Cara Membuat blog Terbaru di Blogger untuk pemula - Menggunakan Situs penyedia layanan blog adalah salah satu cara praktis untuk membuat blog atau halaman situs secara cepat, cara membuat blog sebenarnya tidaklah sulit yang penting anda tau caranya, apalagi saat ini banyak sekali situs-situs penyedia layanan blog yang bisa anda gunakan sebagai media membuat blog baru gratis dan mudah, dengan adanya situs-situs penyedia blog tersebut, terbukti blog menjadi pilihan untuk membuat halaman situs pribadi yang paling banyak digemari di dunia.

Sebenarnya banyak sekali situs untuk membuat blog gratis, diantarnya adalah blogspot.com / blogger.com, wordperess.com, mywapblog.com dan situs-situs penyedia blog lainnya, namun salah satu situs penyedia blog gratis terbaik yang paling banyak penggunanya di dunia termasuk di indonesia adalah blogspot.com / blogger.com.
Cara membuat blog terbaru di blogger
Cara Membuat Blog di blogspot

Yang membuat situs penyedia blog tersebut banyak penggunanya dikarenakan situs tersebut adalah situs penyedia blog satu-satunya milik raksasa internet Google, dan boleh dibillang blogspot adalah anak emasnya google, sehingga blog yang dibuat menggunakan blogger.com atau blogspot.com diyakini dapat membuat halaman situs tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari terutama mesin pencari Google.

Cara membuat blog baru di blogspot

Meskipun cara membuat blog di blogspot sebenarnya sangat mudah, namun bisa jadi cara membuat blog bagi pemula khususnya, terutama yang baru mengenal dunia internet, mungkin akan sedikit kebingungan, karena saya yakin banyak diantara mereka tidak memiliki pengetahuan dasar tentang dunia IT/web, yang menyebabkan banyak diantara mereka tidak tau bagaimana cara membuat blog, dan juga bagaimana harus memulai untuk membuat blog baru.

Melalui artikel kali ini saya ingin share tentang bagaimana cara membuat blog di blogger, saya lebih memilih membuat blog di blogger.com karena blogger.com adalah salah satu penyedia blog gratis milik google, mudah digunakan dan situs blog satu-satunya milik google, sehingga memiliki peluang blog akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari terutama google, dan saya berharap dengan tutorial ini anda tidak akan kesulitan untuk membuat blog sendiri dengan mudah.

Langkah-Langkah

Berikut adalah tutorial cara membuat blog di blogger yang bisa anda ikuti:


1.  Anda wajib memiliki email google (email gmail). email gmail pada umumnya memiliki akhiran @gmail.com atau @gmail.co.id, jika kebetulan anda belum punya, silahkan anda buat email baru gmail terlebih dahulu, memang khusus untuk mendaftar blogger, email yang harus anda gunakan adalah email gmail saja, selain itu tidak bisa.

2. Jika anda sudah memiliki email gmail, silahkan anda menuju situs blogger.com atau blogspot.com, anda tinggal pilih salah satu karena kedua alamat tersebut, mengacu ke halaman yang sama.

3. Jika anda berhasil anda akan disajikan halaman utama blogger sign in (kotak login), silahkan anda login dengan memasukan email gmail anda berserta passwordnya, kotak login terlihat seperti gambar berikut:

Cara Membuat Blog terbaru



Jika login benar, maka anda akan dibawa ke halaman utama akun blogger.com seperti gambar berikut ini:

Cara membuat blogger

4. Utuk memulai mendaftar blog baru anda,  silahkan anda tekan tombol "Blog Baru" seperti terlihat pada gambar diatas, maka akan disajikan tampilan seperti gambar dibawah ini:

bagaimana cara membuat blog

Sesuai dengan gambar diatas,  untuk membuat blog gratis di blogspot data yang harus anda isi adalah sebagai berikut:

a. Judul, isi dengan judul blog anda, silahkan sesuaikan dengan topik blog yang akan anda buat untuk blog tersebut.

b. Alamat, Silahkan anda isi dengan alamat blog anda, alamat blog anda akan berakhiran .blogspot.com, jika terdapat gambar peringatan (icon tanda seru kuning) seperti gambar diatas, dan ada tulisan "Maaf alamat blog ini tidak tersedia" yang letaknya dibawah kotak alamat sebelah kanan itu tandanya alamat blog yang anda masukan sudah ada yang menggunakan, solusinya adalah anda harus mengganti alamat blog tersebut dengan mencari nama yang lain, silahkan ulangi terus sampai berhasil.

