Salah satu tujuan blogger adalah agar blognya ramai dikunjungi, tentu saja salah satu yang menyebabkan blog ramai pengunjung adalah penyajian artikel yang kita buat yang disukai google dan isi artikel yang dikembangkan berdasarkan kata kunci yang memang benar-benar banyak diminati atau banyak dicari orang, oleh karena itu yang harus menjadi perhatian kita ketika membuat artikel adalah, memilih kata kunci yang paling banyak diminati kemudian dilanjutkan dengan membuat artikel yang berkualitas, sehingga bukan hanya mesin pencari yang menyukai artikel tersebut, juga banyak orang yang mencari artikel tersebut. dengan demikian artikel yang kita buat berpotensi menjadi konten artikel blog yang dicari banyak orang.

Untuk membuat jenis konten blog yang dicari banyak orang sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita tau caranya, kita bisa mulai dengan mencari topik atau kata kunci yang paling banyak dicari di google, kemudian dilanjutkan dengan melakukan riset untuk topik tersebut, untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari di google, kita bisa menggunakan google trends, salah satu produk google yang menginformasikan mengenai topik paling trends atau topik yang banyak dicari orang didunia internet, jika topik kata kunci sudah kita dapatkan kita diharuskan melakukan riset lanjutan dengan menggunakan google keyword planner, google keyword planner akan membantu kita untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah pencarian perbulan dan juga beberapa kata kunci yang bisa kita ambil untuk kita kembangkan menjadi sebuah judul artikel.

TIPS MEMBUAT KONTEN BLOG AGAR RAMAI PENGUNJUNG

Disini akan saya coba uraikan bagaimana cara membuat jenis konten blog yang dicari banyak orang, caranya yaitu  dengan menggunakan kolaborasi google trends dan google keyword planner, dengan menggunakan kedua tool gratis dari google tersebut kita akan sukses membuat artikel yang paling banyak dicari digoogle. berikut langkah-langkahnya:

A. MENCARI DAN MENENTUKAN TOPIK MENGGUNAKAN GOOGLE TRENDS

Yang pertama sebelum artikel dibuat, kita setidaknya akan mencoba untuk berfikir mengenai topik yang akan kita angkat untuk artikel yang akan kita buat, anda bisa memilih topik apapun untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel, namun jangan lupa topik artikel yang harus anda cari adalah topik artikel yang memang benar-benar banyak diminati orang dan juga memiliki relevansi dengan niche blog anda, tujuannya adalah agar artikel yang dibuat nantinya bisa menjadi penyokong artikel lainnya dalam blog anda, dan artikel anda menjadi salah satu artikel yang paling banyak dicari, untuk menemukan topik blog yang banyak diminati kita akan menggunakan google trends, sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman utama google trends
Anda akan disuguhkan informasi beberapa topik yang sedang tren sesuai dengan negara dan periode yang dipilih.

2. Klik menu trends, letaknya di sudut kanan atas, silahkan klik menu tersebut kemudian pilih submenu "Top Charts", seperti terlihat pada gambar dibawah ini:



Menu tersebut akan menyajikan tampilan yang lebih interaktif mengenai yang sedang populer berdasarkan topik-topik tertentu, melalui papan informasi yang ditampilkan kita bisa mendapatkan niche yang tepat sesuai dengan niche blog atau topik blog yang sedang kita cari.

3. Dari papan informasi yang ditampilkan kita bisa memilih salah satu trends topik yang sesuai dengan yang kita cari, misal kita akan coba mengambil topik tentang "Gadget", silahkan cari papan informasi gadget, bisa kita lihat IPhone6 menduduki peringkat teratas pada kategori gadget tersebut, ini menandakan topik mengenai iphone6 adalah topik yang paling banyak diminati untuk kategori gadget, misal kita akan coba membuat artikel yang membahas mengenai topik "Iphone 6", pada tahap ini anda cukup mengingatnya saja atau jika perlu anda bisa mencatatnya pada secarik keretas kata IPhone 6 agar anda tidak lupa, topik "IPhone 6" tersebut selanjutnya akan kita riset menggunakan google keyword planner.

