Pentingkah Meta deskripsi untuk SEO ? - Meta deskripsi pada umumnya bisa kita sandingkan dengan judul artikel, meta deskripsi merupakan atribut HTML yang berisi tentang penjelasan singkat yang mewakili isi artikel secara keseluruhan,  fungsi dari meta deskripsi adalah membantu menyajikan informasi singkat dihasil pencarian google, deskripsi dari meta deskripsi akan ditampilkan di hasil pencarian google atau SERP,  jika kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian memiliki relevansi dengan text yang terdapat dalam meta descripsi dari artikel yang bersangkutan.
Jumlah karakter yang terdapat didalam meta deskripsi sebaiknya tidak sembarangan, jumlah karakter optimal yang bisa kita masukan didalam meta deskripsi dianjurkan tidak lebih dari 155 karakter.
 meta deskrispi biasanya diletakan diantara kode <head> dan </head>, dan sangat dianjurkan ada didalam setiap artikel.

berikut adalah contoh penulisan meta deskripsi yang biasanya terletak di dalam struktur program html di area <head> dan </head>
<head>
<meta name="description" content=" deskripsi dari artikel anda">
</head> 
meta deskripsi tidak ditampilakan didalam halaman web, namun masih bisa dibaca oleh mesin pencari untuk di tampilkan sebagai deskripsi judul di hasil pencarian, jadi sangat dianjurkan sekali menambahkan meta description pada setiap artikel blog yang kita buat.

Pentingkah Meta deskripsi untuk SEO ?

Pada tahun 2009 Penjelasan google mengenai meta deskripsi, menyebutkan bahwa meta deskripsi sudah tidak lagi menjadi bagaian dari algoritma google ranking faktor, artinya meta deskripsi sudah tidak lagi menjadi faktor penentu ranking hasil pencarian mesin pencari dan tidak lagi menjadi acuan SEO, namun meskipun begitu keberadaannya masih dianggap penting untuk meningkatkan Click Trough Rate (CTR), artinya dengan adanya meta deskripsi yang teroptimasi dengan baik, dapat meningkatkan klik pengunjung ketika judul artikel dan deskripsi artikel ditemukan dihasil pencarian.

Boleh jadi artikel yang anda miliki mudah ditemukan oleh mesin pencari, namun anda jangan salah, banyak kompetitor dengan judul serupa yang muncul di posisi hasil pencarian sama baiknya dengan artikel anda tersebut, agar artikel anda mendapatkan peluang lebih baik untuk dikunjungi dari pada artikel kompetitor, salah satu yang  bisa anda lakukan adalah menyisipkan deskripsi artikel semenarik mungkin sehingga membuat pengunjung penasaran, dan pada akhirnya pengunjung memutuskan untuk mengunjungi artikel anda, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan visitor organik blog anda.

Bolehkah tidak memasukan meta deskripsi pada artikel Blog?

Sepertinya tidak masalah jika anda memilih tidak memasukan deskripsi penelusuran pada tiap artikel blog yang anda buat, karena sudah disebutkan diatas, meta deskripsi saat ini tidak menjadi penentu google ranking faktor, namun meskpun begitu tetap harus anda pertimbangkan antara mengisi meta deskripsi atau tidak, itu juga jika blog anda kebetulan terintegrasi secara otomatis dengan media social seperti facebook misalnya, jika seperti itu keberadaan meta deskripsi pada artikel blog sepertinya akan sangat penting, karena pada umumnya postingan di media social selalu melibatkan judul artikel dan meta deskripsi dari artikel tersebut, jika tidak terdapat meta deskripsi pada artikel yang di share melalui media social facebook, maka posting media social mungkin akan mencantumkan hanya judul artikelnya saja.

Aturan Penulisan Meta Deskripsi?

Ketika kita menyisipkan meta description kedalam artikel yang kita buat, sangat dianjurkan untuk menggunakan kata-kata yang mengandung kata kunci yang anda bidik, juga harus mengandung setidaknya satu kata kunci LSI, dan sebisa mungkin menyajikan deskripsi yang dapat menarik perhatian pengunjung, kata kata yang bisa kita sisipkan agar deskripsi artikel bisa membuat penasaran pengunjung, diantarnaya adalah kata-kata yang menunjukan nominal, seperti 100 cara, 1000 cara,  juga kata-kata terbaik, tercepat dan lain sebagainya.