c. Template, Silahkan anda pilih dan klik template untuk tampilan blog anda sesuai dengan selera yang anda sukai.

d. Tekan tombol "Buat Blog!" untuk membuat blogspot anda aktif, jika berhasil maka judul blog anda akan muncuk di halaman utama akun blog anda seperti gambar berikut:

cara membuat blog di blogspot

Sampai tahap diatas, berarti anda sudah berhasil membuat blogspot baru, langkah selanjutnya adalah anda harus mengelola blog baru anda tersebut agar mendapatkan pengunjung.

Mengelola Blog untuk mendapatkan pengunjung

Agar blog gratis anda dapat menarik pengunjung, anda harus mengelola blog anda tersebut dengan baik, salah satunya adalah anda harus membuat artikel sebanyak-banyaknya, untuk mengelola blog berflatform blogspot, anda bisa masuk ke halaman administrasi blog milik anda.

Untuk masuk ke halaman administrasi blog anda,  silahkan anda klik pada  judul blog anda yang terdapat pada halaman utama akun blog anda, coba anda lihat lagi gambar diatas, silahkan klik judul blog anda tersebut, jika berhasil anda akan masuk ke halaman administrasi untuk blog anda, seperti gambar berikut:

cara membuat blog pribadi

1. Mengenal Menu Utama Administrasi Blog

Pada halaman utama administrasi blog, anda akan melihat tombol "Entry baru" dan daftar menu untuk mengelola blog anda, letaknya di sisi sebelah kiri, seperti terlihat pada gambar diatas,  fungsi dari menu-menu tersebut adalah sebagai berikut:

a.  Tombol Entry, tombol tersebut digunakan untuk membuka artikel editor, sebagai salah satu fasilitas untuk membuat artikel blog di blogspot, jadi untuk membuat artikel anda klik tombol tersebut, kemudian akan terbuka halaman editor seperti ms word dan siap anda isi dengan artikel blog anda.

b. Menu Pos, menu ini digunakan untuk melihat daftar artikel yang sudah anda buat, baik yang sudah dipublis atau artikel anda yang masih dalam bentuk draft (artikel yang anda simpan yang  belum selesai 100% dan belum anda publis).

c. Menu Laman, menu ini digunakan untuk membuat halaman statis, seperti halaman about, privacy policy, credit term dan lain-lain, namun tidak diperuntukan untuk membuat artikel, jangan sekali-kali anda membuat artikel blog menggunakan "menu laman", karena halaman page yang dibuat melalui menu ini pada umumnya tidak diseting untuk ditemukan mesin pencari, artinya ika anda memaksakan membuat halaman artikel melalui "Menu Laman" ini, maka dapat dipastikan artikel tersebut tidak akan pernah ditemukan mesin pencari. jadi, untuk membuat artikel silahkan anda gunakan tombol "Entry baru".

d. Menu Komentar, menu ini digunakan untuk mengelola komentar yang dilayangkan oleh pengunjung blog, melalui menu ini anda bisa menghapus, mempublis, atau memindahkan ke folder spam setiap komentar masuk.

e. Menu Google +, untuk mengelola integrasi blog dengan google +

f. Menu Statistic, untuk melihat statistic blog anda, meliputi, pengunjung, jumlah page view,pos pengikut dan lain-lain.

g. Menu Kampanye, fasilitas berbayar untuk mengiklankan atau mempromosikan blog anda, bekerjasama dengan google.

h. Menu Tata Letak, untuk mengatur layout atau tata letak halaman blog anda, fasilitas ini digunakan untuk membuat blog menarik di mata pengunjung.

i. Menu Template, fasilitas ini digunakan untuk mengelola tampilan theme atau template blog anda, untuk membuat tampilan blog seperti yang diinginkan anda harus memahami perintah kode template, dan anda harus tau cara membuat template blog dengan baik, jika anda mampu, silahkan gunakan fasilitas menu template ini dan pilih tombol "Edit HTML" untuk mengatur tampilan blog anda sesuai dengan yang diharapkan.


j. Menu Setelan, fasilitas ini digunakan untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan konfigurasi blog anda. seperti misal, keamanan blog, mengganti alamat blog, mengganti .blogspot.com menjadi top level domain (TLD) (blog berakhan.com, .org atau yang lainnya), dan lain sebagainya.


