Riset Kata kunci (keyword) sederhana untuk blogger pemula - Satu hal yang sering dilewat oleh blogger pemula yang benar-benar baru pertama kali mengenal dunia blog adalah melakukan riset kata kunci (keyword), judul artikel yang mereka buat terkadang asal tembak sesuai dengan insting mereka, sehingga tidak heran banyak yang mengeluhkan sulit mendatangkan pengunjung.

Sebenarnya membuat artikel tanpa tahapan riset kata kunci tidaklah masalah apalagi jika sumber trafik tidak mengandalkan trafik organik dari mesin pencari, namun jika target yang kita inginkan adalah trafik yang bersumber dari mesin pencari seperti google yahoo maupun mesin pencari lainnya, selain melakukan optimasi seo onpage dan offpage kita juga dianjurkan untuk melakukan riset kata kunci.

Riset kata kunci sederhana dengan google auto suggestion

Tujuan riset kata kunci sebenarnya sederhana, yaitu mencari kata kunci (keyword) untuk dijadikan judul artikel yang memiliki potensi dicari orang (banyak yang nyari) dan tingkat persaingannya mudah, sehingga setiap judul artikel yang dikembangkan dari kata kunci tersebut dapat memililiki potensi untuk mendatangkan pengunjung.

Sampai hari ini ada banyak sekali riset kata kunci, baik menggunakan tool berbayar maupun tool gratisan seperti riset kata kunci google trends dan riset kata kunci dengan google keyword planer dan riset kata kunci lainnya, anda bisa mempelajari bagaimana langkah-langkah riset kata kunci sehingga anda mampu menemukan kata kunci dengan mudah.

Apa yang saya uraikan kali ini merupakan riset kata kunci sederhana yang cukup mudah  untuk diikuti dan akan sangat cocok untuk anda yang masih pemula, tapi walaupun sedehana berdasarkan pengalaman pribadi riset kata kunci ini akan mampu mendatangkan cukup banyak pengunjung ke halaman blog yang anda miliki.

Riset Kata kunci (keyword) sederhana untuk blogger pemula

Riset kata kunci ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu menentukan bibit kata kunci, mendapatkan kata kunci yang berpotensi dicari kemudian dilanjutkan dengan menguji tingkat saingan kata kunci tersebut untuk memastikan bahwa kata kunci yang akan kita ambil merupakan kata kunci yang level persaingannya sedikit.

Berikut langkah-langkah riset kata kunci sederhana yang bisa anda coba untuk judul artikel blog anda.

1. Menentukan bibit / ide kata kunci

Langkah pertama sebelum melakukan riset kata kunci adalah menentukan bibit kata kunci atau ide kata kunci, Untuk mendapatkan Bibit kata kunci anda bisa menggunakan insting anda dengan cara memperkirakan atau memikirkan kata kunci yang relevan dengan topik atau niche blog anda yang memiliki potensi untuk dicari orang.

Kalo saya pribadi biasanya untuk mendapatkan ide kata kunci dilakukan dengan cara banyak membaca referensi dari blogger-blogger orang lain yang memiliki topik yang sama dengan blog yang kita miliki, membaca komentar blogger orang lain atau bermain ke forum-forum tanya jawab, terkadang ide kata kunci muncul tanpa disadari.

2. Mendapatkan kata kunci potensial

Jika ide kata kunci sudah kita dapatkan, maka selanjutnya menguji kata kunci tersebut apakah memang benar kata kunci tersebut memiliki potensi dicari orang.

Untuk mendapatkan kata kunci potensial, salah satu cara sederhana adalah menguji ide / bibit kata kunci yang sudah anda tentukan di kotak pencarian google.

Misal anda punya ide kata kunci "cara transfer pulas",

Untuk mendapatkan kata kunci potensial, anda bisa mencoba mengujinya di kotak pencarian google. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka situs google.co.id / google.com

b. Ketikan ide kata kunci anda di kotak pencarian google. terlihat seperti gambar di bawah ini:

Anda akan melihat saran pencarian, saran pencarian yang muncul merupakan kata kunci-kata kunci yang sering digunakan oleh pencari, kata kunci tersebut cukup potensial untuk dijadikan judul artikel blog anda.

