Top level domain adalah deretan kata yang digunakan sebagai akhiran nama alamat utama situs seperti akhiran .com, .co.id, .org, .net dan akhiran lainnya, utuk menggunakan top level domain pada blog gratisan, setidaknya anda harus mengeluarkan biaya yang sesuai dengan fasilitas yang disediakan oleh penyedia hosting yang digunakan, alasan situs atau blog menggunakan  top level domain diantaranya adalah agar alamat situs atau blog memiliki domain yang lebih kelihatan profesional, juga memiliki barand yang jelas, namun disarankan kita harus memperhatikan domain baru yang kita buat dengan cara memilih domain berkualitas seo, sehingga akan memberikan dampak yang baik di mata mesin pencari google.

Untuk membuat sebuah halaman situs dengan top level domain sebenarnya sangat gampang, salah satunya  anda bisa mulai dengan membuat halaman situs atau blog gratisan bisa menggunakan  domain  seperti blogspot.com atau wordperess.com,  kedua domain blog tersebut sangat mudah kita migrasi menjadi top level domain.

vebbsite.com


Setelah Blogspot diganti Menjadi Top Level Domain Ini yang harus Anda dilakukan

Ketika melakukan migrasi berganti domain, dari domain gratisan seperti blogspot atau wordpress menjadi top level domain, sebaiknya kita bersabar, karena migrasi biasanya memakan cukup waktu,  jika migrasi berhasil, anda harus melakukan tindakan lanjutan agar trafik dari blog lama anda bisa diterima oleh blog baru anda,  seperti halnya sebuah bangunan ruko jika ruko lama berganti alamat dan pindah ke bangunan ruko baru, setidaknya kita harus mulai lagi berbenah dari awal, dan dampaknya adalah trafik pengunjung akan semakin rendah, oleh karena itu untuk mengembalikan trafik pengunjung ada beberapa hal yang harus anda lakukan setelah anda ganti domain, sebagai berikut:

#1. Submit ulang alamat blog baru anda ke bing dan google webmaster tool

Pada umumnya setelah anda ganti domain sebenarnya index blog lama anda di hasil pencarian masih bisa ditemukan dan tidak terhapus, jika judul artikel anda ditemukan, ketika diklik akan di redirect ke alamat blog baru anda, namun untuk artikel yang anda terbitkan menggunakan domain baru tentu saja beda, artikel tersebut tidak akan dikenali dikarenakan google belum mengenali blog baru anda tersebut, oleh karena itu agar blog baru anda dikenali mesin pencari google, sebaiknya anda lakukan submit ulang blog baru anda tersebut ke google webmaster tool (GWT) dan juga ke bing webmaster tool.

Silahkan anda submit blog baru anda menggunakan kedua tool tersebut, agar setiap artikel pada blog anda bisa di reindex ulang, untuk mensubmit artikel di bing dan google webmaster tool silahkan anda baca panduan cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool. sehingga artikel baru anda tersebut akan mudah diindex dan ditemukan mesin pencari, jangan lupa untuk memverifikasi pendaftaran bing dan google webmaster anda pada blog baru anda tersebut.

#2. Submit ulang peta situs (sitemap) blog baru anda.

Peta situs blog adalah file yang berisi  alamat-alamat url halaman blog yang digunakan oleh mesin pencari google untuk mengenali isi keseluruhan blog anda, dengan peta situs google akan lebih mudah mengenali blog anda, jika blog sudah dikenali oleh google maka index artikelpun akan semakin cepat.

Untuk blog baru karena alamat url blog lama pasti beda dengan alamat blog baru, sebaiknya anda melakukan submit ulang peta situs blog anda ke bing dan juga google webmaster tool, sehingga domain tersebut dan isinya akan mudah sekali untuk diindex oleh mesin pencari.

#3. Daftarkan juga di google analitic

Untuk memantau dan memonitor perkembangan interaksi pengunjung pada blog baru kita, kita harus mendaftarkan ulang blog baru kita ke google analitic.
Baca : cara daftar dan memasang tracking kode google analitic

#4. Submit ulang alexa ?

Alexa adalah tool yang dapat memberikan informasi mengenai rangking situs tersebut secara global maupun local, semakin lama usia blog dan semakin banyak jumlah pengunjung maka alexa akan semakin ramping, namun bagaimana jika blog ganti domain, apakah alexa perlu di submit ulang, untuk kasus mengenai alexa, kita harus melakukan submit ulang dan verifikasi ulang sehingga blog baru anda akan terintegrasi kembali dengan alexa.

#5. Rajin membuat artikel baru yang berkualitas.

Meskipun blog baru anda sudah didaftarkan pada bing dan google webmaster tool, bukan berarti blog baru tersebut langsung diindex secara sekaligus, namun biasanya index akan memerlukan waktu seperti pada umumnya, untuk mempercepat index adalah anda harus rajin update artikel setiap hari, silahkan anda membuat artikel berkualitas dengan uraian yang sangat panjang dari biasanya, kemudian setiap kali artikel selesai anda buat, silahkan submit artikel baru anda tersebut ke google add url di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url, ingat yang anda submit adalah url dari artikel yang anda terbitkan, bukan url homepagenya.
Baca juga: Cara membuat artikel berkualitas untuk mendapatkan ranking 1 google.

