Bagaimana cara agar artikel yang kita buat muncul di urutan 10 besar google, sepertinya posisi 10 besar adalah posisi yang paling banyak mendapatkan perhatian dan paling banyak diincar oleh para blogger, ketika artikel yang kita miliki muncul di posisi 10 besar SERP (Search Enggine Result Page), berarti artikel yang kita miliki berpeluang untuk mendapatkan pengunjung, lantas bagaimana caranya agar artikel yang kita buat muncul di posisi 10 besar?.
Sebenarnya untuk menduduki posisi 10 besar bisa mudah dan bisa juga sulit, tergantung dari judul artikel yang kita bidik, jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat persaingan yang cukup sulit berarti sulit untuk kita dengan topik judul artikel yang relevan bisa menduduki posisi 10 besar, tetapi jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat kompetitor atau pesaing yang cukup ringan, itu kesempatan bagi kita karena posisi 10 besar akan mudah untuk kita peroleh, bahkan dalam hitungan haripun blog yang kita miliki bisa bertengger diposisi 10 besar hasil pencarian google.

Cara agar artikel muncul di urutan 10 besar google


pada artikel kali ini akan di uraikan mengenai Cara Agar artikel masuk peringkat 10 yang meliputi:

#1. Menemukan Jumlah pencarian kata kunci dan jumlah pesaing
#2. Mendapatkan informasi mengenai tingkat sulit mudahnya pesaing
#3. Tips agar mudah mengalahkan pesaing.

Cara menemukan Jumlah Pencarian  dan Jumlah Pesaing dari kata kunci

Lantas bagaimanakah kita bisa mengetahui bahwa kata kunci yang kita bidik untuk judul artikel yang akan kita buat memiliki tingkat pesaing sulit atau tingkat pesaing mudah?, sebelum kearah sana sebenarnya ada beberapa yang harus kita lakukan ketika kita sudah menentukan kata kunci untuk judul artikel, yang pertama adalah melihat jumlah pencarian perbulan apakah tinggi atau rendah, kemudian yang kedua adalah melihat jumlah kompetitor atau pesaing, apakah tinggi (hight), menengah (medium) atau low (rendah), informasi tersebut bisa kita lihat dengan menggunakan google adword keyword tools, namun untuk competition (informasi competition pada tool tersebut sebenarnya berguna untuk tujuan publiser iklan adsense), cara lengkapnya bisa anda baca pada artikel saya tentang riset kata kunci dengan google keyword planner. disana dijelaskan bahwa ketika kita memutuskan untuk mencari kata kunci, sebaiknya kita memilih longtail keyword dengan jumlah persaingan menengah ke bawah (medium atau low) tetapi memiliki jumlah pencarian yang tinggi, tujuannya adalah agar artikel yang kita buat dengan kata kunci tersebut memiliki peluang untuk tampil lebih baik pada hasil pencarian search enggine.


Cara Melihat Sulit Mudahnya Level Kompetitor

Setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, sebenarnya ada satu tahap lagi yang harus kita tempuh, jika kita hanya mengandalkan riset kata kunci dengan google keyword planner saja, itu sebetulnya masih mentah dan belum cukup, karena riset kata kunci dengan google keyword planner hanya untuk mendapatkan informasi jumlah pencarian perbulan, sedangkan jumlah pesaing ('competititon') yang diperlihatkan oleh alat tersebut,  tidak ada kaitannya dengan kompetisi atau kompetitor SEO, arti competititon pada alat tersebut adalah untuk mengukur jumlah kompetitor pengiklan dengan kata kunci yang bersangkutan , jika jumlah persaingannya tinggi (hight) itu menandakan bahwa kata kunci tersebut sudah banyak sekali  digunakan sebagai iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya menengah (medium) itu menandakan kata kunci tersebut cukup banyak yang menggunakan untuk iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya rendah (low) berarti kata kunci tersebut tidak terlalu banyak yang menggunakan.

