenal dan mudah ditemukan, konten juga yang bisa membuat blog anda berkembang menjadi blog yang besar.

Dengan menyajikan konten berkualitas, unik dan konten original hasil buatan anda sendiri ditambah dengan teknik promosi secara tepat blog anda akan berpotensimenjadi blog besar yang bisa mendapatkan banyak sekali visitor atau pengunjung. semakin banyak jumlah pebaca blog anda maka blog anda akan lebih mudah dikonversi menjadi uang.

Memang tidak mudah mengelola blog sampai bisa menghasilkan uang, kunci utamanya adalah tetap tekun dan selalu bekerja keras.

Demikian tentang  6 Panduan Sukses Ngeblog Sampai Bisa Menghasilkan Uang, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin menghasilkan uang dari blog.

11 komentar:

  1. sangat lengkap sekali panduannya ini. Btw mas blogger asal mana? setiap saya mencari tutorial buat ngeblog di search engine google, yang muncul di page one dari artikel blog ini terus, pasti penghasilannya blog ini sangat luarbiasa ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Juhdi Al Farhan, kebetulan saya asli kota Garut, jawa barat.

      Delete
  2. mas ,, numpang nanyak ni mas..
    akun adsense saya sudah ada mas.. gimana kalo iklan itu saya pasang di banyak blog mas.. terus blog itu saya share di fb,, apa gak masalah ya mas.. terima kasih atas jawabannya..

    salam
    badaihidup.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google mengijinkan iklan dari satu akun adsense di pasang di banyak blog bahkan diberi kesempatan sampai 500 blog tentu yang tidak menyalahi kebijakan.

      Untuk share FB saya khawatir akan dianggap invalid trafik khawatir google menganggapnya agan membagikan link url blog agan untuk meminta mengklik iklan. banyak juga kasus yang saya ketahui kebanyakan share akhirnya akun di banned.

      mungkin dengan trik-tertentu akan lebih aman, harus memastikan testimoninya bekerja dengan baik.

      Delete
  3. selalu mantap artikelnya. struktur kode salah satu blog gratisan sukses asal indonesia. wah sepertinya bagus tuh mas kalau dibikin judul artikel..

    ReplyDelete
  4. sangat lengkap, terima kasih admin. saya sangat terbantu sekali dengan artikelnya dan akan saya aplikasikan pada blog saya, maklum saya masih newbie ngeblog, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Syifa Elfitra, happy blogging

      Delete
  5. mas kalo boleh nanya, misal kita memasang iklan di blog kita lebih dari 1 penyedia iklan bisa ndak ya? misal google adsense sama penyedia iklan lain gitu, mohon dijawab mas.. :-)

    ReplyDelete
  6. mas kalo boleh tanya, butuh berapa visitor untuk mendapatkan 3 juta/bulan dari adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya 4.000 lebih visitor/hari bisa dapat sekitar 300$ perbulan ya sekitar 4 juta sampai 5 juta, saya pernah ngalami 15.000 visitor rata-rata dapat 700$-1.000$, tergantung topik blog dan kualitas artikel, semakin kualitasnya baik biasanya CPC akan meningkat.

      sayangnya sulit mempertahankan visitor, banyak kendala terutama yang copas.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!