Jika anda sudah melakukan point 3 diatas, silahkan anda tunggu 1 x 24 jam, kemudian silahkan anda coba cek di pencarian google menggunakan perintah pencarian site: url_blog_baru_anda, jika berhasil anda akan melihat alamat-alamat url dari artikel anda pada hasil pencarian dengan alamat sesuai dengan blog baru anda.

 #6. Membuat daftar isi blog

Jika alternatif diatas masih belum bisa membuat blog baru anda seperti blog lama anda terutama untuk visitor, silahkan anda isi halaman daftar isi dengan url-url yang terdapat pada blog baru anda tersebut, silahkan anda gunakan halaman baru kemudian silahkan isi dengan menggunakan url-url artikel yang ada pada blog baru anda tersebut.


#7. Gunakan Template Blog SEO Friendly

Jika sampai tahap #4 diatas masih tidak bisa memberikan solusi, artinya artikel masih tidak bisa diindex, maka kemungkinan besar adalah pengaruh dari template blog yang anda gunakan, bisa jadi template blog yang anda gunakan tidak seo friendly, jika masalahnya demikian sebaiknya anda gunakan template blog lainnya yang lebih seo friendly.
Baca : ciri template blog seo friendly menurut pakar seo

Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda mengenai Yang Harus dilakukan Setelah Blogspot Ganti Domain TLD, semoga bisa menambah wawasan anda.


40 komentar:

  1. jadi lamat blog yang sudah ada sebelumnya di webmaster harus dihapus atau giman gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah gan, agan tambah lagi dengan alamat domain baru, karena blogspot biasanya redirect jadi domain blogspot yang sebelumnya ternyata masih bisa digunakan

      Delete
  2. utk blogspot yang diupgrade ke domain TLD, apakah peta situs yang dikirimkan cuma menggunakan /sitemap.xml saja ??

    ReplyDelete
  3. Untuk Google Analyticnya bagaimana gan? Apa harus buat baru lagi? Atau yang blogspot saja kita edit gan?

    ReplyDelete
  4. Thanx gan, kebetulan saya baru saja selesai ganti domain blog saya.
    Artikelnya sangat membantu...

    ReplyDelete
  5. Gan berarti google analytic dari blogspot harus edit jadi .com gitu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lama tidak usah dihapus atau di edit gan, cukup agan daftarkan lagi untuk domain agan yang baru

      Delete
  6. kok blog nya masih blogspot.com ? belum berubah menjadi blogspot.co.id ?
    bagaimana caranya ? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya bisa dibaca di artikel berikut mbak:
      http://strukturkode.blogspot.com/2015/09/pengalihan-domain-blogspot.html

      Delete
  7. Jika didaftar ulang ke webmater, alexa, google analytic, apa nanti tidak akan terjadi duplikat konten antara blog domain blogspot.com dengan .com. Mohon pencerahannnya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak didaftarkan ulang pun tidak apa-apa karena masih merujuk ke halaman yang sama baik yang .com maupun yang .co.id

      boleh submit salah satu saja.

      Delete
  8. dmca nya gimana mas? dmca saya tidak respon setelah tld,, bagaimana cara mengaktifkannya kembali setelah tld mas? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas regesitrasi ulang domain baru di dmca

      Delete
  9. Mas, saya baru ganti domain karena domain yg lama tidak bisa diperpanjang, kira2 bagaiman caranya agar pengunjung teralihkan dengan domain yg baru. Mohon pencerahannya mas. vistornya jadi sepi nih, kira2 brp lama bisa kembali normal? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sumbernya di blogspot yang sudah populer tentu sampai 3 bulan saja tidak akan lama blog top level domain akan populer. jika ganti domain dari domain lama, maka sama halnya dengan blog baru mas, sama seperti dari nol lagi, terus saja terbitkan artikel mas agar sering di crawl bot google, tinggal nunggu google mengindex seluruh artikel pada blog baru mas saja.

      Delete
    2. Ok, terima kasih atas jawabannya mas.

      Delete
  10. klo cara memperpanjang domain gmn gan saat sdh habis masanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa langsung perpanjang dengan membayar biaaya sewa domain di penyedia layanan hosting tempat agan memesan paket hosting, untuk lebih jelas agan bisa konsultasikan dengan pengelola paket hosting tersebut.

      Delete
  11. Artikel bagus mas. Tapi saya pernah mengalami sudah diindex dengan domain blogspot, lalu saya beli domain dengan TLD, webmaster tidak mau mengindex link TLD saya. Saya searching di google, kemungkinan besar tidak diindex karena googlebot menganggap domain TLD saya adalah duplikat dari domain blogspot saya. Padahal kedua domain tersebut adalah satu blog.

