SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan optimasi mesin pencari, adalah sebuah teknik untuk mengoptimalisasi halaman situs dengan menggunakan prosedur-prosedur standar yang sesuai dengan prilaku dan karakteristik mesin pencari, sehingga halaman web memiliki peluang besar untuk tampil pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page).

tujuan utama SEO adalah meningkatkan interaksi pengunjung terhadap blog atau halaman situs milik kita yang mereka temukan dari hasil pencarian mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan search engine lainnya. Ketika hasil pencarian Mesin Pencari menempatkan blog yang kita miliki di 10 besar pertama, maka blog tersebut akan mempunyai peluang besar untuk dikunjungi.

 Seberapa pentingkah SEO ?

Peranan SEO dalam sebuah blog mempunyai kedudukan yang sangat penting sekali, Blog dengan teknik SEO atau lebih dikenal dengan Blog SEO Friendly bisa di ibaratkan sebagai sebuah blog yang sudah diberi penanda khusus dengan tanda-tanda yang sangat dikenal dan disukai oleh mesin pencari, sehingga akan mudah ditemukan oleh mesin Pencari, sedangkan Halaman Blog tanpa SEO akan sulit dikenali dan ditemukan oleh mesin pencari, ibarat mencari jarum dalam tumpukan jerami.


Untuk lebih memahami SEO secara lebih jelas, saya akan memberikan sebuah ilustrasi sederhana sebagai berikut:

Anda mencari buku dalam Gudang buku dengan koleksi judul yang bermacam-macam dan jumlahnya sangat banyak, ketika buku tersebut tidak diberi penanda khusus dan ditumpuk sembarangan, saya yakin Anda akan kesulitan untuk menemukan buku yang Anda cari dari beribu-ribu buku yang ada pada gudang tersebut, tetapi ketika Anda menata buku-buku tersebut dengan rapi kemudian buku tersebut Anda tandai dengan label berwarna khusus bertuliskan kode buku sesuai dengan klasifikasi judul buku, kemudian Anda menempatkan pada rak-rak khusus dengan rapi yang ditulisi nama klasifikasi buku, Saya yakin ketika Anda ingin menemukan beberapa Buku yang Anda cari Anda akan cepat menemukannya dengan mudah. 

Ilustrasi diatas sama halnya dengan Mesin pencari, kita asumsikan buku-buku adalah Halaman blog/situs, Buku yang sudah ditandai dengan label khusus dan disusun dengan rapi kita Asumsikan sebagai sebuah halaman blog yang sudah kita sisipkan teknik SEO didalamnya, dan Gudang buku kita Asumsikan  adalah Internet. Mesin pencari Akan mudah menemukan sebuah halaman yang relevan dengan melihat-ciri-ciri atau tanda khusus yang sudah sangat dikenali oleh mereka, mesin pencari kemudian akan memprioritaskan halaman blog dengan ciri-ciri tersebut yang memungkinkan halaman blog akan muncul pada 10 besar hasil pencarian.

Teknik SEO

Ketika Anda sudah memahami apa itu SEO, langkah berikutnya Anda pasti bertanya bagaimana caranya untuk memulai melakukan SEO pada blog ?, perlu diketahui, bahwa ruang lingkup SEO secara umum terfokus pada dua sisi, yang pertama adalah Seo On Page dan yang kedua adalah Seo Off Page. silahkan fahami dengan baik.


Apa itu Seo On Page    ?

 Yaitu  proses membenahi struktur Halaman situs agar sesuai dengan kriteria yang sesuai dengan Prilaku mesin Pencari, jadi seo On Page terfokus pada halaman situs itu sendiri. Kira-kira hal-hal apa saja yang harus ada pada halaman situs yang disenangi oleh mesin pencari ?, untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca  Cara Melakukan SEO on page secara efektif. Kesimpulannya, ketika kita berusaha untuk melakukan Seo On Page, jangan lupa kita harus memperhatikan 2 aspek secara bersamaan, yaitu seo dari sisi mesin pencari dan seo dari sisi pengunjung, karena sudah jelas bahwa tujuan SEO sebenarnya adalah untuk meningkatkan interkasi antara pengunjung dan situs/blog yang kita miliki, interaksi pengunjung terhadap blog kita harus juga mendapat perhatian khusus. menyajikan isi artikel dengan bahasa yang ringan dan mudah difahami, navigasi sederhana untuk pengguna serta visualisasi yang nyaman,akan membuat pengunjung betah dan berpeluang mereka untuk kembali. 
 

Apa Itu Seo Off Page ?

 Adalah sebuah proses optimasi yang dilakukan diluar halaman situs, seo offpage berfokus pada Promosi blog dan back link (link dari situs lain yang mengarah ke situs kita), harus diingat bahwa trafik pengunjung yang menuju ke situs kita bukan hanya datang dari mesin pencari, bisa dari mana saja dari sosial media misalkan atau, dari informasi mulut-kemulut  yang menyebabkan semakin banyak orang mengenal blog Anda, untuk masalah ini saya yakin setiap orang mempunyai trik-trik sendiri untuk melakukanya. disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai seo offpage (mungkin diartikel berikutnya), yang jelas ketika kita melakukan seo off page lakukan secara berkesinambungan dan terus menenus, karena saya sendiri sadar bahwa untuk berpromosi dan mendapatkan backlink bukan sesuatu yang mudah, keduanya perlu usaha dan perlu perjalanan panjang tidak seperti seo onpage yang mudah untuk dikuasai, dan ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagi saya untuk lebih kreatif bagaimana cara promosi blog atau mencari backlink.





Artikel Terkait Lainnya

-Apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow
-Apa itu linkjuice dan apa bedanya dengan backlink
-Cara agar artikel cepat terindex oleh google
-Cara agar backlink cepat terindex oleh google


1 komentar:

  1. Mantap gan infonya, kebetulan saya lagi belajar...?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!