Informasi dalam google keyword planner pada intinya belum bisa kita jadikan acuan kata kunci yang kita bidik bisa kita jadikan judul artikel, karena google keyword planner tidak dapat memprediksi apakah tingkat persaingannya sulit atau mudah, dan meskipun informasi jumlah persaingan (competititon) yang ditujukan oleh google keyword planner itu hight atau tinggi, sebenarnya kita bisa ambil asalkan tingkat persaingannya mudah, (ingat !, harus kita bedakan antara jumlah Pesaing  dan tingkat Pesaing), begitu juga untuk informasi google keyword planner dengan jumlah persaingan rendah, sebenarnya tidak bisa kita ambil jika level persaingannya sulit. harus diingat informasi competititon yang terdapat dalam keyword planner bukan tolak ukur untuk kompetitor seo, informasi tersebut lebih ditujukan untuk pengiklan, jadi kita bisa mengambil kandidat kata konci dengan informasi low, medium maupun hight  itu tidak masalah.

Langkah-langkah melihat level kompetitor

Untuk mendapatkan inforasi mengenai sulit mudahnya tingkat persaingan suatu kata kunci, kita bisa bisa mengguanakan MozBar untuk mengetahuinya. MozBar adalah tool berupa plugin browser yang tersedia untuk browser mozila dan browser google croome. kita bisa instal sesuai dengan browser yang sering kita gunakan. Ingat langkah ini adalah langkah lanjutan setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, tujuannya adalah untuk menganalisa sulit mudahnya tingkat persaingan kata kunci yang akan kita gunakan, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Instal MozBar, Jika MozBar belum anda instal berarti harus anda intstal terlebih dahulu.  silahkan masuk ke alamat http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian pilih sesuai dengan jenis browser yang anda gunakan dan instal, ingat setelah melakukan instal anda diharuskan merestat browser yang anda gunakan agar tool MozBar siap untuk dipakai. dengan terinstalnya mozbar pada browser anda berarti kita bisa mengamati informasi setiap situs yang terdapat atau muncul dalam daftar hasil pencarian mesin pencari.

2. Buka google lokal google.co.id, kemudian lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang akan anda jadikan judul artikel, anda disini cukup mengamati urutan 1 sampai dengan 10 hasil pencarian saja.

3. Dari sepuluh hasil pencarian yang kita amati, silahkan anda lihat Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) dari tiap hasil pencarian satu-persatu, informasi tersebut akan dapat kita lihat dengan jelas karena kita sudah memasang MozBar pada browser yang kita gunakan. jika terdapat daftar yang memiliki PA 0 s/d 5 berarti kita harus bersyukur, dengan begitu kita akan mudah bersaing dengan menggunakan kata kunci tersebut. kemudian perhatikan juga nilai (DA) nya, jika nilai DA nya berada dibawah blog yang kita miliki (blogspot nilai DA=93, wordpress nilai DA=100), ini kesempatan untuk kita bisa menduduki urutan 10 besar. PA dan DA selalu beriringan, PA besar DA besar akan sangat sulit kita kalahkan, PA besar DA kecil, cukup sulit kita kalahkan, PA kecil DA besar, mudah kita kalahkan jika DA blog kita >= dengan DA blog pesaing. untuk informasi tambahan anda bisa baca artikel tentang Cara Mengatahui PA dan DA.

4. Dari daftar 10 besar hasil pencarian, amati juga satu persatu, apakah ada yang menggunakan kata kunci tersebut untuk nama domain, kalo ada berarti website tersebut salah satu yang akan sulit kita saingi.

5.  Jika dari 10 hasil pencarian google yang kita amati untuk masing-masing ternyata memiliki DA-dan PA tinggi-tinggi, sebaiknya kita urungkan untuk menggunakan kata kunci tersebut, karena kecil peluangnya artikel yang kita buat tersebut, ditemukan dan dikunjungi.

6. Lihat Juga jumlah hasil pencarian google, jika total hasil pencarian berada diantara 500ribu s/d 800 ribu, berarti itu kesempatan baik, untuk menggunakan kata kunci yang anda bidik agar bisa bersaing.

Tips tambahan untuk mengalahkan Posisi pesaing

Jika pada riset yang anda lakukan kebetulan anda beruntung melihat peluang bahwa hasil 1 s.d 10 besar pencarian google banyak yang memiliki DA dan PA rendah, berarti anda siap untuk menggunakan judul artikel dengan kata kunci yang anda bidik, ada tips tambahan agar secara cepat dan pasti anda bisa mengalahkan posisi blog atau situs pesaing.

1. Sajikan artikel anda setidaknya terdiri dari 1500 + suku kata keatas, beberapa industry yang meneliti tentang SEO (SerpIQ salah satunya), membuktikan bahwa artikel yang mengandung lebih dari 1500 kata atau lebih, memiliki peluang untuk menduduki peringkat lebih baik pada mesin pencari google, semakin banyak itu akan semakin bagus dan artikel yang anda buat akan mudah untuk menduduki posisi terbaik google.