    Jika ada waktu silahkan mampir ya, mas. h**p://www.revo-brain.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah gan yang lama bisa agan pertahankan yang baru registrasikan lagi.

      Atau agan bisa hapus url blog lama agan di webmaster dan ganti dengan alamat baru

      Biasanya membutuhkan waktu gan sama halnya dengan situs baru, namun karena ada redirect dari alamat blog lama dan sudah memiliki banyak artikel pulihnya jadi cepat.

      Delete
  12. butuh pencerahan kang, blog say baru saja pindah ke TLD, yang bikin saya bingung untuk daftar ulang ke google analytic,
    itu bikin akun baru lagi (create new account) atau bikin propherti baru di akun blog yg lama/blogspot (create new property)??
    ditunggu jawabannya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduanya bisa mas lakukan, lebih praktis Bikin property baru saja yang diarahkan ke url blog tld baru,

      Delete
  13. ada 2 pertanyaan?
    1. mas apa bener artikel lama itu nggak bakal hilang di mesin pencari kalo ganti domain TLD..soalnya saya fikir" ulang mo ganti domain TLD takutnya artikel lama hilang gitu aja..

    2. mas didin kok ngebahas yg berbau pindah domain tLd tapi blog mas sendiri nggak pake TLD saya heran mas ?

    mohon pencerahan dan jawabannya mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ketika ganti domain TLD, artikel lama memerlukan waktu untuk terindex, pada akhirnya akan terindex, ada banyak resiko ganti domain, visitor untuk sementara akan turun namun pada akhirnya akan kembali normal, sebelum ganti Domain TLD siapkan artikel untuk posting selama 3 bulan, baru ganti domain, terus posting tiap hari, ini akan mempercepat index google untuk domain baru, agar visitor lebih cepat kembali normal.

      2. Hehe... Belum saatnya non, blog ini yang terkait adsense hosted, jika pindah menjadi TLD butuh proses untuk upgrade adsense menjadi non-hosted, saya akan upgrade ketika sudah menjadi fulltime blogger.

      Delete
  14. om yang submit url ke webmaster itu add property apa ngubah alamat lama? kok datanya nggak keluar di webmaster saya :(

    ReplyDelete
  15. MAS... Kalau blogspot.com sudah didaftarkan di webmaster tool ...trs sekarang kok berubah jadi blogspot.co.id?? Kenapa dan apa pengaruhnya?? Terus apakah harus ganti jd .com lagi?? kalo .co.id berarti harus daftar ulang d webmastertool??? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah gan, cukup .com saja karena kedua-duanya merujuk pada blog yang sama.
      com ke co.id karena sekarang berlaku country domain. jika blog diakses dari indonesia maka akan .co.id jika dari luar negeri akan .com
      informasi lebih lanjut tentang perubahan country domain mas bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/09/pengalihan-domain-blogspot.html

      Delete
  16. mas din numpang nanya, saya kan baru ini bikin blog kira2 umur blognya sudah 2 minggu dan sudah di isi beberapa postingan, pas usia 2 minggu itu saya ganti domain blogspot.com menjadi .com , tapi setelah berganti domain kok postingan saya ga ada yang ke tangkep google , postingan lama dan baru tetep ga ada ke tangkep google setelah ganti domain blogspot.com menjadi.com mohon kasih pencerahan mas didin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal gan, itu karena blog agan akan dikenali sebagai blog baru

      Delete
  17. Gan boleh nanya ga ,walaupun agak meleset dari artikel... Blog saya kan dlu nya sering diurutan teratas semenjak saya ganti domainya menjadi http://cara-banicyber.blogspot.com blog nya di search engine google malah ngilang entah berantah, tolong jawb gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya karena agan mengganti nama domain, maka blog agan akan samaa halnya dengan blog baru, bagi siapapun jangan pernah mengganti nama domain karena itu artinya sama dengan blog baru dan semaunya harus dimulai dari nol

      Delete
  18. mas didin numpang nanya, blogspot diganti dengan domain baru, apalah linkyang dipasang di artikel yang menuju ke artikel lainnya menjadi rusak, apakah harus diperbaiki satu persatu? mohon kasih pencerahannya mas didin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga tidak masalah gan, karena akan diredirect ke domain baru, tapi lebih baik di ubah (bisa kriting jari.

      Kalo saya jika tidak lupa ketika membuat internal link suka menghilangkan nama blog didepannya agar mereferensi ke domain utamanya meskipun nama domain berubah

      misal http://strukturkode.blogspot.com/2015/02/seo_blog.html

      cukup dicantumkan saja: /2015/02/seo_blog.html
      jika domain berubah maka link akan ikut domain

      Delete
  19. Gan bagaimana cara menghilangkan www pada domain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. www. untuk custom domain dari blogspot sepertinya tidak bisa dihilangkan gan, tetapi pengunjung tetap bisa mengetikan alamat blog agan tampa www. tapi tetap yang akan tampil adalah url www.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!