Kenapa kita harus melakukan riset lanjutan?,
Sebenarnya sampai tahap ini, yang baru kita ketahui adalah hanya mengenai topiknya saja yang banyak diminati orang untuk kategori gadget, yaitu "Iphone6", namun kita belum mengetahui secara pasti kriteria pencarian seperti apa yang digunakan banyak orang yang relevan dengan topik mengenai "Iphone6" tersebut, oleh karena itu untuk membantu menemukan informasi kata kunci yang relevan yang dijadikan pencarian orang mengenai topik tersebut kita diharuskan melakukan riset lanjutan, agar kata kunci yang nanti akan kita gunakan untuk artikel yang akan kita buat tidak terlalu melenceng dari kata kunci yang banyak dicari ora.

B. MELAKUKAN RISET LANJUTAN MENGGUNAKAN GOOGLE KEYWORD PALANNER

Setelah kita mendapatkan topik yang banyak diminati, langkah berikutnya adalah melakukan riset untuk topik tersebut, pada kasus diatas kita mengambil sample "IPhone 6" sebuah kata kunci yang banyak diminati dari topik gadget, akan sedikit sekali orang hanya menggunakan 1 kata untuk melakukan pencarian, kebanyakan pencarian yang dilakukan pengguna internet menggunakan long tail keyword atau 2 atau 3 suku kata, oleh karena itu kata  "IPhone 6" tersebut perlu kita riset untuk menemukan ide kata kunci long tail keyword yang sering dijadikan kriteria pencarian pengguna internet, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan masuk ke halaman utama Google webmaster tool, silahkan anda login dengan menggunakan account google anda.

2. Pada tampilan berikutnya silahkan anda pilih menu "Tools", kemudian pilih submenu "Keyword Planner", seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Riset kata kunci untuk membuat konten blog yang ramai pengunjung

3. Pada tampilan berikutnya silahkan masukan kata "IPhone 6" pada kotak isian "your product or service", silahkan atur seperti gambar dibawah ini:

Riset kata kunci dengan google keyword planner untuk mendapatkan ide kata kunci


Silahkan atur sehingga terlihat seperti yang ditandai dengan kotak merah seperti terlihat pada gambar diatas, kemudian jika sudah tekan tombol "Get Ideas".

4. Pada tampilan berikutnya anda akan melihat informasi ide kata kunci yang bisa kita kembangkan menjadi longtail keyword dari kata kunci utama "Iphone 6" seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Ide Kata kunci yang ramai pengunjung

 Silahkan pilih Keyword Ideas, seperti gambar diatas, kita bisa melihat informasi mengenai ide kata kunci yang bisa kita kembangkan untuk judul artikel, kita bisa memilih beberapa data kelompok kata yang memiliki nilai "Avg. Month Searches" yang paling tinggi, untuk kasus diatas bisa kita lihat pada gambar, bahwa yang memiliki nilai pencarian tertinggi adalah "IPhone 6" dan "Harga IPhone 6", informasi tersebut cukup untuk kita kembangkan menjadi long tail keyword, dari kata kunci IPhone 6 dan "Harga IPhone 6" diatas, beberapa alternatif judul yang bisa kita buat adalah sebagai berikut:

a. "Harga IPhone 6 seimbang dengan kwalitasnya"

b. "Harga IPhone 6 dan spesifikasi lengkap"

c. "IPhone 6 telepon paling canggih didunia"

d. dan judul-judul lainnya

Anda bisa menggunakan beberapa kata untuk digabungkan dengan kata kunci utama "Iphone 6" atau "Harga IPhone 6" sepert beberapa contoh diatas.