Adapun aturan penulisan meta deskripsi adalah sebagai berikut:

a. Buatlah deskripsi setidaknya terdiri dari 150 s/d 160 karakter, sebenarnya meta deskripsi bisa dibuat dengan jumlah karakter yang kita inginkan, namun tetap saja deskripsi tersebut akan dipotong jika melebihi batas text yang diizinkan dipencarian goog,e. pada akhirnya jumlah karakter deskripsi akan disajikan di hasil pencarian google dengan jumlah sampai 160 karakter saja


b. Tidak boleh mengandung kata yang sama lebih dari 2x, apapun bisa kita masukan pada meta deskripsi, namun disarankan ketika membuat deskripsi, jika memang harus ada kata yang sama, jumlah pengulangan kata yang sama tersebut tidak boleh melebihi 2 kali.

c. Hindari duplikat konten, yaitu membuat meta deskripsi yang identik atau sama antara deskripsi di artikel yang satu dengan deskripsi pada artikel lainnya dalam satu situs yang sama walaupun judul artikelnya berbeda satu sama lain, begitu juga untuk judul artikel, sangat tidak dianjurkan anda membuat 2 judul  artikel yang persis sama satu sama lain dalam satu situs, aktivitas seperti itu akan memberikan sinyal duplikat koten kepada mesin pencari, dan duplikat konten sangat tidak disukai oleh mesin pencari.

d. Janan memasukan karakter double Quote ("), jika dalam deskripsi yang kita masukan mengandung karakter tersebut, google langsung akan memotong deskripsi tersebut sampai batas ditemukannya tanda double qoute, dianjurkan jika memang harus memasukan tanda seperti itu lebih baik, tanda double quote diganti saja dengan singgle quote, dan harus diingat untuk tidak melibatkan karakter non-alphanumerik di meta deskripsi ini.

 Cara Mengaktifkan Fasilitas Input Meta deskripsi pada blogspot.

Pada umumnya blog terutama untuk blogspot, ketika pertama kali digunakan, fasilitas untuk menambahkan meta deskripsi secara default belum aktif, sehingga kita tidak bisa memasukan meta deskripsi untuk setiap artikel yang kita buat, oleh karena itu untuk dapat memasukan meta deskripsi untuk tiap artikel, maka kita harus mengaktifkan fasilitas input meta deskripsi terlebih dahulu,
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blog anda, pilih dan klik salah satu judul pada daftar blog anda, jika anda memiliki 1 blog dalam satu akun.

b. pada bilah menu sebelah kiri, silahkan anda pilih menu "stelan" kemudian pilih submenu "Preferensi Penelusuran"

c. Pada bagian tag meta untuk deskripsi, klik Edit

d. Pada tulisan "Aktifkan Deskripsi Penelusuran" Silahkan anda pilih "Ya"

e. Masukan deskripsi blog anda pada kotak yang disediakan, sesuai dengan topik blog anda. kemudian klik simpan.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut diatas, sekaligus akan mengaktifkan fasilitas input meta deskripsi pada blog.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, caranya ketika anda membuat artikel, pada menu sebelah kanan artikel anda, yang terdiri dari "Label", "Jadwal" dan lain-lain akan ditambahkan salah satu menu "Deskripsi Penelusuran", anda bisa klik menu tersebut, kemudian anda akan diminta untuk memasukan deskripsi dari artikel anda tersebut.


Demikian artikel sederhana menengai Pentingkah Meta deskripsi untuk SEO ?, semoga bermanfaat.

13 komentar:

  1. Bener mas, saya juga setuju. Lagian saat ini saya fokus dengan SEO off page dan tidak terlalu memikirkan on Page.
    Bagi saya off page itu lebih alami dan keren. Kita juga sama-sama tahu bahwa kedua hal itu sangat berkaitan. Intinya kan berbeda orang berbeda pendapat pula :D
    Ngomong-ngomong, thanks! Artikelnya sederhana namun diulas secara merata dan padat!