Dengan ide kata kunci "cara transfer", ternyata ada banyak sekali kata kunci yang sering digunakan orang untuk melakukan pencarian, dari data google auto suggestion tersebut silahkan anda ambil satu kata kunci untuk anda kembangkan, dan jangan lupa catat kata kunci relevan lainnya untuk lsi keyword yang bisa anda sisipkan di artikel blog yang akan anda buat.

3. Menguji tingkat persaingan kata kunci

Setelah anda menentukan kata kunci yang anda dapatkan dari google auto suggestion, langkah selanjutnya adalah menguji kata kunci tersebut untuk memastikan bahwa kata kunci tersebut memiliki persaingan yang mudah.

Untuk mengetahui kesulitan kata kunci caranya pun sederhana, cukup mengujinya di pencarian google, silahkan lakukan pencarian dengan salah satu kata kunci yang ingin anda buat judul.

Misal untuk contoh di atas anda mengambil kata kunci "cara transfer pulsa xl", silahkan uji kata kunci tersebut di pencarian google, maka akan kelihatan seperti tampilan berikut:

Mengetahui tingkat persaingan kata kunci

Silahkan anda amati berapa hasil pencarian dari kata kunci tersebut, khsus untuk judul artikel blog baru, agar lebih mudah memiliki kesempatan muncul di hasil pencarian pastikan anda mengambil kata kunci dengan jumlah hasil pencarian di bawah 500.000, semakin sedikit hasil pencarian itu artinya kata kunci tersebut persaingannya mudah.

Mengembangkan Judul dari kata kunci

Sayangnya kelemahan cara di atas adalah anda tidak akan tau persis berapa jumlah pencari untuk kata kunci tersebut, bahkan beberapa kata kunci yang anda ambil dengan cara di atas jika di cek di google keyword planner tidak menampilkan jumlah pencarian (seolah tidak memiliki pencari).

Tapi walaupun begitu, itu bukan berarti kata kunci tersebut sama sekali tidak memiliki pencari, bisa jadi jumlahnya kecil.

Oleh karena itu agar artikel yang kita buat dengan kata kunci yang sudah kita dapatkan bisa mendatangkan banyak pengunjung anda bisa membuat judul long tail keyword dan menyisipkan lsi keyword di artikel yang anda buat.

Misal dari kata kunci google suggestioan di atas
 

Agar artikel anda bisa lebih banyak mendatangkan pengunjung, maka anda bisa membuat judul panjang (long tail keyword) dengan menggabungkan beberapa kata kunci seperti:
  • Cara cepat transfer pulsa all operator (telkomsel, idosat xl dan 3)
  • Cara transfer pulsa sesama operator (xl, indosat, 3 telkomsel dll)

Memang nyeleneh sih dan mungkin pakar seo akan mengatakan, "itu judul apaan...ckckck", tapi  percaya atau tidak dengan tipe judul-judul seperti di atas saya membuktikan sendiri artikel bisa mendapatkan banyak view yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Karena dengan judul-judul seperti itu, anda akan mampu mendatangkan pengunjung dari pengguna internet yang mencari dengan beragam kata kunci relevan.

Setelah anda menentukan judul kata kunci untuk artikel blog anda, jangan lupa sisipkan junga lsi keyword di artikel yang anda buat, agar potensi artikel anda muncul di hasil pencarian dengan kata kunci relevan lebih baik.


Riset kata kunci di atas menurut saya cukup potensial untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda, apalagi kata kunci yang anda pilih adalah kata kunci dengan persaingan sedikit, walaupun tingkat pencariannya sedikit dengan melibatkan lsi keyword dan judul panjang, kata kunci di atas akan mampu mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda, sehingga blog anda tidak sepi.

Demikian mengenai Tips Riset Kata kunci (keyword) sederhana untuk blogger pemula, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!