Untuk lebih jelas, silahkan baca artikel lainnya tentang "Riset kata kunci dengan google keyword planner "

Long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 3 atau lebih suku kata, kita perlu mengembangkan kata kunci utama short tail, yang terdiri dari 1 suku kata atau 2 atau 3 menjadi long tail karena jika kita menggunakan judul artikel dengan 1 sampai dengan 3 suku kata saja, kemungkinan besar artikel kita akan kalah bersaing dengan artikel-artikel yang lebih dulu populer di mata mesin pencari untuk kata kunci yang relevan, namun dengan kita mengembangkan kata kunci utama menjadi long tail keyword, peluang kita bisa bersaing di halaman mesin pencari akan memiliki kesempatan yang baik, sehingga setidaknya artikel baru yang kita buat bisa ditemukan dengan mudah.

Setelah  memilih long tail keyword yang tepat, langkah berikutnya adalah mengembangkan kata kunci tersebut menjadi sebuah artikel yang relevan original dan berkualitas, agar lebih mudah bersaing sebaiknya kita membuat artikel dengan jumlah suku kata yang banyak, lebih dari 1000 suku kata itu akan lebih baik.

Demikian informasi yang bisa saya share mengenai Tips Membuat KONTEN BLOG agar RAMAI PENGUNJUNG, semoga bermanfaat.

16 komentar:

  1. terima kasih gan infonya,,,,
    Blog saya juga lagi sepi nih...
    mau coba nih tipsnya...

    ReplyDelete
  2. thanks banget imfonya gan, bermanfaat banget buat ane newbie.
    disini juga banyak info bang http://www.horestco.com, tentang berbagai furniture.

    ReplyDelete
  3. masih tahap belajar, om... sangat membantu sekali blog ini. trims

    ReplyDelete
  4. terimaksih tipsnya.. saya blogger newbie yang ingin terus belajar.. ummm ya.. salah satu hal yang berpengaruh dalam meningkatkan trafik blog itu artikelnya ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan, saya lebih memilih memprioritaskan optimasi di artikel

      Delete
  5. nambah pengetahuan nih

    umpan balik:
    http://ungkapseo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. tks infonya
    ditunggu kunjungan baliknya http://poetradarma.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. bisa diterapkan artikelnya apalagi masih pemula sprti saya ini,

    ReplyDelete
  8. yang penting artikel yang di utamakan, bukan pengunjungnta, Saya setuju, admin INFOKERTASKU tidak mengharapkan pengujung yang berlimpah ruah, namun apa yang bisa berikan, yang itulah apa adanya, membuat artikel sesuai dengan keinginan hati lebih menarik di ketimbang ngikut orang lain, bener gak gan ajidin?? by dion

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan, buatlah artikel seinformatif dan se orimungkin sehingga sangat beranfaat untuk pengunjung, seo cuma bumbunya saja..

      Delete
  9. saya mau tanya mas... di google trend apa bisa untuk meriset artikel yg lagi populer jika kita mempunyai topik blogger?? soalnya disana saya lihat topik blogger tidak ada.... kalau mas didin sendiri biasanya dimana saja melakukan riset kata kunci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. digoogle trend memang pertopik gan, jika topik populer sudah ditentukan tinggal riset di GKP dengan memasukan kata kunci untuk topik tersebut

      Delete
    2. Tidak semua judul hasil riset mas, jika target artikel agar bisa ditemukan di google maka saya riset, jika tidak tidak saya riset tidak semua artikel ditujukan agar ditemukan digoogle, ada artikel pilar dan ada artikel pendukung sebagai bahan bacaan blogger yang berhasil masuk mengunjungi blog

      Delete
  10. Paling tidak blog ini atau artikel ini menjadi bahan informasi tambahan dalam membuat web atau blog itu banyak dikunjungi

    ReplyDelete
  11. Jujur saya selama ngeblog gak pernah pake google trand, google planer, adword,dll. Tulis saja artikel apa adanya. yg penting tujuan membuat artikel itu untuk pengunjung, bukan untuk mesin pencari. Real human !

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!