Untuk blogger yang sudah paham dengan bagaimana cara mengelola blog tentunya fitur submit url yang disediakan oleh google webmaster tool adalah fitur yang sering sekali digunakan, terutama ketika selesai mempublish artikel.

Fitur google submit url merupakan fitur yang dapat membantu para blogger agar setiap url artikel yang baru dibuat bisa lebih cepat diindex oleh mesin pencari google, sehingga artikel yang baru di-publish akan lebih cepat dikenali oleh mesin pencari google.

Halaman untuk melakukan submit url  artikel ke mesin pencari google biasanya beralamatkan https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url, ketika alamat tersebut diakses, maka anda akan melihat satu kotak input dan satu button bertuliskan submit, komponen tersebut dapat anda gunakan untuk membantu mensubmit artikel anda ke index mesin pencari google.

Namun di akhir 2018 ini, sepertinya halaman google submit url tersebut sudah tidak seperti sedia kala, halaman sudah mengalami perubahan, bahkan sekarang fasilitas untuk input sudah hilang tidak lagi disediakan oleh google.

Ketika url di atas di akses maka yang keluar adalah tampilan tulisan yang dilengkapi sebuah link yang meminta kita untuk melakukan fetch as google atau submit sitemap (mengirim peta situs), kurang lebih tampilan google submit url saat ini terlihat seperti gambar di bawah ini:

Jika link tersebut diklik maka anda akan dibawa ke halaman artikel yang menjelaskan tentang langkah-langkah mengirim petas situs dan fetch as google sebagai pengganti fitur Google submit url.

Google submit URL hilang ini gantinya yang bisa anda gunakan

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk submit url ke mesin pencari google, namun cara praktis yang sering digunakan adalah menggunakan google submit url.

Karena fitur google submit url tersebut sudah tidak lagi tersedia, hilang karena sudah dihapus oleh google, maka beberapa alternatif yang bisa digunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur URL Inspection di google search console baru

Cara pertama yang dapat anda gunakan sebagai pengganti google submit url adalah menggunakan fitur inspeksi url yang terseid di halaman google search console baru.

Caranya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman google search console baru
Jika blog anda sebelumnya sudah didaftarkan di google webmastertool, maka secara otomatis akan terdaftar juga di di google search console baru, jadi tidak perlu daftar ulang.
Klik disini untuk masuk ke halaman google search console baru.

b. Klik pada  menu URL Inspection
Setelah anda masuk, di bilah menu sisi kiri silahkan klik pada menu URL Inspection


c. Kemudian masukan url blog anda pada pencarian lalu enter.




Jika URL belum diindex maka akan muncul Informasi URL Is not on Google, silahkan tekan tombol REQUEST INDEXING, seperti terlihat pada gambar di atas.

Proses pengindexan biasanya memakan waktu 1 sampai 2 menit, Tunggu proses index sampai selesai, jika sudah selesai maka akan muncul informasi seperti gambar di bawah ini:


Silahkan tekan saja tulisan GOT IT di pojok kanan bawah, sampai sini artinya url artikel anda  sudah diindex dan sudah dikenali google.

2. Menggunakan Fetch As Google di Webmaster lama

Untuk anda yang kebetulan suka dengan tampilan webmasterlama, maka alternatif untuk submit artikel adalah menggunakan fitur Fetch As google (ambil sebagai google).

Caranya bisa dibaca di artikel berikut:
Cara menggunakan Fetch as google

Cara di atas merupakan cara yang harus anda lakukan agar artikel blog anda bisa dikenali oleh mesin pencari google dan artikel anda bisa muncul di google.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!