2. Usahakan kata kunci yang kita bidik berada pada suku kata pertama, misal jika anda membidik kata kunci utama "optimasi seo onpage" maka judul yang harus anda pasang yang paling baik adalah "Optimasi Seo onpage pada blog lengkap" dari pada memasang judul "Cara cepat dan mudah optimasi seo onpage" berdasarkan 200+ faktor pencarian google, google akan memprioritaskan kata kunci yang diletakan pada suku kata pertama dari pada diletakan pada suku kata tengah atau terakhir.

3. Pupuklah dengan backlink, setidaknya artikel yang anda terbitkan tersebut harus anda pupuk minimal dengan 5 buah backlink atau lebih dari situs berbeda, semakin banyak itu akan semakin bagus untuk link juice yang memberikan energi untuk artikel anda.

4. Jangan menyajikan konten kopi paste, buatlah konten yang relevan dengan judul yang anda bidik.

5. Lakukan optimasi seo onpage secara baik silahkan anda baca Optimasi Seo onpage pada blog lengkap. untuk melakukannya.


Demikian informasi mengenai Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google, saya share untuk anda. somoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel terkait lainnya mengenai cara membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel

47 komentar:

  1. Agan apakah buka jasa Backlink & SEO ?
    Ane minat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan untuk saat ini aktivitas tersebut saya stop dulu, masih banyak mengurusi kesibukan offline, ane sendiri kadang berburu backlink cuma seminggu sekali, itu juga tidak terlalu banyak dan masih bisa dihitung dengan jari.

      Delete
    2. Informasi yang anda sajikan sangat bermanfaat sekali terutama bagi saya yang masih belajar mengenai dunia seo dan blogging. Terima kasih dan tetap semangat..

      jangan lupa terus berusaha berusaha dan berusaha

      jgn lupa kunjungi website saya ya

      www.filmbioskops.com

      Delete
    3. saya sudah mencobanya masih jauh blog saya belum dipuncak heee

      tapi tak apa harus berusaha terus

      info kunjungi web kami ya

      www.filmbioskops.com

      Delete
  2. mksh infonya gan, kunjung balik
    http://www.dunia-android.net/ jangan lupa follow ya masbro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Sama-sama gan, terima kasih juga sudah berkunjung... siap gan

      Delete
  3. Mantap nih tipsnya, ane book ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas mudah-mudahan bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

      Delete
  4. terima kasih banyak mas broo atas pencerahannya. . .!!!! sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, thanks telah berkunjung, lam kenal

      Delete
  5. Informasi yang anda sajikan sangat bermanfaat sekali terutama bagi saya yang masih belajar mengenai dunia seo dan blogging. Terima kasih dan tetap semangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga memang benar-benar terbukti bermanfaat gan dan sekaligus menambah referensi bagi yang membutuhkannya :D thanks atas kunjungannya gan

      Delete
  6. Artikel yang powerfull yang bisa dijadikan bahan pelajaran bagi pemula spt saya ini gan

    ReplyDelete
  7. artikelnya sangat membantu mas.. banyak sekali ilmu yang didapat didalam postingan ini :) .. silahkan visit baliknya mas : http://penelusuranartikel.blogspot.com/ .

    ReplyDelete
  8. Kalau tips yang pake mozbar br tau sy.. langsung dipraktekan ilmunya gan..

    ReplyDelete
  9. makasih gan...
    postingan ini sangat bermanfaat..
    Metland

    ReplyDelete
  10. wah ternyata masih jauh ya saya kira hanya dengan melihat tingkat pesaing lewat google keywordplanner udah cukup itulah yang saya lakukan selama membuat artikel rupanya saya harus lihat DA dan PA blog atau web pesaing dulu saya belum paham DA PA.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih atas ilmunya gan, sangat berguna sekali bagi saya yang baru optimasi blog saya.

    ReplyDelete
  12. Thank atas infonya, ane blogger newbie gan. Membaca artikel-artikel di blog ini, ane jadi tambah ilmunya, terutama tentang SEO.