2. Cara Membuat Artikel Blog

Setelah anda memahami bagaimana cara membuat blog, pada tutorial membuat blog lanjutan ini saya akan coba jelaskan bagaimana cara membuat artikel blog.

Perlu diketahui membuat artikel blog adalah aktivitas wajib bagi seorang blogger agar blognya mendapatkan pengunjung dan pada akhirnya blog yang anda miliki bisa dimonetisasi (cara membuat blog menghasilkan uang), semakin banyak artikel yang anda buat maka akan semakin baik untuk anda.

Namun saya menyarankan jangan sekali-kali membuat artikel hasil kopi paste karena itu tidak baik bagi blog anda untuk jangka panjang, berikut adalah langkah-langkah cara membuat artikel blog:

a. Silahkan anda masuk ke akun blog anda, jika anda memiliki lebih dari satu blog pada satu akun, silahkan anda pilih salah satu blog anda

b. Pada bilah menu sisi kiri tekan tombol "Entry Baru", akan muncul tampilan editor text seprti gambar berikut:

Cara membuat artikel blog

Untuk memahami cara membuat artikel, ada 7 bagian yang saya tandai terlihat pada gambar diatas, bagian tersebut bisa dianggap bagian yang cukup penting dan sering digunakan ketika membuat artikel blog, sebagai berikut:

1. Judul Artikel, silahkan anda masukan judul artikel blog anda, judul setidaknya memiliki maksimal 56 karakter.

2. Jenis text, anda bisa memilih jenis text, heading untuk judul, sub heading untuk sub judul, minor heading untuk sub-sub judul dan normal untuk text normal.

3. Membuat link, link adalah tulisan yang bisa di klik pada artikel, jika di klik maka anda akan dibawa ke halaman yang ditujunya, link pada umumnya memiliki garis bawah dan berwarna biru untuk membuat link anda harus memblok terlebih dahulu text yang ingin dijadikan link, kemudian tekan tombol link, anda akan diminta untuk memasukan alamat URL yang dituju.

4. Memasukan Gambar, kadang didalam artikel kita di tuntut untuk menyisipkan gambar, untuk keperluan tersebut anda tinggal menekan tombol gambar, dan anda akan diminta untuk mengupload gambar yang anda ingin masukan ke artikel anda.

5. Edit Kategori /Label, digunakan untuk memasukan kategori dari artikel anda. silahkan sesuaikan apapun kategori bisa anda masukan. untuk memasukan kategori, anda tinggal klik menu bertuliskan Label tersebut.

6. Edit URL /link, url artikel sebenarnya tanpa kita masukan sudah dibuatkan secara otomatis, namun kita bisa merubahnya dengan menekan menu bertuliskan link tersebut, dan kita masukan alamat url yang kita inginkan untuk artikel tersebut, url tidak boleh mengandung sepasi.

7. Edit deskripsi, untuk memasukan deskripsi dari artikel, atau keterangan singakat yang mewakili isi artikel, deskripsi setidaknya memiliki 165 karakter. untuk memasukan deskripsi anda tinggal klik menu deskripsi penelusuran tersebut.

Setelah anda memahami menu utama yang sering digunakan diatas, anda bisa mengetikan artikel anda pada halaman kosong yang disediakan tersebut, silahkan buat artikel setidaknya minimal 300 kata, lebih banyak kata tentunya akan semakin baik.

3. Cara logout dari halaman akun blog

Setelah anda mampu memahami cara-cara membuat blog, dan anda sudah memahami bagaimana cara membuat artikel blog, jangan lupa setiap kali anda selesai membuat blog, anda harus logout dari blog anda, apalagi anda menggunakan komputer umum atau komputer yang dipakai secara bersama-sama, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan  yang bisa terjadi pada akaun blog anda, cara logout dari halaman utama akun blogspot yaitu dengan mengklik gambar linkaran yang terletak di paling sudut kanan atas, kemudian tekan tombol keluar.

4. Cara Masuk Kembali ke halaman utama akun blog

Blog yang anda miliki akan penuh dengan aktivitas keluar masuk halaman utama akun blog, anda tentu saja sudah mengetahui bagaimana cara logout atau cara keluar dari halaman akun blog, anda jangan sampai lupa juga, untuk masuk kembali ke halaman utama akun blog anda ketika anda memutuskan untuk mengelola blog anda misal ingin menulis artikel, untuk masuk halaman blog sebenarnya tidak terlalu sulit dan langkah-langkahnya hampir sama ketika anda melakukan pendaftaran pertama kali, sebagai berikut:

a. Masuk situs blogspot.com / blogger.com.

b. Pada kotak login yang disediakan, silahkan anda masukan email gmail anda yang anda gunakan pertama kali ketika daftar, dan juga masukan passwordnya, jika berhasil anda sudah bisa mengakses halaman akun blogspot anda.