    ReplyDelete
  2. thank bro infonya sangat bermanfaat sekali memang, meta tag sangat dibutuhkan agar menarik pengunjung utamanya

    ReplyDelete
  3. gimaya ya biar cepet dpat sitelink bro? blog ku g pernah dapat site link google. http://www.jakoz.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak pernah memikirkan sitelink gan, ujug-ujug ada saja, Nanti juga kalo reputasi situs atau blognya baik, akan mendapatkan anugrah dari google berupa sitelink, terus bangun trafik organik,

      Delete
  4. jadi meta deskripsi itu anggapan ringkasan dari arikel itu sendiri ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, isinya harus relevan dengan judul yang dibahas

      Delete
  5. mas.. blog saya kan terpasang 2 meta description berbeda yaitu pada template dan pada setingan, apakah pengaruh buat blog saya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. deskripsi secara otomatis akan menyesuaikan dengan setingan, tapi kalo di manual di template dengan menuliskan deskripsi, maka deskripsi manual itu yang akan diambil,
      saya lebih memilih deskripsi yang diseting di setingan blognya. jadi di template tidak saya masukan manual.

      kecuali deskripsi di artikel,
      di setingan deskripsi akan muncul untuk homepage, sedangkan deskripsi di postingan ketika membuat artikel akan muncul untuk artikel ybs

      Delete
  6. mas saya mau nanya? maaf kalau OOT
    apakah mengaktifkan deskripsi penelusuran pada artikel membatasi keyword yang pengunjung ketiikan di google search?
    dan penting tidak untuk mengaktifkan / mengisi deskripsi penelusuran sebelum memposting artikel, atau hanya bergantung dengan kata-kata yang ada di artikel saja, sehingga diksongkan saja?
    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. tidak mas, justru deskripsi meningkatkan relevansi artikel terhadap kata kunci pencarian.
    saya lebih memilih mengaktifkan deskripsi.
    deskripsi bisa menjadi potongan informasi di hasil pencarian yang kita inginkan jika memang kata kunci relevan.

    jika tidak maka potongan informasi di hasil pencarian akan digantikan oleh isi artikel yang dipilih secara acak ole Search enggine yang memiliki relevansi dengan kata kunci pencarian.

    deskripsi bukan faktor seo dan sifatnya optional, mengaktifkan deskripsi dipilih agar meningkatkan relevansi artikel dengan kata kunci pencarian saja

    ReplyDelete
  8. mau tanya om, ini pertanyaan saya masih blm terpecahkan dari dulu.

    Pengaturan Dashboard Blogger:
    Pada menu Setelan > Dasar > (Deskripsi) dengan Setelan > Preferensi Penelusuran > (Deskripsi)

    Perbedaannya apa ya om?

    Apakah ke dua form Deskripsi tersebut di isi dengan deskripsi blog yang sama pada setelan Dasar. Atau bagaimana om? atau pada Preferensi penelusuran di centang YA saja tanpa di isi deskripsi?

    Misalnya blog saya mempunyai deskripsi seperti ini:
    "Omtelotel adalah Blog yang membahas tentang perteloletan"

    Nah apakah Deskripsi itu diisikan semua ke Deskripsi bagian Dasar sama bagian Preferensi penelusuran?

    Mohon penjelasannya om, terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deskripsi di menu setelan > Dasar itu untuk deskripsi header title mas, jika di template blog mas di headernya title dan deskripsi dimunculkan maka deskripsi itu yang muncul.

      sedangkan deskripsi di Setelan > Preferensi penelurusan itu baru untuk meta deskripsi untuk halaman utama atau homepage sebagai referensi mesin pencari dan juga jika itu diaktifkan maka deskripsi untuk setiap artikel akan ikut aktif dan bisa kita isi akan muncul di editor postingan sebelah kanan yang bisa kita isi.

      Yang paling pokok adalah deskripsi meta di menu setelan > preferensi penelusuran

      Delete
  9. Oh jadi Yang di Setelan Dasar itu untuk => Memunculkan di Header saja,, Sedangkan di Preferensi Penelusuran untuk => Mesin Pencari.. Berarti yang di setelan dasar ga diisi juga gapapa ya,

    Makasih mas jawabannya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!