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. DA domain authority, kepercayaan mesin pencari pada domain situs, PA=page authority a.k.a PR=page rank, cuma bedanya Page Authority lebih cepat diupdatenya dari PR, tapi sama itu-itu juga, artinya kepercayaan mesin pencari terhadap halaman situs

      PA dan DA tinggi otomatis akan mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari

      Delete
  14. kalo di pelajari untuk pemula emang agak sulit ya ....tp nih infonya lengkap bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar gan, dengan banyak membaca dan berdiskusi sedikit-demi sedikit pengetahuannya bertambah, semoga bermanfaat.

      Delete
  15. benar-benar lengkap dan terpercaya tutornya deh gan. i like it..
    mampir ke gubuk ane ya gan
    http://nurulhedayat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Mantap bro, mampir ke www.unduhgratis.net ya bro, thanks

    ReplyDelete
  17. informasi yang sangat bermanfaat sekali gan. tipsnya mau ane terapin di blog ane.

    jangan lupa kunjunng dan follow balik http://riedzz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. makasih infonya jangan lupa kunjungi blog saya yaaa

    http://fmr23.blogspot.com/2015/01/10-tips-agar-disenangi-orang.html

    ReplyDelete
  19. sukses saya terapkan ,,kunjungi http://putraadam19go.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. gimana bos biar blog baru saya menjadi 10 besar di google.. ini blog baru saya msu bisa tlfn dan sms an sepuasnya?? http://komunitas-tselcug.blogspot.com/2015/01/telfon-dan-sms-sepuasnya-hanya-dengan.html

    ReplyDelete
  21. mantaaaaaaaaaaaaaaaaaa,semoga blog saya ini posbizz.blogspot.com nanti jadi 10 besar om.makasih pencerahannya ya.

    ReplyDelete
  22. oooooo gitu ya, artikel anda sangat bermanfaat banget buat sy, terima kasih penjelasannya, jngn lupa kunjungi blog sy di http://kamikaze2015.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. thank you gan atas infonya nih. Kunjung baliknya ya. WWW.banyunugraha.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. Web saya tentang Tour dan travel Di Bali - dulunya banyak membidik kata kunci, sekarang malah nggak tahu dimana rimbanya , cuman masih 100 sampai 150 visit per hari, cuma nggak tahu kata kunci yang di bidik, jadi hilang kendali, bagaimana mas solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal dilanjut saja mas, jika sulit tidak perlu terus membidik kata kunci, tulis saja yang relevan, blog saya sendiri, tidak semuanya membidik kata kunci, pengunjung menemukannya sebagai related pos ketika mereka masuk ke blog memalui judul lain yang ditemukan.

      Delete
  25. Blog saya baru berumur 1bulan dan jumlah visit 25-60 perhari,apakah umur blog itu juga berpengaruh terhadap jumlah visit prhari?

    Visit : www.niceia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan, seiring dengan bertambahnya usia blog dan jika agan rajin membuat artikel, maka artikel akan banyak terindex dan sedikit-demi sedikit pengunjung blog akan bertambah, namun agan jangan lupa optimasi seo offpagenya terus di pelihara.

      Delete
  26. gan, kok saya lihat ada situs yang PA nya 1 bisa jadi rank 1 di hasil pencarian 10 besar? Padahal situs di bawahnya PA nya pada tinggi2 semua

    ReplyDelete
  27. ini adalh informasi yang sangat berharga sekali bagi kami pemula bloger dan akan menjadi langkah dasar kami untuk menentukan bagaimana kata kunci yang akan kita usung ,trimaksih Gan .kunjungi balik Gan yaa www.lele55-panen.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. Makasih Gan Atas Info nya semoga bermanfaat untuk para blogger
    Jgan lupa mampir gan chordhernandezz.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. berguna banget mas buat ak yang pemula thanks for sharing

    ReplyDelete
  30. info yg bagus. mkasi y mas

    ReplyDelete
  31. Terima kasih informasinya, sangat banyak info yang saya sudah coba, tetapi memang sulit ya ternyata untuk memenangkan kompetisi di urutan pertama google

    ReplyDelete
  32. akan saya pelajari terus tentang artikel ini, terimakasih infonya sungguh bermanfaat bagi saya krna saya pemula, salam kenal mastah dr saya blogging pemula :D

    ReplyDelete
  33. wah memang untuk bisa dapat posisi 10 besar di google search memang butuh usaha dan kerja keras, setidaknnya dalam artikel ini saya dapat sedikit referensi yang bermanfaat,, nice artikel..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!