5. Membuat blog bisa menghasilkan uang

Setelah anda mampu membuat blogspot sendiri, dan anda mampu mengisi blog yang anda miliki dengan artikel, salah satu langkah yang bisa anda ambil berikutnya andalah  mengupayakan bagaimana caranya membuat blog bisa menghasilkan uang, memang banyak sekali tujuan seseorang membuat blog, namun anda harus tau bahwa blog yang anda miliki bisa menghasilkan uang dan sudah terbukti benar.

Lantas bagaimana caranya?.

Yang pertama yang harus anda tempuh adalah, menjaring pengunjung atau visitor blog sebanyak-banyaknya, jika blog sudah memiliki banyak pengunjung anda bisa mencoba program monetisasi blog, silahkan coba google adsense, pelajari seo, pasti blog anda bisa menghasilkan uang;

Artikel yang mungkin anda perluakan :

Apa itu google adsense panduan lengkap untuk pemula
Tips menulis artikel berkualitas yang disukai google
Agar Blog Baru Cepat Terindex, populer serta mudah ditemukan Google Bing yahoo
Cara Agar judul postingan muncul di pencarian google

Cara membuat blogger memang sangat mudah sekali, apalagi kebanyakan situs penyedia layanan blog free atau gratis, apa yang anda perlukan adalah pengetahuan tentang tata cara blogging, memahami kode situs, dan juga memahami seo itu akan lebih bagus untuk blog anda agar bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Silahkan anda pelajari setiap hal yang berkaitan dengan teknik blogging, sehingga pada akhirnya blog anda bisa menghasilkan uang, dan anda akan mampu mengelola dan membuat blog sendiri dengan sangat mudah.

Demikian artikel yang bisa saya share tentang Cara MEMBUAT BLOG Terbaru di Blogger : Lengkap, semoga bermanfaat.

9 komentar:

  1. Kalau kami biasanya membuat blog gratis pada salah satu dari 4 tempat terbaik, yaitu :

    webhosting.web.id
    ppnz.org
    runhostings.com
    sentorahost.com

    Situs mereka memberikan berbagai platform untuk membuat blog gratis selamanya.

    ReplyDelete
  2. Ass,mas saya sedang kesulitan memasukan artikel ke menu utama, saya otak-atik HTML malah jadi berantakan, gimana caranya artikel yang ada di ARSIP dipindahkan ke MENU UTAMA, tolong dicek yaaa ke blog saya http://senyum-keluarga.blogspot.com

    thanks
    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya bukan dipindahkan tapi dimanipulasi, sepertinya mbak menggunakan template bawaan blogger ya.

      untuk membuat seperti diatas coba mbak cari "cara membuat read more pada blog"

      Delete
    2. Ass...Mas saya tertarik dengan artikel, yang mas buat
      Saya mau tanya! Apa saya bisa seperti mas? Sedangkan saya minim ilmu dalam masalah (TIK)

      Delete
    3. @Pengtahuan Kita:
      Tidak ada yang tidak mungkin gan, selama ada kemauan tidak pantang menyerah dan bekerja keras tekun. banyak blogger-blogger sukses lho padahal latar belakang sekolahnya tidak tinggi

      Delete
  3. saya mau tanya, cara memindahkan artikel yang sudah ada di arsip pindah ke menu bagaimana caranya yaa, saya sudah otak-atik malah berantakan, tolong di cek blog saya,senyum-keluarga.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Maaf gan sekedar share saja, kalau saya biasanya membuat blog gratis dengan hosting gratis di webhosting.web.id atau sentorahost.com atau bisa juga di runhostins.com. Enak menggunakan control panel gratisan disana gan, silahkan mencoba dan langsung meluncur kesana, mungkin bisa bermanfaat. Terima kasih diijinkan sharing, salam from seowaps.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah bisa berlaku selamanya ? apalagi kalo kita bikin web dengan tujuan cari uang

      Delete
  5. cakep artikelnya untuk sy yg baru mo belajar ...trims

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!